Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
adinda...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 245
Default Memandikan Bayi dengan Spons

Hi Bund, aku pingin bagi2 tips nih cara memandikan bayi yang benar dengan menggunakan spons nih.

Bagaimana caranya? Langsung saja ya bun..

  1. Luangkan beberapa menit untuk berbicara dengan bayi Anda mengenai harinya, sembari bersiap untuk memandikannya. Lepaskan semua pakaian bayi kecuali popok, lalu balut bayi dengan handuk.
  2. Sambil memegang kepala bayi Anda, bersihkan area sekitar mata dengan lembut menggunakan kapas bulat atau persegi yang telah dibasahkan dengan air hangat. Kapas bulat atau persegi cocok digunakan karena tidak meninggalkan serabut.
  3. Gunakan kapas baru untuk masing-masing mata, dan selalu lakukan usapan dari sudut dalam mata menuju keluar. Jika tidak ada kerak (lendir yang mengering) pada sudut mata, Anda tidak perlu membersihkan area mata. Jangan bersihkan bagian dalam mata.
  4. Usap area sekitar mulut, hidung dan seluruh wajah bayi menggunakan waslap yang lembut. Lakukan usapan dari bagian tengah menuju keluar, cukup dengan air biasa. Beri perhatian khusus untuk bagian belakang telinga, bawah dagu, dan lipatan di leher. Ingat: Jangan memasukkan apapun ke liang telinga atau hidung. Tepuk-tepuk hingga kering.
  5. Dengan bayi Anda dibalut handuk, letakkan satu lengan Anda di bawah punggungnya dan telapak tangan Anda di belakang kepalanya. Gunakan tangan Anda yang yang bebas untuk membasahi rambut bayi menggunakan waslap. Oleskan sedikit sabun mandi bayi yang lembut dan tidak pedih di mata.
  6. Berikutnya, mandikan tubuh bayi Anda menggunakan pembersih bayi yang bebas sabun, lembut, dan tepercaya.
  7. Dengan kepala bayi tetap ditutupi oleh sudut handuk, buka balutan handuk pada bayi Anda dan lepaskan popoknya. Basahi dan tuang sabun di tangan Anda atau waslap lembut, dan mulailah membersihkan seluruh tubuh bayi Anda. Bersihkan bagian leher hingga pinggang, termasuk lengan dan tangannya, lalu bilas seluruhnya dan keringkan tubuhnya. Tutupi bagian atas tubuhnya dengan handuk agar bayi tetap hangat, dan usapkan handuk turun ke bagian tungkai, kaki, dan jari kakinya.
  8. Ingatlah untuk membilas dan mengeringkan semua lipatan tubuh bayi dengan baik, karena kelembapan berlebih bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi.
  9. Terakhir, bersihkan area popok menggunakan air hangat yang bersih: untuk bayi perempuan, usap area ini dengan lembut dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki, usap juga dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki yang belum disunat, cuci penis dan area kelaminnya dengan lembut, hindari menarik bagian kulit penis (kulup) bayi ke belakang.

Begitu kira2 bun Semoga bermanfaat ya bun

Sumber
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cara Memandikan Bayi yang Benar -- Diskusi Umum 8
pijat dan memandikan bayi dirumah -- Area Promosi 0
jasa memandikan bayi "BUNDA" -- Kenalan Yuk! 0
jasa memandikan bayi -- Area Promosi 0
memandikan newborn pakai apa bagusnya? -- Diskusi Umum 34


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:07.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com