Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
MamaKi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 627
Default Apa aja yang harus disiapkan untuk kehamilan kedua?

Hai bunda, kehamilan kedua untuk seorang ibu butuh perencanaan yang baik serta dukungan dari suami dan juga keluarga. Jika bunda dan ayah sudah merasa ini saatnya merencanakan kehamilan kedua, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar rencana ini dapat berjalan sesuai dengan harapan bunda dan ayah. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan yah bunda :

Replying to:
1. Atur jarak kehamilan
Jarak kehamilan yang aman menurut penelitian sekitar 27 – 32 bulan setelah melahirkan berarti sekitar 2 tahun 3 bulan atau 2 tahun 8 bulan bunda. Walau sebenernya sih rahim bunda tuh udah siap untuk hamil lagi dalam 3 bulan setelah melahirkan. Tapi dengan mengatur jarak yang aman akan berpeluang besar untuk memiliki bayi yang sehat. Jika bunda di kehamilan sebelumnya melahirkan secara caesar disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dulu untuk mengatur jarak kehamilan yang tepat.
2. Lepas alat kontrasepsi
Jika bunda dan ayah sudah merencanakan untuk memiliki adek bayi lagi, idealnya hentikan pemakaian alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memutuskan untuk hamil kembali. Hal ini dilakukan untuk menjaga siklus mens normal (kecuali pemakaian spiral, bunda bisa langsung hamil setelah alat kontrasepsi dilepas). Jika alat kontrasepsinya dalam bentuk pil dan suntuk perlu waktu beberapa bulan untuk bisa hamil lagi.
3. Pemeriksaan pra-kehamilan
Jika bunda dan ayah sudah benar-benar siap untuk kehamilan kedua, wajib melakukan pemeriksaan sebelum masa kehamilan untuk memastikan kondisi kesehatan bunda dalam keadaan yang sehat. Setelah pemeriksaan disarankan untuk melakukan tes ginekolog secara lengkap termasuk tes laboratorium.
4. Mempersiapkan psikologis calon kakak (anak pertama)
Nah yang ini juga gak boleh dan biasanya butuh pendekatan ekstra. Persiapkan psikologis dan mental calon kakak penting dilakukan agar tidak merasa tersisih saat bunda nantinya lebih sering memperhatikan adek bayi (anak kedua). Dapat dilakukan dengan menjelaskan secara alami bahwa kehadiran adiknya nanti tidak akan membuat perhatian dan kasih sayang bunda berubah.
sumber artikel

Perlu diingat bunda dalam mempersiapkan kehamilan ini, tubuh bunda perlu nutrisi seperti asam folat, kalsium, vitamin, dan mineral. Bunda bisa dapatkan dari ikan, susu ibu hamil, telur, sayur dan buah-buahan. Sebaiknya dikonsumsi antara 3-4 bulan sebelum mempersiapkan kehamilan.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Hal-Hal Yang Perlu Disiapkan Menjelang Persalinan -- Diskusi Umum 0
kehilangan kehamilan yang kedua kalinya -- Ngobrol Apa Saja 23
setelah kuret apa kehamilan kedua harus cesar??? -- Diskusi Umum 12
Imunisasi TT Untuk Kehamilan yang Kedua. HPL Februari 2014 angkat tangan -- Ngobrol Apa Saja 3
kehamilan kedua yang lebih enjoy :) -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:29.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com