Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
viscay...   TS 
 
Location: B@t@m City
Posts: 210
Default Mitos seputar kehamilan

mitos seputar kehamilan tentang kesehatan yang ada dalam masyarakat sangat banyak. berikut berbagai mitos seputar kehamilam dalam masyarakat:

1. Ibu Hamil Jangan Minum Es, Nanti Bayi Menjadi Besar.

Fakta: Minum air es sebenarnya tidak bermasalah. Yang menimbulkan masalah kalau ibu hamil banyak minum minuman yang serba mengandung gula, seperti es doger, es campur, es teler dan sebagainya. Jika ibu hamil sering minum es yang banyak mengandung gula, bisa jadi bayi akan besar karena kalori yang dimakan ibu menjadi lebih banyak.

2. Minum Susu Kehamilan, Menyebabkan Bayi Besar.

Fakta: Jika peningkatan berat badan ibu berlebihan, dokter mungkin akan menyarankan susunya untuk dikurangi. Namun hal tersebut sangat insidentil, tidak berarti kalau minum susu kehamilan, bayinya pasti akan menjadi besar. Banyak faktor yang menyebabkan bayi itu besar. Kalau berat badan ibu tergolong kurus, maka dokter akan menyerankan agar ibu hamil minum susu lebih banyak. Hal ini mungkin berbeda dengan ibu hamil yang sudah mengalami obesitas. Tapi percayalah, peningkatan berat badan bayi tidak semata-mata karena susu. Asupan makanan dan jumlah kalori yang banyak, faktor ibu hamil yang mengalami diabetes, karekteristik si ibu yang tinggi besar dan lain-lain memperngaruhi besar tidaknya bayi. Tapi sebaiknya ibu hamil tetap mengonsumsi susu untuk ibut hamil. Jika eneg boleh diganti dengan susu lain, kecuali susu kental manis.

3. Bentuk Perut Menentukan Jenis Kelamin Bayi.

Kalau bentuk perut ibu hamil memanjang berarti bayinya perempuan, kalau melebar ke samping berarti laki-laki. Fakta: Tidak benar. Dokter kandungan kadang memang bisa memperkirakan jenis kelamin janin dari luar berdasarkan hormon-hormon kehamilan, misalnya ibu yang mukanya lebih hitam, lebih jerawatan dan keringat berlebih mungkin saja anaknya laki-laki karena memperlihatkan hormon androgen yang lebih dominan. Tapi bukan berarti penilaian lewat hormon selalu tepat. terbukti benar tidaknya, lewatUSG. Namun USG pun bisa jadi salah, apalagi hanya penampakan luarnya.

4. Minum Air Kelapa Membuat Kulit Bayi Menjadi Putih.

Fakta: Tidak ada hubungannya antara minum air kelapa dengan kulit bati yang putih. Belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut sebab ada orang yang tidak minum air kelapa tapi bayinya tetap putih. Tapi air kelapa tetap boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

5. Minum Minyak Kelapa Agar Mudah Melahirkan.

Fakta: Tidak benar. Munyak kelapa jika diminum akan masuk ke saluran penceranaan. Lemak nabati ibu saja yang bertambah. Jika pada proses persalinan, jalan lahir diberi jeli atau minyak kelapa, mungkin itu masuk akal. Yang mempengaruhi lancar tidaknya kelahiran adalah ukuran panggul, berat bayi dan pecah atau belumnya ketuban. Bagi ibu hamil yang tetap ingin mengonsumsi semacam virgin coconut oil (VCO) tidak dilarang, tapi jangan terlalu berharap bahwa lahirnya bayipasti akan lancar dan cepat.

6. Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nanas, Durian, Nangka dan Daging Kambing.

Fakta: Sebenarnya jika hanya makan satu butir durian, atau sepotong nanas tidak masalah. Yang penting ibu hamil tidak alergi dengan makanan tersebut. Nanas sendiri sebenarnya merangsang ibu hamil untuk mual karena sifatnya yang masam. Sedangkan ibu hamil yang mengalami hipertensi memang diharuskan menghidari makanan seperti daging kambing dan durian dengan alasan kesehatan. Kol dan Nagka pun -yang bisa menghasilkan gas dalam perut- sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, sebab pada ibu hamil gerakan lambung melambat dan membentuk gas sehingga mengakibatkan perut terasa kembung.

sumber: Tips Kupas Tuntas Mitos Seputar Kehamilan - tipsanda.com
 
Thread lain yang berhubungan:
Sungguh Ind@h Bers@m@Mu.....
  #2  
Old
Putri ...
 
Posts: 375
 
Makasih infonya bunda viscay,, aq jg ssering minum air putih dingin bund,, tp hanya sekedar air dingin aja,, cz hawa jakarta yg super panas gini,, pling enak mnum yg dingin2,,
 
  #3  
Old
Desta ...
 
Posts: 22
 
aq waktu hamil pertama sering bgt minum air es. klo minum susu hamil jg pake es batu. hobi bgt minum es buah. tp anak ku pas lahir ga gede kok cm 2,9 kg.
 
  #4  
Old
Anitai...
 
Location: Jl Kaliurang km7
Posts: 391
 
Kalau di daerah saya ada tambahan bun, nggak boleh masak yang pakai rambak kulit, ntar bayinya keringetnya bau
Trus kalau ibu hamil nyapu, harus langsung dikukup (sampah yg terkumpul langsung dibuang ke tempat sampah), kalau enggak nanti susah melahirkan...

Saya sih cuma senyum aja kalau dibilangin begitu... walaupun dalam hati juga ketawa... apa hubungannya coba???...
 
Temukan senyuman Allah, ketika kita bisa memberi,
dan temukan keindahan rasa, saat bisa membantu sesama
.
  #5  
Old
viscay...   TS 
 
Location: B@t@m City
Posts: 210
 
kalau dipikir2 terlalu banyak larangan2 ibu hamil ya bund..tergantung kita saja yang menilai....
 
Sungguh Ind@h Bers@m@Mu.....
  #6  
Old
dhini ...
 
Posts: 32
 
ada juga yg katanya kalo minum susu kdelai nnti anaknya pas lahir putih bersih, itu beneran g ya? kalo suami istrinya g putih gmn?hihihi...
 
  #7  
Old
cica...
 
Posts: 5
 
wah...threadnya bagus....makasih infonya ya bun.....
 
  #8  
Old
widyaf...
 
Posts: 128
 
kalo minum kopi instant gt masih boleh ga sih?
 
  #9  
Old
puri...
 
Location: pasuruan
Posts: 1,733
 
Replying to: View Post
ada juga yg katanya kalo minum susu kdelai nnti anaknya pas lahir putih bersih, itu beneran g ya? kalo suami istrinya g putih gmn?hihihi...
walah... tetanggaku ada bund waktu hamil tiap hari minum sari dele mulu berharap anaknya putih. tapi lahirnya ya tetep aja hitam lha mama-papanya juga hitam hehe
aku waktu hamil juga sering minum sari kedelai, tapi anakku lahirnya nggak putih melainkan merah!!!

---------- Post added at 09:29 ---------- Previous post was at 09:28 ----------

Replying to: View Post
kalo minum kopi instant gt masih boleh ga sih?
cafein nggak baik bund buat ibu hamil
 
Alhamdulillah
  #10  
Old
sucydw...
 
Posts: 23
 
Mitos2 apasih yang bundaa2 percayai di tempatnya bunda2.. kayak aku misal kata mama gk boleh duduk dpan pintu, dk boleh makan udang, nnty anaknya bungkuk kyak udang haha. Klo udah terlalu sore gk boleh mndi katanya nnty klo lahiran air letubannya banyak bnget. . sharing yuk bunda. Biar aku jg tau mitos2 ditmpax bunda2.
 
  #11  
Old
siskay...
Non-aktif
 
Posts: 1,229
 
wahh info yang bagus bun terimakasih ya

 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
mitos2 seputar kehamilan -- Diskusi Umum 4
Tanya seputar kehamilan? -- Diskusi Umum 10
Seputar Mitos -- Diskusi Umum 4
mitos kehamilan -- Diskusi Umum 4
Mitos-Mitos Seputar Kehamilan Yang Bikin Bingung.. -- Ngobrol Apa Saja 16


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 15:42.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com