Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
IndahR...   TS 
 
Posts: 167
Thumbs up Mitos Seputar Percepatan Persalinan...

5 Mitos Seputar Percepatan Persalinan

Menunggu waktu persalinan tiba bisa menjadi sesuatu yang sangat mendebarkan dan mengkuatirkan bagi beberapa calon orangtua, terutama ketika hari perkiraan lahir atau HPL sudah dekat namun si jabang bayi belum juga menunjukkan tanda-tanda akan segera keluar. Berikut ini adalah beberapa mitos tentang mempercepat persalinan yang banyak beredar di masyarakat dan yang pastinya akan sangat berguna untuk pedoman persalinan anda.

Mitos 1: Makanan Pedas dapat Merangsang Ibu agar Segera Bersalin
Banyak orang yang percaya jika ibu yang sedang hamil tua sering mengkonsumsi makanan pedas, maka bayi dalam kandungan akan cepat keluar. Mitos ini tidaklah benar. Makanan pedas tidak akan mempengaruhi cepat atau tidaknya persalinan. Selama masa kehamilan, ibu hamil sebenarnya tidak memiliki pantangan tertentu dalam hal makanan. Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar janin yang ada dalam kandungan tetap sehat dan normal. Selain makanan mentah atau keju yang lunak, ibu hamil boleh makan makanan apapun selama masa kehamilan asalkan dengan porsi yang secukupnya dan dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan.

Mitos 2: Minyak Kelapa dapat Membantu Kelancaran Persalinan
Banyak orang menyebutkan bahwa jika anda mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin sebelum persalinan, maka persalinan anda akan berjalan dengan lancar. Mereka berpikir minyak kelapa yang licin dapat membuat bayi dapat keluar dengan mudah saat persalinan. Faktanya, mengkonsumsi minyak kelapa tidak ada pengaruhnya pada kelancaran persalinan. Meskipun tidak memiliki efek tertentu pada persalinan, ibu hamil yang percaya dengan mitos ini masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur karena selain tidak berpengaruh pada kondisi dan kesehatan janin, ibu hamil juga bisa mendapatkan ketenangan secara psikologis sebelum menghadapi persalinan.

Mitos 3: Berhubungan Intim dengan Suami dapat Mempercepat Datangnya Proses Persalinan
Ada mitos yang menyebutkan bahwa sering berhubungan intim dengan suami dapat membuat ibu hamil lebih cepat bersalin. Ketika sudah mendekati HPL dan si ibu belum juga merasakan tanda-tanda persalinan akan segera tiba, biasanya orang-orang di sekitarnya akan menyarankan si ibu untuk sering-sering berhubungan intim dengan suami. Faktanya, mitos ini tidak sepenuhnya salah. Cairan sperma mengandung hormon yang disebut dengan prostaglandin. Hormon ini dapat menimbulkan kontraksi rahim serta melembutkan leher rahim, sehingga bisa memicu persalinan untuk datang lebih cepat. Namun jika memang belum waktunya anda untuk melahirkan, maka sesering apapun anda berhubungan intim dengan suami, anda belum tentu akan segera melahirkan.

Mitos 4: Banyak Berjalan dapat Memperlancar Persalinan
Mitos yang satu ini benar adanya. Ibu hamil, terutama yang usia kehamilannya sudah cukup kuat untuk diajak beraktivitas, memang disarankan untuk sering-sering berjalan kaki dan juga melakukan banyak aktivitas. Itu sebabnya, ibu hamil juga disarankan untuk mengikuti senam hamil, berenang atau olahraga yang lain agar tubuh ibu tetap segar dan fit meskipun perutnya sudah semakin membesar. Selain itu, banyak bergerak dan berolahraga juga dapat membantu persalinan ibu kelak agar menjadi lebih lancar.
- See more at: 5 Mitos Seputar Percepatan Persalinan

Semoga bermanfaat ya bunda....
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Seputar Mitos -- Diskusi Umum 4
Mitos-Mitos Seputar Kehamilan Yang Bikin Bingung.. -- Ngobrol Apa Saja 16
Mitos seputar kehamilan -- Diskusi Umum 10
Mitos Seputar kehamilan -- Diskusi Umum 7
Mitos Seputar Sakit Kuning -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com