Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
tiaati...   TS 
 
Posts: 78
Unhappy Ngidam Nanas & pepaya

Bunn,, mw tanya2 dong..
Emang ga boleh ya ibu hamil makan nanas sama pepaya.. soalnya aq lg pengen sambel nanas sama asinan pepaya yg kretes2 bunyi nya kalo dimakan.. sama mertua ga blh mkn pepaya mengkel,, kata nya getah nya keras bahaya buat janin.. kalo nanas ga boleh sama adek ku yg bidan, pdhal kan kalo nanas nyari yg udh mateng buahnya, udh gitu dimasak lg sampe layuu..
sampe nelen ludahh nih bayangin teruss..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Louisa...
 
Posts: 1,656
 
heheheee bunda ngeri jg ngidamnya...
emang ak jg dlarang makan nenas,,,, kalo pepaya mentah kurang tau, soalny ga doyan..
 
  #3  
Old
tiaati...   TS 
 
Posts: 78
 
iya nih bun louisa,, pgn sambel nanas buatan mama.. dulu emang mknan favorit,, tp udh lama bnr ga pernah buat lg,, skrg tiba2 kebayang2 muluu.. kacauuu kalo udh bginii.. masa cuma boleh dibayangin aja sihh..
 
  #4  
Old
Louisa...
 
Posts: 1,656
 
betul... sambal nenas tuh enak seger ^_^
cuma ak jg kurang paham, masa sih nenas bikin keguguran ya???
mungkin cuma buat jaga-jaga aja ya, sapa tau kandungan lemah!
soalnya waktu hamil 3 bulan kurang, ak makan durian jg gak napa2...
 
  #5  
Old
arimbi...
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
setauku banyak sekali pendapat bund,,
kalo dokter temenku n dokterku, sama sekali gak mantangin buah apapun, katanya sih, buah enak2 bergizi kok gak boleh dimakan... hehehee.
tapi ya kita harus tau porsinya,, misalnya aja durian,, asam folatnya bagus buat janin, tapi ya kalo makan segelundhung gitu ya bahaya kan, mungkin makan 1-2 biji aja cukup,,kaya nangka atau cempedak bun boleh, tapi buah itu kan bikin asam lambung kita meningkat krn ber gas, jadi ya pinter2 kita juga buat milah-milihnya..

juga lihat2 kondisi kehamilannya bund, kalo memang tidak ada masalah berarti ya oke2 aja,, mending sih konsul ke dokter bunda yaa biar lebih tenang..

aku dulu sebelum nikah kan ada KIR nikah di puskesmas, sama ahli gizi puskesmas, dianjurkan pada saat hamil jangan makan daun pepaya dan pepaya muda(biasanya dioseng), karena itu bisa menyebabkan plasenta nya gak mau keluar alias lengket di rahim dan harus dikuret...
 
" every day is happiness "
  #6  
Old
tiaati...   TS 
 
Posts: 78
 
oh gitu ya bunda arimbi,, hehe thanks ya buat infonyaa.. kalo pepaya emang mertua ku tau nya pas buka2 google,, nahh kebaca dehh tuhh kalo ga boleh buat ibu hamill..
kalo nanas ga tw dehh, blm sempet googling2... sedihh ditolakk salahh diturutin juga ntar jd salah..
 
  #7  
Old
arimbi...
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
nih bund, aku googling,,

Nanas dan Soda untuk Ibu Hamil
Sumber: ibu ibu DI
Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah Nanas dan Coke selama kehamilannya?

Ibu Dt berpendapat sejauh pengetahuan yang pernah dibacanya dari salah satu referensi, maaf sumber pastinya lupa, nanas dapat memicu hormon prostaglandin. Hormon prostaglandin ini dapat memicu kontraksi. Jadi kalau sedang capai dan kehamilan termasuk yang bermasalah, lebih baik tidak mengkonsumsi nanas pada masa kehamilan. Tetapi dalam kondisi yang sehat dan kehamilan tidak bermasalah boleh saja ibu hamil mengkonsumsi nanas dalam jumlah sedikit, karena nanas cukup sehat dan banyak mengandung vitamin C. Kalau hanya sedikit diharapkan efeknya juga kecil. Kalau Coke memang kurang bagus, pertama karena kalorinya ada tapi kosong gizi, kedua karena dapat memicu produksi gas dalam lambung. Jadi kalau lambung kurang kuat jadi begah / banyak gasnya, gampang mual. Tapi sekali lagi. kalau hanya sedikit sich dirasakan tidak terlalu bermasalah, namanya juga keinginan.[dt]

Hampir sama dengan ibu Dt, Ibu Ys juga berpendapat pada dasarnya minum atau makan apa saja (termasuk nanas manis) untuk ibu hamil tidak apa-apa asalkan tidak berlebihan, apalagi pada kehamilan yang telah melewati trimester pertama, yang sering dinyatakan sebagai masa rawan kehamilan. Pada masa kehamilannya, DSOG menyarankan ibu Ys untuk tidak mengkonsumsi durian dan nanas di usia kandungan 1-3 bulan. [ys]

Pendapat serupa juga disampai kan ibu MD-2. Tapi lain lagi pengalaman yang dialami ibu MJM, pada kehamilan keduanya, ibu Mjm tidak dapat melewati hari tanpa minum Coke, sehingga dalam 1 harinya ibu Mjm mengkonsumsi minimal 2 botol kecil Coke. Pada saat bayinya lahir, angka bilirubin nya sangat tinggi 20,8 dari batas normal 10. Jadi menurut pendapat ibu Mjm, lebih baik minum coke dihindari pada masa kehamilan.

Seorang ibu yang juga mengkonsumsi coca cola semasa hamilnya adalah ibu CW. 1 hari 1 kaleng, namun tidak setiap hari. Sempat juga lebih dari 1 kaleng. Dan pada saat bayinya lahir, bayinya sehat dan tidak bermasalah.

Ibu R juga sempat mengalami kebimbangan pada saat kehamilannya tentang boleh tidaknya mengkonsumsi coke selama hamil. Seorang temannya menceritakan pengalamannya keguguran setelah minum coke. Memang pada dasarnya tubuh manusia tidak ada yang sama, hanya saja siapa yang tahu tubuh kita sekuat apa? Demikian dalih yang dikemukakan temannya.

Dengan penjelasan ini, ibu R tenang-tenang saja, ditambah kenyataan bahwa ibu R memang lebih memilih teh botol daripada Coke. Tetapi teh pun ternyata kurang baik bila dikonsumsi sehabis makan, karena mengurangi penyerapan zat besi. Jadi mungkin paling mudah dan aman adalah minum air putih. Namun ibu R juga menambahkan, dari referensi bacaan yang ibu R dapatkan, salah satu alasan lebih baik menghindari softdrink (secara umum) adalah kandungan kafein di dalamnya. Kafein ini juga mengurangi penyerapan kalsium karena mempercepat pelepasan kalsium ke air seni, namun inipun ibu R masih kurang yakin kebenarannya . R

Satu hal lagi yang umumnya kurang disadari oleh ibu hamil adalah mengenai kalori kosong ini, ibu Dt menambahkan. Pendapat umum adalah ibu hamil harus banyak makan dan beratnya sebaiknya naik dengan bagus, jangan terlalu kurus karena akan mengakibatkan bayinya kelaparan didalam kandungan. Padahal pada kenyataannya, kenaikan berat badan ibu hamil yang besar tidak menjamin bayinya akan lahir dengan berat badan yang bagus pula. Seorang ibu yang mengalami kenaikan hingga 20 kg hingga akhir masa kehamilannya tidak dapat dipastikan akan melahirkan bayi berberat lebih dari pada ibu hamil yang hanya mengalami kenaikan 15kg. Hal ini dimungkinkan jika masukkan kalori si ibu adalah kalori kosong tanpa zat gizi yang hanya akan menjadi timbunan lemak pada tubuh ibu. Ibu hamil memang membutuhkan cadangan lemak, namun tidak perlu berlebihan. Yang paling baik adalah apabila setiap masukkan makan ibu hamil adalah yang mengandung gizi yang dibutuhkan bagi perkembangan janin. Namun kalau hanya untuk sekedar pelepas rasa dan keinginan bolehlah sesekali ibu hamil mengkonsumsi makanan enak namun berkalori kosong. [dt]

Ibu Cw yang semasa hamilnya rajin mengkonsumsi aneka healthy food lengkap dari buah, sayuran hingga keju namun merupakan penggemar soft drinks menambahkan kemungkinan adanya faktor bawaan dan keturunan. Menurut pengalaman ibu Cw, healthy food yang dikonsumsinya selama kehamilan itu ternyata tidak banyak memberi hasil pada kedua putra ibu Cw yang dilahirkan dengan berat badan dibawah 3 kg. Tetapi berat badan bayi bukanlah faktor utama, yang penting bayi sehat. Dan karena ibu Cw tidak berbakat gemuk, tidak berapa lama setelah melahirkan berat badannya kembali ke angka normal.[cw]
 
" every day is happiness "
  #8  
Old
tiaati...   TS 
 
Posts: 78
 
iya bunn, ni juga abis googling2.. penasarann soalnyaa.. thanks ya infonyaa.. semoga dibuatin sama mama kuu..
 
  #9  
Old
Bunda ...
 
Posts: 496
 
saya kmren makan pepaya yg mateng buat mengatasi sembelit..hehhehe
alhamdulillah gpp..skrg ganti mslh lagi..kepala pusing gak ketulungan nie bunda..haduuh
 
Anaku dhek Arsa...doakan bunda segera memperoleh adekmu yaa..amin ya Robb.Semangat!
  #10  
Old
tri ya...
 
Location: Malang
Posts: 1,693
 
Kalo saya sich makan nanas emang gak pernah bun sama kakak juga gak diperbolehkan makan nanas, kalo pepaya sich gak tahu ya bun...emang bunda natalia hamil berapa bulan sekarang...
 
  #11  
Old
arimbi...
 
Location: Jakarta
Posts: 393
 
kalo pepaya mateng memang boleh bunda natalia,, kan yg tadi dibahas pepaya mengkal ato yg masih muda....
 
" every day is happiness "
  #12  
Old
Bunda ...
 
Posts: 496
 
saya hamil 3bulan..klo makan nanas belom pernah
@bundaarimbi...hehehhe iya bundaaa..maksud saya bercerita klo nyidam mending diganti pepaya yang mateng....gtu..hehhe
 
Anaku dhek Arsa...doakan bunda segera memperoleh adekmu yaa..amin ya Robb.Semangat!
  #13  
Old
Louisa...
 
Posts: 1,656
 
heheheee pepaya mateng baru ak sukaaaaa, kalo yg mengkel baru ga doyan..
ak jg ga ada pantang, yg ini itu gak boleh si.. yg penting buatku smua jgn berlebihan,,
yg dpantangnya yg masuk akal aja kayak alkohol (miras), ngrokok wkwkwkkkkkk

abis gmn ya bund, kalo serba dlarang, rasanya gemesss, abisnya ak hamil ni rakus lapar aja...
mungkin kalo kehamilannya lemah, baru ya ada yg dpantang...
semoga kehamilan kita smua sehat, tanpa kurang apapun ya bund ^_^
 
  #14  
Old
andlly...
 
Posts: 1,552
 
Bunda tiaatika, kalo ngak sabar aja dulu.. Nunggu ampe hamil 6bln br makan sambal nenas dan pepaya mengkel nya.. Karna 6bln si baby udah kuat, tp tetap makan dikit aja asal jgn ngiler.
 
  #15  
Old
Andina...
 
Posts: 252
 
Kalo pepaya mengkal n daun pepaya ga aman buat bumil, bunga pepaya nya aman ga bunda2?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Nanas >.< -- Diskusi Umum 5
Buah PEPAYA bisa menggugurkan kandungan? -- Diskusi Umum 36
Apa betul mengkonsumsi nanas dpt mempermudah persalinan?? -- Diskusi Umum 1
Ngidam -- Diskusi Umum 4
Kulit Bercahaya Berkat Pepaya -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 15:55.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com