Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
vhey...   TS 
 
Posts: 34
Default Setelah 3 tahun, akhirnya positif dgn cara bayi tabung di BIC Jakarta

HPHT aku tgl 8 juni, haid ke tiga mulai program bayi tabung di dokter Ivan Sini klinik BIC Jakarta.

Dari pemeriksaan awal, aku alhamdulillah ga ada masalah apa2, cuma suami dinyatakan oligoteratozoospermia (gerak dan bentuk sperma tidak normal).

Karena kami dari luar kota, sama2 kerja dengan waktu cuti yang dibatasi, aku dan suami memilih mengambil program short protocol, kebetulan di BIC bulan kemarin ada program ultah, jadi biayanya "agak" lebih murah dibandingin harga BT normal .

Persiapan fisik aku lakukan 3 bulan sebelumnya. Makan makanan sehat, alpukat, minyak zaitun, royal jelly, susu pra hamil, madu dan telur ayam kampung. Pokonya diusahain semaksimal mungkin sehat, ga boleh sakit

program ini dimulai dengan pemeriksaan hepatitis, tokso, hiv, rubella. Alhamdulillah aku dan suami dinyatakan negatif dr semua virus tersebut dan mulailah tahap selanjutnya. Yaitu suntik gonal F. Berhubung masih muda (29 thn), dan kondisi rahim alhamdulillah tidak bermasalah aku diberikan dosis kecil, hanya 150iu selama 3 hari.

Hari ke 4 di usg, dilihat respon sel telur terhadap gonal F. Dan alhamdulillah sudah ada bbrp sel telur yang ukurannya mulai membesar. Pemeriksaan estradiol E2 menunjukkan kadar 282, normal. Kemudian dokter kembali merespkan gonal f dengan dosis yang sama selama 4 hari yg diakhiri dengan suntik Cetrotide. Besoknya kembali USG dan pemeriksaan E2 (1369) dan P4 (0,68). Alhamdulillah nampak beberapa sel telur matang yang siap dipanen

2 hari kemudian dimulai proses ovum pick up (OPU), g sakit karena di bius, sadar2 udah di ruang pemulihan dengan angka 4 tercoret ditangan kanan. Alhamdulillah..

Btw, sebelum proses OPU dokter menyarankan tidak konsumsi protein nabati dulu seperti kacangan, kecambah, coklat, kedelai, kacang ijo, pokonya jgn yg nabati. Alasannya makanan2 tersebit bisa meningkatkan hormon (apaaa gtu, lupa) yg mengganggu proses BT. Semua makanan diatas itu hanya bs dikonsumsi post embrio transfer

3 hari kemudian (22 juni), dimulai proses embrio transfer (ET). Sebelum masuk ruang ET, kami di beritahukan oleh embriologis bahwa dari 4 sel telur yang diambil hanya 3 yang mengalami pembelahan. 1 membelah dengan kualitas good, 2 membelah dengan kualitas moderate. Setelah didiskusikan, kami memutuskan 2 emrbrio di transfer, 1 embrio yg moderate di simpan dengan harapan dapat meningkat kualitasnya.

Proses ET mengharuskan kandung kemih terisi penuh, so sebelum ET wajib menghabiskan beberapa botol aqua sebenarnya proses ini tidak sakit sama sekali. Hanya saja karena diwajibkan menahan air kecil, perut jadi keras dan sakit minta ampun, apalagi pd saat proses ET dokter harus menekan perut yg bs dibilang sedang full tank .

setelah proses ET selesai, tidak diperbolehkan turun dari tempat tidur selama 2 jam.BAK di tempat tidur, make pispot, berhubung perutku udah keras bgt, g bisa pipis walopun pake pispot, akhirnya suster masangin kateter. Lega.. Tapi BAK selanjutnya mesti usaha sendiri, g bisa di kateterin lg karena takut kandung kemihnya rusak.

Beberapa menit kemudian, terasa lagi tuh keinginan BAK, berhubung hampir 2 jam berbaring aku minta izin suster buat jalan ke toilet krn benar2 g bisa pipis di pispot. Dengan berat hati suster akhirnya mengijinkan. Dan tharaaaaaa!! Keluar dari kamar mandi aku pingsan dengan seksinya kta dokter dokter hipoglikemi dan tensi drop.

Aku dirawat 3 hari di rs. Hari pertama di RS tiap menit pasti masuk kamar mandi buat BAK, keluar masuk, naik turun tempat tidur jadinya. Sebenarnya g diperbolehkan terlalu banyak gerak karena didalam rahim embrio2 sedang berjuang untuk menempel. Saat itu aku benar2 menyerahkan segalanya pada Allah SWT, karena kalau ku tahan diatas tempat tidur, perutku skitnya luar biasa. So.. Bismillah ajalah..

Post ET aku disarankan dokter makan makanan high protein. Susu elemen, telur ayam kampung, dan sari kacang hijau menjadi makanan wajibku tiap hari.

Keluar rumah sakit, aku bedrest, g kemana2 kecuali pas mau ngambil catering di lobby yang mesti naik turun lift. selebihnya nonton film, tidur, masak dan makan

Hari ke 12 setelah ET aku iseng test
pack (tepat ultah pernikahan yang ketiga) dan hasilnya ada 2 garis yang muncul, tp garis satunya samaaaaar bgt (mesti pake mata batin dulu baru kelihatan hehehe). Secara udah 3 tahun nikah selalu lihat test pack satu garis doank, so waktu ngeliat test pack samarpun udah happy minta ampun hehehe. Besok
paginya nyoba lagi make 3 testpack yang beda merk, Alhamdulillah udah jelas semua, udah ada 2 garis merahnya. Subhanallah..

Tgl 6 juli aku kembali ke BIC untuk cek kadar BtHcg sekalian konsul dengan dokter Caroline krn dokter ivan sedang keluar negeri. G nerveuos sama sekali, mungkin krn aku udah yakin Bgt kalo aku hamil hehe. Kadar BtHCG menunjukan nilai 342, dan kata dokter aku positif hamil. SubhanaAllah..

Yang aku rasain sekarang cuma malas makan, payudara nyeri, kliyengan dan sering buang air kecil.

Buat bunda2 yg lagi harap-harap cemas, semoga kita semua berhasil hamil bulan ini, diberi kesempatan menjadi ibu. Diberi kesehatan dan kekuatan buat dedek dan bundanya. Mohon doanya jg semoga aku dan calon anakku sehat2 dan lancar sampai persalinan.
Untuk para bunda yang udah lama nikah, punya biaya yang cukup untuk bayi tabung, sebaiknya jangan ditunda sebab keberhasilan promil baik normal maupun dibanti (insem dan BT) sangat dipengaruhi oleh faktor umur juga.
Semangat terus yah bunda..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
yenti...
 
Posts: 1,012
 
Selamat ya bunda... Semoga lancar sampe persalinan.
Bunda kl boleh tau brp biaya BT nya? (Maaf kl krg etis pertanyaannya) tp mengingat mungkin byk bunda2 lain yg ingin BT pngn prepare jg buat biayanya.
 
  #3  
Old
Vebby...
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Salam kenal bunda vhey..
Nice thread bund... Perjuangan yg luar biasa ya bunda...btw selamat atas kehamilannya, mudah"an diberi kelancaran smp melahirkan, dan babynya sehat..

Kl boleh tahu, program sblmnya yg dijalani apa aja bund, sblm memutuskan utk BT... kan sebagian org ada yg memutuskan BT sbg alternatif terakhir.
Makasih byk bund atas sharingnya...
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #4  
Old
ibupej...
 
Location: Indonesia
Posts: 389
 
Waa... Salut dengan perjuangan bunda. Semoga sehat terus ya bund. Aamiin..
 
"Maka nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kau dustakan?" (QS Ar-rahman : 13)

Selimut Bayi Lucu
  #5  
Old
Dewati...
 
Posts: 1,928
 
Ikut seneng bacanya Bund..semoga lancar dan sehat kehamilannya...
 
« Muhammad Azka Alfathan my golden boy »
  #6  
Old
vhey...   TS 
 
Posts: 34
 
@ Bunda yenti
Bulan lalu BIC sedang ada promo ultah, jadi total 45jt (belum termasuk konsul dokter dan pemeriksaan lab)

Biaya bayi tabung tergantung dari kondisi fisik pasangan bunda, semakin sehat pasangan, akan semakin murah.
Aku alhamdulillah g ada masalah, cuma suami dengan kualitas sperma yg "jelek' harus melewati proses icsi (dr berjuta-juta sperma yang dihasilkan dipilh sperma terbaik oleh para embriologis)

Btw, Aku dari 45jt itu masih diretur 5 juta krn dosis obat yang aku pakai kecil jd g kepake semua. Jadi total yang aku keluarin minus pemeriksaan lab dan konsul dokter 40jt bun.

Ada beberapa bulan tertentu dmna BIC bikin promo untuk program bayi tabung. Jadi bagi para bunda2 yang udah g sabaran pengen punya debay, bs nanya2 langsung ke BIC.
 
  #7  
Old
Tari D...
 
Posts: 438
 
selamet yah bun
lancar terus smpe launching debay ny
 
  #8  
Old
vhey...   TS 
 
Posts: 34
 
@bunda Vebby

Aku udah mutar2 dokter kandungan dr jkt, mkss, dan manado. hasilnya sama, sperma suami kualitasnya jelek.

Awalnya ke dokter ivan, aku dan suami berharap program yg ditawarkan sebatas insem aja. Tp setelah ngelihat hasil lab, terutama bahwa gerak sperma tidak normal, dokter ivan mengatakan bahwa 'jikapun diusahakan dgn cara insem, dikhawatirkan sperma yang gerakannya tdk normal itu tidak akan bs nyampe/ sulit untuk bertemu sel telurku.

So, setelah dipikir2, dari hari konsul dengan dokter ivan, kalo insem gagal dan harus ngulang lagi, bakal byk biaya yg keluar. Jadilah kami memilih BT. Kebetulan dokter ivan meyakinkan kami dgn keadaan aku yg sehat dan usia di bawah 30 tahun, kemungkinan keberhasilan BT sangat besar. So.. Here I am now

---------- Post added at 13:49 ---------- Previous post was at 13:47 ----------

@bunda pejabat & bunda dewanti

Terimakasih banyak, mohon doanya biar lancar yah.
Semoga bunda2 semua yg masih promil segera positf dan yg sudah hamil, lancar dan sehat sampai lahiran
 
  #9  
Old
sitita...
 
Posts: 160
 
waahh..ikut seneng dengernya. setelah penantian bunda 3tahun.

selamat ya bun, semoga lancar hingga persalinan
 
  #10  
Old
dwieku...
 
Posts: 216
 
subhanalloh, akhirnya perjuangan bunda vhey dan suami berbuah manis....selamat ya bunda, saya doakan semoga Alloh senantiasa memberikan kesehatan dan kelancaran untuk bunda sampai lahiran nanti...aamiin...doakan saya dan para bunda disini yang masih dalam masa penantian, semoga bisa merasakan kehamilan seperti yang bunda vhey rasakan....aamiin...aamiin...aamiin Allohumma Aamiin
 
  #11  
Old
bunda ...
 
Posts: 5
 
kalau bleh tau proses bt butuh waktu berapa lama bunda? dr proses awal sampai test packpositif?
terus sebelum mulai program, bunda minum obat apa aja dr dokter?

infonya sangat membantu sekali bunsay.
 
  #12  
Old
shiina...
 
Posts: 41
 
Subhanalloh bund,, baca crita bunda yg penuh prjuangan jd terharu biaya sbesar itu tentu gak krasa ama kbahagiaan bunda skrg, ttep smngat bund, dn jaga kondisi n ksehatan bnda, d jaga baik" ia bund
 
  #13  
Old
vhey...   TS 
 
Posts: 34
 
@ Bunda vida..
Aku pertama konsul ke dr. Ivan tgl 3 juni (USG).
Tgl 4 juni suami periksa kondisi sperma.
Tgl 10 juni pas haid ke 3, mulai sunti gonal F
Tgl 4 juli testpack positif.
Jadi prosesnya cm sebulan aja bun.

---------- Post added at 14:53 ---------- Previous post was at 14:46 ----------

Sorry ada lupa dijawab hehe, stlh konsul dokter pertama kali, aku cm dikasih asam folat doank. Tp disaranin mnm susu high protein.
 
  #14  
Old
thiath...
 
Posts: 69
 
Wah....selamat ya bund.... ceritanya nularin aura positif banget buat bunda2 disini.... semoga selalu sehat ya bund sampe dedenya lahir.....
 
mohon dukungan like dan share untuk postingan
http://bit.ly/TopSecretFilm
Dalam rangka lomba nulis konten di fb. Periode sampai 14 agustus 2016
  #15  
Old
bunda ...
 
Posts: 5
 
waktu yg singkat yah bund. aku jg lg promil nih, udh hamir 4 tahun, tp sekArang masih nabunh dlu.
boleh tau lg ga knp bunda lbh prefer ke BIc dgn dokter ivan? knp g di dokter aucky atau dokter yg lain? aku msh bingung milih tempat&dokter yg ahli. mohon infonya ya bunda, maaf banyak nanya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bayi tabung, berhasil hamil, ivan sini, positif, rs bunda jakarta


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Positif bundaa ^^ setelah 2,3 tahun menanti.. -- Diskusi Umum 45
akhirnya aku hamil setelah menunggu dua tahun lebih... -- Diskusi Umum 7
Alhamdulillah, setelah 14 tahun akhirnya aku hamil lagi !! -- Diskusi Umum 3
TP positif hamil setelah 7 tahun menunggu -- Diskusi Umum 57
Akhirnya setelah 4 tahun hamil ;) -- Ngobrol Apa Saja 17


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 13:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com