Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
jesica...   TS 
 
Posts: 1
Smile Tips Menghilangkan Bekas Luka Pasca Operasi

Ketika kita mengalami suatu gangguan penyakit atau gangguan kesehatan atau gangguan tubuh lainnya yang harus mengharuskan diri kita menjalani pembedahan operasi atau seorang ibu yang hendak melahirkan dengan operasi caesar. Kemudian setelah di operasi tubuh akan mencoba untuk menyembuhkan dirinya sendiri, karena kulit sehat tidak dapat tumbuh dengan cepat dan membutuhkan perawatan yang sangat intensif dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Bekas pembedahan operasi akan meninggalkan bekas pada kulit dan biasanya ada beberapa jenis kulit yang merasa sensitif menimbulkan daging tumbuh atau sejenis benjolan pada kulit yang keluar yang disebut keloid. Jaringan parut ini mempunyai keterbatasan pada peredaran darah, gerakan dan sensasi. Bekas luka juga tidak memiliki kelenjar keringat, warna pucat, sensitif dan tidak mampu bertahan terhadap sinar ultraviolet.

Berikut ini cara untuk mengurangi dan menghilangkan bekas luka pasca operasi :
a. Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk menghilangkan bekas luka pasca operasi dengan dilakukan pemijatan pada daerah atau bagian tubuh yang sudah dioperasi, namun dengan catatan jahitan operasi tersebut sudah lama dan kering. Lakukan pijatan ringan dan lembut untuk membantu mengurangi jaringan bekas luka dan juga meningkatkan pasokan darah ke seluruh tubuh. Hal ini dilakukan untuk mendorong pembentukan jaringan kulit dan mendapatkan kembali kulit yang normal.
b. Menggunakan cream Retin. Dapat meningkatkan produksi sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit yang sudah tua, perlahan-lahan bekas luka akan terlihat samar.
c. Pemberian vitamin E juga dapat membantu menghilangkan bekas luka. Karena vitmain E memang sangat cocok untuk pembentukan sel kulit baru dan tulang. Menurut penelitian diketahui bahwa vitamin E memiliki kemampuan untuk menembus ke dalam kulit dan menghasilkan pembentukan radikal bebas. Hal ini meningkatkan proses penyembuhan. Vitamin E meningkatkan produksi kolagen yang memperkuat dan meningkatkan elastisitas kulit.
Semua luka akan meninggalkan bekas dan penyembuhan akan bekas luka pada setiap orang berbeda-beda. Terkadang ada bekas luka yang menimbulkan rasa gatal, kemerahan. Jika tidak segera diatasi atau diobati bekas luka tersebut akan kembali membentuk luka baru yang bertambah lebar, tebal, keras dan agak kehitaman. Namun ada pula yang mengalami proses penyembuhan dari luka dengan luka menjadi halus, tipis, rata dengan kulit sekitar wajah namun terjadi perubahan warna ( bisa lebih gelap atau lebih terang dibanding kulit sekitarnya ).
3 cara diatas dapat dijadikan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bekas luka pasca operasi.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
yunna...
 
Posts: 890
 
Up.. 。τнäπк чσυ。 infonya
 
<3 luv my cutie baby n my hubby <3
  #3  
Old
meycec...
 
Location: kotamobagu
Posts: 88
 
thanks bund atas infonya sangat bermanfaat ni
 
  #4  
Old
emy ar...
 
Location: makassar
Posts: 12
 
Sy jg punya keloid nih bunda pasca op, pijitnya kering aja tau pke minyak apa gt?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
menghilangkan bekas luka


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
menghilangkan bekas gatal diperut pasca melahirkan. -- Ngobrol Apa Saja 6
Luka Bekas Operasi HPV Gak Sembuh2,,,padahaL Lagi hamiL 10W :'( -- Diskusi Umum 44
bekas operasi -- Diskusi Umum 3
VBAC dengan luka bekas sesar vertikal.... TLG INFONYA BUNDa -- Diskusi Umum 1
(help)kurangin sm,kencangkan perut,samarkan bekas luka -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:21.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com