Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
provbi...   TS 
 
Posts: 8
Default Mengobati Baby Blues

Apa itu Baby Blues ? baby blues adalah timbulnya emosi yang tidak stabil dan perasaan sedih, lelah dan kesal selepas melahirkan pada minggu-minggu pertama. Terkadang sampai meneteskan airmata, panik, atau marah karena mengurus bayi dirumah sendirian. Bunda yang mengalami baby blues biasanya lebih mudah tersinggung, mudah marah dan cepat emosi tinggi. Jadi bunda yang mengalami baby blues harus diberikan perhatian oleh keluarga dekat terutama suami. Terjadinya baby blues bisa berlangsung selama satu hingga dua minggu selepas melahirkan, atau malah hanya beberapa hari saja.
Perubahan emosi yang kadang tinggi terjadi karena perubahan hormon pada tubuh seperti estrogen dan progesteron selama kehamilan bunda dan tiba-tiba turun setelah bunda melahirkan. Selain itu juga faktor lingkungan dan suasana hati karena terlalu lelah merawat bayi yang butuh ekstra energi. Baby blues tidak memerlukan pengobatan seperti ke dokter atau mengkonsumsi obat-obatan karena baby blues bisa hilang dengan sendirinya.
Lalu bagaimana cara mengatasinya? Istirahat yang cukup bagi bunda dan jangan lupa untuk mengkonsumusi makanan bergizi. Faktor suami atau keluarga sekitar juga mempengaruhi hilangnya baby blues. Lelah, capek dan kurang tidur menjadi faktor utama bagi para penderita baby blues. Untuk para bunda tidak perlu menahan air mata dan segera luapkan tangisan agar keluar semua hal-hal yang sedihnya. Coba juga untuk melakukan hal berikut ini :
1. Luangkan waktu untuk bunda sendirian atau biasa disebut “me TIME”. Beritahukan kepada keluarga sekitar atau suami untuk bergantian mengasuh dan merawat bayi. Bunda bisa melakukan hal-hal yang sudah lama tidak dilakukan seperti hobi memasak, jalan-jalan, ke mall atau bersantai sambil menonton televisi.
2. Memanjakan diri dan tubuh bunda dengan aktivitas sederhana seperti mendengarkan musik, mandi air panas, membaca buku sampai meminum secangkir teh atau kopi.
3. Bermanja bersama orang yang dicintai seperti suami, orangtua atau saudara kandung. jangan lupa untuk curhat dan bercanda bersama mereka agar merasa nyaman dan tak merasa sendirian atau kesepian.
4. Istirahat yang cukup seperti tidur dengan tenang dan nyaman
5. Olahraga yang ringan seperti jogging, berenang atau bermain-main dengan keluarga sekitar agar membangun mood yang positif.
6. Terus bersabar dan tetap optimis bahwa mengasuh dan merawat anak merupakan hal yang pasti bisa dilakukan seorang bunda.
Bye.. Bye… Baby Blues.


ngambil dari tulisan : bundahamildotcom
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ati w...
 
Location: Jogja
Posts: 501
 
biasanya hanya terjadi pada kelahiran anak pertama ya, bunda? apakah ada kemungkinan terjadi pd kelahiran anak kedua?
 
Bersyukurlah atas apa yang kita peroleh hari ini
  #3  
Old
provbi...   TS 
 
Posts: 8
 
bisa juga terjadi pada anak kedua.... apalagi kalo anak pertama dan anak kedua terpaut jarak yang dekat. Misal 1 tahun saja
 
  #4  
Old
rara g...
 
Posts: 893
 
Pas tirza lahir sy sempet kena sindron ini deh. Selama beberapa saat seperti org stres...katanya kalau keterusan biasanya si ibu cenderung membenci si anak ya?
 
Terima aku apa adanya tapi jangan biarkan aku seadanya
  #5  
Old
ibupej...
 
Location: Indonesia
Posts: 389
 
Sharing aja nih pengalaman yang pernah ku lihat...

Pernah jenguk istri temennya suamiku yang baru ngelahirin. Si baby nangis terus ga berhenti. Bunda nya pasca SC ga bisa ngapa-ngapain. Duduk pun berasa sakit, jadi hanya bisa tiduran dan belum bisa ngurus si baby.

Ibu istrinya (nenek si baby) kan bidan, jadi lumayan ngerti lah kalau baby nangis gara-gara apa, mungkin karena haus atau kepanasan (karena rumahnya ga pake AC, sementara di RSIA si baby full kena AC).

Nah si bunda nya ga percaya gitu aja perkataan si nenek. Si anak nangis, bunda nya nangis lebih keder ngalah-ngalahin nangis baby. Bingung dia, takut anaknya sakit, malah ngerinya takut anaknya sakit keras terus ga terselamatkan. Padahal menurut si nenek itu masih tergolong normal untuk ukuran bayi baru lahir. Akhirnya saat itu malah lebih heboh nenangin si bunda daripada nenangin si baby.

Kasihan liat bundanya. Mungkin pemikiran takut kehilangan itu normal bagi para bunda. Aku belum pernah mengalami kehamilan, jadi belum sepenuhnya paham perasaan 'luar biasa' seperti itu.
 
"Maka nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kau dustakan?" (QS Ar-rahman : 13)

Selimut Bayi Lucu
  #6  
Old
Al pan...
 
Location: Bitung, Sulawesi Utara
Posts: 855
 
ibuku dulu baby blues nya parah! kakak pertamaku waktu bayi hampir ditenggelamkan di sungai belakang rumah.. untung diikutin sama tanteku jadi langsung dicegah.. kata tante2ku sih ibuku jadi suka berhalusinasi..pasca lahiran tiduran mulu sampai sore dan jarang keramas, (katanyaa).. Alhamdulillah habis lahirin anak ke 2 sampai ke 5, ibuku ga ngerasain syndrom itu lagi..
 
  #7  
Old
Ochi a...
 
Posts: 3
 
Ya Allah gtu yah... Aku juga Kya. A lgi kena baby blues deh bund...
Sndirian ngurus anak pertma, walaupun suami bntuin tapi krna keadaan sepi terus dan ga ada ibu atau mertua jdi bawaannya khawatir, takut, capek, lemes, pngn nangis terus..
Pngn deket ibu aku tpi ibu ku jauh jdi nunggu baby umur sebulan dlu.. Mngkin klo udh sebulan baby blues ku udh smbuh kali yah bund
 
  #8  
Old
Momma ...
 
Posts: 169
 
Kakak sepupu ku 10 hari pasca sc epilepsi nya kambuh (emng ada riwayatnya), dalam 1 jam sampe 3 kali serangan. Nah setelah serangan epilepsi itu dia jd sperti nggak sadar, pandangan matanya kosong, ada sekitar seminggu dia nggak bisa komunikasi samasekali. Kalo kita nanya kedia dia diem aja kadang cuma ngangguk atau geleng2, klo pipis dia pipis aja dikasur...
Kayak gitu termasuk baby blues apa nggak ya bun?
 
  #9  
Old
mamahu...
 
Location: My Tiny Kingdom
Posts: 699
 
Replying to: View Post
Kakak sepupu ku 10 hari pasca sc epilepsi nya kambuh (emng ada riwayatnya), dalam 1 jam sampe 3 kali serangan. Nah setelah serangan epilepsi itu dia jd sperti nggak sadar, pandangan matanya kosong, ada sekitar seminggu dia nggak bisa komunikasi samasekali. Kalo kita nanya kedia dia diem aja kadang cuma ngangguk atau geleng2, klo pipis dia pipis aja dikasur...
Kayak gitu termasuk baby blues apa nggak ya bun?
Sepertinya itu bukan masalah psikologis lagi bun, tapi kejiwaan yg berhubungan dgn saraf2 tertentu, kalau seperti itu sudah harus ditangani oleh dokter bun, segera bawa ke dokter ya.
 
www.miraclesinmywomb.blogspot.co.id
  #10  
Old
Momma ...
 
Posts: 169
 
Replying to: View Post
Sepertinya itu bukan masalah psikologis lagi bun, tapi kejiwaan yg berhubungan dgn saraf2 tertentu, kalau seperti itu sudah harus ditangani oleh dokter bun, segera bawa ke dokter ya.
Skrg sudah normal lg kok bun, baby nya sudah mau 4bln..
Dan memang udh ditangani dokter.
kirain saya ada kaitannya dgn baby blues memicu kambuhnya epilepsi itu
 
  #11  
Old
Mamizi...
 
Posts: 1
 
Hallo bunda2... Aku member baru nih awal nya sering baca2 aja tapi kali ini pgn curhat bgt. Aku baru 3 minggu yg lalu lahiran, aku tinggal dirumah mertua, 2 minggu setelah lahiran ibu aku nginep disini dirumah mertua buat urus aku dan debay. Pgnny ditemani Ibuku sampe 40hr tp ibuku udah gk betah bgt krn namanya dirumah org lain pasti gak enak.
Setelah ibuku plg aku ngerasain sedih bgt krn namanya mertua sebaik apapun ttp aja bukan ortu sendiri jd ada rasa canggung. Mertua ku org nya baik dn bahkan pgn bantu aku urus debay, tp malah akunya gak mau dibantu. Dirumah mertua ku banyak pembantu mereka jg sllu pgn bantuin urus debay tp lagi2 aku gak mau dibantu.
Jd aku maunya deket2 trs sm debay, debay gk boleh sama org lain.
Apa aku salah ya kalo kayak gitu?
Apa aku aneh?? Tiap kali debay dipegang mertua/pembantu aku gak ikhlas gitu sedih banget rasanyaaa
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Msh baby Blues nehh.. -- Diskusi Umum 0
Msh baby Blues nehh.. -- Diskusi Umum 4
Help ... Baby blues syndromkah ini?? -- Diskusi Umum 2
Sakitnya baby blues -- Diskusi Umum 12
Baby Blues Syndrome -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:48.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com