Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
nuryad...   TS 
 
Posts: 112
Default plasenta dibawah :(

malam bunda2...

uk saya skrg masuk 21 week n bru mggu kemaren abis dpriksa dr dokter,alhamdulilah debayqu sehat
tapi katanya plasentany masih dbawah

menurut pengalaman bunda2 negh...plasenta dibawah bisa berubah ga ya, trus apa ada cara yg msti saya lakukan agar plasentany g dibawah n kira2 bsa berubah g bun?... jadi normal gt bun, coz saya pgen lahiran normal..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
nike21...
 
Posts: 610
 
kebetulan ada sodaraku baru aja lahiran normal bund, malah prosesnya bs dibilang cpt, alhamdulillah ibu&bayi nya sehat selamet, padahal waktu hamil dokter uda blg bahwa placenta nutupin jalan lahir & harus sc, eh kira2 uda masuk 9bln, cek lg ternyata placenta uda geser & rencana operasi pun dibatalkan
selalu posthink aja ya bundaa, smg placentanya bs segera geser
 
  #3  
Old
sagita...
 
Location: Jakarta
Posts: 685
 
pengalaman aku...
sering diajak ngbrol sidebay blg bergeser ya nak pelan2.
berdoa
 
  #4  
Old
yunna...
 
Posts: 890
 
nungging bunda... banyakin sujud.. durasinya 15menit sekali sujud bunda.... pagi sama mlm mw tdr .. jgn hbs makan ntar muntah.. trs kalo bidan sarankan sih sehari 8x.. cuma aku paling bnyk pagi sekali n mlm 2x... kalo pagi karena aku kerja.. trs suka tdr kesiangan jdnya ga sempat heheheh tar nw dibiasain bgn pagi biar bisa 8xsehari sujud... oyah jgn tdr terlentang
 
  #5  
Old
vie ma...
 
Posts: 285
 
Replying to: View Post
malam bunda2...

uk saya skrg masuk 21 week n bru mggu kemaren abis dpriksa dr dokter,alhamdulilah debayqu sehat
tapi katanya plasentany masih dbawah

menurut pengalaman bunda2 negh...plasenta dibawah bisa berubah ga ya, trus apa ada cara yg msti saya lakukan agar plasentany g dibawah n kira2 bsa berubah g bun?... jadi normal gt bun, coz saya pgen lahiran normal..
tenang bunda,,, bunda harus yakin bisa,,, UK bunda masih cukup byk waktu itu,,, aq kmrn juga buat thread ttg plasenta dibawah. jadi pas UK ku 32w aq sering ngeflek,, setelah cek ternyata plasenta rendah.. dokter blg nunggu 2 minggu lagi. semoga pas debay masuk panggul plasenta nya geser. tp gesernya bisa ke atas bisa kebawah.. tapi aku tetep yakin bisa normal,, karena plasenta rendah itu beda sama bayi sungsang atau melintang,, jadi kata dokter mau usaha gimanapun susah dia untuk berubah. aku sih ngikutin saran bunda2 yang ada di forum ini,,
sering ajak omong debay,, "nak,, lahiran nya normal aja ya,, bantu bunda yuk buat geser plasenta nya keatas,, anak pintar... bantu bunda ya.." aq selalu ngomong gitu tiap abis solat sambil berdoa juga bund ..

alhamdulillah bund,, kemarin sore aq kontrol rutin,, 34w,, debay ku udah masuk panggul dan si plasenta nya geser ke atas,, bunda harus yakin,, karena aq baca di salah satu artikel penyebab plasenta rendah atau plasenta previa itu pada umumnya stress juga.. jadi bunda harus tenang...
semoga semua lancar dan normal ya bund,,,,
 
  #6  
Old
yudith...
 
Posts: 524
 
kira-kira 3 minggu yang lalu usg, plasenta di bawah, bbrp hari yang lalu sy cek lg ternyata sudah aman posisi plasentanya. gak diapa2in sih, berubah sendiri.
 
  #7  
Old
hartan...
 
Posts: 1,379
 
seiring bertambahnya usia kehamilan dia akan bergeser sendiri kok bund,,,yg bener posisinya disamping,bukan dibawah..ajak ngobrol debaynya aja minta bantu geserin
 
  #8  
Old
delros...
 
Location: Jakarta
Posts: 153
 
hehe..bunda nuryadi ternyata sama ama aq kasusnya...aqpun kena low lying placenta..kmrn usg kliatan plasentanya ada di pinggir jalan lahir..tp ni common case bngt sih..banyak bgt yang ngalamin..disuru nunggu sampe 38week..tp masa menanti 8mnggu lagi ga mau aq pake buat mikirin macem2..bismillahh ttp niat normal dl..ni aq copas dr bnyk artikel yang umum ya...aq sih uda bnyk browsing..kmrn jg sempet buat posting ttg low lying placenta..trnyata ketemu jg bunda yang berkasus sama..


Klasifikasi plasenta previa berdasarkan terabanya jaringan plasenta melalui pembukaan jalan lahir pada waktu tertentu:
1. Plasenta previa totalis : bila seluruh pembukaan jalan lahir tertutup oleh plasenta.
2. Plasenta previa lateralis : bila hanya sebagian pembukaan jalan lahir tertutup oleh plasenta.
3. Plasenta previa marginalis : bila pinggir plasenta berada tepat pada pinggir pembukaan jalan lahir.
4. Plasenta previa letak rendah : bila plasenta berada 3-4 cm diatas pinggir pembukaan jalan lahir.


Faktor risiko plasenta previa termasuk :
  • Riwayat plasenta previa sebelumnya.
  • Riwayat seksio sesarea.
  • Riwayat aborsi.
  • Kehamilan ganda.
  • Umur ibu yang telah lanjut, wanita lebih dari 35 tahun.
  • Multiparitas.
  • Adanya gangguan anatomis/tumor pada rahim, sehingga mempersempit permukaan bagi penempatan plasenta.
  • Adanya jaringan rahim pada tempat yang bukan seharusnya. Misalnya dari indung telur setelah kehamilan sebelumnya atau endometriosis.
  • Adanya trauma selama kehamilan.
  • Sosial ekonomi rendah/gizi buruk, patofisiologi dimulai dari usia kehamilan 30 minggu segmen bawah uterus akan terbentuk dan mulai melebar serta menipis.
  • Mendapat tindakan Kuretase.
  • Perempuan yang suka Merokok
Plasenta letak rendah bisa dilakukan persalinan secara normal :
plasenta tdk menutupi seluruh ostium, dan ostium bagian belakang, tidak terjadi pendarahan yang banyak dan tidak memiliki panggul sempit dan letak janin melintang..


bun..bismillah ajaa yaa sama2 bisa normal kita..selama blm totalis insyaAllah kemgkinan masih terbuka buat melahirkan scr normal..skrng ini ttp fokus ama nutrisi yang diasup aja dan sambil menunggu perkembangan....banyak kok kasusnya ini..sbnrnya aqpun sempet kepikiran sesekalii...jngn sampeeee...disesar..tp apapun yng terjadi nti yng pnting dua2nya sehat dan selamatt..


kt bunda yunna jg kmrn banyakin sujud ama nungging hehee,trus sih kl kasusny plasenta abnormal gini jngn banyak2 jalan..dikhawatirkan pendarahan,jangan kecapean n stres, hubungan dng suami dibatasi dl....dsog aq blg Plasenta itu berimplan (menempel) dan tidak akan berpindah tmpat..yang ada ialah pembesaran rahim..oleh krn rahim membesar..plasenta akan seolah 'bermigrasi'..mdh2an mmbntu dikit..
 
  #9  
Old
nuryad...   TS 
 
Posts: 112
 
bunda2 ,....mkasih ya atas infony, berguna bgt buat qu
aqu ikutin saran2 dari bunda2, thanks ya bun

positif thinking trus ...biar g stress hehehe
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
plasenta dibawah -- Diskusi Umum 12
plasenta dibawah.. -- Diskusi Umum 28
Plasenta Dibawah -- Diskusi Umum 6
plasenta dibawah -- Diskusi Umum 20
plasenta dibawah -- Ngobrol Apa Saja 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:29.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com