Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
iqbalf...   TS 
 
Posts: 12
Default Bagaimana Persiapan Puasa untuk Ibu Menyusui?

Seluruh umat Islam telah menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan suka cita. Tentu perlu ada persiapan puasa untuk ibu menyusui. Walaupun ibu menyusui adalah termasuk kelompok yang dibolehkan tidak berpuasa Ramadhan, sebagian tetap berkeinginan untuk menjalaninya. Lalu apakah yang harus dipersiapkan ibu menyusui dalam menjalankan ibadah puasa? Simak penjelasannya di bawah ini.


Ibu Menyusui harus Sehat Fisik dan Mental
Pada saat berpuasa, ibu menyusui harus dalam kondisi sehat agar dapat memproduksi ASI yang berkualitas baik dengan kuantitas yang cukup. Hal ini dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang dan air putih yang cukup saat sahur dan berbuka, karena zat gizi yang dikonsumsi ibu dan cairan yang cukup sangat memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan.

Selain asupan nutrisi, psikis ibu juga harus baik. Dukungan yang adekuat dari suami dan keluarga akan memengaruhi kesiapannya menyusui dalam kondisi berpuasa.

Beraktivitas saat Puasa
Ibu menyusui boleh melakukan aktivitas sehari-hari, namun tidak aktivitas yang meningkatkan resiko dehidrasi. Luangkan waktu cukup untuk istirahat di sela-sela kegiatan. Gunakan juga waktu tersebut untuk menyiapkan stok ASI sehingga kebutuhan Si Kecil dapat tetap terpenuhi. Volume ASI yang dihasilkan saat berpuasa cenderung akan sedikit berkurang dibandingkan saat ibu tidak berpuasa.

Apakah berpuasa akan Membahayakan Si Kecil ?
Jika Anda memutuskan untuk berpuasa, Si Kecil tidak akan dirugikan karena tubuh akan tetap menghasilkan ASI. Setelah membakar energi dari makanan, tubuh akan menggunakan energi dari simpanan kalori, seperti simpanan gula darah dan lemak, sebagai modal untuk menghasilkan ASI.

Namun demikian, puasa terkadang bisa membuat perubahan kecil pada kandungan ASI, seperti menurunnya tingkat kandungan vitamin dan zat gizi mikro di dalam ASI menurun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kadar seng, magnesium dan kalium menurun pada ibu menyusui yang berpuasa selama bulan Ramadhan.

Persiapan Puasa untuk Ibu Menyusui
Berikut ini adalah hal yang perlu Anda siapkan untuk berpuasa selama masa menyusui:

Kesehatan Ibu
Sebelum Anda memutuskan untuk menunaikan ibadah puasa, Anda harus memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Jangan memaksakan diri untuk berpuasa apabila Anda memiliki riwayat penyakit yang belum terkontrol, misalnya tekanan darah rendah atau tinggi, gangguan gula darah (diabetes), masalah hormonal atau sedang tidak sehat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan apakah kondisi kesehatan Anda siap untuk berpuasa.

Usia dan kesehatan Si Kecil
Apabila Anda masih memberikan ASI eksklusif, maka disarankan agar Anda menunda berpuasa. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi Si Kecil masih sangat bergantung pada ASI. Lain halnya dengan anak yang sudah memasuki fase MPASI.

Perhatikan asupan kalori saat sahur dan berbuka puasa

Ibu menyusui memerlukan tambahan 450-500 kilo kalori per hari. Untuk itu, pastikan Anda menjaga asupan kalori dengan makan makanan gizi seimbang.

Cukupi asupan cairan
Perhatikan asupan cairan saat berbuka dan sahur, jangan sampai Anda dehidrasi.

Usahakan untuk minum air putih sebanyak 1.5-2 liter/hari.
Hindari minum teh, kopi atau minuman bersoda yang menyebabkan sering berkemih karena kandungan kafeinnya.
Hindari panas matahari dan aktivitas di ruangan panas.
Pastikan asupan protein, sayur dan buah terpenuhi saat berbuka dan sahur.
Beristirahat
Walau Anda bisa beraktivitas seperti biasa, jangan lupa luangkan waktu untuk beristirahat.

sumber: Puasa untuk Ibu Menyusui
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tentang persiapan menyusui -- Diskusi Umum 1
Nutrisi ibu Hamil dan Menyusui untuk persiapan ASI Ekslusif -- Area Promosi 1
Hamil dan Puasa...Persiapan menyambut Bulan Penuh Berkah -- Diskusi Umum 38
persiapan menjalani ibadah puasa saat hamil -- Diskusi Umum 2
Puasa untuk ibu menyusui -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:00.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com