Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Prilla...   TS 
 
Posts: 15
Default Kapan harusnya berhenti menyusui saat hamil

Bun,usia kandungan brapa ya harus nya berhenti menyusui,ak dh 26 w tp anak pertama masih gak mau lepas asi,sbnrnya bukan sakit sih bun cuma (maaf) PD ak kalau ga susuin si kaka jd berasa sakit dan penuh trus rembes asi nya 😭 tp kalau saya tetep susuin si kakak saya takut si baby kurang gizi,apa bisa bun asi berhenti saat hamil ? dan sampe usia kandungan brapa boleh menyusui ?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Meimei...
 
Posts: 36
 
Bun, walaupun saat hamil, kita masih bisa menyusui, tapi sebenernya hal itu berpotensi memberi dampak baik pada ibu, janin dan anak yang disusui lho. Pada bunda, dampaknya bunda bisa menjadi cepat lelah dan morning sickness bunda juga bisa bertambah parah. Sedangkan pada janin, menyusui bisa mengurangi nutrisi untuk janin dalam kandungan. Menyusui saat hamil juga bisa mengubah rasa ASI yang tadinya manis jadi asin. Jadi, ASI akan terasa tidak enak juga bagi anak yang disusui.

Meski begitu, menyusui saat hamil sebenarnya dinilai aman untuk dilakukan asalkan bunda tidak punya kondisi berikut:
• Ada riwayat keguguran sebelumnya.
• Lagi hamil anak kembar.
• Berisiko tinggi melahirkan prematur.
• Mengalami nyeri di perut bagian bawah atau perdarahan saat hamil.

Sebenarnya tidak ada patokan kapan harus berhenti menyusui saat hamil sih bun. Namun, bila anak sudah siap untuk disapih, bunda sebenarnya bisa mulai berhenti menyusui. Nutrisi untuk Si Kecil masih bisa dipenuhi dari susu formula dan MPASI.

Mengenai PD yang terasa penuh dan rembes. Meski produksi ASI tidak akan berhenti, tapi jumlahnya mungkin akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan.

Itu sih bun yang saya tahu mengenai menyusui saat hamil dari baca artikel ini https://www.halodoc.com/artikel/hal-...sui-saat-hamil. Bunda bisa baca artikel tersebut untuk tahu lebih lengkapnya.
 
  #3  
Old
Bunder...
 
Posts: 659
 
Bunda anak pertama usia brp?udh lewat 2 taon kah?
Kalo selama ini Bunda baik2 ajah,ndak mslah koq Bun..bahkan sampe lahiran trs nnti tandem jg bisa. Beda halnya ada org2 yg kalo nyusuin,trs hamilnya kontraksi,itu bener2 hrs brhenti. Apalg Bunda kasusnya kalo ndak nyusuin kan jd nyeri yah,mending disusuin atau dipumping. Drpd Bunda jd clogged atau jd mastitis,lebih bahaya. Jd klo Bunda msh pgn nyusuin si kaka,dan usia si kaka emang msh prlu yah gpp ttep ajah.
Anakku yg pertama udh brenti ASI dr usia 2taun,bentar lg pas dia 3taun 3bulan,adiknya lahir. Aku malah disaranin sambil mengASIhi si adek,kakanya jg dksh ASI lg(campur jus/makanan,krn dia psti udh ndak doyan kalo asi doang) krn kan si kaka blm bisa vaksin covid,jd ASI akan membantu imun tubuhnya(krn aku nya divaksin),jd anakku dua2nya akan pnya imunitas.
Maap yah,jd panjang deh..semangat Bunsay d dunia perASIannyah.
 
  #4  
Old
lilian...
 
Posts: 48
 
Replying to: View Post
Bun,usia kandungan brapa ya harus nya berhenti menyusui,ak dh 26 w tp anak pertama masih gak mau lepas asi,sbnrnya bukan sakit sih bun cuma (maaf) PD ak kalau ga susuin si kaka jd berasa sakit dan penuh trus rembes asi nya 😭 tp kalau saya tetep susuin si kakak saya takut si baby kurang gizi,apa bisa bun asi berhenti saat hamil ? dan sampe usia kandungan brapa boleh menyusui ?
sebenernya selama gak menimbulkan kontraksi mah masih boleh2 aja kok bun menyusui saat hamil.. btw umur si kaka brp taun skg bunda ?
trs biar debay nya gak kurang gizi bunda berarti harus lebih concern ke jenis makanan yg di makan bun, tambahin vitamin sama susu hamil juga buat tambahan gizi
 
  #5  
Old
dhyano...
 
Posts: 180
 
Kalo dirasa masih mampu lanjut aja bun
Gak akan mempengaruhi nutrisi janin kok asal bunda rajin minum vitamin hamil sama rajin makan hehe
Aku hamil anak kedua jg sambil menyusui kakanya, emang iya klo brhnti nyusui nanti asi kita sakit malahan mkany aku lnjut aja.
Adiknya lahir malah gendut bgt 3.7kg sedgkn kakanya dulu lahir cm 2.6kg. Gak ngaruh kan bun.. ��
Tadinya mau tandem nursing, tp ternyata adeknya ini gak mau berbagi kuat bgt nyusunya makanya saya kewalahan dan kakanya baru saya sapih setelah 2bln lahiran
Semangat ya bun
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kapan harusnya TP -- Diskusi Umum 12
bagai mana sih berhenti menyusui bayi -- Ngobrol Apa Saja 4
kapan datang mens saat menyusui -- Diskusi Umum 2
berhenti bertanya kapan hamil? -- Ngobrol Apa Saja 23
Program anak kedua, berhenti KB kapan ya? -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:33.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com