Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
CPrisc...   TS 
 
Posts: 50
Default Sufor dan ASI


Siang, mommys dan calon mommys.
Saya sekedar sharing dan curhat saja.

Alhamdulillah, saya sekarang seorang ibu dengan (baru) satu anak laki laki berusia tiga bulan.
Saya juga termasuk dalam kategori ibu yang sangat amat pro ASI, karena sebaik baiknya susu formula, tidak ada yang lebih baik daripada ASI sebagai makanan baby.

Hanya saja,
Belakangan ini saya merasa sedikit 'sensitif' tiap kali saya membaca komen komen mommys yang sukses ASI 2 tahun, dan bahkan masih bisa menyusui anak lain.
Kenapa?
Ya, karena sekarang anak saya sudah full susu formula.

Dihari pertama sampai dengan 7 hari kelahiran anak saya,
ASI saya memang keluar hanya sedikit.
Tapi selanjutnya, alhamdulillah ASI saya mengucur bahkan saya bisa stok ASI untuk anak saya sampai 2 atau 3 hari kedepan.
Tapi ternyata, hal itu tidak berlangsung lama.
Hanya sampai anak saya hampir berusia 2 bulan, kedua PD saya mengalami nyeri sakit luar biasa, saat itu saya masih memaksakan diri untuk terus menyusui anak saya.
Suatu hari, saya sudah menyerah dengan sakit yang saya rasakan, kedua PD saya juga lebam biru.
Saya ke dokter, beliau bilang itu seperti radang.
Setelah diobati, PD saya memang sembuh dan saya tidak kesakitan lagi, hanya saja produksi ASI saya menurun drastis.
Yang biasanya sehari saya bisa menyusui kurang lebih 350cc lebih, dalam satu hari saya pompa hanya dapat 25cc dan tiap harinya semakin menurun, sedangkan anak saya perlu minum banyak, ditambah lagi (mungkin) pengaruh dari KB yang saya gunakan meskipun saya sudah memilih KB untuk ibu menyusui.
Tadinya saya berpikir untuk mencari donor ASI, saya bahkan sudah mencari donor ASI kesana kemari dan mencari informasi tentang pendonor, saya sudah merengek menjelaskan kepada suami supaya anak saya boleh menerima ASI dari pendonor, berulang kali pula saya mesti bertengkar hebat, tetapi suami saya tetap memutuskan lain karena dia takut akan kesehatan si pendonor ASI, maklum dari keluarga kami tidak ada yang menyusui jadi tidak bisa cari pendonor dari keluarga sendiri.
Setelah konsultasi dengan dokter, akhirnya sejak saat itu anak saya menggunakan susu formula. Percayalah, saya sebenarnya berat melakukan ini karena saya harus memilih antara 2 hal yang berat, pertama jika saya memberikan sufor maka yang mengkhawatirkan adalah kondisi anak saya pada bagian pencernaan sedangkan bayi hanya mengandalkan susu untuk memenuhi segala nutrisi tubuhnya, dan kedua jika saya memberikan ASI dari pendonor maka berakibat juga pada kesehatan anak saya karna dokter mengatakan saya tidak tahu persis bagaimana kondisi kesehatan pendonor, mungkin saja beliau memiliki penyakit dan disarankan tiap pendonor yang akan memberikan ASI kepada anak saya mesti melalui tes kesehatan.

Benar saja setiap cobaan pasti ada hikmahnya.
Yang kemarin dengan ASI anak saya rewel terus karena kurang minumnya, berat badannya juga menurun, bahkan imunisasi terlambat karena BB anak saya rendah..
Tapi sekarang, sampai dengan hari ini anak saya dalam keadaan yang sehat, lincah, aktif, berat badannya juga normal.
Sempat saya juga stress menghadapi cibiran orang orang yang sukses ASI disekitar saya, tapi dengan segala dukungan dan doa keluarga, serta semangat teman teman ( di group WA yang dibuat lewat forum ini, yang tidak pernah membandingkan kesehatan anak ASI dengan anak Sufor ), sekarang saya hanya mementingkan segala kesehatan dan perkembangan anak saya saja, bukan lagi cibiran mereka.

Saya sudah berusaha, berjuang untuk berikan ASI, dan telah melakukannya sampai anak saya berusia 2 bulan.
Pesan saya untuk Mommys yang juga pejuang Sufor, tetap semangat dan jangan berkecil hati, terus berdoa untuk buah hati.
Untuk mommys yang tadinya mungkin merasa repot untuk memberi ASI, bersyukur karna tidak semua Ibu bisa memberikan ASI pada anaknya, kalau memang repot untuk menyusui langsung setidaknya sediakan waktu untuk pumping lalu berikan ASIP pada baby meskipun jauh, baby akan bisa merasakan kehadiran mommys lewat ASIP.
Dan bagi mommys yang masih menyusui, saya salut sekali dengan kalian, teruslah menyusui selagi Tuhan berikan mukjizat itu.

Salam sayang..
 
Attached Thumbnails
Sufor dan ASI-picsart_02-14-02.56.02.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Mom3N...
 
Posts: 354
 
Maaf bunda, sekarang kan pake sufor ya. Baby masih suka di nenenin nggak ya meski ASI nggak keluar?
 
  #3  
Old
CPrisc...   TS 
 
Posts: 50
 
Replying to: View Post
Maaf bunda, sekarang kan pake sufor ya. Baby masih suka di nenenin nggak ya meski ASI nggak keluar?
Masih mommy.
Kan masih berharap asinya keluar.
Sebelum mimik sufor, masih sering dinenenin.
Dan seberapapun dapetnya ASIP meskipun hanya 5-10cc tetap saya berikan ke anak saya.
 
  #4  
Old
Mom3N...
 
Posts: 354
 
Replying to: View Post
Masih mommy.
Kan masih berharap asinya keluar.
Sebelum mimik sufor, masih sering dinenenin.
Dan seberapapun dapetnya ASIP meskipun hanya 5-10cc tetap saya berikan ke anak saya.
Lanjutkan ya bunda, yang terpenting itu proses menyusuinya, meski nenen tidak keluar ASI nya tapi interaksi baby sama bunda saat nenen itu yang penting. Anak kedua saya ASI plus nenen sampe 4,5 tahun. Pernah coba sapih tapi gagal ya udah biarin aja hehehehe
 
  #5  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
ah bunda.......

anakku full sufor dari 2.5 bulan okey aja juga kok

dan untungnya ngga ada yg mencibir......grup hpl ....grup lain lain juga okey okey aja..........lingkungan juga mendukung2 aja.....

menurut aku sih cuma bagaimana cara kita sudah berusaha. memperhatikan kesehatan anak kita dan pertumbuhannya......dan bagaimana anak kita tumbuh sehat ngga cuma fisik tapi kecerdasan dan akhlaknya.

dan itu sufor atau asi cuma mengambil sebagian kecil dari keseluruhan bagiannya

perjuangan dan mepelajaran masih panjang ....
 
  #6  
Old
CPrisc...   TS 
 
Posts: 50
 
Replying to: View Post
ah bunda.......

anakku full sufor dari 2.5 bulan okey aja juga kok

dan untungnya ngga ada yg mencibir......grup hpl ....grup lain lain juga okey okey aja..........lingkungan juga mendukung2 aja.....

menurut aku sih cuma bagaimana cara kita sudah berusaha. memperhatikan kesehatan anak kita dan pertumbuhannya......dan bagaimana anak kita tumbuh sehat ngga cuma fisik tapi kecerdasan dan akhlaknya.

dan itu sufor atau asi cuma mengambil sebagian kecil dari keseluruhan bagiannya

perjuangan dan mepelajaran masih panjang ....
Becul mommy.
Tapi kan kadang yaaah begitu deh hahaha
 
  #7  
Old
Bunda ...
 
Posts: 2,215
 
cibiran biasanya dtg dr klrga trdekt. Sy anak prtm asi full cmn smpai usia 2 bln. Slnjutnya cmpur sufor 80%(asi) 20% (sufor) hgga anak usia 11 bln. Slnjtnya anak ga mau asi. jd trrsapih sendiri. Di sindir terus sm ibu kandung dan adiknya ibu sy.Haha. Bodo amat deh, yg ptg anak sehat.

skg anak kedua msh asix deh, 3 bln usianya
 
"Be grateful for whoever comes"
  #8  
Old
f31inn...
 
Posts: 261
 
Anakku dua2nya full sufor...
Yg kedua masih asi sampe 2 bln aja, hbs itu ga mau asi lg..
Ya pake sufor lagi...
Anak2ku juga sehat lincah2, super lincah malah...
Ga ada masalah ...
Cuma satu sih masalahnya... kempes dompet mamanya, sufor mahal bok....
 
  #9  
Old
Embun ...
 
Posts: 37
 
Saya full sufor, sampai sekarang saya tidak penyakitan (Alhamdulillah), tinggi saya 163cm, dan saya sangat dekat dengan mamak saya.
Itu saja.
 
  #10  
Old
Elfiza...
 
Posts: 126
 
kalo boleh tau bunda pake kb apa? kok bs asi nya jadi sedikit, soalnya aku jg rencana mau kb tp asi tetep jalan
 
  #11  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
Banyak sekali propaganda kalau sufor bikin bayi penyakitanlah, ntar gede masalah sama pencernaanlah, dll, dll.. seakan2 sufor itu racun. Jadi banyak mama2 (terutama di negara Indonesia) yg merasa bersalaaaah buanget kalau ngasih anak formula.
Kenyataannya, bayi disini, eropah, buanyak yg kena formula dr lahir, lha kok ya jarang kena masalah ngini nginu soal pencernaan anaknya. Bahkan angkatan anak usia 20an, malah fisiknya boleh diadu sama anak2 di negara kita yg malah sudah banyak ditemukan yg kena maaglah, typuslah, usus buntulah, dll dll. Jadi menurut saya tergantung juga mamanya ngasih mamamnya pasca asi/formula gimana. Usus bayi formula mmg kerja lbh berat, tp kalau itu mencelekai bayi, tidak akan mgkn diijinkan di pasaran. Apalagi banyak formula bayi product dr belanda sini. Disini perlindungan bayi dan anak nomor 1, ketauan ada penyimpangan cara asuh, anak bisa diambil oleh pihak negara lho. Nggak masuk akal kalau formula itu mmg racun masih diijinkan dikonsumsi oleh bayi.

ASI mmg paling bagus, karena itu mmg dr jaman batu ya makanan bayi asi di awal kehidupannya dan alam sudah mengaturnya. Tp kalau ada kendala, lha masak makan air tajin lagi? Ilmu penelitian sudah melahirkan formula buat nggantiin asi (walaupun masih 200an zat dr asi yg sufor blm bisa gantikan sampe hr ini), tp masih jauh lbh baik dr air tajin bu. Duluuuuu, konon di jaman batu kalau asi seorang ibu mampet ya mmg akhirnya pergi2 ke pusat komunitas ibu2 untuk spy anaknya disusuin sama busui yg mmg melimpah asinya. Tp skrg, formula mmg lebih aman kayaknya drpd nyari donor, krn kita ga tau kondisi record medis si busui.

Maaf nih saya malah nyampah disini soalnya suka gemes sama yg beginian. Apalagi yg pake nyibir2, duh minta ditowel bibirnya biar memble terus. Org ngga ikut bayar beliin formula aja berisik hahaha
Ah sudahlah.. buat pejuang sufor, ttp semangat! (nyari duitnya, soalnya mahal )
Buat pejuang asi (termasuk saya walaupun udah ngga execlusive lagi), ttp semangat juga!
Udah kita pake kacamata kuda aja, ngurusin anak masing2 yaaaa.. Pokoknya ngusahain yg terbaik
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
  #12  
Old
soezzi...
 
Posts: 296
 
yang terpenting anaknya sehat bunda,,,
Setidaknya bunda sudah berusaha untuk memberikan asi untuk anak, dan anak tetap dekat dengan bunda..

Anakku juga waktu baru lahir mengalami berat badan lahir rendah dan disarankan oleh dokter untuk campur asi dan sufor selama 2 bulan, alhamdulillah lingkungan mendukung tidak mencibir..

Tetap semangat ya bunda
 
cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui
WA: 0856-2322-435
  #13  
Old
bundah...
 
Posts: 4,304
 
Replying to: View Post
Banyak sekali propaganda kalau sufor bikin bayi penyakitanlah, ntar gede masalah sama pencernaanlah, dll, dll.. seakan2 sufor itu racun. Jadi banyak mama2 (terutama di negara Indonesia) yg merasa bersalaaaah buanget kalau ngasih anak formula.
Kenyataannya, bayi disini, eropah, buanyak yg kena formula dr lahir, lha kok ya jarang kena masalah ngini nginu soal pencernaan anaknya. Bahkan angkatan anak usia 20an, malah fisiknya boleh diadu sama anak2 di negara kita yg malah sudah banyak ditemukan yg kena maaglah, typuslah, usus buntulah, dll dll. Jadi menurut saya tergantung juga mamanya ngasih mamamnya pasca asi/formula gimana. Usus bayi formula mmg kerja lbh berat, tp kalau itu mencelekai bayi, tidak akan mgkn diijinkan di pasaran. Apalagi banyak formula bayi product dr belanda sini. Disini perlindungan bayi dan anak nomor 1, ketauan ada penyimpangan cara asuh, anak bisa diambil oleh pihak negara lho. Nggak masuk akal kalau formula itu mmg racun masih diijinkan dikonsumsi oleh bayi.

ASI mmg paling bagus, karena itu mmg dr jaman batu ya makanan bayi asi di awal kehidupannya dan alam sudah mengaturnya. Tp kalau ada kendala, lha masak makan air tajin lagi? Ilmu penelitian sudah melahirkan formula buat nggantiin asi (walaupun masih 200an zat dr asi yg sufor blm bisa gantikan sampe hr ini), tp masih jauh lbh baik dr air tajin bu. Duluuuuu, konon di jaman batu kalau asi seorang ibu mampet ya mmg akhirnya pergi2 ke pusat komunitas ibu2 untuk spy anaknya disusuin sama busui yg mmg melimpah asinya. Tp skrg, formula mmg lebih aman kayaknya drpd nyari donor, krn kita ga tau kondisi record medis si busui.

Maaf nih saya malah nyampah disini soalnya suka gemes sama yg beginian. Apalagi yg pake nyibir2, duh minta ditowel bibirnya biar memble terus. Org ngga ikut bayar beliin formula aja berisik hahaha
Ah sudahlah.. buat pejuang sufor, ttp semangat! (nyari duitnya, soalnya mahal )
Buat pejuang asi (termasuk saya walaupun udah ngga execlusive lagi), ttp semangat juga!
Udah kita pake kacamata kuda aja, ngurusin anak masing2 yaaaa.. Pokoknya ngusahain yg terbaik
menurut aku gak nyampah kok.......

ngga usah terlalu diribetinlah sufor apa asi.......karena abis itu masih banyak stepnya......mpasi....(kalo salah lasih metode mpasi dan jenis mpasi......bayi asi exclusive pun bisa kena sakit ini itu looo).....anake siapa yaaaa.....lupa kemarin......ibunya bangga banggain asi....abis itu mpasi dikasih makan kerupuk karrna anaknya doyannya itu......padahal seperti kita semua tau ngajarin anak makan itu kan bukan perkara gampang......abis mpasi.....stimulasi ini itunya biar motorik halus dan kasarnya perkembangan baik.......terus abis itu stimulasi otaknya......bermain sambil belajar.........

masalahnya menghasilkan generasi yg ngga hanya sehat fisik dan psikis tapi juga cerdas kreatif dan berakhlak baik.....kalo menurut aku tujuan utamanya selalu kesitu.......jadi asi atau sufor cuma sebagiaan keciiil dari perjuangan masa pertumbuhan dan pembentukan generasi yg unggul....

cieeeeee.....udah ah......ntar dibilang nyampah lagi jigak......
 
  #14  
Old
becca...
 
Posts: 392
 
ga usah stress bun... kalo ga bs full asi, ya udah tambah sufor aja... yg penting anaknya sehat, banyak kog sy liat sodara n tmn" yg anaknya sufor n tetap sehat lincah. sy wkt awal lahiran jg ga bs full asi n kasi campur sufor, awalnya stress tp liat dede puas kenyang n sehat sy terima aja... trus sy usaha trs supaya dede bs full asi, alhamdulilah skr dede udah bs full asi.
kalo bole tau bun kenapa PDnya bs nyeri? tanda" awalnya gmn bun? dokter ada blg penyebabnya apa ga? sori bun jd kepo byk tanya kalo bole bunda sharing biar kita" yg lg kasi asi bs mencegahnya. thanks ya bun
 
  #15  
Old
bun26...
 
Posts: 13
 
Hai bun salam kenal ya aku forum baru nih.. berbagi cerita aja ya karena anakku juga full sufor dari umur 2 minggu. Akupun juga ada kendala. Aku benar2 buta tentang arti cara menyusui, selama ini aku selalu mencari informasi tentang mengandung saja.. aku juga sempat kena baby blues huhu.. krn aku benar2 ngurus sendiri dan tidak punya pengalaman sama sekali apalagi anak aku cowo kuat banget nyusunya hehee.. kenapa aku full sufor ? Krn di payudara ku setelah 2 minggu ad benjolan bun, awalnya kecil lama lama jd besar dan sakit sekali. Blm lagi ditambah putingku yg lecet dan berdarah . Awalnya aku tahan bun, krn aku bnr2 pgn ksh anakku asi..sampai sakitnya kaya gmnpun ak tahan. Lalu akhirnya ak ke spog katanya itu kelenjar air susu, dikompres aja dan sering2 diisep dd nya biar kempes. Tp nihil bun . Sdh 3 spog ak datangi smpai habis berjuta juta bun ya Allah utk berobat saja. Akhirnya ak ke dokter spesialis dalam, katanya asi ku sudah jadi nanah harus di operasi, yauda jadinya di operasi dh bun, kalo kata dokter spesialis bedahku ,nanahnya sdh sprti lumpur lapindo bun. Setelah di operasi niatnya ak pgn ksh asi lg tp anakku malah ngamuk,gamau asi lg,mungkin ud enak sufor krn slama di rawat anak ku diksh sufor.. jdnya sampai saat ini full sufor deh.. Mungkin ini sdh takdir Allah. Krn saya sllu yakin sakit ataupun sembuh itu dtgnya dri Allah. Maaf ya bun nyampah,hanya berbagi cerita aja hehe.. yg penting kita sudah ksh yg terbaik utk anak dan sudah sangat berjuang..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
ASI vs SUFOR -- Diskusi Umum 56
sundulan n sufor -- Diskusi Umum 43
Sufor utk 1th keatas apa ya? -- Ngobrol Apa Saja 10
asi+sufor -- Diskusi Umum 5
ASI. SUFOR dan DONOR ASI -- Diskusi Umum 2


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:53.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com