Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
L154...   TS 
 
Posts: 10
Question Ari-ari sebaiknya di apain ya?

Bund, ari-ari itu apa yah? Apa ari-ari itu Placenta?

Biasanya setelah melahirkan, dari pihak Rumah sakit selalu menyerahkan ari-ari dan disertai pertanyaan mau dibawa pulang atau dikubur di Rumah sakit?

Jujur aja aku gak ngerti, emangnya yang bener tuh seharusnya dibawa pulang atau di serahkan ke pihak RS?

Dulu temenku sih dibawa pulang dan di buang ke laut. Buangnya pun gak asal di laut, tapi dia nyewa kapal nelayan dan dibawa ke laut agak tengah baru dibuang. Dan katanya berhubung anak yang dilahirkan adalah cewek, jadi ari-ari nya di tambahin bedak dan lipstick sebelum dibuang biar nanti anaknya cantik.
Tapi kalo anak yang dilahirkan adalah cowo, nanti ari-ari nya di tambahin buku dan alat-alat tulis.

Ini beneran gak sih ya? soalnya aku bingung tar aku abis melahirkan ari-arinya musti aku bawa kemana ya?

Tolong pencerahannya dunk bagi yang udah pengalaman......... Thx
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
iya bunda, ari2 itu nama lainnya plasenta, jaringan yg berfungsi mengalirkan makanan ke bayi dan membuang zat sisa dari bayi.
tiap daerah emang beda2 perlakuan terhadap ari2 bayi baru lahir. klo menurut adat kebiasaan daerah suamiku, ari2 itu dicuci n digaramin (biar ga bau), dibungkus plastik, disimpan dalam kendi, trus kendinya dimasukkan dalam besek bambu (kayak besek tempat tahu sumedang gitu..), lalu dikubur. 'kuburan' ari2 itu di pasangin lilin/lampu selama 40 hari, katanya biar 'sodara si bayi' (orang2 tua bilang, ari2 itu adalah kakak si bayi selama dalam kandungan) ga kegelapan. ada juga yg meletakkan lilin yg menyala dalam kendi tadi, trus dipayungi biar lilin ga kena hujan. trus, klo anakku tiba2 rewel/nangis2 terus tanpa sebab, suamiku menyiram kuburan ari2 tadi sambil membaca bismillah dan ngomong "sudah, jangan rewel ya!". katanya, biar 'kakak' anak kami ga rewel. hehe...klo aq sih, ga percaya 100% ada hubungannya antara ari2 yg udah dikubur ma anak yg rewel.
dulu setelah lahiran anak pertama kami, suamiku mengubur ari2 anak kami seperti yg aq ceritain tadi. tapi klo pendapat mamaku lain lagi. di daerah kami, ari2 itu dicuci n dilap bersih2 n dibungkus pake kain putih. kata mamaku, ntar ari2 itu berguna utk menyembuhkan penyakit2 anak qt kelak, kayak panas/kejang. kata mama, klo anak panas, ari2 yg udah kering tadi direndam, trus air rendamannya diminumkan ke si anak. hueekk..jorok banget yah! tapi katanya sih, 'ramuan' itu manjur.
sekarang kan udah ada lembaga penyimpan plasenta, bund. karena setelah diteliti, ternyata plasenta itu mengandung banyak zat2 yg kelak bisa berguna utk mengobati penyakit2 yg bahkan langka pengobatannya, seperti leukimia dll. berarti, apa yg menjadi kepercayaan daerahku ttg manfaat 'ramuan' ari2 itu ada benarnya juga yak!
cuma, biaya penyimpanan di 'bank plasenta' itu sangat mahal, karena memakai teknologi canggih banget.
jadi, yaa...terserah nanti gimana kata mertua/ortu bunda aja, sebaiknya ari2 si bayi mo diapakan. tapi umumnya ari2 itu dikubur, bund.
 
  #3  
Old
L154...   TS 
 
Posts: 10
 
Oh gitu ya Bund, iya deh ya mending dikubur aja ya percaya gak percaya toh gk ada ruginya.

Aku pernah denger tentang bank plasenta itu, setau-ku emang mahal ya, emank sih manfaatnya banyak, tapi kalo untuk awal-awal nya harus mengeluarkan uang puluhan juta, aku kok ya masih mikir2.
 
  #4  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
hehe..mending uangnya ditabung di bank beneran aja ya bund..!
 
  #5  
Old
L154...   TS 
 
Posts: 10
 
Betul Bund....... di bank biasa uangnya bs ber-bunga dan sewaktu2 bisa diambil

(Hihi........maklum ibu Rumah tangga.....kudu ngirit )
 
  #6  
Old
nabilm...
 
Location: pemalang, jawa tengah
Posts: 1,363
 
betul tuh bunda kucik mending uangnya di tabung aja biar berbunga..kalo ari2 sebaiknya di kubur aja dan gak usah di adain ritual apa2 untuk si ari2....dari pada membuat syirik. kalo di kasih garam itu kalo gak salah emang bener sih buat ngurangin bau amis, saya jg dulu gitu plasentanya di kasih garam dan di kubur....
 
  #7  
Old
MamaKi...
Non-aktif
 
Posts: 627
 
lah baru tau nih bank plasenta. tapi nih ada fakta baru soal ari2 bun, simak yah :

Replying to:
Menurut ajaran orang tua, ari-ari bayi harus dikubur dalam tanah. Bahkan ada yang bilang tempat mengubur ari-ari harus dikasih lampu agar jiwa sang anak terang.

Faktanya: Secara medis, kepercayaan ini tidak ada hubungannya dengan kesehatan, pertumbuhan maupun perkembangan bayi. Jadi, kalaupun ari-ari dibuang begitu saja tidak menjadi masalah. Hanya saja, secara etika, memang ada baiknya jika ari-ari atau plasenta tidak dibuang begitu saja. Pada ari-ari dan tali pusat terdapat jaringan yang bisa dijadikan bahan dasar kosmetik. Selain itu, dalam plasenta maupun tali pusat terdapat stem cell, yang merupakan bibit kloning paling sempurna untuk membuat manusia baru. Di negara-negara maju sudah dibuat undang-undang yang melarang penggunaan stem cell sebagai bibit kloning.
sumber fakta

menurut bunda gimana tuh yah? aku mah nurut2 aja sama orangtua zaman dulu, tapi cuma dikubur aja sih
 
  #8  
Old
rendyx...
 
Posts: 1
Default penemuan ari"...

Permisi ibu" maaf sebelum nya, saya rendy laki" 23 th, saya mungkin tidak memasuki forum ini karena saya bukan seorang perempuan tetapi saya hanya ingin mendapatkan solusi dari ibu" semua, saya menemukan sebuah bungkusan di tempat kerja saya di resto setelah saya sampai rumah saya lihat bungkusan tersebut dan ternyata isi nya sebuah koin kuno + kerang putih dan 1 bungkusan kertas putih ternyata isi nya adalah sebuah ari" di taburi bedak, untuk ibu" yang mungkin sudah berpengalaman saya minta solusi untuk ari" tersebut, terima kasih...
 
  #9  
Old
nanade...
 
Location: pekan baru
Posts: 1,139
 
Di kuburi aja ari" yaa ...
Krna lbih bgus dkbur dri dbuang smbrngan takut djdi gak" oleh oknum yang tidak bertangung jwab
 
  #10  
Old
Bunda ...
 
Location: Tambak Banyumas
Posts: 427
 
Ngeri dan serem juga nemuin ari2...
Jadi merinding nih,bener kata bunda nanadehidayat...langsung kubur aj ya bang rendy!
 
  #11  
Old
jesica...
 
Location: Mataram
Posts: 185
 
kalo dulu anakku yg pertama sih di buang ke laut setelah dibungkus pake kain putih dan dimasukin ke kendi..
tiap adat memang lain2 sih bund.. :-)
 
  #12  
Old
henkie...
 
Posts: 3
 
Sebenernya mengubur Ari-Ari itu diperbolehkan karena itu adalah bagian dari tubuh dan harus dikuburkan karena jika tidak akan membusuk dan itu akan mengundang penyakit layaknya jika bagian tubuh kita yg lain terbengkalai.
Untuk memberi kurungan itu hanyalah sebagai tanda sama halnya batu nisan pada makam sehingga tanah tersebut tidak terinjak atau mungkin diganggu hewan hingga ari-ari tersebut terurai oleh bakteri dalam tanah.
Penerangan seperti lampu itu karena pada jaman dahulu jika selepas malam akan sangat gelap sekali jadi ditakutkan tidak terlihat nantinya oleh orang yg melewatinya. Sama halnya anda mungkin tidak akan ke makam malam2 tanpa penerangan mungkin anda akan tidak sengaja tersandung batu nisan atau bahkan tanah makam yg baru digali.
Untuk penaburan bunga, menyertakan barang2 yg lainnya, dan beberapa hal yg lain itu sama sekali tidak ada dalilnya dan jika anda melakukannya maka tidak ada dasar apapun selain mengikuti tradisi dan adat, yg belum tentu kita mengetahui apa manfaatnya.
Mohon maaf hanya sekedar sharing mengambil sisi positifnya dan rasional saja.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip:
Tools kehamilan:

Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:14.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com