Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
sari h...   TS 
 
Posts: 9
Default janin yg gak berkembang

para bunda sekalian..ku mohon bantuan 'n sharing pengalaman kalian
aku saat ini lagi hamil 6 minggu,waktu USG pertama kali yg terlihat cuma kantong janin aja, aku lagi kepikiran aja takut kalo janinku gak berkembang
kira2 kalo janin gak berkembang gitu ada tanda-tanda/gejala fisik yg dirasakan gak selaen lewat USG??
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ranita...
 
Location: di rumah
Posts: 512
 
hi bund.. sy pernah baca rubrik konsultasi dr SPOG..
katanya tiap bumil emang beda2.. ada yang keliatan di usg abdomen (perut) janin di minggu ke 9
lebih baik ditunggu aja ampe 9-10week.. positif thinking dahulu jangan terlalu ditakutkan dan jangan stress.. karena masih 6weeks kan.. sambil berdo'a dan maem bergizi..
kalau masalah tanda2 jg beda2 bund.. ada yg ga ngeflek sama sekali tp diagnosa dokter dia BO, ada yang ngflek2/pendarahan reaksi tubuhnya berusaha ngluarin krn kehamilannya BO
 
jual kelambunyamuk LIPAT dan gantung & SPREI CANTIK. www.rajakelambu.com
www.kelambunyamuk.web.id

  #3  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda sari..
usia kehamilan 6 minggu emang masih agak susah utk memastikan kehadiran janin dalam kantung janin, karena masih sangat kecil ukurannya. ada beberapa bumil yg baru usia kandungan 6 minggu udah kelihatan janin mininya, tapi ada juga yg butuh beberapa minggu lagi.

pengalamanku dulu sebelum dinyatakan BO, ukuran kantung janin tidak berubah, bentuknya pun selalu bulat dari minggu ke minggu. bahkan hingga minggu ke-9 (hampir masuk 10 minggu)...aq udah lupa apakah minggu 8 atau 9, pokoknya di bawah minggu ke-10...bentuknya masih bulat. padahal harusnya klo udah 2 bulan (8 minggu) udah ada bentuk seperti kecambah gitu.

seperti yg dikatakan bunda ranita, sebelum benar2 terjadi keguguran, tubuh bunda akan memberikan tanda2 bahaya, yaitu berupa pendarahan/keluarnya flek. flek/pendarahan ini lamanya bervariasi, tergantung kondisi kehamilan. bahkan waktu aq keluar flek di bulan kedua, dokterku masih mengatakan bahwa flek hingga seminggu pun masih normal. jadi, jika terjadi flek, bunda dianjurkan menjalani bed rest dan minum vit serta penguat kandungan (hormon yg diminum atau dimasukkan lewat vagina/anus). nanti bunda tinggal berdoa n menunggu aja sampai pendarahan/flek hilang.

tapi, klo setelah menjalani itu semua ternyata memang kondisi janin ga memungkinkan utk berkembang, secara alami tubuh bunda akan berusaha mengeluarkan semua jaringan dari dalam rahim (termasuk janin) lewat kontraksi rahim/mulas hebat disertai rasa nyeri dari bagian punggung hingga pinggang ke bawah. aq sempat mengalami kontraksi ini, dan rasanya yah, lumayan sakit lah! bikin aq nungging2 di atas kasur. ada perasaan sesuatu mendesak keluar dari lubang vagina/anus (kayak kita mules mau buang air besar gitu).

so, saranku, bunda sari jangan terlalu berpikir yg negatif dulu. berpikir positif aja bahwa janin dlm rahim bunda sedang berproses utk tumbuh, jaga kesehatan bunda dan kandungan. klo nanti ada dokter yg langsung memvonis kehamilan bunda BO, jangan langsung setuju utk dikuret. menurut dkter n bidan yg merawatku dulu, flek tidak selalu berarti keguguran. jadi, selalu cari pendapat kedua, kalo perlu pendapat ketiga dari dokter yg berbeda. daripada nanti menyesal seumur2....
 
  #4  
Old
paradi...
 
Posts: 126
 
Bunda sari...
Aku jg pernah BO...dan keluar flek pas usia 3 bln, dan memang ketika di usg, janin ga berbentuk (gak berkembang) sama kantung janin yang besar.
Jd menurutku, jika bund tdk mengeluarkan flek dan usia kehamilan msh muda...maka ditunggu 2 mingguan aja untk dicek kmbali...
Smoga baik-baik aja kehamilannya...
 
  #5  
Old
sari h...   TS 
 
Posts: 9
 
makasih semua buat para bunda sekalian...
ikut terbantu nih..ehm jadi kalo umpama janin gak berkembang tanda2nya bakalan ada flek darah 'n perut kram sangat gitu yea (tanda keguguran)..mudah2an aja janinku sehat2 aja bunda..1 minggu lagi jadwalku kontrol sie jadi selama aku nunggu waktu kontrol aku nyari info dulu disini..
makasih banyak yea atas sharingnya...^_^
 
  #6  
Old
Eny In...
 
Posts: 6
Default divonis BO & janin tidak berkembang

hai, bunda... share yaaa

Saya lagi hamil 13 minggu. Pd 27/4/11 sy ada sdikit pendarahan & hari itu juga sy cek up ke dokter & divonis BO(Blighted Ova)/kehamilan kosong, krn sewaktu di USG 2D yg kliatan berkembang hny kantungnya aja, sementara si janin tidak nampak sama sekali, dan sy diperintah kuret, krn klo diteruskan dokter blg si janin bisa cacat ... kbayang gmn sedihnya
Sy cari 2nd opinion. 28/4/11 sy ke RS utk priksa ke dokter lainnya. Di USG kliatan kantung yg memang semakin besar, tapi dgn ukuran si janin yg begitu kecilnya, HANYA 2 CM DI USIA 13 MINGGU... dan terdengar detak jantung si janin yg normal. Artinya disini sy bukan mengalami kehamilan kosong, tapi ada si janin hanya saja ukurannya yg begitu mungil dibanding usianya.

Kemudian sy diberi obat penguat dan vitamin. Dan dokter blg hrs cek up lagi 2 minggu kemudian / apabila mengalami pendarahan kembali. Apabila 2 minggu ke depan (+-4bln) perkembangan si janin tidak ada perubahan, maka akan dikuret, krn dianggap si janin tidak berkembang. Krn normalnya usia 15-16 minggu, ukuran normal si bayi skitar 16 cm.

Agak kuatir niy, bunda... apa mungkin janin saya bisa berkembang sebegitu cepatnya dalam wkt 2 minggu ini ?? dari 2cm ke yg seharusnya 16cm ??
Apakah janin saya harus dikuret apabila perkembangannya di bawah itu ?? Krn jujur sebenarnya sy kasian dgn janin saya klo hrs dikuret , apalagi detak jantungnya terdeteksi normal.
Apakah klo mmg diteruskan si janin kelak bisa mengalami kecacatan seperti kata dokter pertama saya ?? naudzubillah...

mohon sharingnya ya, bunda

---------- Post added at 15:53 ---------- Previous post was at 14:49 ----------

Replying to: View Post
Bunda sari...
Aku jg pernah BO...dan keluar flek pas usia 3 bln, dan memang ketika di usg, janin ga berbentuk (gak berkembang) sama kantung janin yang besar.
Jd menurutku, jika bund tdk mengeluarkan flek dan usia kehamilan msh muda...maka ditunggu 2 mingguan aja untk dicek kmbali...
Smoga baik-baik aja kehamilannya...
@bunda paradila : selanjutnya tindakan apa yg dilakukan dokter utk bunda ? hrskah dikuret ? kondisi sy jg 3 bln sempat pendarahn meski sedikit, dinyatakan BO, janin gak berkembang, kantung janin membesar, tetapi ada detak janin yg normal. gmn ini, bunda ? hrskah kuret ??
 
  #7  
Old
paradi...
 
Posts: 126
 
Bunda eny...kalo aku dari usia janin 2 bulan ga terdeteksi denyut jantungnya..sedangkan temenku yg usia kehamilannya sma uda ada detak jantung janin.
Bidan bilang tunggu smape usia 3 bulan...eh tp 4 hri mw ke 3 bulan, darah coklat keluar, semakin lama semakin banyak darah coklatnya.
Di usg ke dktr, ya harus dikuret..karna janinku tdk berBentuk.

---------- Post added at 22:52 ---------- Previous post was at 22:46 ----------

Jd feeling aku, janinku udh ga berkembang dari usia mw ke 2 bulan. Tp tubuhku bru meresponnya pas mw ke 3 bulan.
Kalo aku ga ada detak jantungny sma sekali.
Coba cari 2nd opinion dr dktr lain, kita hrs ikhlas apapun yg terjd, mungkin ini yg terbaik bwt bund dan janin bund..
Aku sgt berharap bunda dan janinnya sehat..
 
  #8  
Old
dian k...
 
Posts: 260
 
Hi para bunda, jadi penyebab BO itu apa? Apa pengaruh dari makanan? Atau krn kecapean?
 
  #9  
Old
lyand...
 
Posts: 1
Default janin tidak berkembang

bersyukur bisa berbagi d blog ini ttg janin yg tidak berkembang. 3 hari yang lalu dokter mengkuret kandungan saya yg brusia 7 minggu, setelah 2 x usg dan tidak ada perkembangan yg baik saya disuruh utk kontrol minggu depan dan untuk mengetahui hasil tes darah saya. yang saya kuatirkan adalah adanya virus TORCH di tubuh saya. bunda-bunda yang punya pengalaman seperti saya dan mempunyai pengalaman TORCH,bisa tolong berbagi info untuk penyembuhannya baik medis maupun alternatif
makasih bwt smua
 
  #10  
Old
Ailyna...
 
Location: Batam
Posts: 607
 
Salam kenal bund,,,

Turut berduka, Sabar yah bund... Semoga lekas dapat penggantinya dan semoga hasil tesnya tdk terdapat sesuatu yg serius.
kalau untuk TORCH, biasanya di RS uda ada treatmen/pengobatan tersendiri, tinggal konsul ama dokternya aja bund. kalau untuk alternatif, ada sih tapi jgn diposting disini yah... kesannya promo. Ntar aja kalau memang hasilnya udah ada, baru deh sy inbox ke bunda Iyand...

banyak doa yah, semoga hasil tes darahnya 'oke2 aja...
 
  #11  
Old
girlsw...
 
Posts: 3
 
Bun,aq jg kayak gt,umur 2,5 bln dokter blg janin ku tdk berkembang...dikasi kesempatan 1 minggu untuk liat perkembangannya lg,tp lama kelamaan makin mengecil n harus dikuret.tp aq gk mau,aq ke dokter lain,malah da yg blg aq hamil 8 minggu n da yg blg hmil 6 minggu.smntara aq G̶̲̅ªªќ da flek n perut ku G̶̲̅ªªќ keram...aq hrus bagaimana???:iks hiks,skrg janin ku masuk 12 bln,tp kok janinku makin mengecil
 
  #12  
Old
Upi My...
 
Posts: 9
 
bunda... mohon infonya. skrg aq hamil masuk 12 minggu..4 minggu waktu msh diusia 8 minggu lalu sy cek ke dokter,dokter bilang denyutnya belum keliatan dan bakal janin juga belum nampak cuma keliatan kantongnya ajah. disuruh balik lagi 1 minggu kemudian,setelah balik 1 minggu masih juga belum keliatan denyut jantungnya. memang sih sudh mulai keliatan bakal janin tapi kecil banget kata dokter gag sesuia sm usia kehamilan sy. sm dokter diminta balik lagi 1 minggu lagi kl memang belum ada perubahan berarti janin sy dibilang gag berkembang. tapi berhubung takut sy blom balik lagi sampe skrg. yg jadi pertanyaan apa masih ada harapan kalau bayi sy bisa hidup dan berkembang ya bun? mengingat skrg rasanya perut sy makin membesar dan tidak ada flek2, krma perut atau pendarahan. karna kan katanya kl kandungan lemah bayi gag berkembang bisa keluar sendiri gt..nah kebetulan kandungan sy super lemah banget. ( udh 5x hamil keguguran mlu2). mohon infonya ya bunda...
 
  #13  
Old
ardena...
 
Posts: 268
 
ikutan sharing ya...
saya sebulan yg lalu juga harus kehilangan calon anak ke3 kami pada kehamilan 10weeks, karena vonis dokter BO, awalnya gak percaya dan mencoba cari 2nd opinion lewat usg transvaginal, tapi tetep hasilnya sama, dan harus dikeluarin, karena saya sudah ngeflek 2 hari sebelumnya...
kalo tanda2 awal yg saya rasakan waktu sia kehamilan 7-8wekks saya kok ngerasa ni perut ringan banget, trus yang biasanya mual kok gak lagi, bahkan waktu itu saya sempat testpack lagi karena ragu ini beneran hamil apa nggak ya, ternytaa memang positif, trus saya mikir positif aja, mudah2an jenis kelaminnya nanti beda (2anak sebelumnya cewek), 2minggu kemudian saya keluar flek dan ternyata janin saya gak berkembang.
saya rasa waktu saya mulai ngerasain ada yg beda dengan kehamilan saya, mgkn waktu itulah si baby nya mulai berhenti berkembang..
tapi buat bunda sari hana, jangan kuatir, jangan stress, selagi gak ada yg aneh dengan kehamilannya jalanin aja dengan enjoy...
BO tidak disebabkan oleh karena si ibu kelelahan, kurang makan, atau segala macamnya, tetapi karena bawaan genetis dari sperma atau sel telur yg kurang bagus, atau bisa juga karena adanya TORCH....
 
  #14  
Old
Bebeb...
 
Posts: 14
 
Bunda Eny Inda,,, pa kbr nya skrg ? gmn perkembangan janin nya ? mohon dishare dunk, soalnya saya juga mgalami hal yg sama, janin tdk berkembang jd harus dikuret.
 
  #15  
Old
Cimut...
 
Posts: 4
 
Salam kenal bunda n mommies. Sy sdng hamil 8 mgg. Td baru saja divonis dokter BO n hrs kuret mlm ini. Sy blm mau. Msh berharap janin bs terselamatkan. Amin. Minggu lalu sy kecelakaan dan sejak itu keluar flek2. Smp saat ini msh keluar terus fleknya. Pdhl mgg lalu sdh bedrest 1 mgg. Apakah janin sy bs disalamatkan atau memang hrs dikuret ya bunda n mommies?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
janin tidak berkembang -- Ngobrol Apa Saja 10
tanda janin tidak berkembang -- Diskusi Umum 12
bayi kurang berkembang n kehamilan kosong -- Kenalan Yuk! 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:43.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com