Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
niaeli...   TS 
 
Posts: 248
Default Bahaya telat makan untuk Ibu hamil

Bahaya Jika Ibu Hamil Telat Makan

Sebenarnya telat makan tidak hanya berbahaya bagi anak yang ada di dalam kandungan lho. Kebiasaan buruk ini juga bisa berakibat buruk untuk seorang ibu hamil.Terutama jika ibu juga seorang wanita karir, sebaiknya ibu tidak boleh telat makan. Hal tersebut bisa membuat daya ingat ibu berkurang. Pasalnya, kebiasaan telat makan akan membuat tubuh kekurangan kalsium. Dan kekurangan kalsium ini secara tidak langsung berhubungan dengan menurunnya daya ingat.
Akan tetapi, bahaya yang paling harus dihindari adalah bahaya yang bisa terjadi pada bayi di dalam kandungan. Apa saja itu?

*.Kelahiran Prematur
Ada banyak sekali faktor pemicubayi lahir prematureseperti yang sudah dijelaskan oleh pakar kesehatan kehamilan diwww.ibudanbalita.com. Namun, salah satu faktor pemicu yang paling kuat adalah kebiasaan telat makan.
Ada beberapa kondisi di mana dokter akan mengambil sebuah keputusan untuk melahirkan bayi walaupun belum waktunya lahir. Salah satunya ketika kondisi kesehatan ibu hamil tidak memungkinkan untuk melanjutkan masa mengandung. Dan ini bisa terjadi ketika seorang ibu hamil sering telat makan sehingga tubuhnya lemas lantaran kekurangankalori.Tentu saja hal ini tidak ingin terjadi pada ibu, bukan? Itulah mengapa penting sekali memperhatikan waktu untuk makan. Jangan sampai telat.

*.Bayi Lahir Dalam Keadaan Cacat
Apakah ibu tahu apa yang paling sering menjadi penyebab bayi lahir dalam keadaan cacat? Kekurangan asam folat. Hal ini bisa dengan mudah dihindari dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil serta makan makanan yang bergizi. Sayangnya, banyak ibu hamil yang tidak menghiraukan himbauan ini. Justru mereka sering mengkonsumsi makananfast foodyang rendah nutrisi namun tinggi lemak.
Bagaimana ibu bisa mendapatkan asam folat yang cukup jika ibu selalutelat makan atau hanya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat? Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh bayi untuk berkembang secara optimal. Dengan demikian, ia bisa lahir dalam keadaan yang sempurna dan sehat, tanpa ada cacat.

*.Bayi Lahir Dengan Masalah Berat Badan Di Bawah Normal
Bayi dikatakan normal jika berat badan lahirnya di antara 2.5 kg sampai 4 kg. Jika beratnya di bawah 2.5 kg, itu artinya bayi mengalami masalah dengan berat badan.Hal ini sangat terkait dengan nutrisi yang didapatkan oleh bayi tersebut selama masa kehamilan. Nutrisi tidakakan tercukupi jika seorang ibu hamil sering telat makan.Jadi, sekarang ibu sudah tahu bukan kenapa penting sekali menjaga pola makan yang baik? Ibu bisa makan 3-4kali sehari asalkan rutin. Dan jika ibu makan lebih dari 3 kali sehari, sebaiknya ibu mengurangi porsi makan. Makan dengan porsi sedikit namun sering lebih baik daripada makan dengan porsi banyak namun hanya dua kali sehari.

Semoga bermanfaat bunda
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bahaya gak sih makan coklat pas hamil muda?? -- Diskusi Umum 20
bahaya makan mie untuk ibu hamil ??? -- Diskusi Umum 30
Lg hamil makan mie tiap hari bahaya ga? -- Diskusi Umum 2
bahaya ga' yaa hamil ga' makan nasi dan sayur..???? -- Diskusi Umum 13
seberapa bahaya sering makan mie ayam untuk kandungan..? -- Diskusi Umum 50


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:38.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com