Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Fifiek...   TS 
 
Location: Alam Sutera
Posts: 945
Default Penyebab Perut Keras Selama Kehamilan?

Selama kehamilan, adalah sesuatu yang wajar apabila wanita mengalami perubahan fisik maupun mental yang sangat banyak. Semua wanita akan menyaksikan perutnya yang tumbuh dan menonjol menjadi besar. Memasuki trisemester kedua, biasanya rahim sudah mencapai setengah dari besar maksimalnya dan masih terjebak diantara tulang panggul dan pusar.

Pada masa-masa tersebut, ada kemungkinan rahim berkembang lebih dari ukuran sebenarnya sehingga mulai menekan dinding perut sehingga terasa lebih keras daripada tekanan normal. Namun seiring berlalunya waktu, biasanya perut akan menjadi normal kembali. Ini adalah kondisi yang sering dialami oleh wanita hamil. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut apabila mendapatkan diri mengalami perut keras selama kehamilan.

Jangan heran apabila anda menemukan perut anda berubah menjadi keras karena ini adalah proses alami membesarnya rahim yang masih dikategorikan ke dalam bentuk normal. Bagi beberapa wanita, kondisi tersebut dapat teratasi setelah minggu ke-12 kehamilan. Namun, tentunya masalah tersebut sangat bergantung pada kondisi janin didalam perut dan juga tergantung pada kondisi ibu itu sendiri.

Kadang-kadang perut yang terasa sangat keras menyebabkan wanita tertekan secara mental bahkan mungkin dapat menyebabkan murung dan sulit berkonsentrasi.

Ini adalah emosi yang umum kita dapatkan pada saat hamil. Jika secara mental anda merasa terganggu, karena ketidaknyamanan tersebut, cobalah untuk menghubungi bidan atau dokter dan biarkan mereka memeriksanya. Ada beberapa penyebab mengapa wanita hamil mengalami perut keras terutama pada trisemester kedua atau selama minggu ke-21 kehamilan. Dan berikut adalah penyebab-penyebabnya.

Rahim
Bayi yang tumbuh di dalam rahim akan menempati antara rongga panggul, kandung kemih dan rektum. Pinggang akan mengalami perluasan setelah bayi dan rahim mulai tumbuh membesar. Penyebab utama perut keras selama kehamilan adalah karena rahim mulai menekan dinding perut dan cenderung memperluasnya.

Biasanya ini terjadi selama trimester pertama dimana rahim mulai mengembang untuk pertama kalinya. Selain itu, ketika bayi tumbuh pada trisemester kedua, volume air di perut akan meningkat. Inilah yang kemudian menyebabkan perut menjadi terasa lebih keras.

Karena kerangka janin yang berkembang
Penyebab selanjutnya mengapa perut keras selama kehamilan adalah karena pada trisemester kedua kerangka janin sudah mulai berkembang sehingga membutuhkan tempat yang lebih luas. Perut akan otomatis terasa sangat keras setelah tulang-tulang bayi mulai terbentuk. Ini adalah salah satu alasan mengapa perut menjadi sangat keras selama kehamilan

Wanita kurus dan gemuk
Perut yang keras selama kehamilan bisa berbeda-beda penyebabnya pada setiap wanita. Wanita yang memiliki perut tipis atau sangat kurus atau slim, biasanya akan merasakan perut sangat keras pada awal-awal kehamilan atau pada trisemester pertama. Sedangkan wanita yang gemuk akan mengalami perut yang sangat keras terutama pada trimester ketiga.

Sembelit
Pencernaan yang tidak lancar karena adanya gangguan sistem juga dapat menyebabkan perut menjadi lebih keras dibandingkan biasanya. Asupan makanan yang buruk menyebabkan wanita pada saat hamil sering mengalami sembelit. Oleh sebab itu, dianjurkan kepada anda untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung serat seperti kacang-kacangan dan perbanyaklah minum air putih. Sebaliknya, hindarilah makanan cepat saji, makanan-makanan yang termasuk ke dalam golongan junk food dan sejenisnya karena makanan tersebut adalah salah satu penyebab sembelit pada ibu hamil.

Perut kencang dapat terjadi pada mereka karena beberapa penyebab yang diantaranya adalah gerakan bayi yang terlalu aktif, kemungkinan janin kembar, kram perut, aktivitas harian ibu hamil terlalu berat sehingga kandungan turun, atau karena kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks).

Perut kencang saat hamil muda umumnya terjadi ketika malam hari menjelang hendak tidur malam. Kondisi ini sangat mengganggu kenyamanan, apalagi jika disertai dengan kram yang berlangsung cukup lama sekitar 30 menitan. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, ibu hamil disarankan untuk mengikuti beberapa tips berikut.

1. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat saat sore hari sangat efektif untuk relaksasi otot-otot rahim yang sering mengalami kontraksi. Hal ini akan lebih baik lagi jika Anda menerapkan mandi dengan aroma terapi selama berendam. Beberapa ibu hamil bahkan mengaku jika terapi ini membuat ia bebas dari masalah perut kencang saat hamil di malam hari.

2. Mengoleskan Lotion atau Minyak
Mengoleskan lotion atau minyak nabati ke sekitar kulit perut membuat tegangan menjadi lebih lemah. Ini tentu baik untuk meredakan perut kencang yang terjadi saat Anda hendak beranjak tidur. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa bahan yang Anda oleskan sebaiknya adalah bahan yang aman seperti minyak zaitun, minyak goreng, atau minyak nabati lainnya.

3. Pilihlah Posisi Tidur yang Tepat
Memilih posisi tidur juga merupakan salah satu cara dalam meredakan masalah perut kencang saat hamil. Untuk mengetahui bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, Anda dapat membaca artikel ini Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan | Ibu Hamil

4. Hindari Mengangkat Beban Berat
Untuk mencegah atau meminimalkan rasa kencang yang timbul di kulit perut, ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan aktivitas harian berlebih seperti duduk terlalu lama, mengangkat beban berat, atau bekerja terlalu keras. Aktivitas demikian dapat menyebabkan kehamilan turun sehingga memicu terjadinya perut kencang selama kehamilan.

Nah itulah beberapa tips seputar cara mengatasi perut kencang saat hamil yang dapat kami sajikan. Semoga dapat meredakan masalah perut kencang Anda sehingga Anda dapat terhindar dari susah tidur saat malam hari.
 
Thread lain yang berhubungan:
Klik ➡ Griya Aesthetic Rafika ⬅, dapatkan kulit cantik sehat, cream dokter asli (pemesanan wajib konsultasi), bermacam2 jenis cream dokter mulai dr cream HTM, HTMH, GA, AZA, TCD, TCA, SPC, dll. Tunggu apa lagi 😘😍
  #2  
Old
usy cu...
 
Posts: 191
 
Info yg sangat bermanfaat bun.. trima Kasih..
 
  #3  
Old
Fifiek...   TS 
 
Location: Alam Sutera
Posts: 945
 
Replying to: View Post
Info yg sangat bermanfaat bun.. trima Kasih..
Hehe iya sama2,,, kebetulan smlm lg cari2 info kok perut kerasa keras,, mgkn hal2 di atas penyebabnya ;-)
 
Klik ➡ Griya Aesthetic Rafika ⬅, dapatkan kulit cantik sehat, cream dokter asli (pemesanan wajib konsultasi), bermacam2 jenis cream dokter mulai dr cream HTM, HTMH, GA, AZA, TCD, TCA, SPC, dll. Tunggu apa lagi 😘😍
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
bahayakah sering sakit dibawah perut selama kehamilan -- Diskusi Umum 11
perut keras menekan kekulit perut :( -- Diskusi Umum 4
Penyebab kurang keras ya mr.p -- Diskusi Umum 30
Bundaaa, kalo awal kehamilan perut sudah mulai keras kah? Bagian mana? -- Ngobrol Apa Saja 4
Perut keras dan kencang usia kehamilan 39 w -- Diskusi Umum 12


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:07.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com