Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rattna...   TS 
 
Posts: 47
Default Mari Ketahui Penyebab Perut Anak Kembung!


Bunda, pernah bingung pas anak kembung? Atau panik gak tau sebab anak kembung? Dulu saya pernah ngalamin dan panik waktu anak saya lagi kembung. Kira-kira apasih penyebab anak kembung? Nah, dulu saya mencari tahu dari berbagai sumber Bun. Dari internet, majalah parenting sampe datang ke dokter spesialis anak. Yang bisa saya simpulin nih Bun, penyebab anak kembung itu sebenernya ada banyak banget. Tugas kita sebagai Bunda, harus teliti dan sigap saat anak kembung, cari tahu penyebab, dan sebisa mungkin dihindari bun, jangan sampai anak sering kembung. Kalo udah kembung, biasanya anak akan rewel dan gak nyaman lho Bun, gak mau kan lihat si kecil rewel dan cranky seharian. Buat bunda yang masih awam penyebab kembung, yuk kita cari tahu apa sih penyebab kembung pada anak?

Replying to:
1. Demam
Tau gak Bunda? Ternyata demam bisa menyebabkan kembung, karena enzim pencernaan si kecil terganggu, jadi proses mengolah makanan didalam perutnya terganggu, biasanya pas badan si kecil panas usus agak “malas” buat bekerja, jadi perut si Kecil Cuma terisi gas aja.

2. Menangis terlalu lama
Ini juga bisa menjadi sebab kenapa si kecil suka kembung bun. Nangis yang terlalu lama, berarti si kecil juga menghirup udara yang berlebih otomatis perut akan berisi gas dan menyebabkan kembung.

3. Makanan yang dikonsumsi
Jangan salah lho Bunda, makanan yang dimakan sama si kecil bisa juga jadi penyebab anak mengalami kembung. Untuk itu Bun, jangan sampe Bunda gak memperhatikan makanan apa aja yang dikonsumsi oleh si kecil ya.

4. Gangguan Saluran Pencernaan
Demam enggak, salah makan juga enggak. Bisa jadi si kecil gangguan saluran pencernaan lho Bunda. Kalo 3 hal diatas gak bermasalah buat si kecil, wah mendingan langsung aja dibawa ke dokter. Usus si kecil itu pada dasarnya masih beradaptasi untuk mengolah makanan yang dimakan Bun, jadi pas si usus gak “sreg” sama makanan yang dimakan, disitulah saluran pencernaannya terganggu. Untuk itu harus hati-hati Bunda.
Kalo misalnya kebetulan si kecil kembung, cara mengatasi yang paling mudah biasanya adalah membaluri perutnya dengan minyak kayu putih sambil dipijat perlahan bun. Tapi sebenarnya cara itu adalah cara klasik, kembung si kecil pun gak terjamin langsung teratasi. Ada cara lain? Tentunya ada dong bunda, gampang banget lagi. Bunda bisa mengatasinya dengan cara memberi si kecil minum obat pereda kembung atau masuk angin bun, bisa dengan tolak angin anak, antangin anak, atau yang bukan jamu juga ada bun, namanya Pure Kids Aise Belly. Jadi bun, cara lama seperti memberi balsam, olesin bawang, apalagi pake daun itu sama sekali gak ada manfaatnya buat perut kembung. Kalau menggunakan balsam mungkin sedikit, karna balse menghasilkan rasa hangat untuk perut. Itu pun gak cukup untuk membuat kembung si kecil hilang bunda, jadi yang paling praktis memang pake obat cair pereda kembung kayak yang saya sebutin diatas tadi.

Intinya bunda, kalo anak kembung sebisa mungkin cari tau penyebabnya. Kalau asal kembung dan asal ngobatin, bisa jadi si kecil malah gak nyaman dan semakin rewel. Cara mengobati yg benar, pasti akan bikin anak nyaman dan kembung juga teratasi. Semakin mudah caranya, semakin gampang anak diobati kalo kembung. Kalo bunda gimana? Share dong!
 
Attached Thumbnails
Mari Ketahui Penyebab Perut Anak Kembung!-hindari-kembung-pada-anak-saat-diare-.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
duniav...
 
Location: Jakarta Utara
Posts: 31
 
saya pernah baca di trit sebelah, makanan bisa nyebabin perut jd kembung dan sikecil jadi rewel. ternyata kol dan kubis itu mengandung gas dan bisa bikin kembuuung
 
  #3  
Old
rizkak...
 
Location: Jakarta Selatan
Posts: 31
 
hehe saya baru tau kalo nangis terlalu lama bisa buat perut si kecil kembung...
 
  #4  
Old
duniav...
 
Location: Jakarta Utara
Posts: 31
 
up up up
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
kids, pure, purekids


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
perut kembung... -- Diskusi Umum 1
perut kembung -- Diskusi Umum 10
Telat haid, sering sendawa, perut kembung, nyeri perut bawah, saya hamil? -- Diskusi Umum 27
Yuk Ketahui Tanda Anak Cerdas -- Diskusi Umum 3
Perut kembung -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com