Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
adinda...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 245
Default Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Tua!

Berikut ini merupakan tips-tips yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi mual saat hamil tua:
1. Makan dengan Porsi Sedikit Namun Sering
Perut yang kosong hanya akan menambah buruk rasa mual Anda. Makanlah dengan porsi yang sedikit dan sering, dan setelah makan, hindari bergerak berlebihan. Makanlah secara perlahan dan usahakan untuk tidak berbaring setelah makan.
2. Makan Makanan Kaya Protein
Makanlah makanan yang kaya akan protein dan juga kaya akan vitamin B, seperti kacang-kacangan. Usahakan untuk menghindari nasi, makanan pedas, makanan asam, makanan yang banyak mengandung lemak, ataupun makanan yang digoreng. Makanlah biskuit atau snack kaya protein lainnya sebelum Anda turun dari tempat tidur. Kemudian, di saat sarapan, makanlah buah-buahan. Kandungan potassium dari buah-buahan tersebut dapat mencegah Anda merasa mual. Sedangkan, di malam hari, coba makan sesuatu yang kaya akan protein sebelum Anda tidur. Hal ini akan membantu Anda menjaga level glukosa dalam darah Anda.
3. Istirahat yang Cukup
Stres dan lelah yang sering terjadi di masa kehamilan, dapat membuat rasa mual Anda semakin parah. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Pastikan Anda tidur dalam waktu yang cukup dan matikan lampu atau pakai sleep-mask untuk sebisa mungkin menghindari cahaya yang masuk agar tidur Anda berkualitas. Selain itu, penggunaan bantal khusus wanita hamil juga akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Di saat siang hari, sempatkanlah untuk tidur siang selama beberapa menit. Gunakan Bantal untuk ibu hamil untuk membantu tidur anda lebih nyenyak.
4. Konsumsi Jahe
Jahe telah diketahui selama puluhan tahun dapat secara alami meringankan perut Anda, dan sama halnya dengan rasa mual yang Anda alami. Minumlah minuman jahe atau buatlah teh jahe untuk meringankan perut Anda. Selain itu, snack jahe seperti biskuit jahe juga akan dapat membantu Anda mengatasi rasa mual yang Anda alami.
5. Minum Air Putih yang Cukup
Selama menjalani masa kehamilan, banyaklah minum air putih setiap hari. Semakin Anda dehidrasi, maka gejala mual yang Anda alami akan semakin buruk. Jika Anda merasa sulit untuk minum air putih, coba campurkan dengan madu atau cuka apel.
6. Hirup Udara Segar
Coba berjalanlah sebentar di pagi hari dan hirup udara segar di luar rumah. Hal ini akan sangat membantu Anda menghilangkan rasa mual yang Anda derita.
7. Atur Cahaya Layar Komputer Anda
Anda mungkin mengira bahwa berselancar di dunia maya sebentar akan membuat Anda melupakan rasa mual yang Anda rasakan. Namun, cahaya dari layar komputer justru akan membuat Anda merasa semakin mual. Sehingga, cara terbaik adalah atur dan sesuaikan cahaya layar komputer Anda untuk menghindari gangguan mata, dan buatlah ukuran font lebih besar dan lebih tebal, serta ubahlah gambar latar belakang Anda menjadi gambar yang berwarna lembut seperti merah muda misalnya. Kalau memang Anda terpaksa untuk bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama, istirahatlah sebentar atau tutuplah mata Anda sebentar secara berkala.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Bunda ...
 
Location: Madura
Posts: 1,053
 
Bedanya mengatasi mual saat hamil tua sama hamil muda apa bun? Kok tipsnya sama aja dg cara mengatasi mual saat hamil muda.???
 
My Girls Y and My Boy A. My honey jadilah anak yg shaliha & shalih. Doa kami menyertaimu nak...
Keep fighting...!
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
enek, hamil tua, mengatasi mual saat hamil, mual


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tips Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil Muda (Morning Sickness) -- Diskusi Umum 8
7 tips mengatasi mual dan muntah -- Diskusi Umum 24
Bagaimana mengatasi mual dan pusing saat hamil muda -- Diskusi Umum 87
[ASK] TIPS MENGATASI MUAL UK. 12w ?? -- Diskusi Umum 0
mengatasi mual saat hamil dengan jeruk lemon -- Ngobrol Apa Saja 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 18:19.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com