Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Icha U...   TS 
 
Posts: 21
Default Stimulasi Puting Untuk Mempercepat Proses Persalinan

Ketika mendekati Hari Perkiraan Lahir atau HPL, perasaan cemas terkadang menghinggapi perasaan ibu hamil. Kecemasan ini sangat wajar terjadi, tapi jangan terlalu berlebihan. Anda harus mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan konsultasi dengan dokter kepercayaan anda. Sehingga proses persalinan bisa berjalan lancar tanpa hambatan apapun.
Setiap ibu hamil pastinya ingin melahirkan buah hati tercinta dengan aman, cepat dan selamat baik ibu dan anaknya. Kontraksi hebat dan rasa sakit memang akan anda hadapi. Lama proses ini sangat tergantung pada setiap ibu hamil. Ada yang cepat dalam hitungan menit saja, tapi ada pula yang lama hingga berjam-jam (dipengaruhi antara lain oleh kekuatan ibu dan juga posisi melahirkan). Sehingga terkadang secara medis anda akan dikenakan alat pacu persalinan dan sebagainya.
Mengapa Merangsang Payudara Dapat Mempercepat Persalinan?
Berbagai cara bisa anda terapkan, supaya proses melahirkan buah hati bisa lebih cepat dan lancar. Salah satunya dengan penerapan nipple stimulation atau stimulasi puting. Metode ini bisa dilakukan dengan gerakan melingkar, menerapkan pijatan atau gosokan dengan lembut pada areal sekitar puting. Teknik ini bisa menjadikan payudara menjadi terangsang.
Ketika rangsangan pada payudara terjadi, maka hormon oksitosin akan terlepas dan bisa berdampak pada kontraksi. Hormon oksitosin ini bisa memperlancar proses melahirkan dan mengurangi kontraksi yang biasanya terjadi pada ibu hamil. Khasiat lainnya dari hormon oksitosin ini adalah ketika buah hati telah terlahir maka rahim ibu bisa mudah kembali normal setelah masa persalinan.
Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah metode nipple stimulation ini hanya dapat dilakukan pada keadaan persalinan yang normal. Jadi ketika ibu hamil menceritakan keluhan, seperti menderita penyakit kencing manis, preeklampsia, tekanan darah tinggi dan sebagainya, maka teknik nipple stimulation (stimulasi puting) ini tidak bisa diterapkan.
Lakukan konsultasi terbaik pada dokter kepercayaan anda untuk penerapan teknik stimulasi puting ini. Sehingga kondisi baik bisa anda dapatkan berupa kelancaran proses persalinan. Perkaya informasi dan pengetahuan anda mengenai teknik ini dari berbagai sumber seperti buku,majalah, internet atau orang yang telah berpengalaman menerapkan teknik ini serta merasakan khasiatnya.
Cara Melakukan Stimulasi Puting
Cara menerapkan teknik stimulasi puting sangat mudah dilakukan. Karena gerakannya hampir sama ketika sang ibu menyusui buah hatinya.
Penerapan pijatan bisa dilakukan pada areal aerola atau bagian gelap di sekitar puting. Jadi tidak hanya sekedar memutar bagian putingnya saja. Telapak tangan bisa diletakan di bagian atas aerola dan selanjutnya anda bisa melakukan gerakan melingkar. Gerakan tersebut bisa diikuti dengan tekanan dengan lembut.
Anda bisa melakukan rangkaian gerakan tersebut dengan durasi satu jam dan rutin diterapkan sebanyak tiga kali dalam sehari. dalam waktu satu jam tersebut, anda sebaiknya menerapkan gerakan pada masing-masing payudara selama 15 menit saja, baru kemudian beralih ke payudara lainnya.
Lakukan pengulangan pada setiap bagian payudara hingga satu jam. Sehingga masing-masing payudara akan mendapatkan sentuhan gerakan tersebut sebanyak dua kali. Teknik nipple stimulation ini akan terlihat atau anda rasakan kegunaannya terutama ketika proses persalinan. Anda harus memastikan kondisi leher rahim dalam kondisi lunak, lalu semakin menipis hingga fase pembukaan persalinan terjadi.
Hal Penting Yang Harus Diperhatikan
Teknik stimulasi puting memang sangat membantu ibu hamil saat menghadapi proses persalinan. Tapi anda harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti berikut ini.
– Hindari penerapan stimulasi puting dengan cara memijat payudara secara bersamaan. Tapi anda harus melakukan teknik ini satu per satu atau secara bergantian.
– Bila kontraksi telah terjadi selama 1 menit hingga 3 meniru, maka lebih baik tidak menerapkan teknik stimulasi puting.
– Jangan lakukan teknik stimulasi puting bila telah terjadi kontraksi.
Persalinan adalah proses menegangkan, bukan hanya bagi anda tapi juga suami anda dan anggota keluarga lainnya. Detik-detik penuh ketegangan ini sangat menentukan nasib ibu dan buah hati. Rasa sakit hebat bisa saja anda derita, tapi akan segera terhapus rasa sakit dan kelelahan anda selama proses persalinan dengan kelahiran buah hati tercinta.
Rasa bahagia akan terpancar dari wajah anda dan orang-orang di sekeliling anda. Kesuksesan teknik stimulasi puting yang anda terapkan akan anda rasakan berupa rasa sakit yang berkurang, sehingga persalinan dapat berjalan dengan lebih nyaman.


Sumber: https://ibubidan.com/253-mempercepat...si-puting.html

maaf bunda2 ada yg pernah coba metode ini gak yaa , , sya lg hamil 37 weeks, HPL 20 Juli 16, penasaran aja sama ini,soalnya udah ga sabar bget nugguin d dedek launching
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
susi l...
 
Posts: 805
 
Mksh infonya bunda....
Bunda udh mau lahiran ya... semoga lahiran nya lancar... trus prosesnya d percepat... debay sm bunda nya sehat semua... amin
 
  #3  
Old
Icha U...   TS 
 
Posts: 21
 
Replying to: View Post
Mksh infonya bunda....
Bunda udh mau lahiran ya... semoga lahiran nya lancar... trus prosesnya d percepat... debay sm bunda nya sehat semua... amin
thank's bunda susi, HPL 20 Juli siih, tapi sudah ga sabar hehe, , udah sering konpal juga, , amin, makasi doanya bunda
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
perlengkapan yang perlu dipersiapkan untuk proses persalinan -- Diskusi Umum 11
Proses persalinan untuk wanita gemuk, mohon sharing dong bunda :) -- Diskusi Umum 9
stimulasi puting buat kontraksi malah mmbuat ku jadi cemas -- Diskusi Umum 4
Pijat Puting Mempercepat Proses Persalinan, Ini Tipsnya Bun -- Diskusi Umum 1
mohon doanya parabunda untuk kelancaran proses persalinan ini -- Diskusi Umum 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:13.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com