Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
erde...   TS 
 
Posts: 44
Default Gejala janin 9 bulan meninggal (IUFD)

Saya hanya mau share pengalaman pribadi, bukannya menakuti.. Tapi supaya ibu hamil bisa lebih waspada. Karena ilmu kehamilan tidak ada pasti kesamaan, semua kehamilan tiap ibu berbeda beda, sangat sulit bagi saya mempelajari semua ilmu yang seliweran di internet.

Kehamilan kedua kami sekeluarga sangat berharap akan kedatangan keluarga baru.. Semua sudah dipersiapkan, baju bayi.. Lemari bayi.. Kamar bayi dll. Tapi apa daya, Tuhan berkehendak kain. Saya hanya bisa pasrah karena debay harus dipanggil Tuhan YME. Berikut ini kronologis kehamilan saya..

1. Usg pertama 18 September 2016, HPL pertengahan mei
2. Usg hingga bulan ke empat, perkembangan bayi mulai lambat, HPL mundur jadi Juni. Dan seterusnya hingga USG ke 8, semakin lama.. HPL usg semakin mundur. Menandakan berat badan dan besar bayi tidak sesuai umurnya. Disini, mama harus WASPADA, langsung tanyakan dengan detail k dokter obgyn yang bersangkutan dan langsung minta pendapat kedua/ketiga dll.
3. Sampai USG bulan ke 8, estimasi HPL Malah mundur ke bulan JULI. Itu berarti perkembangan bayi saya mundur 2 bulan dr yang seharusnya/ IUGR, akhirnya saya minta pendapat ke dokter obgyn lain, lalu dirujuk k dokter fetomaternal. ANEHNYA : mereka semua menganggap kelahiran saya normal dan estimasi lahiran saya jatuh di akhir Juni atau bulan Juli.
4. Stress mulai melanda, karena menurut perhitungan kalender hal tsb tidak sesuai. Tapi semua dokter mengatakan PLASENTA dan Ketuban bagus...
5. Akhirnya kembali lg k dokter pertama, diskusi panjang.. Kemudian diputuskan lahiran tetap pada pertengahan Mei sesuai usg di minggu kesebelas (krn paling tepat usg d minggu ke 11 kehamilan)
6. Akhirnya opname untuk memacu berat badan bayi (usg 36 minggu berat bayi cuma 1600), diopname untuk infus martos dan bedrest.
7. 4 hari di RS, lanjut 3 hari infus di rumah karena kasian sama kakak (di rumah cuma ada aku, suami, kakak, sus, pembantu)
8. Akhirnya berat badan naik jadi 1900, semangat naikin sampe 2000 lebih pasti bisa.
9. Cek USG lg. Smua kondisi baik..target lahiran 1-2 minggu lg balik
10. 26 Mei 2016, usg lg.. Tp kondisi smua masih bagus.. 1 minggu kedepan disuruh balik cek usg
11. 3 juni, usg masih bagus, ditarget 3 hari cek CTG, dan 5 hari lg harus keluar..
12. 6 juni cek CTG, ternyata baby ud ga ada TIDAK ADA DENYUT JANTUNG

Keluhan :
1. Ada 1 hari kontraksi semalaman.. Tp kontraksi tidak hebat, hanya nyeri tapi bikin ga bisa tidur. Tapi besoknya USG ga ada apa2.
2. Selama kehamilan ini kondisi fisik saya juga drop, jalan sakit.. Sakit puggung.. Selangkangan sakit.. Maunya bedrest terus. Tapi masih suka dipaksa jalan..
3. Pas tgl 4-5 Juni celana dalam basah seperti ada air merembes. Ternyata itu ketuban merembes (diperkirakan KONDISI BAYI SUDAH MENINGGAL) tapi dalam sehari ketuban rembes paling 1-2x saja.. Siang hari normal. Makanya saya bingung.. Itu ketuban merembes atau krn keputihan. Merembes di celana dalam sejengkal, tapi ga basah sampe parah.. Makanya bingung karena tidak ada flek dan pendarahan
4. Tgl 5 malam curiga feeling ga ada pergerakan bayi dan feeling kok perut agak mengecil?? tapi krn berpikir positif dan perut masih kontraksi dan sakit pinggang dan kadang ada perpindahan bayi saat geser tubuh. Saya pikir normal kalau d akhir kehamilan pergerakan berkurang... FATAL TERNYATA, benar2 harus cek pergerakan bayi.

Begitulah di kehamilan saya yang sekarang ini.. Semoga jd pelajaran buat saya dan ibu-ibu semua. Buat saya sendiri Harus lebih banyak baca lagi, kalau ternyata :

1. Ketuban bisa merembes sedikit2.. Langsung ke dokter
2. Kalau kontraksi panjang tapi ga nyeri dasyat tetep harus ko dokter
3. Kelahiran bisa TANPA DISERTAI FLEK/PENDARAHAN. Ibu2 harus waspada, krn tdk melulu harus flek dan pendarahan (padahal di banyak sumber itu indikasi melahirkan, padahal TIDAK MELULU harus flek)
4. Rajin-rajin cek pergerakan bayi
5. Kalau perlu beli alat dengar denyut bayi portable
6. Cari dokter yang jadwalnya tidak terlalu penuh.. Supaya bisa konsultasi lebih intens

Buat ibu-ibu yang pernah mengalami hal yang sama boleh share ya.. Semoga saya ikhlas dgn kejadian ini..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
TriGal...
 
Posts: 1,902
 
Turut berduka. Semoga ibu dan keluarga dikuatkan yah dan bjsa ikhlas menerima kepergian dd bayi. Terima kasih atas sharingnya.
 
  #3  
Old
erde...   TS 
 
Posts: 44
 
Terimakasih @trigal semoga infonya bermanfaat.. Soalnya ilmu kehamilan luas banget, meskipun ini anak kedua.. Pengalamannya sangat berbeda dgn kehamilan anak pertama.
 
  #4  
Old
Azreqa...
 
Location: VIC
Posts: 322
 
Turut berduka cita yaa bun.saya pun dr uk 32 ud selalu di ingatkan pergerakan janin sampai di bawakan kartu gerak janin setiap gerak catat smpe jam2nya dtulis dan laporan k dsog setiap periksa.smpe selalu di ingatkan misalkan kurang dr 10 waspada dan buru2 ke ugd rumkit tanpa harus nunggu tanda2 kontraksi atau pecah ketuban.ini share saya berdasarkan pengalaman saya kmrn.

Semoga bunda dan keluarga di kuatkan selalu.
 
Silent is gold.but kepo is diamond
  #5  
Old
susi l...
 
Posts: 805
 
Turut berduka ya bunda...
semoga bunda sabar
 
  #6  
Old
wuri26...
 
Posts: 172
 
bunda aq mau tanya kl aq mlh perkiraan hpl maju bun.mana yg minngu ke 11 g aq print.kmrin priksa di usg udah 17w pdhl hpht baru 16w.gmn ya
 
  #7  
Old
erde...   TS 
 
Posts: 44
 
Replying to: View Post
Turut berduka cita yaa bun.saya pun dr uk 32 ud selalu di ingatkan pergerakan janin sampai di bawakan kartu gerak janin setiap gerak catat smpe jam2nya dtulis dan laporan k dsog setiap periksa.smpe selalu di ingatkan misalkan kurang dr 10 waspada dan buru2 ke ugd rumkit tanpa harus nunggu tanda2 kontraksi atau pecah ketuban.ini share saya berdasarkan pengalaman saya kmrn.

Semoga bunda dan keluarga di kuatkan selalu.
Terimakasih @azreqa @susilove

Kalau @wuri26 berarti baby nya berat/besar bayinya lebih dari yg seharusnya, konsulasi aja sama dokternya, selama baby ga overweight dan selisihnya ga terlalu jauh sih wajar saja, namanya juga khan prediksi HPL. Kalau dikasus saya meleset HINGGA 2 BULAN / 8 minggu,, itu yg harus jd warning saya
 
  #8  
Old
wuri26...
 
Posts: 172
 
lebih besar seminggu.kta dokter karena tiap bulan aq selalu maju mens y bun.siklusy pendek.aq jg g paham.mudah2an g papa bun
 
  #9  
Old
rikha ...
 
Posts: 4,391
 
Turut berduka bunda..
Semoga bunda n keluarga dianugerahi samudra kesabaran n ketabahan serta bisa melalui ujian ini dg legowo, aamiin..
 
  #10  
Old
asihan...
 
Posts: 206
 
Turut berduka cita, Bunda... Semoga Bunda sekeluarga sabar dan tabah menghadapi ujian ini... Semoga segera mendapat penggantinya
 
  #11  
Old
Ruly a...
 
Posts: 95
 
Turut berduka cita bund,bunda yang sabar ya
pengalaman bunda seperti pengalaman temenku.
jum'at usg semua baik-baik saja,senon malam sudah nggak ada gerakan sama sekali,selasa usg ternyata sudah tidak ada.
anehnya ketuban masih ada,bayi tidak kelilit tali pusar, dokter tidak menjelaskan apa-apa,cuma menjelaskan sudah lewat hpl,pdhl hpl masih tgl 12 juni.
mungkin bunda-bunda ada yang bisa menjelaskan.
 
  #12  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
Turut berduka ya, bu. Semoga yg ditinggalkan diberi kekuatan. Jadi ingat waktu menjelang hpl, anak saya kurang gerak. Dites ini itu semua baik2 saja, tp hasil ctg mmg anaknya tdk banyak bergerak. Untunglah mereka mempercayai intuisi saya, dan bayi hrs segera dilahirkan. 1jam setelah lahir berhenti napas sampe biru.
Syukurlah masih bisa diselamatkan.

Ga kebayang kalau saya berada di posisi anda
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
  #13  
Old
Bening...
 
Posts: 12
 
Turut berduka ya bun smoga diberi ketabahan dan segera diberi ganti....mohon maaf sblmnya selama bbrp bulan menemui bbj kurang dan hplmyg makin mundur apakah dilakukan tes lab?, kekentalan darah misalnya atau yang lain...
 
  #14  
Old
Bella9...
 
Posts: 477
 
Turut berduka cita bu...
Smoga diberi ketabahan dan kesabaran.. amin....
 
  #15  
Old
novitr...
 
Posts: 734
 
innalillahi wa inna illahi roji'un
trut berduka y bun,,,,,semoga bun n kluarga d berikan kekuatan n kesabaran oleh Allah,,,,
semoga debay nya jga bahagia n menjadi bidadari syurga aamiin

thx buat infonya bun ,,,, jdi pelajaran buat kita smua
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bayi meninggal, iufd, iugr, janin 9 bulan meninggal, janin meninggal


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
pengalaman iufd (janin meninggal dalam kandungan) -- Ngobrol Apa Saja 13
IUFD (kematian janin didalam kandungan) -- Diskusi Umum 11
janin usia 7w meninggal tanpa gejala -- Ngobrol Apa Saja 11
SHARE,pernah di vonis IUFD/janin meninggal diperut & bisa melahirkan normal -- Diskusi Umum 15
vonis iufd/bayi meninggal di perut, tapi melahirkan dan bayi tetap hidup -- Diskusi Umum 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:19.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com