Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Irisvi...   TS 
 
Posts: 74
Default anak saya sakit apa sebenernya? padahal sudah berkali-kali ke dokter

Bunda-bunda, saya mau cerita nih soal anak saya..
Alisha, umurnya 17 bulan dari lahir punya kulit yang super sensitif.
Pas baru beberapa jam lahir, badannya pada merah-merah karna waktu itu hawa sama cuacanya emang cukup panas, karna baru lahir, saya ngira mungkin emang belum punya daya tahan tubuh yg sempurna. Waktu umurnya baru beberapa minggu, muncul lagi merah2 mirip biang keringat, kalo kata orang jawa namanya byah. Udah cukup lama sampe akhirnya sembuh, tapi karna sering berkeringat apalagi anak saya kalo keringetan itu buanyak, makanya jadi sering langganan biang keringat sampai umurnya genap satu tahun. Yah itu masih dalam tahap wajar menurut saya, setelah umurnya lewat satu tahun, baru mulai kelihatan banget sensitifnya, disertai kekebalan tubuh yang rendah anak saya gampang sakit. Ygpaling sering menyerang kulit. Demam batuk pilek diare itu udah biasa bun, saya nggak sepanik ini, tapi waktu anak mulai demam, lalu muncul bercak merah memanjang dan berair, lalu mulai melepuh, dan menjalar ke seluruh tubuh, rasanya cemas banget bun, kasihan banget karna anak saya jadi sangat rewel. Ke dokter anak, setelah periksa dokter bilang anak saya fix kena dompo/herpes zooster. Lah? Anak saya saja kena cacar jg belum, kan katanya herpes itu infeksi lanjutan setelah cacar, tapi ini koq langsung herpes? Saya bingung.. lalu ngira2.. itu kan cuma teori manusia.. teorinya Allah SWT yang Maha Berkehendak itu gak bisa dibantah mau penyakit mana dulu yang datang.
Nah.. setelah sembuh.. beberapa minggu setelahnya anak saya demam lagi bun, terus munculah bintik2 kecil bening di seluruh badan, pas periksa dokternya bilang ini cacar air. Oke.dilihat tandanya juga saya curiganya cacar, soalnya beda waktu pas kena herpes.
Setelah dua minggu cacar sembuh, udah ceria lagi. Tinggal nunggu bekasnya ilang. Baru seminggu setelahnya, muncul lagi gatal-gatal, cuma muncul di jari-jari tangan sama kaki, kaya bintil2 kecil dan berair.
Saya pikir karna alergi, jadi saya jauhi makanan2 yg amis atau yg biasanya bikin alergi. saya ke dokter lagi dan dokter ngiranya itu cacar. Tapi saya bilang ke dokternya, anak saya udah kena cacar, lalu dikasih salep sama antibiotik.
Belum selesai gatelnya, anak saya demam, batuk, pilek atau kembung, kadang2 diare.. nah selama dia sakit gatalnya berkurang lalu hilang. Setelah sembuh sakitnya, muncul lagi di tangan dan kaki bintil gatal berair, lalu anak saya sakit lagi, gatalnya sembuh lagi, terus menerus gantian sakitnya anak saya. Sampai akhirnya anak saya demam selama 5 hari disertai pilek dan batuk ringan, setelah panas turun muncul merah2 seperti biang keringat di seluruh tubuh. Saya ke dokter, sepertinya Roseola Infantrum. Setelah sembuh gatal lagi di tangan dan kaki, tapi makin parah, lalu sembuh sendiri. Beberapa hari setelahnya demam lagi selama 6 hari, muncul lagi merah2, mungkin Roseola lagi. Seminggu kemudian, baru seminggu sehat, gatal di tangan sama kaki muncul lagi. Ya Allah.. saya bingung anak saya kenapa. Udah lebih dari seminggu ini masih belum sembuh, dan selama gatal ini udah 2x demam, gatalnya gak cuma bergelembung bening tapi sampe merah bernanah. Saya obati pake salep yang dikasih dokter, pas mulai kering sebagian, digaruk, jdinya berdarah. Anak saya gak tahan buat gak garuk2, rewel udah pasti. Nah sekarang mulai muncul gak cuma di tangan sama kaki, tapi mulai di badan anak saya. Katanya bukan herpes. Jadi anak saya sakit apa?
Saya harus ke dokter kulit atau dokter anak?
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
pip201...
 
Location: NLD
Posts: 1,312
 
Ikut sedih bacanya, bu. Anak saya yg punya masalah sama eksim saja kadang bikin mamanya begadangan megangin tangan anak biar ga garuk2 pas bobok. Ga kebayang kalutnya anda

Kalau kmrn pas ke dsa, karena tau masalah kulit, anak saya lgs dirujuk ke dermatologist bu, atau spesialis kulit. Akhirnya masa2 garukan berdarah terlewati juga. Mgkn lbh baik dibawa kesana saja bu.

Maaf ga bisa saran lebih.. moga2 bisa ketemu masalahnya ya, bu..
 
I speak my mind. But when I choose to shut, then you're simply not worth my time.
  #3  
Old
Bella9...
 
Posts: 477
 
Selama periksa ke dokter pergi ke dokter yg sama atau beda bu? Coba cari second oppinion dari dsa lain atau lsg ke spesialis kulit... seminggu lalu anakku tiba tiba muncul bercak merah melepuh di dadanya.. pdhl ankku gak cengeng,demam atau gejala lain aku ga tau itu gatal atau enggak anakku baru 4 bulan tp anakku tenang tenang aja gk cengeng.. aku tanya ke mama ku katanya herpes (mamaku dokter) cuma di bliin salep di apotik,2 hari alhamdulillah sembuh....
Smoga cepet sembuh anaknya bu...
 
  #4  
Old
Irisvi...   TS 
 
Posts: 74
 
Terimakasih bunda pi2015, bunda bella..
Saya berobat ke 2 dokter berbeda, krna nyari second opinion..
Sekarang panasnya sudah turun. Alhamdulillah..
Mungkin kalo blm ada kemajuan saya ke dokter lagi
 
  #5  
Old
uul ad...
 
Posts: 319
 
apa bukan flu singapur bun..??
coba searching gejalanya flu singapur di mbah google..
ohya..karena kulit anak bunda sensitif,,coba sering2 jemur kasur+perlengkapanny yg lain bun..ganti seprai dan sarung bantal sesering mungkin..
udara yg lembab bisa nyebabin kulit sensitif bermasalah berulang2..
sabar yah bun..
 
  #6  
Old
bocism...
 
Posts: 598
 
Kayaknya selain ke spesialis anak perlu ke spesialis kulit bund. Atau mgkn perlu med check-up lengkap. Ini saran saja bund kali aja ada virus atau apa krn smp usia 17 bln kan bund ni terus2an bgitu. Biar bunda lega jg. anak sy jg ada atopic dermatitis. Kena alergen dikit langsung bentol2 kyk diserbu nyamuk. Ada yg berhari2 br ilang ada hitungan jam jg sdh ilang. Sprei kotor dikit jg langsung bentol T_T; extra bersih deh
 
Don't pity or stare, move and help
  #7  
Old
Irisvi...   TS 
 
Posts: 74
 
Bunda uul, kalo dilihat tanda-tandanya bukan bun..
Iya saya juga sering ganti sama jemur seprai kasur, anak saya kena debu jg langsung merah2..

Bunda bocis, kalo medchekup lengkap blm bun..
Rencananya jg gitu.. aduh samaan sensitifnya ya bunda..
 
  #8  
Old
AURORA...
 
Posts: 350
 
bunda coba ke dsa yang menangani alergi, kemungkinan anak bunda hipersensitif saluran cerna. coba bunda baca link ini:

Catatan Bunda Rasyad: HIPERSENSITIVITAS SALURAN CERNA: Kenali tanda-tandanya SEJAK LAHIR...

semoga membantu ya bund, dan semoga dedek cepet sembuh, Aamiin
 
  #9  
Old
mamaal...
 
Posts: 233
 
Anak saya br sminggu pn sama kyk yg anak bunda alami..
Lalu saya dksih tau spya anakny d mandii pke daun ciplukan n alhamdulillah sembuh bund..
Saya liat pn d google ciplukan ada vit c yg tinggi n anti bakteri jg..
Bukan hnya daunnya ya bund, sampe akarnya n d rebus lalu mandikan.. Tu obat kmpung lho, mudah2an bs mnyembuhkan..
 
  #10  
Old
Bunda ...
 
Posts: 2,215
 
ibu tinggal dimana?
kalo di depok ada dokter anak spesialis alergi. Dr. Nia. Hermina depok
 
"Be grateful for whoever comes"
  #11  
Old
bunda ...
 
Posts: 3
 
Sedih sekali membaca postingan bunda. Sy doakan semoga bunda diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini dan semoga allah swt memberikan kesembuhan kpd debay nya.

Kalau boleh sumbang saran ne bund. GA ada salahnya bunda coba alternatif penyembuhan melalui media sedekah.

Karna sy mau share pengalaman kakak ipar sy yg debay nya juga punya masalah kesehatan. Setelah mencoba pengobatan medis dari beberapa rumah sakit akhirnya suami kakak ipar sy memohon kesembuhan kepada allah melalui sedekah dan sholat malam, setelah mengikuti kajian ust yusuf mansur.
Alhamdulillah penyakit debay nya diangkat oleh allah swt.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Berapa kali TP hasil (-) padahal sudah telat 1mgg -- Diskusi Umum 7
flek berkali kali -- Diskusi Umum 1
berkali-kali TP hasilnya (-) padahal υϑαђ ada tanda2 -- Ngobrol Apa Saja 4
hamil bkin makan jdi berkali-kali :) -- Ngobrol Apa Saja 11
dikhianati berkali kali -- Ngobrol Apa Saja 23


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:05.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com