Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
adinda...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 245
Default Tips Memilih Dokter Kandungan Saat Hamil

Nah, agar dapat memilih dengan tepat, berikut beberapa kriteria dokter kandungan ideal yang perlu Ibu ketahui.

Memiliki Pengetahuan yang Luas

Dengan pengetahuan yang luas di bidang medis, seorang dokter kandungan akan lebih optimal dalam mendiagnosis kesehatan ibu hamil. Tidak hanya itu, kemampuan untuk menjelaskan dengan baik hasil diagnosis dan rekomendasi penanganannya, juga dapat meningkatkan rasa percaya pasien terhadap dokter kandungan untuk mengikuti apa yang ia anjurkan.

Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Selain mendengarkan keluhan, dokter kandungan yang ideal juga harus mampu menjelaskan setiap informasi dengan baik agar pasien dapat sepenuhnya mengerti. Misalnya, saat menyarankan prosedur medis tertentu kepada pasien, ia harus bisa menjelaskan mengapa hal tersebut perlu dilakukan dan manfaatnya terhadap kesehatan kehamilan.

Reputasi yang Baik

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari informasi seputar dokter yang akan menangani kehamilan Ibu. Mulai dari bertanya pada dokter kesehatan umum yang Ibu percaya, teman kantor atau saudara yang sudah pernah hamil, hingga mencari informasi lewat situs rumah sakit atau forum ibu hamil yang ada di internet.

Bersertifikasi

Ijazah dari universitas ternama atau sertifikat yang dimiliki seorang dokter memang bukan sebuah jaminan bahwa ia akan memberikan pelayanan berkualitas. Namun, penting untuk mengetahui jika dokter yang akan menangani Ibu memiliki lisensi di bidang kandungan, serta berafiliasi dengan rumah sakit yang memiliki reputasi baik. Hal ini untuk memastikan dokter kandungan tersebut memang kompeten dalam menangani kesehatan wanita hamil.

Memiliki Sikap Empati

Kenyamanan merupakan salah satu faktor penting dalam memilih dokter kandungan. Harus ada ikatan emosional yang terjalin agar tercipta rasa saling mengerti. Oleh karena itu, pilih dokter yang memiliki sikap hangat, empati, serta perhatian, ya, sehingga Ibu bisa mengonsultasikan apa yang dirasakan dengan lebih santai dan terbuka.

sumber: kesehatan wanita hamil
 
  #2  
Old
pinkch...
 
Location: DKI Jakarta
Posts: 1,515
 
IMO cari obgyn yg orgnya tenang, soalnya namanya bumil pasti parno takut ini tkt itu ntar begini ntar begitu dan ujung2nya jd stress sendiri kalo pembawaan dokternya tenang, in case bad thing happens saat bumil panik beliau pasti bisa menjelaskan dengan baik tnp ikut2an panik jd kekhawatiran2 dr sibumil akan terminimalisir or even gone, pasien tenang dan berpikir positip jd bumil ga stress
 
Life is better at the beach
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tips memilih camilan saat hamil -- Diskusi Umum 1
Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat -- Diskusi Umum 2
Tips dalam memilih camilan sehat saat hamil -- Diskusi Umum 0
Tips memilih bidan atau dokter. -- Diskusi Umum 1
Tips memilih pakaian saat hamil... -- Diskusi Umum 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 02:29.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com