Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Kehamilan > Misc Stuff > Area Promosi

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Yota...   TS 
 
Posts: 46
Default Melatih Bayi Belajar Duduk


Belajar duduk sendiri akan membuat bayi Anda memiliki perspektif barutentang dunianya. Jika punggung dan otot-otot lehernya cukup kuat untuk membuatnya tegak dan ia tahu di mana menempatkan kaki-kakinya supaya ia tidak terjungkal, tinggal tunggu waktu hingga ia beralih ke posisi merangkak, berdiri dan berjalan. Sebagian besar bayi mulai belajar duduk mandiri di saat yang hampir sama dengan belajar berguling dan mengangkat kepalanya. Otot-otot yang mereka butuhkan untuk posisi demikian berangsur-angsur berkembang sejak lahir,hingga akhirnya cukup kuat saat ia menginjak usia 4-7 bulan. Saat di usia 8 bulan, 90% bayi dapat duduk baik tanpa bantuan.

Berikut beberapa cara melatih bayi belajar duduk ;

Mengajari Menekuk Kaki ; Untuk bisa duduk, bayi harus mampu menekuk kedua kaki secara bersamaan sampai dapat terpegang olehnya dalam posisi terlentang. Oleh karena itu, dianjurkan agar ibu membiarkan bayi memiliki banyak waktu agar dapat aktif bergerak sebagai cara melatih bayi belajar duduk.

Mengajari Menahan Kepala Tetap Tegak ; Untuk bisa duduk, bayi harus dapat menahan kepalanya agar tetap tegak dan tidak terkulai ke samping, ke belakang atau ke depan. Oleh karena itu salah satu cara melatih bayi belajar duduk adalah dengan sering bermain dengan bayi di tempat tidur.
Pada saat itu, bayi suka memandangi wajah ibunya dengan mengajaknya bermain, bayi akan termotivasi untuk menggerakkan kepalanya ke arah dimana ibunya berada. Gantungkan mainan yang menarik dan berwarna cerah sekitar 20 – 30 cm di atas tempat tidur bayi agar ia tertarik untuk melihatnya sehingga tetap menahan kepalanya untuk tegak. Dengan cara melatihnya tengkurap sebelum melatih bayi belajar duduk, berarti bayi telah melatih otot-otot lehernya agar lebih kuat, serta melatih kontrol kepalanya.

Mengajari Aktif Memutar Badan ; Bayi biasanya sudah mampu membalikkan tubuhnya dari posisi terlentang ke posisi tengkurap. Untuk itu ibu harus rajin memberi rangsangan agar bayi aktif menggerakan pinggul dan bahunya.

Sebaiknya sebelum 6 bulan, rangsang bayi untuk aktif memutar badannya dengan cara meletakkan mainan yang sangat diinginkannya, di dekat dirinya, lalu biarkan bayi bergerak dari posisi terlentang untuk meraih benda tersebut.
Mengajari Duduk Sendiri Tanpa Pegangan ; Jika bayi sudah mulai bisa duduk dengan bersandar, cobalah melatih bayi belajar duduk sendiri tanpa pegangan.

Caranya, dudukkan anak di pangkuan dengan menghadap keluar dan bersandar pada perut Ibu. Lalu, pegang mainan yang menarik perhatian pada jarak penglihatan bayi. Usahakan agar bayi langsung tertarik sehingga ia berusaha meraihnya, saat ia ingin meraih mainan tersebut, jauhkan mainan dari si kecil sedikit demi sedikit sampai ia tidak bersandar lagi. Lambat laun, bayi akan duduk sendiri tanpa pegangan kemudian, bayi akan belajar dari posisi duduk untuk berdiri.

Perkembangan motorik pada bayi memang akan berbeda antara bayi yang satu dengan lainnya. Namun perkembangan itu pasti akan dilalui oleh bayi. Tiap tahapan harus dikuasai bayi sebelum ia lanjut ke tahapan selanjutnya. Seperti untuk duduk, bayi harus bisa menegakkan kepalanya terlebih dahulu.

Beli FisherPrice Growing Baby Animal Stack and Nest Block,
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Belajar kehidupan dari sekotak krayon -- Ngobrol Apa Saja 34
belajar IKHLAS itu sangat sulit ya bund.... -- Ngobrol Apa Saja 36
Mari kita Belajar dari Alam -- Ngobrol Apa Saja 0
Join yuk bund !! Tinggal duduk-duduk saja dpt uang tambahan !! Gak repot -- Area Promosi 0
Belajar dr Pengalaman... -- Ngobrol Apa Saja 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:06.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com