Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Kehamilan > IbuHamil.com > Kenalan Yuk!

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Body C...   TS 
 
Posts: 2
Post Kodrat Wanita; Hamil, Melahirkan, senam Nifas, Body Contouring

Salam Kenal Bunda Semuaaa

Saya tidak sedang hamil atau pernah melahirkan... heheee karena saya seorang suami dari seorang bunda dari 3 putraputri.. yg kebetulan berprofesi sebagai dokter yang menekuni "Body Contouring", bagian dari Ilmu Kedokteran Bedah Plastik yang berupaya memperbaiki bentuk tubuh terutama akibat proses fisiologis/kodrat seorang wanita dalam menjalankan tugas mulianya yaitu Hamil, Melahirkan dan Menyusui.

Ketika googling tadi sore tentang "Senam Nifas" secara tidak sengaja saya bertemu dengan forum di IbuHamil.com ini.., dan sempat membaca bbrp artikel dan diskusi para bunda seputaran 'bentuk tubuh pasca melahirkan' dll.. Hal ini yg meringankan langkah saya untuk ikut nimbrung di forum ini..

Sekilas tentang Senam Nifas ;
Di indonesia idealnya, di setiap tempat yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan ibu atau persalinan baik itu di klinik bersalin, maupun rumah sakit mengajarkan dan memberikan bimbingan senam pada ibu-ibu pasca melahirkan, karena tidak jarang kita melihat ibu-ibu muda yang baru mempunyai anak 1 atau 2 orang dinding perutnya sudah begitu kendur dan jika hamil dan bersalin beberapa kali lagi maka perut ibu sudah tampak seperti ”perut kelemping/perut buncit”. hal ini tidak saja menyebakan bentuk badan ibu jadi kurang baik, tetapi bisa pula mengakibatkan kelainan letak bayi pada kehamilan yang akan datang. Satu-satunya cara untuk mencegah atau mengurangi kondisi tersebut adalah senantiasa melakukan senam nifas sesudah setiap kali persalinan.

Istilah dinding perut yang menjadi lemah/lembek dalam dunia kedokteran disebut dengan "Diastasis Recti", merujuk pada kelemahan otot Rectus Abdominis (dikenal dengan otot sixpack) sehingga tak jarang perut akan tampak membuncit dan menggelambir walaupun pasien telah turun berat badannya dan atau telah melakukan olahraga ketat. Senam Nifas dipercaya dapat mencegah itu semua.
Beberapa orang diperparah dengan munculnya striae maka makin berkuranglah percaya diri para bunda perihal kondisi perutnya pascamelahirkan. Kalau sudah terlanjur terjadi demikian para bunda Jangan Galau, tetap fokus pada tugas seorang ibu dalam tumbuh kembang/pendidikan anak dan jalankan gaya dan pola hidup yang sehat . Masalah Body Contour ini tetap akan ada solusinya.. tentunya dengan dukungan para suami..

Mungkin cukup demikian sharing dan perkenalan dari saya... Semoga berkenan bagi para bunda semuaaa..

Wassalam@BJBismedi

Trims mimin Aris
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
iir ma...
 
Posts: 14
 
Kapan saat yg tepat untuk melakukan senam nifas?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pembalut nifas pasca melahirkan -- Area Promosi 31
di masa nifas pasca kiret, da yg pnah ikut senam aerobic ga ya? -- Diskusi Umum 1
bokehkah pas hamil pake body lotion seluruh badan? -- Diskusi Umum 7
boleh gk ya pake hand body lotion saat hamil -- Diskusi Umum 20
Beda gak ya nifas keguguran dikuret dengan nifas melahirkan -- Diskusi Umum 1


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:35.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com