Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #46  
Old
miatob...
 
Location: Medan
Posts: 258
 
Kalo menurutku sih bagusnya ada family name nya. Kalo orang bersuku pake marga.
Atau pake nama belakang ayahnya.
Lazimnya sih begitu.
Kalo di alkitab ada dibilang supaya ngikut nama bapaknya.
Kalo muslim kan biasa pake bin atau binti begitu.
Kalo kedua bisa given.
Nama pertama dari ortu.
#cmiiw

---------- Post added at 11:01 ---------- Previous post was at 10:57 ----------

Replying to: View Post
Sebenarnya beberapa suku di Indo punya nama keluarga, misal : Batak ada yang namanya "marga" seperti Hasiholan, Hutagalung, Sinaga, Manurung dst, Manado/toraja : Tandielle, Alelo etc. Cuma memang untuk banyak suku nggak mencantumkan nama keluarganya.

Gw pernah ditanya temen gw dr Bulgaria tentang nama keluarga gw. Gw bilang, gw gak punya nama keluarga karena untuk suku gw di Indonesia, memang gak ada tradisi untuk membawa nama keluarga. Lalu datang lah seorang temen dari jerman, tapi keturunan Spanyol yang namanya 5 suku kata. Dia menjelaskan kalau nama ke-4 adalah nama keluarga ibunya dan nama ke-5 adalah nama keluarga Bapaknya. Gw lupa penjelasan tentang nama ke-2 dan ke-3 (sesuatu kek nama untuk menghormati kakek/nenek atau sesuatu yang lain... gw lupa)

Gw pernah juga ngobrol sama orang jepang (2009), tentang hal yang sama. Kenapa ada 2 temen gw ada punya nama belakang yang sama (Wicaksono), apakah mereka keluarga? Gw bilang, bukan. Orang Indonesia rata-rata gak nyantumin nama keluarga, walau ada beberapa suku tertentu mencantumkan. Lalu dia menjelaskan asal muasal orang jepang memakai nama keluarga. Awalnya mereka gak punya nama keluarga juga, tapi karena perkembangan, akhirnya pemerintah menyarankan untuk mencantumkan nama keluarga. Dan awalnya, nama keluarga yang diberikan adalah sesuai dengan profesi ayah (Petani, nelayan, pedagang etc).

Untuk di belanda, yang gw tahu beberapa pejabat jaman dulu memakai tempat asalnya sebagai nama belakang. Van itu artinya "dari". Gw pernah nanya ke temen belanda kenapa belanda disebut "negeri oranye" dan setiap 27 April yang diperingati sebagai King's day (koningsdag) seluruh warga belanda memakai baju oranye? dia menjawab karena nama belakang keluarga kerajaan belanda adalah "van Oranye"



Sangat setuju sekali
Nama agus syueb juga bagus kok. Syueb/Suaib/Sueb artinya : Berwibawa, tegas, pemberani dan umumnya kaya raya (Nama Indonesia - Betawi 3. Arti Nama Bayi, Anak, Laki, Perempuan) bagus kan? Gw malah acungin jempol sama anaknya dan orang tuanya. Berani berfikir anti-mainstream memakai nama lokal, disaat orang-orang di Indonesia sedang suka memberikan nama Arab dan Eropah.

Kalo gw jadi Gurunya adek Agus Syueb ini, gw akan selalu bilangin kedia tentang arti kata syueb supaya dia lebih PD dan tidak akan mengolok-olok namanya yang sangat betawi ini Saat dia bisa pergi ke (katakanlah) eropa, dia bisa dengan bangga menjelaskan arti namanya yang sangat menunjukkan identitasnya sebagai orang betawi ini.
Yg orang spanyol persis kayak temen aku bund.
Mamanya orang padang, bapaknya orang batak.
Jadilah namanya Guntur Mangara Piliang Purba. Piliang dari ibu, purba marga bapak. Secara padang kan marga turun dari ibu.
 
Keluargaku, surgaku
  #47  
Old
prince...
 
Location: malang
Posts: 979
 
Sy jg pk 3 suku kata.krn sy suka artiny.
slaen tu sy pgn bwt nama klurga sndri k dpnnya cos klo dr swmi gk da marga nya nm ortu bhkan sodra2ny bda smw.klo nm sy ada margany tp unt ank sy ,sy bwt kan sndri ntr klo ada adeny biar nm blkg sm jg smw.
 
  #48  
Old
Putri ...
 
Posts: 82
 
namaku cuman 2 kata aja Bun yang kecantum di akta kelahiran ama dokumen2 lain. cuman suka nambahin nama belakang Papa di nama belakang aku
sekarang aku masih hamil 16w. untuk anak cowok udah punya nama lengkap nih. nama depan suamiku ngusulin pake nama almarhum papanya, nama kedua ama ke3 aku pilih sendiri, nama keempat pake famnya suami deh. panjang yak,,,
kalo nama cewek baru kepikiran satu nama aja plus fam suami. nama lainnya belum kepikiran,,, hehehe
 
  #49  
Old
dwi150...
 
Location: somewhere on earth
Posts: 1,216
 
Replying to: View Post
sing 2 bintang iku pasti klo gak AL ya EL wkwkwkwkw bener ga yaa (kemeroh) ???? 2juta rupiaaahhhhhhh yeeayyyy hahahahaha
iyo bener
tapi yo gak 2 juta rupiah wah.. diganti salam manis aja dari mas ahsan
 

♡ ㅇㅅㅇ ♡
Let's make this world a better place to live
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Tanya Nama Bayi, Diskusi Nama Bayi by rudyartinama -- Area Promosi 5
Kumpulan Nama Nama Bayi Laki Laki Islami versi ibu bidan :) -- Ngobrol Apa Saja 0
Kumpulan Nama Nama Bayi Laki Laki Islami versi ibu bidan :) part II -- Diskusi Umum 2
Kumpulan Nama Nama Bayi Laki Laki Islami versi ibu bidan :) part III -- Diskusi Umum 0
Biaya bayi tabung di klinik RS family pluit berapa ya? -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 12:41.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com