Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Kartik...   TS 
 
Posts: 82
Default msh tdk bisa makan di UK 16w

Hallo bunda2..

Aq mau sedikit curhat keadaan qu yang slama hamil jd super duper maless, tidur trus, gk bisa makan, mkn hanya bisa 1x sehari..

Aq gk bsa tidur bunda, setiap hari tidur pukul 4 pagi, nunggu subuh, baru bisa tidur, besok nya bangun jam 11 siang, gak pernah sarapan.. dan sampe gak tau suami udh berangkat kerja,( dlu sebelum hamil pasti sediain breakfast suami, skrg udh gk pernah dia hanya minum air putih tiap pagi)

Trus siang bangun tidur aq cuma mkn jus buah, dan makan buah manggis, minum obat dri DR, dan 2 jam kemudian minum sumil, gk kena nasi sama skali karena mual sangat,. Sore cuma ngemil permen pedes, dan minum teh anget,. Mlm baru masak nunggu suami pulang kerja, baru kena nasi..

Oh iya tensi aq rendah bunda, dan sampe UK segini BB aq udh turun 5 kg.. dr 49 kg awalnya..

# menurut para bunda, apakah wajar yang aq alami ini? Dan apakah akan pengaruh ke janin qu? Terakhir aq USG pas 12w 6d.. dedek tingginya 6,5 cm..

Share yuk pengalaman bunda2, aq khawatir sangat keadaan debay qu dng kondisi aq yang jarang mknnn...

# ini qu sertakan foto USG dd UK 12w 6d
 
Attached Thumbnails
msh tdk bisa makan di UK 16w-img_00001062.jpg  
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
saya juga begitu bunda pas awal kehamilan khususnya di TM1.
Saya sampe pernah nangis di depan makanan saya. tp abis itu tetep usahain makan. emank kudu ada usaha dan niat keras utk terus coba.

untung saya resign sejak promil, jd pas positif hamil saya udah di rumah ajah. tiap hari tidur kerjaannya, suami yg biasa disiapin sarapan jadi kebalik yg nyiapin sarapan. jd suami dan ibu mertua selalu siapin sarapan buat saya, bangunin saya buat makan, walopun nanti jam 11 siang baru bener2 bangun tidur.
abis itu tidur lagi, nanti jam 2 atau 3 dibangunin buat makan siang, tidur lagi, tar jam 6 atau 7 makan malam. itu ga mesti makan/makan banyak ya. tp terus dilakuin.
pelarian saya ke pisang ambon dan roti klo nasinya ga mampu lbh dr 5 sendok.

yang saya baca, klo perut kita kosong dlm waktu lama, malah mual dan muntah semakin menjadi-jadi.
trus utk hindarin mual, jgn makan makanan yg masih anget, tunggu agak dingin. makanan yg msh fresh dr kompor, aromanya msh keras dan malah micu mual,.
klo muntah, saya usahain makan ajah lagi, pokoknya perut ga boleh kosong terlalu lama.

dokter saya bilang sjk awal positif hamil klo bulan pertama nanti wajar saya turun BB nya. trus juga saya dikasih vitamin tambah darah di awal 2bln pertama.
saya ga ada minum susu hamil. minumnya baru pas TM2 dan berhenti di TM3.

selama ini perkembangan saya dan janin terpantau baik terus oleh dosg. total kenaikan BB saya sampai uk 38w minggu kmrn = 9 kg (dsog blg ga boleh lbh dr 11kg pas awal hamil), BBJ saya udah 3kg.
skrg tinggal menunggu waktunya launching.
 
  #3  
Old
Kartik...   TS 
 
Posts: 82
 
@ bunda YZFL,.

Aq kan udh masuk TM 2 bun, udh 4 bulan,. Kok masih blm nafsu mkn ya...hikkssd

Iyaa sama bun, skrg sering nangis depan mknan, sambil usep2 perut, kasian c sama dd tapi beneran gada nafsu buat mkn.. saya tinggal cuma berdua bunda, jd gada yang siapin mkanan .. harus usaha sendiri,.

Dan parah nya lg ditempat saya ini gada tukang jualan yang lewat2 depan rumah, dan mayoritas makanan dsini haram, jd mau gk mau saya harus masak, padahal bdn lemah dan gada tenaga buat masak

---------- Post added at 15:51 ---------- Previous post was at 15:38 ----------

@ bunda YZFL..

Bunda bentar lg Launching ya dd nya,.. Senangnya bentar lg ketemu debay,.

Mudah2 n nanti lahiran nya di mudah kan dan bunda dan debay nya sehat slalu..
Aamiinn..
 
  #4  
Old
Fify...
 
Posts: 427
 
bund dikit2 harus mkn meskipun muntah ttp paksain,, aq dlu jg gt. tp alhmdulillahnya cm brlgsg 1minggu. stelah itu normal lg bund.
bunda ngemil biscuit aja bund,, klo ngga gt cb mkn pisang ambon.itu kan asam folatnya tinggi bund. ksian debay nya klo bunda ngga mkn sm sekli. kan debay dlm masa pertumbuhan jd btuh bnyak nutrisi.
 
  #5  
Old
fitriy...
 
Posts: 91
 
cari opsi lain bund, makan kentang rebus kalo gak bisa makan nasi, ubi, roti, yang penting mah sayuran sama buah juga. Ada kok pengganti nasi banyak, ubi, singkong, kentang direbus aja itu juga udah bikin kenyang.
 
Semoga Dedenya sehat selama 9 bulan dan sampai lahiran. Aamiin.
  #6  
Old
Ema Ev...
 
Posts: 308
 
Aku jg waktu TM 1 gitu bundaa....
Klo gak makan malah tambah mual, kalo makan malah keluar lagi....
Tp aku usahain walopun gk makan nasi aku larinya ke kentang sama ubi
 
  #7  
Old
Kartik...   TS 
 
Posts: 82
 
@ bunda fifty..

Pisang Ambon kayanya dsini susah cari nya bun, aq Alhamdulilah klo asam folat makan dr buah manggis, sumil dan vit dr DR, insya Allah cukup tapi yg jd permasalahan, nafsu mkn yang parahh.. udh tensi rendah bngt, kata DR qu bulan ini min naek bb 2 kg.. tapi susah bngt bun mau makan aja kudu nangis dlu

@bunda Fitriyah22,..

Iyaa bun Makasih masukan nya, jd ke Pikiran mau beli ubi di white market nanti,. Mksh bun saran nya..hehee

@ bunda Ema,..
Aq kan udh masuk TM 2 bun,. Tapi kok masih bgini yahh ..

Iya bun mau coba cari ubi, mudah2 n keyemu..hehee, . Mksh sarannya bun.
 
  #8  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
ya harus diakalin dan "maksa" diri bunda, karena janin sangat tergantung ke ibunya. jadi penting ibunya itu kuat dan tercukupi nutrisinya.

tiap org kan beda2 bawaan hamilnya, rata2 sih yg paling enak udah masuk tengah TM2 dan awal TM3, krn setelah itu gantian terasa sesek ato istilahnya heart burn.

saya sering stok pisang ambon dan roti, saya taruh disamping tempat tidur saya, jd tiap saat saya merasa "okeh saya harus isi lagi neh perut" saya makan ajah lagi.
kan lumayan pisang dan roti bisa bertahan 5-7hr. klo udah mo abis, suami saya stok lagi deh.

ohya, bunda boleh koq makan apa yg bunda lg pengen, kyk mungkin fastfood: bakso, kfc dll, tp jgn sering2 juga, hanya saja klo bunda pengen, ya makan ajah, tapi jangan lupa, makan buah dan teratur minum vitamin dr dokter.
paling ga, bunda dapat tenaga dr makanan tsb (walopun nutrisinya dikit), nah janinnya terbantu dgn vitamin yg bunda konsumsi.

vitamin/obat dr dokter itu kan sebenarnya cuman pelengkap ajah, klo nutrisi dr makanan bunda udah baik, sbnrnya vitamin/obat tsb klo ga terpake akan terbuang juga. nah disini peran pentingnya klo ternyata nutrisi dr makanan bunda ga menunjang krn bunda kesulitan makan dengan nyaman.

yg penting, terus usaha, akalin, makan mgkn 2-3 jam sekali dgn porsi kecil2 biar ga merasa terintimidasi, selingin dengan buah2an, nyemil roti dan lainnya yg ga bikin mual, trus minum vitamin dr dokter yg rutin, susu hamil juga baik dan cek up ke dokter/bidan yg teratur biar bisa pantau perkembangan bayi per bulannya.

pokoknya semua tergantung bunda. kayak saya selalu tanamkan ke pikiran saya "jangan sampe menyesal klo terjadi sesuatu ke janin saya, padahal klo saya tengok lg ke belakang, sya bisa lakuin lebih dan paksa diri saya lebih keras, demi dan untuk."

semangat ya bunda...
 
  #9  
Old
Kartik...   TS 
 
Posts: 82
 
@ Bunda YZFL..

Bundaa membantu sangat saran2 dari bunda,. Iya bener ya bun qt musti paksain, soalnya aq jauh dr ortu bun,. Dan ini kehamilan pertama qu, setelah 2 thn berusaha,. Jd masih bnyk bngt yang aq blom ngerti.. kadang mikir mungkin dd nya sudah tercakup dari vit yang aq kasih ke dd tiap hari nya,. Vit yang aq minum minyak ikan/ DHA, vit mineral,zat besi dan asam folat.. untungnya minum sumil masih bisa bun..

Bunda, mau tanya 1 pertanyaan, klo misal smua makanan saya jus aja, misal vegetable jus, trus jus buah dll.. itu boleh kah? Apa harus tetap konsumsi yang padat? Karena memikirkan gk sanggup nya makan2 an padat

Makasih ya bunda YZFL saran2 nya,. Klo boleh tau bunda domisili dmn?
 
  #10  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
hehhee... lha di mulut ma tar di perut kita juga tuh makanan bakal di "jus", jadi klo udah dalam bentuk jus, ya usus tinggal mencerna ajah, memisahkan yg bisa diserap utk tubuh dan yg tidak bisa diserap yg nantinya akan menjadi feses.

boleh diapain ajah koq, asal makanannya BERSIH & MATANG ya. klo buah dan sayur (lalapan), pastiin sudah di cuci bersih... untuk menghindari bakteri bawaan yg belom tentu bersahabat dgn janin yg msh rapuh.
klo bunda merasa itu cara yg paling cocok, ga ada salahnya, hanya saja klo tar mencret (siapa tau perutnya kaget), ya jgn dipaksakan juga, tar dehidrasi lagi.

sama, jgn banyak2 nambahin gula di jus buahnya, bila perlu ga usah pake gula ma skali, cukup manis alami dr buahnya itu. klo agak sepet, tambahin madu lebih baik.

tuh vitamin nya bunda udah okeh punya, saya malah sebulan atau kadang 2 bulan cuman dpt 1 jenis vitamin/obat dr dokter. temen saya yg dah punya anak juga anjurin minyak ikan, tp saya sih pake vitamin dr dokter ajah,,,utamanya saya kejar setoran nutrisi dr makanan saya tiap harinya...

saya domisili di denpasar, bun....
 
  #11  
Old
Kartik...   TS 
 
Posts: 82
 
@ Bunda YZFL..

Iyaa bun seperti nya aq mau coba di jus aja buah2 an maupun sayuran nya,. Aq pernah test toxo, alhamdulillah negatif, nti mau cuci bersih2 biar gk kena toxo.. makasih bun

Ohh tinggal di Denpasar bun.. aq pernah kerja di Denpasar di jln teuku umar, itu 2 thn yang lalu, klo skrg sudah pindah ngikutt suami..

Semoga bunda dan debay di berikan kesehatan ya.. dan cerita2 ya nti klo udh lahir dd nya
 
  #12  
Old
JustBa...
 
Posts: 166
 
Sama bund waktu awal hamil aku juga malesnya minta ampun hampir semua kerjaan rumah suami yg kerjain, tidur selalu diatas jam 3 pagi karena insomnia berat, bangun juga siang2 jam 12.Setiap makan nasi juga perut jadi ngga karu2an rasanya, tapi aku siasati makan protein,sayur,buah,karbonya dpt dari roti gandum.Dan pas USG BBJ janin nya normal,jadi kalau usg jangan cuma fokus sama tinggi janin nya tapi harus di pantau BBJ nya.Buat mastiin gizi yg kita makan keserap ngga ke baby nya.
 
  #13  
Old
Jovanc...
 
Location: Cikarang
Posts: 126
 
Bunda kartika : wah sama bun,salam kenal... aku ga doyan makan nih padahal uk baru 6 w, tinggal sama suami doang dan jauh keluarga. ada flek ga bun pas kehamilan?
?

Bunda yzfl: super sekali sarannya, salam kenal bun
 
  #14  
Old
Kartik...   TS 
 
Posts: 82
 
@ bunda Justbabyblue..

Makasih saran nya bun,. Kmaren c pas usg terakhir dr qu bilang smua normal bagus, bbj bagus dan jantung bagus, gtu c bun.. dia bilang smua normal.. yang bermasalah hanya tensi qu saja,. Karena sebelumnya pernah blood test, untuk toxo,rubbela,HIV,hepatitis dll.. itu alhamdulillah smua negatif.. hanya tensi darah yang rendah.. ya mungkin karena pengaruh aq jarang makan ya bun.. ini lg berusaha makan bun.. walau harus nangis di depan piring,. Dan pegang perut yang rasa nya kurang nyaman abis makan .. tapi smua demi my baby :*

@ Bunda Jovanca..

Aq c waktu 6w kemaren blom brasa apa2 bun.. blom brasa mual kaya skrg.. masih bisa makan.. tapi org beda2 ya bun.. mudah2 n aja bunda mual nya gak lama.. aq juga cepet nafsu makan..

Flek alhamdulillah gada bun.. dr awal hamil sampe skrg gada flek..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Makan Cabe bisa ngerusak otak -- Kenalan Yuk! 0
gak bisa makan sama sekali nih bun -- Diskusi Umum 4
ingin makan tetapi tidak bisa makan -- Diskusi Umum 0
Makan sayur bisa nambah BB ga sih bund...? -- Ngobrol Apa Saja 2
Ga bisa makan nasi -- Ngobrol Apa Saja 10


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:56.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com