Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
Uyi Fa...
 
Posts: 758
 
Replying to: View Post
Bunda2 yang baik,, aku butuh saran ini bunda,, td malam ak kebidan dan katanya bidan UK 23w, tensi darah normal,pas di doppler denyut jantung janin normal. yang bikin aku bingung kenapa ak belum bisa ngerasain gerakan yang heboh dari baby,, cuma kedutan2 gitu bunda,,, dari sejak 5 bulan aku pengen banget yang namanya USG, cuma suami gak setuju banget, pernah ak mintak pelan2 tapi suami tetep kekeh gak mau, ak tanyain lasannya, dia cuma bilang gak suka dan gak mau aj,, ak jdi bingung bunda. pengen USG diem2 tapi aku gak berani ngelakuin sesuatu tanpa izin dari suami. ak bener2 khawatir bunda, tinggiku 168 dan berat badan skr 67 bunda. perutku biasa aja, klo bangun tidur biasa bunda, tp klo udah makan langsung blendung. yang ak bingungin,, aku pengen USG pengen banget liat perkembangan babyku.kenapa di UK segini ak masih ngerasain kedut2 aja belum tendangan tp suami malah gk suka, kata suami "jaman dulu aja gak pernah tuh ad USG2an.
mohon sarannya ya bunda pleasee?
suamiku juga gitu bund..
tp ga sama sekali ga mau gitu sih, cm bilangnya ga mau terlalu sering..
tadinya aku pengennya sebulan sekali usg malah.. tapi ga boleh..
jadi mendingan bunda nyoba browsing uk brp aja sebaiknya diharuskan usg buat tau perkembangannya dia.. apalagi untuk uk segitu harusnya bunda udh ngerasain gerakan2 debay walaupun masih halus, kecuali perut bunda tebel,,
bunda coba browsing, abis itu kasih baca ke suami..
usg kan ga cuma krn pengen liat jk nya, tp lebih ke debay nya.. kalo di bidan yang ke kontrol cuma ibu nya aja, soal baby nya kan ga ketauan,, dia cuma nyari detak jantung normal udah gt aja.. klo ga bunda mnt rujukan aja dr bidannya, bilang kok belom ada gerakan.. ntar biasanya dikasih kan..
biar suami nya ada rasa takut jg knp2 nya... suami bunda terlalu cuek sama baby nya.. mungkin terlalu ngikutin omongan orang jaman dlu kali bund,, jaman dlu ga ada usg jg makanan sehat2 semua, lah skrg..virus dimana2, bahan pengawet dll juga.. hadeehh.. ngeri akh bund, kalo suami ttp keukeuh berangkat sendiri bund..
 
  #17  
Old
tin2...
 
Posts: 23
 
bund, aku juag udah 23w, nih dede nya aktif banget, pagi siang sore malam gantian disco nya...
coba di jelaskan lagi ke misua, tujuannya pengen lihat perkembangan setiap organ tubuh baby, karna itu semua bisa dilihat melalui usg. misua ku juga ga pengen tau JK baby,,itu bisa di bilangin ke dokternya...coba di kasih pengertian ya bun..cemangatttt
 
  #18  
Old
amanda...
 
Posts: 14
 
Bund,coba jelaskan pelan2 ke suaminya..USG itu penting loh bund,buat mndeteksi apakah ada kelainan pada janin atau ibu..agar bs cepat ditindak kalau trjadi apa2..bahkan mendeteksi kmungkinan prematur..bunda dan suami pasti gak mau kan trjadi apa2 dgn debay..bukannya nakut2in ya bund.. coba bunda googling manfaat USG,dan bunda jelaskan pada suami manfaatnya itu..
 
  #19  
Old
noenap...
 
Posts: 2,108
 
Coba bunda bilang sm suaminya, ttg pentingnya usg. Bukan hanya sekedar jenis kelamin lho bun. Tapi ukuran lingkar kepala, tulang paha, denyut jantung, air ketuban, plasenta, berat janin, dan bagi saya, tau jenis kelamin justru bikin doa kita lebih fokus. Kalo suami gak mau liat usg, yg penting ijinin aja, bunda bisa usg sendiri atw ditemenin siapaaa gt. Kalo alasannya cuma utk kejutan saat lahir kayaknya g masuk akal buat sy *eh kita sebagai ibu yg mengandung memang banyakan parno dan khawatirnyA..mhdah2an debaynya sehat2 yaa
 
"Robbi Hablii Minash Shoolihiin" (QS: Asy Syafaat 100)
"Rabbi La Tadzarni Fardan Wa Anta Khairul Waaritsin" (QS: Al-Anbiya 89)
"Rabbi Habli Minladunka Dzurriyatan Thayyibah Innaka Sami'ud du'a 'i" (QS: Ali Imran 38)

  #20  
Old
BabyN...
 
Location: Jakarta Utara
Posts: 2,188
 
Replying to: View Post
#BabyN ::: wkwkwkkw udh hidup di jaman kini bund,, tapi masih meniru gaya hidup org jaman dulu....
Hahaha... fisiknya di masa kini, cara pikir ketinggalan di masa dulu..
Maaf yah bunda fatima... becanda aja..
 
  #21  
Old
Mama B...
 
Posts: 316
 
Mungkin perut bunda termasuk tebal jadi kurang terasa gerakan debaynya..
Klo aku termasuk kurus dan perut aku tipis bunda jadi UK 20w udah ngerasa knceng bgt gerakan debaynya..

Jangan terlalu di fikirin ya bunda harus ttp + thinking biar debaynya sehat" aja..
Aku malah baru USG untuk pertama kalinya 5 hari sblum persalinan bund..
Bukannya ga mau USG sih bund tapi karena sibuk kerja jd cuma periksa di bidan aja tiap bulan..
Tapi syukur alhamdulillah debayku ga ada mslah dan perkembangannya sesuai bulannya bunda..

Semoga bunda dan debaynya baik" aja dan sehat hingga persalinan..
Amin..
 
  #22  
Old
Rahma0...
 
Posts: 57
 
Salam kenal bunda Fatima, USG bukan hanya untuk lihat JK nya tp kondisi debay, perkembangannya, sesuai tdk uk kepala usianya, lalu juga kelengkapan organ debay. Selama ini kalo control dmn n bgmn bun ? Sebaiknya biarkan dokter / bidan yg memberi saran ke suami krn biasanya org2 yg spt itu akan pcy pd ahlinya. Sebaiknya segera usg bun takut ada apa2. Semangat yah bun. Semoga bunda dan debaynya sehat terus dan segera nendang2.

---------- Post added at 20:22 ---------- Previous post was at 20:20 ----------

Oiya bun coba dirangsang debaynya bun. Dinyanyiin, didongengin atau dengerin musik bun ntar lihat reaksinya.
 
  #23  
Old
chimi...
 
Location: Banyuwangi
Posts: 1,347
 
Replying to: View Post
amiin... smg debay nya seht bund.

---------- Post added at 10:00 ---------- Previous post was at 09:54 ----------



bunda chimi udah 20w jg eah. baby aq aktf bgt bund ngga mao diem,, gerak2 nya jg udah kerasa bgt.
klo mslah BAB seeh dr hamil muda aq ngga ada mslah bund,, alhamdulillah lncar2 aja. mlah stelah 20w ni shri bisa 2x BAB bund. aq doyan bgt mkn sayur bund soalnya,, tp klo mnum air putih seeh ngga bnyak, minum dkit aja suka eneg bund.
emg bunda chimi BAB nya gmn???
aku BAB nya gk rutin bund paling 2 hr sekali
padahal aku udah makan sayur ma buah bund...tp aku jg suka pedes bund mungkin itu pengaruh ya bund? padahal dl gk suka lho
klo air putih aku malah seneng bgt bund jadinya sering pipis
pas USG debay tk lihat aktif juga bund nendang2 juga jungkir2 juga tapi aku kok gk kerasa ditendang ya,cm kedut2 aja?? padahal kyakx sidebay udah kuat tu nendangnya
 
  #24  
Old
Bunda ...
 
Posts: 525
 
walah bund.....kok ya bisa sampe TM2 ga pernah USG sama sekali. USG itu wajib minimal sekali selama 1 trisemester lo bund dan kegunaannya buanyaak banget. Bukan hanya untuk mengetahui JK (itu bisa minta dirahasiakan kok dari dokternya), tapi juga mengetahui posisi bayi, kondisi air ketuban, letak placenta, perkembangan organ2 bayi dan kondisi2 lainnya yang menyangkut kesehatan bayi dan juga bunda..penting loh ituu..

meskipun ga tiap bulan ga usg gpp bund, tpi usahakan setiap trisemester itu dilakukan. Apalagi klo TM3, kan mengantisipasi hal2 yang tidak diinginkan jugaa...disuruh baca aja bund komentar2 bunda2 yang lain disini, semoga suaminya bisa memahami, jaman sekarang itu beda jauuuuuh dengan jaman dulu yang serba terbatas..Apalagi bunda mau 6 bulan kan.

selalu periksakan kehamilan secara rutin, agar bayi lahir selamat dan ibu sehat
 
You're the best blessing that I ever got
  #25  
Old
Fify...
 
Posts: 427
 
Replying to: View Post
aku BAB nya gk rutin bund paling 2 hr sekali
padahal aku udah makan sayur ma buah bund...tp aku jg suka pedes bund mungkin itu pengaruh ya bund? padahal dl gk suka lho
klo air putih aku malah seneng bgt bund jadinya sering pipis
pas USG debay tk lihat aktif juga bund nendang2 juga jungkir2 juga tapi aku kok gk kerasa ditendang ya,cm kedut2 aja?? padahal kyakx sidebay udah kuat tu nendangnya
Aq sjak hamil jg sk yg pdas2 bund,, tp alhamdulillah BAB ttp lncar.
mungkin tiap baby beda2 kli yah,, klo debay aq udah sk nendang bund,, udh lmyan keras gerakannya.
 
  #26  
Old
chimi...
 
Location: Banyuwangi
Posts: 1,347
 
[QUOTE=Fify;915747]Aq sjak hamil jg sk yg pdas2 bund,, tp alhamdulillah BAB ttp lncar.
mungkin tiap

pengennya ngrasain tendangan
 
  #27  
Old
YZFL...
 
Posts: 150
 
USG mah memang ga harus tiap bulan, tp baiknya minimal sekali per tiap trimester.
gunanya untuk lbh akurat ajah memperhitungkan perkembangan janin sesuai UK, agar hal2 yg kurang, bisa diperbaiki/dicegah lbh dini.
Klo ga mau tau JK nya, tgl wanti2 dokter ajah dr awal, sblm di usg.

ini nemu artikel soal tendangan bayi:

Replying to:
Waktu terbaik untuk mengamati gerakan janin adalah pada malam hari saat Anda berbaring santai. Atau, pagi hari ketika bangun tidur bila usia kandungan Anda sudah masuk trimester ketiga.

Jika Anda dapat merasakan janin bergerak, baik gerakan halus dan kuat, artinya calon bayi Anda baik-baik saja. Namun, bila Anda merasa janin tidak aktif seperti biasanya, kemungkinan besar ia sedang malas bergerak, dan Anda harus coba bangkitkan semangat geraknya. Karena bila janin tidak merespon rangsangan Anda, dan kondisi ini sudah berlangsung lebih dari 1 hari segera beritahu dokter, untuk memantau kondisi janin. Mari, kenali gerakan janin sesuai dengan usianya, supaya Anda bisa ikut memantau perkembangannya.

Minggu ke-16 sampai 20. Di minggu ke-16 Anda mulai dapat merasakan gerakan janin seperti tendangan dan tonjokan. Disebut sebagi fase quickening.
Minggu ke-21 sampai 24. Aktivitas janin makin meningkat. Dia banyak menendang dan jungkir balik, karena volume air ketuban masih sering memungkinkan untuk bergerak leluasa.
Minggu ke-25 sampai 28. Janin mulai cegukan. Inilah yang menyebabkan Anda merasakan sensasi seperti tersentak-sentak. Dia juga akan bergerak merespon suara dari luar karena pendengarannya makin baik. Kadang-kadang janin ‘kaget’ mendengar suara keras.
Minggu ke-29 sampai 31. Gerakan janin makin kuat, teratur dan terkendali. Kadang Anda sampai merasakan rahim kontraksi.
Minggu ke-32 sampai 35. Inilah masa puncak aktivitas janin. Dalam minggu-minggu ini, Anda akan merasakan peningkatan frekuensi dan tipe gerakan janin, karena dia semakin besar dan kuat.
Minggu ke-36 sampai 40. Ukuran janin yang semakin besar dan keterbatasan ruang dalam rahim membuat gerakan memutar janin makin berkurang frekuensinya. Bila dia asik mengisap jempol dan tiba-tiba lepas, Anda akan merasakan gerakan darting dan cepat. Itu tanda janin memutar kepalanya untuk mencari jempolnya kembali. Jika perut Anda kurus, kemungkinan besar dapat memegang kaki bayi. Gerakan utama yang Anda rasakan adalah tonjokan tangan atau tendangan kaki janin yang mungkin menyakitkan tulang rusuk Anda
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
khawatir N bingung -- Diskusi Umum 2
khawatir :( -- Diskusi Umum 13
bingung hrs bahagia atau khawatir -- Diskusi Umum 13
Bingung... Dan khawatir... Bantuin dong bunda -- Ngobrol Apa Saja 4
khawatir -- Diskusi Umum 14


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:00.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com