Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
MamaKi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 627
Default Kafein Dapat Menghambat Pertumbuhan?

Apa yang terlintas pertama kali dalam benak bunda mendengar kata kafein? Kopi? Yah, memang benar. Tapi, kafein tidak hanya pada kopi loh bun. Coklat, minuman bersoda, yoghurt, es krim, minuman berenergi dan lainnya juga banyak mengandung kafein.

Kafein sendiri adalah zat yang berasal dari daun, dan juga biji banyak tanaman di dunia ini. Memang, kafein terbukti punya efek positif buat kita orang dewasa, yaitu membangkitkan kewaspadaan dan energi buat yang mengkonsumsi.

Tapi walaupun kafein ini bermanfaat dan jadi favorit bukan berarti juga baik untuk anak bun. Menurut seorang ahli gizi senior, Rashmi Madholkar dari Rumah Sakit Kohinoor Mumbai menyatakan kafein dapat menekan nafsu makan.

Jadi, kalau kafein dikonsumsi anak-anak bisa-bisa si kecil nafsu makannya menurun, dan akibatnya nutrisinya berkurang, kalorinya pun tidak cukup untuk pertumbuhannya. Dan ini yang akhirnya memunculkan mitos kalau kafein menghambat pertumbuhan anak.

Sebenarnya mitos itu tidak benar, karena secara medis tidak terbukti, tapi tetap saja bunda harus waspada dengan dampak dari konsumsi kafein yang berlebihan karena akan mengakibatkan nafsu makan menurun, susah tidur dam beresiko depresi.

Lalu bagaimana mengatasinya jika si kecil suka coklat atau es krim yang katanya mengandung kafein? Berikan pengawasan ketat pada si kecil. Batasi jumlahnya kalau dia memang menyukainya, sebagai ganti bunda dapat memberikan madu dan jus buah sebagai pemanis.

sumber
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
bundan...
 
Posts: 151
 
busui juga nggak bolehkah makan yang mengandung kafein?
kan dimakan adek juga bun
apakah efeknya sama dengan anak yang makan langsung makanan yang mengandung kafein?
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
tiga fase pertumbuhan fisik bayi. -- Diskusi Umum 6
Pertumbuhan janin-fase kehamilan -- Diskusi Umum 9
Ini Dosis Kafein yang Aman Dikonsumsi Saat Hamil dan Menyusui... -- Diskusi Umum 0
ask tentang pertumbuhan gigi bayi -- Ngobrol Apa Saja 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 21:19.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com