Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
Imas m...
 
Posts: 1
 
setuju sama ayu isni, puasa aja bun. Aku alhamdulillah hamil 6w, alhamdulillah aku ga terlalu ngalamin morning sickness, paling kembung-kembung sama mual-mual dikit. terus dokterku bilang puasa aja, meskipun ga ngasih alasan panjang lebar, tapi pesan beliau kalau ga muntah-muntah atau pusing sampai hampir pingsan, puasa aja. Aku husnuzon aja, dan alhamdulillah puasa lancarrrr kaya jalanan Jakarta kalo lebaran, mulus no obstacle. Bedanya, malah mertua aku yg kontra aku puasa, kebalikan yahh.. tapi justru baca penjelasan dokter bunda, aku malah makin PD buat puasa.

Aku konsul juga sama temen yg puasa waktu TM 1, dan pesannya jaga asupan gizi dan be positive. Semangat ya Bun, bagus banget malah penjelasan dokternya ^_^

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan
 
  #17  
Old
windap...
 
Location: Bandung
Posts: 66
 
Kalo bunda benar2 ga kuat dan sakit karena berpuasa saat hamil ya gapapa ga puasa bun, ga dosa (tapi niatnya jangan karena enak ga puasa yah.. heuu).
Tapi kalau dengan saat makan saur dan buka yang benar dan bergizi bunda kuat dan ga sakit, hanya lemas normal seperti layaknya orang berpuasa, memang sebaiknya tetap puasa. Puasa saat hamil bagus ko bun. Puasa itu kan bagian dari ibadah dan ketaaatan sama Allah, insyaAllah ibadah ga ada yang mendatangkan keburukan asal niat kita memang karena Allah. Apa-apa yang terjadi kan karena ridha Allah. Biar kita ga puasa juga kalau Allah berkehendak apapun ya ga ada yang bisa mempengaruhi kan. Jadi berbaik sangka dan percaya aja bun.

Saya sendiri puasa saat hamil dan Alhamdulillah tetap sehat semuanya. Yang lebih ga kuat biasanya adalah ibu menyusui, biasanya memang dianjurkan tidak usah puasa karena khawatir bakal lemas dan mempengaruhi asupan ASI langsung untuk bayinya.

Sebenernya dokternya bener sih waktu bilang bayi itu (terutama sebelum 4 bulan) menyerap makanan dari ibunya secara otomatis ko. Jadi kalau bunda susah makan bunda yang bakal sakit karena sebelum usia bayi 4 bulan bayi akan menyerap apa yang dia butuhkan secara otomatis (menyerap kebutuhan minimalnya dari apa yang ada di ibu). Bayi ga akan kekurangan.
Ibu yang hamil muda kurang mengkonsumsi minuman atau suplemen kalsium misalnya, akan mengalami kekurangan kalsium (bahkan ada yang mengalami gigi tanggal, gusi berdarah, keropos tulang) karena si bayi memenuhi kebutuhan kalsium dengan baik dari tulang dan ketersediaan kalsium di tubuh ibu. Makanya ya sebaiknya si ibu tetap makan dengan baik kan..

Jadi, bunda yang merasakan, coba dulu berpuasa (tentunya saat sahur dan buka makan yang benar ya bun dan diminum juga suplemen dan multivitaminnya). Kalau memang setelah 2-3 hari puasa dirasa benar2 tidak kuat dan sakit ya gapapa sebaiknya tidak usah puasa dulu
 
  #18  
Old
hennyi...
 
Location: jogjaaaah
Posts: 379
 
aq hamil 6w bun, ini coba puasa 2hari,, adeknnya mau kok, alahdulillah gak mual
 
  #19  
Old
itnasu...
 
Posts: 58
 
Hallo Bunda
kehamilan saya skarang 12w, kemarin baru tanya dokter soal puasa katanya sih ngga boleh. Tapi, dokter bilang selama kuat yah dilakuin aja dan jangan dipaksain kalau ngga kuat. Nah skarang saya lagi puasa, dan tiap bangun tidur pasti perut aga melilit + migrain. Apa bunda2 ada yang pernah ngerasain ini? share dong harus gimana.
Terima Kasih
 
  #20  
Old
dsndn...
 
Posts: 28
 
Aku di suruh ga puasa sama bidan dan dokter, iya sih aku mual dan cepet banget laper, tiap 2 jam keroncongan ga ketulungan padahal males makan, akibatnya pas nyoba puasa malah perut jadi sakit kaya mag dan mual nya makin kuat, pas makan baru deh ilang mual dan sakit perutnya. Akhirnya aku ga puasa, tp memang lebih nyaman jadinya
 
  #21  
Old
indahs...
 
Posts: 7
 
Replying to: View Post
selamat menjalani ramadhan bunda.. bun.. dulu aku keguguran pas 5w.. sampe gk sadar kalo hamil.. jd masih ikut lomba" fashion show sgala seru"an sama ibu" kantor.. jadi jalan" cape gitu.. sminggu kemudian mens banyaaaaak bgt eh.. abortus.. saya baru tau hamil dan pd saat itu juga saya baru tau saya keguguran.. belum rejeki kali ya.. skrng saya hamil 2 bulan jalan nih.. temen" sih banyak nya gk puasa.. tp dokterku bilang.. wajib puasa.. biasakan anak kita berpuasa.. serahkan semuanya pd allah.. inikan dalam rangka ibadah.. awalnya niat gk mauuu puasa.. untung juga kan ya bun.. hehe.. tp dokter dan suami nyuruh puasa bgt.. kecuali kalo muntah,suami jg nyuruh makan ,, tp ya gitu.. gk masuk karna pasti keluar lagi mual..jd selama ini aku makannya dikit banget.. temen"ku bilang harus puasa... ini ka trismester awal.. pembentukan organ bayi.. kalo udah gde kan organ nya udah terbentuk sempurna.. nah aku tanya dokternya.. dia bilang.. makanan tuh cuma buat energi ibu ko.. janin biasanya masih ngambil dr lemak ibu.. dan nutrisi juga kalsium ibu.. mangkannya tulang suka sakit.. karna itulah yg di ambil.. 1 sisi.. dokter pny saran ini.. tp temen" beda.. aku cuma butuh minum sih sebenernya biar gk dehidrasi.. aku seneng sebenrnya puasa jd gk mesti makan, mual dan muntah.. karna.. aku selama ini gk makan nasi bgt, bau.. mual.. gk selera.. jd aku cuma makan, obat dokter asam folat,penguat kandungan,madu,bubur kacang dan buah.. susu juga bukan susu bumil, susu milo aja.. karna itu lah yg masuk d perut dan gk keluar lagi.. bunda.. janin ku sehat gk ya.. kayanya dokterku islami bgt.. aku ngeluh nya jd malu kalo masalah agama.. dia bilang.. semua kehendak allah.. yg ngasih kesehatan bayi buakan semata" kita.. tp allah juga.. jd wajib puasa ,, terkecuali muntah.. silahkan,, makan se enaknya.. bun.. maap panjang ya.. ini unek"ku.. buat bunda yg mau berbagi.. boleh d share ya bun.. makasih bgt sebelumnya .. semoga ke adaan kita hamil d bulan ramadhan ini.. ibadahnya akan selalu d amini oleh para malaikat allah.. amin thanks bun..
bunda kalo boleh tau, dokternya cewe apa cowo bun? dan kalo boleh tau juga bunda periksa nya di RS mana? terimakasih bun infonya
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Puasa saat hamil muda -- Diskusi Umum 9
Puasa saat hamil muda -- Ngobrol Apa Saja 2
Share Kata-kata Mama Dedeh.. -- Ngobrol Apa Saja 65
bunda yang sedang hamil muda, puasa ngak .... ?? -- Diskusi Umum 36
Usia Kandungan (UK) yang berbeda kata dokter dan kata Bidan -- Diskusi Umum 19


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:37.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com