Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
hasna6...   TS 
 
Posts: 78
Default meminum alkohol rusak kualitas sperma

SHARING

Berapakah lama tempoh masa harus berhenti dari meminum alkohol demi merancang kehamilan?

Sekiranya anda meminum alkohol sesekali dengan jumlah yang kurang, kuantitas dan kualitas sperma tidak akan terjejas. Sebaliknya, jika anda meminum alkohol secara berpanjangan, maka akan membawa kerusakan kepada kualitas sperma. Jadi menyarankan bahwa tidak meminum alkohol 1-2 bulan sebelum merancang untuk beranak.

Kaum pria harus menyedari bahwa meminum alkohol merupakan salah satu faktor kerusakan sperma yang mana menjejaskan kualitas sperma seperti kecacatan sperma dan kematian sperma.

Kebahayaan meminum alkohol:
1. semasa kehamilan : meminum alkohol berlebihan akan mengakibatkan kecacatan janin, kematian janin, proses perkembangan terbantut,ketidaknormalan sistem saraf pusat.

2. Kesuburan pria : pengeluaran testosteron oleh testis berkurangan dan testis mengecil menyebabkan pengeluaran sperma terjejas. Ini juga akan membawa kepada keradangan prostat kronik, ketidakcairan air mani,kuantitas sperma berkurangan,morfologi dan motiliti juga akan menurun. Justeru, kadar kecacatan sperma bertambah dan mengakibatkan ketidaksuburan.

Ada sebilangan kaum pria merancang untuk beranak sebaik saja berhenti merokok atau meminum alkohol,ini memang tidak digalakkan. Ini disebabkan toksin alkohol dan rokok dalam badan masih wujud dan akan menjejaskan fungsi pengeluaran sperma dan kualitas sperma.

Secara amnya, siklus pengeluaran sperma mengambil selama 90 hari yang mana 74 hari untuk hasilan sperma dalam tiub testis, seterusnya mencapai kematangan dalam epididimis selama 16 hari. Pendek kata, satu sperma yang bersedia untuk persenyawaan pada masa kini adalah dihasilkan pada 3 bulan yang lalu.

Jadi sperma yang sehat dan berkualitas hanya dapat dihasilkan selepas 3 bulan berhenti meminum alkohol atau merokok. Tambahan pula, toksin alkohol dalam badan tidak akan hilang dalam jangka masa singkat, jadi harus menunggu sehingga 6 bulan untuk merancang beranak demi menjamin kesehatan janin.

Bagi sesiapa yang menghadapi kesukaran berhenti meminum alkohol, satu cara alternatif diberikan iaitu berhenti meminum alkohol 3 hari sebelum tempoh ovulasi isteri demi mengurangkan kebahayaan kepada janin.
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
kualitas sperma -- Diskusi Umum 7
Meningkatakn kualitas Sperma -- Diskusi Umum 0
meningkatkan kualitas sperma -- Diskusi Umum 0
kualitas sperma yg bagus -- Diskusi Umum 1
Kualitas Sperma HB Kedua -- Kenalan Yuk! 11


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:52.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com