Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Delshi...   TS 
Non-aktif
 
Posts: 463
Thumbs up Kesalahan untuk Bunda yang Baru Punya Bayi

Buat bunda yang baru aja punya adik bayi, ada beberapa kesalahan yang seharusnya sih tdiak perlu dilakukan. Ini nih bun biasanya, coba cek apa bunda pernah lakukan?

• Sibuk banding dengan bayi lain
Duh, sebaiknya jangan bunda. Iya sih, pasti bunda juga ingin tahu gimana bayi yang lainnya. Boleh aja bun, sekedar pengetahuan tapi jangan lantas membandingkan dengan bayi bunda. Tiap bayi tuh unik dan berbeda. Ada yang cepat merangkak, atau ada juga yang langsung bisa berdiri. Bunda boleh saja mengecek pertumbuhannya, tapi jangan sekali-kali membanding-bandingkan yah, bun

• Meletakkan banyak benda di box bayi
Iya, niat bunda baik, membuat bayi merasa nyaman plus terstimulasi sejak dini. Tapi juga jangan semua benda seperti bantal, selimut, bahkan mainan tumplek blek memenuhi boxnya. Yang ada pernapasan bayi jadi tertutup. Sebaiknya pilh yang benar-benar diperlukan deh, selimut dan bantal saja sudah cukup kok.

• Lupa deh ngurus diri sendiri
Yah, walau baru pertama punya bayi tapi jangan sampai lupa ngurus diri sendiri bun. Bunda juga perlu asupan bergizi dan sehat, plus jangan lupakan penampilan dan kesehatan. Bunda harus tetap tampil cantik dan sehat biarpun sibuk mengurus bayi

• Suami diabaikan
Nah ini nih yang biasanya dilupakan bunda baru, hehehe. Sering diprotes suami karena bunda terlalu perhatian dengan bayi. Coba deh sesekali ajak suami bunda ganti popok, memandikan dan memakaikan baju. Ajak juga saat bunda ingin ke dokter atau biarkan dia bermain dengan adek bayi sambil bunda mengurus yang lain.

• Jadwal tidur harus tepat waktu
Dengan alasan sudah waktunya tidur buat dede bayi, bunda lantas memaksakkan si bayi untuk tidur. Padahal dia masih ingin main dan belum ngantuk, alhasil dia marah dan bunda jadi kesal. Sebaiknya gak perlu terlalu ketat atur jam tidurnya, dan jangan juga jadi kesal jika adek bayi tidur saat waktunya menyusui. Umumnya sih bayi tidur tiap 2-3 jam, tapi seiring perkembangan tubuhnya dan grow spurts di usia 3 bulan pertama adek bayi akan mengalami perubahan tidur.

• Berusaha keras jadi supermom
Hahaha ada yang begini? Dulu sih saya pernah begitu. Seakan merasa bisa mengerjakan semuanya mulai dari masak, nyuc baju dan beberapa pekerjaan rumah. Semua dikerjakan sendirian. Weleh2, sebaiknya minta orang lain membantu bunda. Waktu itu saya pernah merasakannya. Badan gempor bun, pegel-pegel gak keruan.

• Salah mengartikan tangisnya
Tiap kali nangis dikira minta makan. Sebaiknya bunda banyak belajar soal arti tangisan bayi. Karena bayi bisa saja menangis karena bosan, cape, kepanasan, atau gak nyaman.

• Minder
Pernah ngalamin gak saat bunda pengen belajar menyusi tapi takut caranya salah, dan gak yakin dengan cara meletakkan adek bayi di payudara bunda? Saat ingin memandikan bayi pun gamang dan takut. Sibuk tanya teman, orangtua, eh makin bingung jadinya, dan makin minder. Waduh, jangan bun. Yakinkan diri bunda biarpun masih baru, tapi bunda pasti bisa mengurusnya. Coba ikut gabung dengan komunitas sesama bunda baru. Dan jangan lupa selalu bangun kedekatan dengan bayi biar bunda semakin paham dengan kebutuhannya, jadi bunda ga minder lagi deh saat mengasuhnya.

sumber : ayahbunda
 
Thread lain yang berhubungan:
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
makanan apa yang paling bagus untuk bayi yang baru mulai makan -- Diskusi Umum 1
Merek perlengkapan mandi yg aman untuk bayi baru lahir apa ya bunda ??? -- Ngobrol Apa Saja 24
Beberapa gerakan refleks pada bayi baru lahir yang perlu diketahui bunda -- Ngobrol Apa Saja 8
Salam kenal saya punya solusi untuk bunda yang mau mempunyai momongan -- Kenalan Yuk! 0
Berapa ya Temperature AC yang aman untuk bayi baru lahir? -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:00.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com