Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
andini...   TS 
 
Posts: 24
Default Kuretase

Assalamu'alaikum bunda-bunda... akhirnya saya harus mengalami kuretase di kehamilan 10w... flek dan pendarahan yang berujung pada kuretase... padahal si dedek dah tumbuh... tapi Allah punya rencana lain. bunda... kapan kira-kira boleh berhubungan dengan suami lagi? dan kapan bisa memulai program hamil lagi? dokter bilang nunggu 3 bulan... tapi aku dah ga sabar buat nunggu si dedek lg... ada saran??
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Dinda ...
 
Location: Malang
Posts: 77
 
Bunda Andini..
Saya juga baru menjalani kuret 9 juni lalu uk.8w3d.. Sama dengan yg dialami bunda andini, berawal dari flek, sperti mens, janin keluar sendiri, lalu kuret...

16 juni ketika saya kontrol ke dokter, dokter menyarankan agar tidak menunda kehamilan.. Artinya tidak perlu menunggu sekian bulan lagi untuk hamil lagi.. Ketika saya tanya pd dokter bahwa ada teman2 saya yg oleh dokternya masih disuruh menunggu 3-6 bln, bahkan 1 thn, prof (dokter saya) menjawab: mungkin ketika diberikan kuliah materi tentang ini dokter itu tidak masuk.

Intinya, kata dokter saya, kalo rahim sudah bersih berarti sudah siap hamil.. Bolehnya berhubungan dengan suami lagi, setelah pendarahan setelah kuret bersih.. Begitu kata prof dokter saya bunda...
 
  #3  
Old
andini...   TS 
 
Posts: 24
 
Alhamdulillah kalo udah bisa hammil lagi.... makasih ya bunda... mari kita berjuang lg untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas... semangat ya bun...
 
  #4  
Old
baliyu...
 
Location: N-A
Posts: 4,524
 
sbentar bun.. mgkin iya rahim uda bersih.. tpi tuk pemulihan rahim kan gk ada yg tau... dikuret brrti mengambil daging yg tertancap pada rahim yg mnimbulkan luka.. n luka org beda2 sembuhnya.. mkax harus komsumsi vir B6, B9, asam folt n vit E..
mndingan stelah kuret tunggu aja min 1x siklus haid agr rahim benar2 pulih n siap tuk ditanamin lgi..
soalx bnyak bunda2 n teman aq ndiri..stlah kuret dikeburu hamil lgi akibat kguguran berulang karna rahim dlam kondisi lemah...
nah mlah tmbah sedih n stress dech,,
makax mnding waspada dulu aja bun....tunggu min 1x siklus haid..key
rezeki org uda diatur sama allah swt kok...

---------- Post added at 13:16 ---------- Previous post was at 13:15 ----------

klo masalah ML ma suami se..slama haid uda brhenti lgsung tempur aja lgi...hehe
soalx aq uda pnah kguguran spontan wktu UK 7w...
 
  #5  
Old
camila...
 
Posts: 352
 
Kenapa dokter bilang nunggu 3 bulan? Karena 3 bulan rahim dikategorikan pulih pasca kuret. Padahal setelah kuret sebenernya 2 minggu rahim sudah pulih lagi loh. Cuma kondisi rahim tiap orang beda, recoverynya juga. Takutnya kalo terlalu buri-buru program terjadi keguguran berulang. Jadi kalo ga mau nunggu rahim harus di observasi via usg transV. Biasanya dipantau 2 minggu sekali untuk cek recoverynya. Sembari nunggu, konsumsi madu campur kayu manis aja. Ato serbuk madu sebagai penyubur alami. As am folatnya jangan lupa yaaa
 
  #6  
Old
andini...   TS 
 
Posts: 24
 
makasih bunda-bunda... jadi nambah pinter N nambah referensi nih... pasca operasi aku nanya ke dokter gmana kondisi rahimku, dia bilang bagus ga ada masalah tapi kalo mw program hamil lebih baik dikonsultasikan dulu ke dokternya trus tes toxo... pasca kuret aku cuma dikasih Biscopon (paracetamol), Bactesyn (Antibiotik) ma pospargin. tapi ko kalotidur posisi meringkuk di dalem perutku sakit ya? bunda-bunda gitu juga ga?? sejauh ini belum coba berhubungan ma suami... lg dtinggal dinas ni jadi puasa sekalian pemulihan juga.. jadi pas suami pulang insya Allah siap buat suami lagi. tapi suamiku kuatir karna aku masih ngerasain sakit...
 
  #7  
Old
Dinda ...
 
Location: Malang
Posts: 77
 
Insyaallah nanti kita akan hamil lagi di waktu yang tepat.. Amin..

Oh iya, kata dokter saya, kuret itu macem2 bunda.. ada yg harus opname, ada yg nunggu beberapa jam dulu baru boleh pulang, juga ada yg harus puasa dulu sebelum dan setelah dikuret.. Nah, saya kemarin gak pake puasa dan stengah jam setelah kuret saya sudah diijinkan pulang karena saya sudah bisa jalan sendiri dan tidak mual saat minum...

sampe hari ke-5 pasca kuret, sesekali ada rasa sedikit nyeri di perut bagian bawah.. Tapi setelah itu sudah tidak ada keluhan lagi bunda...
 
  #8  
Old
Bunda ...
 
Posts: 203
 
Salam kenal bunda andini,,,
Kebetulan dokter sy 1 aliran dengan dokternya bunda Dinda Ayu. Malah beliau blg stlh keguguran justru kemungkinan utk hamil tinggal 80%. Tapi ya itu balik ke kondisi kita msg2, dan dokter lah yang paling tau sprti apa kondisi rahim kita. Apakah sudah siap utk hamil lagi atau blm.
Sy sndiri kuret tgl.21 Mei,sampai skrg blm haid. Dan krn sy gak dilarang utk lgsg hamil (sy berkali2 bertanya apa gak bahaya kalo sy lgsg hamil dan dijwb gak),maka sy dan suami memutuskan utk gak menunda. Gak mau ngoyo juga sih,sedikasihnya اَللّهُ aja. Yang penting gak ditunda. Kebetulan sy agk trauma menunda kehamilan krn sy msk kategori agk susah hamil gara2 abis melahirkan anak pertama sy pake kb pil slm 3 th non stop yang berujung pd kacaunya hormon sy. Dan kebetulan lagi ada sepupu sy yang lgsg hamil stlh keguguran di UK 10 w tanpa sempat haid,pun kondisi nya baik2 aja. Bahkan anak nya skrg udh gede.
Jadi balik lagi bun,itu tergantung kondisi kita sendiri dan dokter lah yang lbh tau soal itu. Andaikan bunda lgsg diksh rejeki hamil lagi dlm wkt singkat sama yang diatas,tentu itu anugrah bgt dan hrs dijaga baik2.
 
  #9  
Old
andini...   TS 
 
Posts: 24
 
maksih bunda-bunda... salam kenal juga bunda cien... kemarin juga saya langsung diperbolehkan pulang... dan suamiku juga agak bandel ga mw dengerin dokter kalo disuruh nunda hamil... agaknnya suamiku ini memang berharap banget pengen cepet punya deedek... makasih bunda untuk sharingnya...
 
  #10  
Old
putrii...
 
Location: Bekasi
Posts: 126
 
Salam kenal..

Aku kuretase tanggal 11 Mei 2012, karena IUFD 22w..
Alhamdulillah dlm 40 hari melewati nifas n haid pertama
Udah konsul ke 4 dokter, 2 diantaranya memperbolehkan langsung setelah haid pertama selesai..Karena sehabis kuret sudah dapat haid lagi, rahim sudah pulih..
Tapi 2 dokter lain menyarankan di haid ke 2, memastikan rahim siap dibuahi lagi..
Karena dapat jawaban 50-50, aku n suami sepakat setelah haid ke 2..
Sambil nunggu, saran dokternya pake pengaman setiap mau hubungan...
 
  #11  
Old
camila...
 
Posts: 352
 
Replying to: View Post
Salam kenal..

Aku kuretase tanggal 11 Mei 2012, karena IUFD 22w..
Alhamdulillah dlm 40 hari melewati nifas n haid pertama
Udah konsul ke 4 dokter, 2 diantaranya memperbolehkan langsung setelah haid pertama selesai..Karena sehabis kuret sudah dapat haid lagi, rahim sudah pulih..
Tapi 2 dokter lain menyarankan di haid ke 2, memastikan rahim siap dibuahi lagi..
Karena dapat jawaban 50-50, aku n suami sepakat setelah haid ke 2..
Sambil nunggu, saran dokternya pake pengaman setiap mau hubungan...
Met kenal bun, kalo boleh tau IUFD nya kenapa? Babyku juga IUFD 3 minggu yang lalu pas usia kehamilan 6 bulan. Bunda putri dikuret karena plasenta ga keluar ya? Alhamdulillah plasentaku kemaren langsung keluar jadi ga dikuret. Dokterku juga ngebolehin untuk langsung program lagi. Aku dikasih profertil yang diminum pas mens hri ke 2-5. Sekarang sih kasih nifas, tinggal flek sih. Pengennya selesai mens kesatu langsung cuss. Hehehe ..
 
Follow me on twitter @camilaharahap
  #12  
Old
putrii...
 
Location: Bekasi
Posts: 126
 
IUFD karena tali pusarnya terpilin..tanpa tanda apa2 hanya ngerasa ngga gerak seperti biasa, feeling balik lagi ke dokternya, padahal seminggu baru kontrol rutin dan itu baik2 aja..
Kuretase karena masih ada sisa yang belum keluar jadi kuretase hanya pembersihan rahim saja..
sebenernya sih yakin di bisa langsung program hamil lagi.. tapi suaminya masih takut dan dia agak ngerti masalah kebidanan juga (kakeknya sesialis obygin) jadi walau bisa langsung dia mau nunggu sampe haid ke 2 (itu juga udah dikorting, tadinya keukeuh di haid ke 3)
kalo aku cuma dikasi vitamin asam folat sama vitamin E..
aku 40 hari langsung rampung nifas n haid pertama..(paket spesial sepertinya)
kemarin baby nya cewe/cowo?
 
  #13  
Old
camila...
 
Posts: 352
 
Ini artikel yang dimuat detik health soal babyku

detikHealth : Bayi Aaliyah Tak Pernah Jumpa Ayah Ibunya Karena Kalah Lawan Tumor
 
Follow me on twitter @camilaharahap
  #14  
Old
putrii...
 
Location: Bekasi
Posts: 126
 
aku sudah baca bun..

merinding..subahannallah..

tanggalnya 2 juni..sama seperti ulang tahunku..

Putra aku 11 Mei..

mereka jadi bocah di surga yahh bun..
 
  #15  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
bunda camilla: hiks..sedih bacanya bund..
semoga bunda en suami tabah ya..

klo aq dulu habis kuret juni 2010, setelah flek bersih sudah boleh berhubungan lagi. tapi aq tahan mpe dapet siklus haid pertama, baru ML. agustus 2010 aq hamil, alhamdulillah.
dan april 2011 aq melahirkan jagoan kecilku yg lucu dan sehat.
jadi, semua tergantung keyakinan en kesiapan qt sendiri. asalkan ga terdeteksi kena virus atau penyakit lain yg menyebabkan keguguran, insyaallah udah bisa program hamil lagi setelah dapat haid pertama. dokter kandunganku sama pendapatnya ma dokternya bunda Dinda Ayu, ngapain ditunda2 jika memang ga ada kelainan pada rahim?
 
born as a woman. reborn as a mother
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Menanti Kehamilan Pasca Kuretase -- Diskusi Umum 15
Berhubungan intim setelah kuretase -- Ngobrol Apa Saja 11
hampir 2 bulan belum haid pasca kuretase -- Diskusi Umum 7


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 15:50.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com