Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
rina d...   TS 
 
Posts: 256
Unhappy abis kuret pengen ceped2 hamil lg..

pagii bunda2 cantik
mw tanya donk kalo makanan atw vit yg bagus buat yg lg promil apa ? kmren januari baru kuret . sedih bgt rsanya.... mhn bantuannya bunda2...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
siscad...
 
Posts: 152
 
3 minggu kemarin aq baru kuret bun... masih dini mau promil, pasrah aj bun mungkin usaha n doa kita belum cukup...harus semangattt lg g boleh putus asa semoga kita nanti dapet pengganti ya bun
 
  #3  
Old
rina d...   TS 
 
Posts: 256
 
bunda abis kuret juga ? ikut sedih bun.... mdh2an kita cepet d kasi malaikat kecil ya bund ....
 
  #4  
Old
uliis...
 
Posts: 403
 
bunda aku juga abis kuret januari tahun lalu.. semoga kita yang dalam penantian cepat2 diberi tiket H nya..
 
  #5  
Old
tessa ...
 
Posts: 261
 
Besok aku baru mau kuret bun,, aku di vonis BO ..
Kuret itu sakit gak bun ?
 
  #6  
Old
uliis...
 
Posts: 403
 
Replying to: View Post
Besok aku baru mau kuret bun,, aku di vonis BO ..
Kuret itu sakit gak bun ?
aku waktu dulu bius total bund, jd gag ngerasa apa2.. paling waktu pasang alat aja rada nyeri sama jd gag bisa pipis semalaman yg rasanya sakit bgt nahan pipis tapi gag mau keluar..

tapi jangan takut bund, itu pengalamanku aja..

sabar ya bund, uk berapa w bund divonis BO?
 
  #7  
Old
bidada...
 
Location: Jambi city
Posts: 131
 
Assalamualaikum
Cara Hamil Setelah KuretMengalami keguguran pada umumnya merupakan hal yang membuat trauma bagi seorang wanita, dan setelah itu timbul pertanyaan bagaimana agar bisa hamil kembali setelah kuret? Pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh wanita yang baru saja mengalami keguguran dan harus menjalani prosedur kuretase. Pada umumnya mereka kawatir akan sulit hamil lagi atau juga takut untuk hamil lagi.
Rasa takut yang berlebihan biasanya dikarenakan mereka khawatir akan mengalami sakit yang luar biasa atau akan mengalami keguguran lagi dan harus menjalani prosedur kuret untuk yang kedua kali. Kejadian seperti keguguran dan kuret tak harus menimbulkan trauma yang dalam, perlu disadari bahwa itu adalah risiko yang sulit dihindari oleh siapapun. Untuk anda yang ingin agar cepat hamil setelah kuret, tips berikut semoga bermanfaat.
Jangan trauma untuk hamil lagi
Mengalami kehamilan sangat erat kaitanya dengan kondisi jiwa atau psikologis seseorang. Jika jiwa anda tidak dalam kondisi tenang, maka proses untuk hamil akan terganggu. Maka agar cepat hamil setelah kuret, pulihkan dulu kondisi psikologis anda. Terkadang memang sulit menghilangkan rasa traumatik keguguran yang terjadi, maka Anda harus mampu mengkondisikan jiwa Anda dalam kondisi normal. Keguguran itu sangat wajar menjadi hal yang traumatis bagi yang pernah mengalaminya. Tetapi jangan larut dalam kesedihan yang mendalam karena itu akan menyulitkan usaha untuk dapat Hamil Setelah Kuret. Perlu disadari bahwa kesedihan harus cepat berlalu agar kebahagiaan dapat datang kembali. Ini adalah langkah terbaik yang harus anda sadari. Lihatlah masa depan dan persiapkan dengan lebih baik agar insiden yang tidak mengenakkan di masa lalu tidak harus terulang lagi.
Menjada Kondisi tubuh agar tetap sehat
Jagalah kondisi tubuh agar selalu sehat sehingga dapat siap lagi untuk menjalani masa kehamilan. Budayakan pola hidup yang sehat. Makanlah makanan yang bergizi dan hindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan rokok. Rajinlah melakukan olahraga agar tubuh tetap bugar.
Kondisi Rahim harus benar-benar sudah sembuh
Agar cepat hamil kembali yang pertama yaitu pastikan kondisi rahim yang dikuret sudah benar-benar dalam kondisi sembuh. Kuret merupakan prosedur pengerukan dinding rahim sehingga ada luka yang harus sembuh terlebih dahulu sebelum rahim siap untuk dihuni lagi oleh janin yang baru. Jadi, untuk bisa cepat hamil setelah kuret, pastikan rahim telah sembuh. Memastikannya yaitu dengan mengetahui apakah sudah haid dengan normal atau belum. Dengan datangnya haid seperti biasa, anda dapat pastikan bahwa rahim kondisinya telah pulih kembali. Tapi, untuk lebih memastikannya lagi, anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan
Semoga membantu
 
Attached Images
 
Ya Allah jagalah anakku disurgaMu.aku tau rencanaMu lebih indah, aku pasrah dan ikhlas menerima semua ini.bunda dan ayah sayang kamu nak.yg tenang ya sayang di surga.kamu akan selalu jadi bagian dari hidup bunda
  #8  
Old
bidada...
 
Location: Jambi city
Posts: 131
 
Replying to: View Post
Besok aku baru mau kuret bun,, aku di vonis BO ..
Kuret itu sakit gak bun ?
bunda tessa..
Kenapa kuret ini penting?
Pada kasus keguguran atau tertinggalnya jaringan plasenta setelah persalinan, jaringan yang tertinggal dalam dinding rahim akan menimbulkan hambatan pada rahim untuk berkontraksi. Akibatnya bila rahim tak bisa berkontraksi, rahim tidak bisa menutup pembuluh darah yang terbuka sehingga perdarahan terus terjadi. Selain itu jaringan sisa ini merupakan tempat berkembang biaknya kuman, sehingga infeksi mudah terjadi. Dengan dilakukan kuret maka semua jaringan yang menganggu akan dikeluarkan dan rahim dapat berkontraksi sempurna sehingga perdarahan pun berhenti dan infeksipun terhindar.
Begitu pula dengan keadaan hamil anggur yang bila dibiarkan akan menimbulkan kematian akibat perdarahan jadi harus dibersihkan. Sedangkan pada blighted ovumtidak ada janin yang tumbuh sehingga kehamilan harus diakhiri.
Apa persiapan sebelum kuret dilakukan?
Persiapannya tergantung jenis anestesi/bius yang akan anda terima, bila bius umum maka anda harus puasa minimal 12 jam sebelum dilakukan tindakan. Sedangkan, bila bius spinal (separuh badan saja) maka anda harus puasa selama 8 jam sebelumnya. Persiapan umum lainnya adalah :
*.Hentikan konsumsi aspirin, obat pencahar dan obat flu beberapa hari sebelum tindakan kuret
*.Hindari merokok dan alkohol sebelum kuret dilakukan
*.Hentikan penggunaan obat herbal minimal 2 minggu sebelum kuret dilakukan
*.Pengontrolan terhadap penyakit kronis yang ada
*. Pemeriksaan darah, urin dan tes kesehatanlainnya untuk memastikan kondisi anda fit.
Tapi bila kuret dilakukan pada kasus darurat misalnya perdarahan hebat akibat keguguran, maka kuret akan segera dilakukan dengan bius umum.
Bagaimana kuret dilakukan?
Setelah anda dibius, maka kaki anda akan diletakkan pada posisi seperti hendak melahirkan (kedua kaki teregang ke samping) kemudian dengan alat bernama speculum, dokter akan membuka vagina anda hingga leher rahim terlihat. Setelah leher rahim difiksasi (ditahan) dengan klem, dokter akan mengukur kedalaman dan sudut rahim dengan alat sonde supaya saat proses dilatasi dan kuret dilakukan alat tidak menembus rahim. Lalu leher rahim akan dibuka secara perlahan dengan memasukkan batang silinder (dilators) mulai dari ukuran yang paling kecil hingga akhirnya leher rahim terbuka seukuran jari. Proses dilatasi berlangsung kira-kira 10 menit.
Setelah jalannya sudah terbuka maka proses kuretase dimulai, dengan alat kuret berbentuk sendok kecil dokter akan melakukan pengerukan secara perlahan ke seluruh dinding uterus hingga bersih. Keseluruhan proses ini akan memakan waktu sekitar 20 menit.
Bila anda tidak sedang dalam kondisi gawat darurat, maka proses dilatasi atau pembukaan leher rahim dapat dilakukan perlahan dengan menggunakan batang laminaria yang dimasukkan ke leher rahim 8-20 jam sebelum kuret dilakukan. Batang ini akan mengembang di dalam dan membuka leher rahim secara perlahan.
Untuk video proses dilatasi dan kuretase dapat dilihat di dilatasi dan kuretase
Apa saja efek samping yang dapat terjadi pada kuretasi?
Normalnya anda akan mengalami efek samping berikut setelah kuret dilakukan yaitu :
*.Kram di daerah perut bagian bawah seperti mau menstruasi . Biasanya hanya berlangsung 30 menit – 1 jam, tetapi ada juga yang mengalaminya selama berhari-hari.
*.Perdarahan ringan atau spotting beberapa hari hingga minggu setelah kuret dilakukan.
*.Menstruasi yang terlalu awal atau malah terlambat
Tapi komplikasi serius yang mungkin terjadi adalah :
*.Perdarahan hebat . Hal ini jarang terjadi.
*.Infeksi. Segala tindakan apapun pasti membawa resiko infeksi makanya anda mungkin diberikan antibiotic sebelum dan sesudah kuret dilakukan untuk menurunkan resiko infeksi.
*.Perforasi uterus (robeknya rahim). Hal ini sangat jarang terjadi (1% dari seluruh kasus) dan biasanya timbul akibat alat yang menembus terlalu dalam hingga merobek rahim.
*.Sindroma asherman. Hal ini terjadi bila pengerukan atau pengikisan dinding rahim terlalu agresif dan dalam akibatnya terbentuk jaringan ikat pada dinding rahim. Akibat sindroma asherman ini anda bisa mandul dan tidak mengalami menstruasi karena dinding rahim tidak normal.
Segeralah ke dokter bila timbul perdarahan, demam tinggi, nyeri perut dan bau vagina yang tak sedap setelah kuret dilakukan.
Apa yang harus dilakukan setelah kuret dilakukan?
*.Hindari hubungan seksualminimal 2 minggu setelah kuret dilakukan.
*.Jangan gunakan pembalut atau tampon untuk menampung perdarahan atau spotting yang timbul setidaknya selama 2 minggu setelah kuret. Usahakan anda menggunakan kasa steril untuk alas vagina anda.
*.Jangan melakukan douching
Kapan saya bisa kembali beraktifitas?
Kuret sebenarnya termasuk bedah minor jadi setelah proses kuretase, anda dapat beraktivitas kembali 2-3 hari setelah kuret dilakukan.
Apakah saya masih subur dan bisa hamil lagi setelah dikuret?
Tentu saja anda masih subur dan bisa hamil kembali setelah dikuret. Hanya saja anda perlu konsultasidengan dokter spesialis kandungan anda mengenai waktu yang tepat untuk hamil kembali.
Jadi amankah kuret ini?
Tindakan kuret ini aman bagi wanita, bila dilakukan oleh ahlinya hampir tidak ada komplikasi serius yang terjadi.
Semoga membantu
 
Ya Allah jagalah anakku disurgaMu.aku tau rencanaMu lebih indah, aku pasrah dan ikhlas menerima semua ini.bunda dan ayah sayang kamu nak.yg tenang ya sayang di surga.kamu akan selalu jadi bagian dari hidup bunda
  #9  
Old
rina d...   TS 
 
Posts: 256
 
@ bunda ulis : iya bund mdh2an ceped d kasi debay sehat sempurna ..... amin ....
 
  #10  
Old
tessa ...
 
Posts: 261
 
Replying to: View Post
aku waktu dulu bius total bund, jd gag ngerasa apa2.. paling waktu pasang alat aja rada nyeri sama jd gag bisa pipis semalaman yg rasanya sakit bgt nahan pipis tapi gag mau keluar..

tapi jangan takut bund, itu pengalamanku aja..

sabar ya bund, uk berapa w bund divonis BO?
Ooh pas dipasang alatnya itu ya bun sakitnya,,
Uk 7w bun hrsnya skrg udh 11w
 
  #11  
Old
nanadi...
 
Location: Bandar Lampung
Posts: 74
 
halo bun ,
aku new sini ..
aku mau share pengalamanku ,
senin 12 mei kmren aku habis kuret usia janin 12w , krn janin aku kontraksi saat aku kena batuk bersin 😭😭 4 jam setelah itu bersih tidak ada darah dan flek sama sekali loh bun ,
seminggu pasca kuret tepatnya senin 19 mei aku kontrol ke dokter dan usg ,
alhamdulillah kata dokter rahimku sudah bersih , dan alhamdulillah nya lagi bun mens pertama aku datang pas satu minggu aku pasca kuret 😍😍

tinggal tunggu 2x siklus mens lagi aku boleh promil lagi bun ,
mohon doa nya ya bun , semoga aku cepet isi lagi ya bun
amin amin ya Allah 🙏👼😘
 
  #12  
Old
Riana ...
 
Posts: 753
 
Bunda2 sayang..
Aku juga abis kuret sminggu yg lalu..
Pengen banget bs isi lg tp mesti nggu 3blan bru bs promil yaa bundsay..

Smga qt cpet dberi kpercayaan lg yah bundd..
آمِيّنْ... آمِيّنْ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
 
  #13  
Old
tessa ...
 
Posts: 261
 
Replying to: View Post
bunda tessa..
Kenapa kuret ini penting?
Pada kasus keguguran atau tertinggalnya jaringan plasenta setelah persalinan, jaringan yang tertinggal dalam dinding rahim akan menimbulkan hambatan pada rahim untuk berkontraksi. Akibatnya bila rahim tak bisa berkontraksi, rahim tidak bisa menutup pembuluh darah yang terbuka sehingga perdarahan terus terjadi. Selain itu jaringan sisa ini merupakan tempat berkembang biaknya kuman, sehingga infeksi mudah terjadi. Dengan dilakukan kuret maka semua jaringan yang menganggu akan dikeluarkan dan rahim dapat berkontraksi sempurna sehingga perdarahan pun berhenti dan infeksipun terhindar.
Begitu pula dengan keadaan hamil anggur yang bila dibiarkan akan menimbulkan kematian akibat perdarahan jadi harus dibersihkan. Sedangkan pada blighted ovumtidak ada janin yang tumbuh sehingga kehamilan harus diakhiri.
Apa persiapan sebelum kuret dilakukan?
Persiapannya tergantung jenis anestesi/bius yang akan anda terima, bila bius umum maka anda harus puasa minimal 12 jam sebelum dilakukan tindakan. Sedangkan, bila bius spinal (separuh badan saja) maka anda harus puasa selama 8 jam sebelumnya. Persiapan umum lainnya adalah :
*.Hentikan konsumsi aspirin, obat pencahar dan obat flu beberapa hari sebelum tindakan kuret
*.Hindari merokok dan alkohol sebelum kuret dilakukan
*.Hentikan penggunaan obat herbal minimal 2 minggu sebelum kuret dilakukan
*.Pengontrolan terhadap penyakit kronis yang ada
*. Pemeriksaan darah, urin dan tes kesehatanlainnya untuk memastikan kondisi anda fit.
Tapi bila kuret dilakukan pada kasus darurat misalnya perdarahan hebat akibat keguguran, maka kuret akan segera dilakukan dengan bius umum.
Bagaimana kuret dilakukan?
Setelah anda dibius, maka kaki anda akan diletakkan pada posisi seperti hendak melahirkan (kedua kaki teregang ke samping) kemudian dengan alat bernama speculum, dokter akan membuka vagina anda hingga leher rahim terlihat. Setelah leher rahim difiksasi (ditahan) dengan klem, dokter akan mengukur kedalaman dan sudut rahim dengan alat sonde supaya saat proses dilatasi dan kuret dilakukan alat tidak menembus rahim. Lalu leher rahim akan dibuka secara perlahan dengan memasukkan batang silinder (dilators) mulai dari ukuran yang paling kecil hingga akhirnya leher rahim terbuka seukuran jari. Proses dilatasi berlangsung kira-kira 10 menit.
Setelah jalannya sudah terbuka maka proses kuretase dimulai, dengan alat kuret berbentuk sendok kecil dokter akan melakukan pengerukan secara perlahan ke seluruh dinding uterus hingga bersih. Keseluruhan proses ini akan memakan waktu sekitar 20 menit.
Bila anda tidak sedang dalam kondisi gawat darurat, maka proses dilatasi atau pembukaan leher rahim dapat dilakukan perlahan dengan menggunakan batang laminaria yang dimasukkan ke leher rahim 8-20 jam sebelum kuret dilakukan. Batang ini akan mengembang di dalam dan membuka leher rahim secara perlahan.
Untuk video proses dilatasi dan kuretase dapat dilihat di dilatasi dan kuretase
Apa saja efek samping yang dapat terjadi pada kuretasi?
Normalnya anda akan mengalami efek samping berikut setelah kuret dilakukan yaitu :
*.Kram di daerah perut bagian bawah seperti mau menstruasi . Biasanya hanya berlangsung 30 menit – 1 jam, tetapi ada juga yang mengalaminya selama berhari-hari.
*.Perdarahan ringan atau spotting beberapa hari hingga minggu setelah kuret dilakukan.
*.Menstruasi yang terlalu awal atau malah terlambat
Tapi komplikasi serius yang mungkin terjadi adalah :
*.Perdarahan hebat . Hal ini jarang terjadi.
*.Infeksi. Segala tindakan apapun pasti membawa resiko infeksi makanya anda mungkin diberikan antibiotic sebelum dan sesudah kuret dilakukan untuk menurunkan resiko infeksi.
*.Perforasi uterus (robeknya rahim). Hal ini sangat jarang terjadi (1% dari seluruh kasus) dan biasanya timbul akibat alat yang menembus terlalu dalam hingga merobek rahim.
*.Sindroma asherman. Hal ini terjadi bila pengerukan atau pengikisan dinding rahim terlalu agresif dan dalam akibatnya terbentuk jaringan ikat pada dinding rahim. Akibat sindroma asherman ini anda bisa mandul dan tidak mengalami menstruasi karena dinding rahim tidak normal.
Segeralah ke dokter bila timbul perdarahan, demam tinggi, nyeri perut dan bau vagina yang tak sedap setelah kuret dilakukan.
Apa yang harus dilakukan setelah kuret dilakukan?
*.Hindari hubungan seksualminimal 2 minggu setelah kuret dilakukan.
*.Jangan gunakan pembalut atau tampon untuk menampung perdarahan atau spotting yang timbul setidaknya selama 2 minggu setelah kuret. Usahakan anda menggunakan kasa steril untuk alas vagina anda.
*.Jangan melakukan douching
Kapan saya bisa kembali beraktifitas?
Kuret sebenarnya termasuk bedah minor jadi setelah proses kuretase, anda dapat beraktivitas kembali 2-3 hari setelah kuret dilakukan.
Apakah saya masih subur dan bisa hamil lagi setelah dikuret?
Tentu saja anda masih subur dan bisa hamil kembali setelah dikuret. Hanya saja anda perlu konsultasidengan dokter spesialis kandungan anda mengenai waktu yang tepat untuk hamil kembali.
Jadi amankah kuret ini?
Tindakan kuret ini aman bagi wanita, bila dilakukan oleh ahlinya hampir tidak ada komplikasi serius yang terjadi.
Semoga membantu
Makasiih bundaa infonya bermanfaat sekali ,,deg2an bgt nih bun buat kuret
 
  #14  
Old
Riana ...
 
Posts: 753
 
Bunda nana@ bund, qt cm selisih sehari kuretnya, aku kuret tgl 13mei..
Sma usia kndungnq jg 12w..
Bunda pndarahanx bntar bgt ya? Udh dpt haid prtama?
Aq msh nifas nih bun

Tp udh usg jg rahim udh bersih kata dokter cm utk pndarahanx blm brhenti nih bund wlau cm sdikit2 ..

---------- Post added at 16:17 ---------- Previous post was at 16:16 ----------

Bunda tessa@ bunda sayang..
Kuretasi itu gak sakit ko bund, rsax agak2 mules kaya sakit perut mau mens..
Kan udh biasa bunda, jangan takut ya bund..
Biar cpet kelar cpet jg promil lg, smngat bun
 
  #15  
Old
nanadi...
 
Location: Bandar Lampung
Posts: 74
 
iya bun , cuma beda 1 hari yaa ,
sedih ya bun ,
tapi percaya aja Allah akan menukat sesuatu itu sengan sesuatu yang jauh lebih baik ,,

ooh jd bunda masih pendarahan yaa ?
aku sudah mens pertama ,
sabar ya bun , memang kata dokter biasanya ada yg sampai 40 hari bahkan masih lebih ,
hal itu normal selagi ga ada keluhan lain ,
itu jg terjadi karena masing2 otang kondisi fisik dan hormonnya berbeda2 ..

kita harus kuat dan sabar ya bun
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
abis sebulan kuret kok gak kunjung datang bulan ya bun :'( -- Diskusi Umum 14
Pengen cepet hamil lg pasca kuret -- Kenalan Yuk! 5
diharuskan kuret sama dokter.. deg degan abis.. share dong -- Ngobrol Apa Saja 2
Haid tidak teratur abis kuret -- Diskusi Umum 2
aku pengen ceritaa aku abis dari dr. bambang karson* nih bun.. -- Diskusi Umum 8


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 05:45.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com