Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Endah ...   TS 
 
Posts: 7
Red face penyembuhan psikologis bunda pasca kuret

Haii Bunda.....
aku mau curhat nihh...kemarin tgl 27 Februari 2014 aku harus menjalani proses kuret dan aku harus kehilangan janin yang ada di dalam kandunganku dalam usia hampir memasuki usia 3 bulan, sekitar 11 minggu gt karena dari awal kehamilan aku sering bgt keluar flek2 kecoklatan hingga pada akhirnya keluar flek dengan darah segar dan kata Spog aku ini harus segera dikuret karena janin di dalam lemah dan tidak berkembang dan sebagian bantalan janin sudah jatuh. sungguh aku sama sekali tidak menyangka akan seperti ini bunda, krn memang di awal kehamilan aku sangat menjaga kandungan aku, meskipun mual dan muntah berlebihan melanda. kira-kira gimana ya bunda menyembuhkan rasa trauma yang aku alami sekarang ini...
karena aku takut ntr kalau hamil lg bayang2an keguguran dan kuret kemarin menghantui aku terus, meskipun terkdang aku sudah mencoba utk ikhlas dan positive thinking.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
ana zo...
 
Posts: 731
 
Yg sbr ya bunsay, itu semua udh jln dr Allah. Itung2 tabungan bunda jg di atas sana. Mdh2n bunda endah cpt dpt tiket H lgi yaa..
 
  #3  
Old
Endah ...   TS 
 
Posts: 7
 
amiin...makasii bunda ana....
 
  #4  
Old
dewi e...
 
Location: sidoarjo
Posts: 62
 
yg dialamin bunda sm kyk saya..
bru jumat kmrn kiret,
rsanya berat ya bun..trkdg msi trbyg2 jg rsanya hamil,mual,muntah..
tp hdup ttep brjlan bun gk mgkn jg kita trlarut dlm ksdihan.sdgkn suami jg butuh kita..

skrg saya bnyk brdoa dan mnykinkan diri saya klo suatu saat rencana allah psti indah pda waktunya..smngat ya..
 
  #5  
Old
Bunda ...
 
Posts: 631
 
Belajar ilmu ikhlas bunsay kaya aq kmrn ,,, alhamdu lewatin 1x siklus haid aq + lg !!!! Percaya deh kalo Allah punya rencana yg indah dibalik itu semua ,,,,
Smoga kesedihan bisa cepat diberi senyuman lagi sama Allah,,, Aminn
 
  #6  
Old
Ratu R...
 
Location: Yogyakarta
Posts: 686
 
bunda ga sendiri kok,, aku juga dikuret feb kemarin,,
usia hampir 3bln juga,,,
dibilang sedih iya,, tp pura2 biasa di depan suami, mertua, ortu n yg lainnya,,
tp aku mikirnya ya mau gimana lagi,,
klo trs2n sedih, takut, trauma, kapan aku bisa siapnya buat hamil lagi,,
so, aku belajar ikhlas dan biasa aja,,
toh aku percaya seleksi alam,, yg kuatlah yg bertahan,,
mungkin janinku dlu salah satu yg ga kuat,
dan aku ga boleh egois..

intinya masih ada hari esok, selama kita bisa menjalani, selama masih bisa usaha n doa, aku yakin kok Allah maha tahu kapan waktu yg tepat buat ngasih janin yg kuat di rahimku, yg siap untuk hidup di dunia
 
Hargai dia yg membencimu,
karena dia adalah penggemar yg telah menghabiskan waktunya hanya tuk melihat setiap kesalahanmu.
  #7  
Old
Dinny ...
 
Posts: 191
 
yang sabar yaa bunda,
aku juga baru di kuret sabtu kemarin kok. keguguran yang kedua, yang pertama ga dikuret tapi pakai obat (gastrul). dua2nya sama di usia menjelang 10 minggu dan penyebabnya denyut jantung janin tiba2 ngga ada (death conceptus).
sedih dan terpukul pasti bun, apalagi aku pas tahun lalu mengeluarkan janinnya di rumah (dokternya mikirnya aku kuat2 aja kali ya), 3 jam pendarahan di kamar mandi, janin keluar aku tampung sendiri. ampe sekarang masih sering terbayang calon anakku yang sudah ukuran 2 cm :'(
setelah 8 bulan baru dipercaya Allah untuk hamil yang kedua, tapi ternyata Allah berkehendak lain, dan kami harus mengikhlaskan kembali janinku yang kedua ini setelah pendarahan 11 hari dan kontraksi yg jauh lebih sakit dari tahun lalu karena efek obat penguat -- crinone & proluton -- (klo sekarang yg terbayang jd rasa sakitnya plus trauma periksa dalem, karena kmrn berkali2 dokter cek pembukaan mulut rahim, pas bukaan 7 baru bisa masuk ruang operasi)
sediiihhh bgt bun, cuma ya gitu kita ga boleh terlihat down di depan keluarga, klo aku paling nangis2annya di depan suami bun, menjelang waktu2 tahajjud. dan ternyata sabar dan ikhlas itu memang pelipur lara yang paling ampuh, selain cinta dan dukungan dari suami serta keluarga dan orang2 terdekat.
tetap semangat yaa bunda, Allah sudah menyiapkan hadiah terindah buat bunda2 yang sempat kehilangan. insyaAllah di waktu yang tepat dan terbaik.
semoga do'a dan ikhtiar kita semua segera di ijabah Allah yaa..
 
  #8  
Old
dewi e...
 
Location: sidoarjo
Posts: 62
 
aminnn bunda..trnyata bnyk ya yg sma kyk saya..sudah brharap bgt dgn khdran anak trnyata allah berkehendak lain..
oia,,suamiku pgnnya gk hb dlu bun slma 3bln..tkut ma keadaanku pdhl ya aku pgn gk usa nunda,gk usah kb djlanin aja tp suami gk mau..


bunda yg hbs kuret trs dpt haid pertama selang bberapa minggu ya..
soalnya skrg sya msh flek dan kaki bengkak
 
  #9  
Old
Dinny ...
 
Posts: 191
 
Klo aku sih tahun lalu sekitar 4 mingguan sudah M lagi bun,
tapi karena setelah keguguran minum pil KB (atas saran dokter) haid pertama warnanya agak kehitaman gitu dan sedikit dibanding haid2 sebelumnya. bisa jadi juga karena kurang cocok sama pilnya.
untuk HB, sebenarnya ketika kita sudah bersih pasca kuret sudah bisa bun cuma kan tergantung kondisi masing2. klo aku kebetulan menunggu sampai siklus haid berikutnya bunda, karena nyeri dan ngilu pasca kegugurannya lumayan sering terasa, mudah2an bunda ngga kayak aku yaa..
hehe..suami bunda kayak suamiku, mungkin karena mereka ngeliat kali yaa saat proses kegugurannya kita gimana jadi mereka ga tega. tapi klo aku berusaha meyakinkan suami juga bahwa HB itu juga dibutuhkan untuk kesehatan dan kesuburan suami, kata Ibuku yang pernah kerja di lab analisis kesuburan kualitas sperma yang dihasilkan melalui ejakulasi saat HB dengan tidak HB itu lebih bagus yang saat HB bun (ini sih pengalaman ibuku, bisa jd blm teruji jg secara medis. tp berhubung ibuku yg kasih saran jadi aku nurut2 aja deh sama orangtua..hehe)

untuk promil berikutnya, sebaiknya dilakukan 2-3 bulan pasca kuret jadi rahimnya di istirahatkan dulu dan ada proses penyembuhan dari luka2 saat proses kuretase dilakukan. tapi banyak juga bunda2 yang setelah 1 x haid langsung diberi amanah lagi untuk hamil dan alhamdulillah kandungannya sehat sampai persalinan. jadi yaa tiap orang beda2 sih bun, yang penting bunda jaga asupan dan kondisinya biar selalu sehat
 
  #10  
Old
dewi e...
 
Location: sidoarjo
Posts: 62
 
iya jg bun..cm gmn ya ngmong ma suami saya pdhal msi pngnten baru lo bun..
awal jan nikah trs bln feb udc telat..
kmrn jg gk tw klo trmester 1 itu msih rawan jdi tiap mlm bs hb trs bun..hhe

klo sya gk pgn kb bun,tkut rahim kering..
bunda skrg sudah pny beby ya..senengnya..

bunda prnh kuret pas hamil prtama kh?jrak hmil lgi stlh kuret brp bulan bun?
maaf radak kepo hhe
 
  #11  
Old
Dinny ...
 
Posts: 191
 
Bunda Dewi,
waaahhh..pengantin baru toh?? wajarlah masih hot2nya..hehehe
klo untuk 3-4 minggu ini memang sebaiknya Bunda memberikan istirahat dulu aja ke rahimnya sambil diskusi sama suami meyakinkan dia kalau bunda baik2 aja tidak ada trauma fisik atau psikologis yang membuat harus lama menunda promil.
nanti pas masa subur pertama (klo aku itungan gampangnya hari ke-11 sampai ke-14/15 dari HPHT) mulai deh HB lagi.

kalau khawatir rahim kering, bunda bisa kok pakai pilihan lain (seandainya rahimnya mau diistirahatkan dulu pasca kuret) saya dulu lebih nyaman pakai sistem kalender bun, daripada pil atau kondom. Apalagi dapat suami pengertian jadi tidak masalah untuk mengaturnya. toh cuma 3 bulan, cuma pengalaman saya Allah baru kasih kepercayaan untuk hamil lagi setelah 8 bulan dan ternyata masih belum rezeki lagi dan baru kuret tgl 22 Maret lalu.

waktu keguguran pertama aku masih takut kuret bun, jadi pakai obat (gastrul). tahun lalu itu karena aku masih awam juga, banyak temen2 bilang klo kuret itu bikin rahim jd bersih bgt jadi nanti susah lagi hamil berikutnya, trs penyembuhannya lebih lama dari pada pake obat, dsb. padahal informasi2 itu belum tentu kebenarannya jg.
pas keguguran kedua aku lebih memilih dikuret aja karena pengalaman pake obat itu bersih dan pemulihannya malah lebih lama. aku masih pendarahan banyak 2 mingguan dan nyerinya masih terasa sampai 6 bulanan. tapi ini pengalaman pribadiku sih bun, bunda2 yang lain tentu ada yang mengalami berbeda
sekarang fokus biar cepet pulih aja, tetep minum asam folat dan makan yang sehat2. semangat promilnya yaa bunda
 
  #12  
Old
Ratu R...
 
Location: Yogyakarta
Posts: 686
 
aku ga di kb bund,,,
dokter juga ga menyarankan,,
katanya pake kondom aja,,

emang disuruh nunggu 3bln dlu,, baru bisa promil...
aku 5minggu setelah kuret trs haid bund,,
anehnya, aku ga ngerasa sakit yg lebay,,,
biasanya klo aku haid itu mulesnya pake nangis2,,
tp ini ga,, alhmdllah juga
biasa haid 7-8hari..
ini cuman 5hari udah bersih...

aku sih ga nunggu 3bln bund,,, sedikasihnya,,
klo dikasih skrg2 alhamdllah... aku baca2 banyak kok yg sukses abis dikuret sebulan kemudian langsung tekdung n selamat ampe melahirkan

klo kata Allah jadi ya jadi,, klo ga ya belum rezekinya
 
Hargai dia yg membencimu,
karena dia adalah penggemar yg telah menghabiskan waktunya hanya tuk melihat setiap kesalahanmu.
  #13  
Old
dewi e...
 
Location: sidoarjo
Posts: 62
 
bunda dinny : iy bun msh hot hotnya hhe..
wah bunda kiretnya hari sabtu y,aku hari jumat kiret tp sdh flek dr smnggu yg lalu.klo fsik sih bun udc baik cm kaki bngkak kdg perut nyut2an..
cm klo scra psikis kdg msh inget trs ma janinku,nyesel krn slma hmil gk prnh mkn yg brgizi,vitamin jg gk prnh aku minum..
nnti saran dr bunda,aku ksh tw kesuamiku..
tp yg pntg nngu haid yg prtma dlu psca kuret bun..

klo blh tau bunda kgguran sudah dua kali pnyebabnya apa bun...
ayoo smngt bun..smga taun dpn kita sma2 bs mnimang beby y bun..

aminn

---------- Post added at 11:55 ---------- Previous post was at 11:50 ----------

bunda ratu : wahh snengnya udc haid lgi bun.. enkkan gk sakit bun jd bs braktvitas dgn lncr..
bunda di uk brpa y kguguran?dan pnyebabnya apa?

trs brusaha dan berdoa y bun smga kita semua yg hbs kuret scptnya dksh allah pnggantinya yg sehat dan kuat.aminn
 
  #14  
Old
Ratu R...
 
Location: Yogyakarta
Posts: 686
 
Replying to: View Post
wahh snengnya udc haid lgi bun.. enkkan gk sakit bun jd bs braktvitas dgn lncr..
bunda di uk brpa y kguguran?dan pnyebabnya apa?

trs brusaha dan berdoa y bun smga kita semua yg hbs kuret scptnya dksh allah pnggantinya yg sehat dan kuat.aminn
iya bund,, serasa jadi wanita normal klo haid ga sakit tuh

aku uk 13w bund,,, klo dicari penyebabnya ya banyak bund,,
katanya gara2 kecapean lah, makan duren lah, banyak pikiran lah, apalah,,
klo dicari yg salah ya semuanya salah,,,
tp emang udah takdirnya blm jadi trs mau digimanain lagi,,

klo kita keguguran, emang banyak yg nyalahin bund,,
padahal kita udah berusaha sebaik mungkin,,
mana ada calon ibu yg mau keguguran

makanya klo org lain nanya knp aku bisa keguguran,, aku jawab aja,,
ini takdir,, ini seleksi alam,, yg kuat yg bertahan,,

aku tanya ke dokterku,, knp aku bisa keguguran..
dokterku cmn bilang, ini seleksi alam bu, yg kuat yg bertahan, ibu udah saya kasih obt penguat, vit, dll.. tp janin ibu ga kuat,, klo pun dia bertahan bisa jadi dikemudian hari dia lebih kesakitan..

dr nangis bombay,, aku langsung melek semelek2nya bund,,
jadi ga ada lagi trauma2n, stres2n, galau2n, lebay2n,,
aku masih punya suami,, dan aku masih punya harapan

malah curcollllllllllllllllllllll
 
Hargai dia yg membencimu,
karena dia adalah penggemar yg telah menghabiskan waktunya hanya tuk melihat setiap kesalahanmu.
  #15  
Old
Dinny ...
 
Posts: 191
 
Bunda Dewi,
aku kegugurannya karena death conceptus (DC) atau kematian mudigah bun. itu keguguran di TM 1 karena tiba2 denyut jantung janin berhenti. penyebabnya bisa macam2, kekentalan darah, virus, bakteri, tapi dominannya karena kegagalan kromosom.
kegagalan kromosom ini bukan berarti kromosom ibu atau ayahnya yang tidak bagus, tapi kegagalan pembentukan kromosom janin yang akhirnya menyebabkan janin tidak bisa berkembang dan meninggal di dalam, nah proses pembentukan ini yang diluar kuasa kita bun, sepenuhnya Allah yang berkehendak
biasanya tidak ada tanda2 tertentu dari kondisi ini, tiba2 saja pendarahan dan di USG denyut jantung janin sudah tidak ada atau bisa juga sebaliknya, setelah itu akan diikuti dengan pendarahan yang volumenya lebih banyak dan ada yg sampai jaringan kehamilan keluar sendiri.
karena itu bunda2 yang sudah pengalaman DC, ada baiknya sebelum promil melakukan berbagai tes seperti THORCH, ACA, d-dimer, hormon lengkap, NK Cell dan ASA sehingga jika penyebabnya diketahui bisa diobati segera. Dan begitu mengetahui hamil harus rajin konsultasi ke dokter dan observasi perkembangan bayinya, dokter akan memberikan treatment yang insyaallah tepat untuk bunda nantinya.

Aminnn bundaa..semoga yaa tahun depan kita sudah punya baby
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
M1 pasca kuret uda selesai, what should I do bunda? -- Diskusi Umum 9
lama penyembuhan jahitan pasca melahirkan -- Diskusi Umum 0
Penyembuhan pasca keguguran... -- Diskusi Umum 9
pengaruh psikologis bunda terhadap bayi -- Diskusi Umum 2
bunda yg udh hamil sblm 3 bln pasca kuret share ya... -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 11:20.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com