Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
vibby...   TS 
 
Posts: 2
Default perubahan siklus haid pasca nikah?

Assalamualaikum bun, salam kenal.
Aku udah nikah hampir 9bulan bun. Dulu sebelum nikah aku biasa haid teratur setiap bulannya. Pas nikah bulan pertama aku telat haid 1minggu, kirain hamil, eh ternyata belum. Nah pas haidnya rasanya ngilu banget miss v °αкυ, akhirnya aku cek ke bidan, tapi katanya gak apa2. Aku dikasih obat abis itu bulan ke 2sampe sekarang haid aku gak teratur, kadang telat kadang kecepetan.
Sampe skarang aku belom isi bun.
Pertanyaannya apa emang kalo nikah siklus haid berubah ya? Terus apa gara2 perubahan siklus haid ini aku jadi belum isi juga?
Maaf ya bun kepanjangan. Minta informasinya ya bun,, soalnya aku gak ngerti
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Cresti...
 
Location: Pondok Gede, Bekasi
Posts: 1,352
 
ini dr femina, bun, semoga membantu

Perubahan Siklus Haid

Mungkin tidak sedikit di antara kita yang mengalami hal semacam ini. Sebelum menikah, siklus haid sangat teratur. Setelah menikah, siklus haid menjadi tidak teratur, bahkan pernah terlambat hingga 1 bulan. Apa yang menyebabkan siklus haid ini tidak teratur? Apakah ini berbahaya?

Siklus haid merupakan bagian dari siklus ovarium (indung telur) yang melibatkan keseimbangan dari pengeluaran hormon yang dihasilkan dari indung telur dan kelenjar di otak (hipotalamus dan hipofisis). Jika produksi hormon di hipotalamus, hipofisis, dan indung telur terganggu, maka dapat menyebabkan terganggunya siklus haid dalam bentuk siklus memanjang, memendek, atau perdarahan di luar siklus.

Perubahan siklus haid tidak dipengaruhi oleh hubungan suami-istri. Beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan produksi hormon dan selanjutnya menyebabkan gangguan siklus haid adalah penggunaan obat-obatan hormonal (pil dan suntik KB, obat hormon antiradang atau alergi).

Kenaikan atau penurunan berat badan dalam jumlah banyak dalam waktu pendek, serta stres karena sakit atau kelelahan, juga dapat menjadi penyebabnya. Untuk memastikan hal itu berbahaya atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (f)
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Siklus Haid belangbentong Pasca Keguguran -- Ngobrol Apa Saja 11
abis nikah kok siklus saya jd kacau ya bunda..??? -- Diskusi Umum 13
Siklus haid pasca kuret -- Diskusi Umum 3
perubahan-perubahan yg akan terjadi padi ibu hamil secara fisiologis :) -- Ngobrol Apa Saja 6
Telat haid apakah positif atau krn perubahan hormon?? -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com