Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #121  
Old
liapra...
 
Posts: 7
 
Kebetulan saya jg mau melahirkan pake BPJS jd kemaren"ini nanya ke dokter yg menerima BPJS dan trnyata agak sedikit membingungkan hehehe....yg jelas

1.utk persalinan normal tanpa INDIKASI medis, hanya bs melahirkan dibalaj persalinan
2.persalinan di RSU atau swasta hanya utk persalinan yg ada indikasi medis, dgn kata lain persalinan yg kemungkinan besar harus sectio (oprasi)
3. Utk biaya section baik normal di tanggung BPJS termasuk kamar, biaya obat dan imunisasi dasar, cuma ya gitu...biasanya mmg ada bbrp obat rekomendasi dokter yg gak di cover bpjs, itu tergantung kita mau atau tidak
4.utk tau kehamilan ada indikasi medis atau tidak, kita harus konsultasi sama klinik pratama/puskesmas/dokter kantor, nah...biasanya mereka yg mutusin, buat surat rekomendasi kemana, dsb
5. Kl surat rekomendasi bisa di buat 1-2 minggu sblm HPL, atau kl emergency pun RS. Wajib menerima pasien BPJS


Nah berhubung sayang pinginnya normal kyknya saya nga pake BPJS deh...secara teman saya sndiri pny pengalaman nga enak hehehe.....jd dari awal dia mau normal cuma krn info bpjs blom jelas, lsg ke RS eh..sampe rs. Di blg sama dokter kamu ga bs normal krn takutnya kepala bayi kamu membesar, intinyq di takutin gt dan lsg sectio 2hr kemudian....



Bu ibu...semoga membantu ya...BPJS itu baik cuma infonya minim banget
 
  #122  
Old
nita y...
 
Posts: 1
 
hai bunda2 aq bru join nie,slam kenal ya
aq di kota gresik jawa timur
lok aq denger2 dri temen2 si
tergantung rsx,kmrin normal di rs swasta cuma byr 12rb aja,tercover semua ditangani dokter
trus sc di rs swasta lain sc juga dicover kok


skarag aq lagi bingung buat ngelahirin di bidan ato dokter
suami milih bidan soalx enak cewek
lok aq milih dokter biasa control,tpi dia g mw cz cwok
dua2x sma deket rumah n bisa pake bpjs
jadi galo
 
  #123  
Old
febria...
 
Posts: 25
 
Bund mau tanya dong apa bener sekarang kartu bpjs bisa digunakan setelah 3bln dari tgl pendaftaran? Thx bund
 
  #124  
Old
anee a...
 
Posts: 4
 
Bunda, skrg sy jg lg bingung sm urusan bpjs, kt ptgs puskesmas utk yg lahiran normal hrs lahiran d puskesmas , kecuali klahiranx bermasalah br d rujuk d rs.. trs gmn soal tingkat faskes yg udh kita bayar y? BUkanx d puskesmas g ada kelas2nya?
 
  #125  
Old
megan...
 
Location: Madiun, Jawa Timur, Indonesia
Posts: 418
 
Replying to: View Post
sya kan baru pertama kali ikut program pemerintah seperti bpjs ini,,dan kebetulan skrg sy lg hamil 7 bln jalan,,katanya bisa pke katu itu tapi harus ada rujukannya dari puskesmas...nah pertanyaan sya klo seandainya sy kontraksi tengah malan dan sya blum sempat bikin rujukan gimana tuch?
dan rsb mana saja yg memfasilitasi pasien yg menggunakan bpjs?
Wah nama belakang bunda kya nama saya salam knal bunda arin sy megan rinjani
Iya bun hrus ada rujukan.. kl tengah mlm y gk pke rujukan bisa kok lgsg aja lwt UGD.. jd ngga usa khawatir bun.. smoga debayny sehat yah
 
  #126  
Old
chimi...
 
Location: Banyuwangi
Posts: 1,347
 
bunda aku mau tanya2 soal bpjs
mungkin ada bunda yg bantu jawab

saya skr lg hamil 35w dan baru selesai daftar bpjs dan kartux baru berlaku 7 hari lg
waktu daftar kemaren aku disuruh milih faskes tingkat 1 dulu
akirnya aku milih dokter praktik umum cz di daftar gk ada dokter kandungan
yg mau aku tanyakan
1. kalau saya mau priksa kandungan dengan menggunakan bpjs,berarti saya harus minta rujukan ke dokter umum tersebut? (datang ke tempat praktekx hanya untuk minta surat rujukan,saya takut dimarahin )
atau dokter umum tersebut yg akan memeriksa saya langsung?

2.apabila di rujuk ke dokter spesialis, apa saya bisa memilih sendiri dokter kandungan yg bekerjasama dg bpjs atau ditentukan oleh dokter umum tersebut?

mohon di bantu ya bunda2
terimakasih
 
selalu mencoba berfikir positif..
dengan pikiran positif maka hidup kita akan selalu diberkahi dg hal2 yg positif pula amin
  #127  
Old
wulan ...
 
Location: surabaya
Posts: 48
 
(◦'⌣'◦)ђɑɪ​‎​ bunda chimi,qLo di daerah qu faskes 1 a nyuruh ak piLih sndri RS manaa yg mau dituju,gk tau Lagii qLo faskes 1 bunda,cz kdg beda daerah beda pelayananx bund.mv y bund qLo krg membantu.
 
  #128  
Old
chimi...
 
Location: Banyuwangi
Posts: 1,347
 
Replying to: View Post
(◦'⌣'◦)ђɑɪ​‎​ bunda chimi,qLo di daerah qu faskes 1 a nyuruh ak piLih sndri RS manaa yg mau dituju,gk tau Lagii qLo faskes 1 bunda,cz kdg beda daerah beda pelayananx bund.mv y bund qLo krg membantu.
terimakasih bunda
jawaban bunda sangat membantu
bunda udah lahiran?
atau sedang hamil?
 
selalu mencoba berfikir positif..
dengan pikiran positif maka hidup kita akan selalu diberkahi dg hal2 yg positif pula amin
  #129  
Old
Mak Ka...
 
Posts: 5
 
sy peserta BPJS kelas 1 smntr faskes sy klinik biasa yg gk punya fasilitas obgyn. selama ini sy periksa di bidan, rencananya pengen minta rujukan periksa & bersalin di rsud Cengkareng.

sy pernah dengar juga kl RS yg dirujuk cuma menerima pasien BPJS utk SC. nah kl faskes sy emg gk punya fasilitas bersalin, gimana ya? kira2 bisa diterima?

bunda2 yg prnh make BPJS utk melahirkan di rsud Cengkareng mohon sharing pengalamannya ya... thx
 
  #130  
Old
nurul ...
 
Posts: 857
 
Replying to: View Post
siang bunda2 . .
kalo saran saya mending lairan biasa aja bun . ga usah pake BPJS
takutnya pelayanannya ga maksimal . soalnya dgr2 curhat para dokter sih gitu .
obat bius , infus dan obat2 lainnya terbatas . disesuaikan sm standart BPJS
coba baca link ini bun Dokter Indonesia Bersatu | MAAF, INI BUKAN SALAH KITA
smoga bermanfaat utk pengguna BPJS
sy kmrn melahirkan sc pake bpjs,alhamdulillah memuaskan kok bund derick.tdk spt yg ditulis di link tsb.sama aja ma sc saya yg pertama,bedanya diobatnya aja.kl bpjs pakenya generik.pelayanan jg baik.mgkn tergantung daerahnya jg ya bund.ga bs disamaratakan pelayanannya.
 
  #131  
Old
piny...
 
Posts: 1
 
maaf saya juga mau nanya ,,,saya sekarang hamil memasuki 5 buln biasanya saya periksa di bidan ,,tapi saya nanti niatnya mau lahiran pakai kartu bpjs dari perusahaan saya bekerja ,,jadi saya mesti periksa kemana dulu karna yng tertera di faskes saya itu di puskesmas,,saya tinggal di daerah penjaringan jakarta utara,,mohon yang tau bisa kasih penjelasan ke saya ,,terima kasih
 
  #132  
Old
marina...
 
Posts: 3
 
Replying to: View Post
mau sharing pengalaman 1bulan yang lalu bund, perjuangan ngeluarin debay, hehe
sblm lahiran aq uda persiapan daftar bpjs mandiri, biar persalinannya gratis, ambil yang kelas 1,
kontrol ke faskes tingkat 1,karena ga ngelayani persalinan makanya di rujuk ke RS, saya minta rujukan ke RS Ken Saras, ambil RS swasta karena pelayanannya lebih baik dari RS negeri,
Kontrol di RS Ken Saras pelayanan memuaskan dan yang penting gratis, tinggal nunjukin fc kartu bpjs+fc surat rujukan ( surat rujukan dicopy banyak2, biar ntar g kehabisan )
pas kontrol yang kedua ternyata aq langsung disuruh rawat inap karena baby q harus diinduksi tapi tetep persalinan normal karena keadaannya normal semua, langsung deh nginep di RS di ruang kelas 1, mw ambil yang VIP tp full, yaw dah tetep di kls 1 aja, ( oya,, pas mw rawt inap dimintain fc bpjs+fc surat rujukan 5 lembar)
malemnya baru kerasa pembukaan, dan rasanya dahsyat banget, karena ud g kuat, aq minta di sc aja. terus suami konsultasi ke petugas RS nya, katanya kalo mau minta sc bisa aja, tp g bisa pake bpjs, soalnya sc tersebut atas permintaan sendiri, bukan rekomendasi dari dokter. Dokternya juga nyaranin buat lahiran normal,sayang bgt kl di sc, karena keadaan debay dan momy nya OK semua.
akhirnya aq nurut saran dokter buat lahiran normal dengan penuh perjuangan ( namanya juga seorang ibu ). Dan Alhamdulillah lahirlah baby q dengan selamat,,
Waktu suami ngurus di adm, tertulis dikwitansi kalo total biaya 6juta, tapi semua ud tercover bpjs dan aq g kluar duit sepeserpun.
So far menurut aq pelayanannya cukup memuaskan kok ( mungkin karena RS swasta ya..), paling yang ngebedain pas dapet gift dr RS. KAlo yang pake bpjs gag dapet poto baby nya ( bodo amat,, ntar juga bisa poto2 sendiri ama momy ya dek..) hehehe
Bunda,dokternya oke bgt tuh,ga gampang ngiyain sc,jarang tuh dokter kyk gt. Siapa bun dokternya? Aku jg lg promil nih,pgn nyoba ke dokter itu,di ken saras kan ya. Skrg ada 4 dokter,dr indra,dr ediwibowo,dr bambang dan prof djaswadi
 
  #133  
Old
wina e...
 
Posts: 3
 
sore bunda2... betul bunda keadaan darurat rujukan bisa diurus besoknya... tapi untuk bayinya gak ditanggung karna bpjs atas nama qt. jadi bunda daftarkan bayi bunda juga ikut bpjs. bisa diurus sebelum bunda lairan kx bayinya. soalnya kartu bpjs baru bisa dipakai stelah 7 hari stelah kartu jadi..
 
  #134  
Old
bunda ...
 
Posts: 3
 
Hai bun,, aq newbie disini,, mau sharing donk bun

Saat ini aq sdg hamil 30w, rencananya aq mau pake bpjs utk lahiran caesar, krn pd kehamilan 6w aq terpaksa sempat dioperasi tulang ekor karena patah

Aq tinggal di daerah ciputat bun, bunda cantik smw ,ada rekomen gak rs yg full dcover bpjs?
kbtulan aq pk kelas 1 bun, dan slm ini aq blum prnh mnggunakan bpjsqu

Mohon cerahannya bunda, aq msti gmn n apa yg hrs aq siapin jg rs rekomennya?
trimakasih
 
  #135  
Old
sisi00...
 
Posts: 231
 
Replying to: View Post
sya kan baru pertama kali ikut program pemerintah seperti bpjs ini,,dan kebetulan skrg sy lg hamil 7 bln jalan,,katanya bisa pke katu itu tapi harus ada rujukannya dari puskesmas...nah pertanyaan sya klo seandainya sy kontraksi tengah malan dan sya blum sempat bikin rujukan gimana tuch?
dan rsb mana saja yg memfasilitasi pasien yg menggunakan bpjs?
Setahuku kalau melahirkan normal pake bpjs dapat jatahnya bidan bun. Kecuali kelahiranny ga normal. Psti nnt dpt rujukan. Sejak awal kehamilan cek di faskesny bun. Kan ketauan riwayat medisnya. Ketauan normal atau tdknya. Kalau normal jgn coba2 minta rujukan ke rs. Kalaupun dpt rujukanny. Bnyk yg ditolak sm rsnya atau malah suruh bayar ga dipake bpjsnya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Cara nya menggunakan kartu bpjs di pulau lain -- Ngobrol Apa Saja 1
Persalinan menggunakan kartu BPJS -- Diskusi Umum 13
bunda, tolong sare pengalaman melahirkan normal dengan kartu bpjs -- Ngobrol Apa Saja 2
bunda, tolong share pengalaman melahirkan normal dengan kartu bpjs -- Ngobrol Apa Saja 2
persalinan dengan menggunakan bpjs -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 10:41.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com