Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
laurel...   TS 
 
Posts: 192
Default Panduan ibu hamil : Rangkuman thread

Saya mau merangkum secara singkat beberapa hal yang saya dapat dari pengalaman-pengalaman di forum ini, pengalaman saya, maupun dari berbagai informasi yang saya dapat dari tempat lain. Semoga bermanfaat.

PROMIL

Banyak dari bunda-bunda yang berinisiatif melakukan promil, beberapa menggunakan suplemen vitamin E, jeruk nipis, minum susu pra-hamil, dan sebagainya. Ada juga yang menggunakan kalender kesuburan untuk berhubungan badan. Bersyukurlah untuk yang sudah membuahkan hasil. (Catatan: di forum ini juga ada aplikasi kalkulator masa subur. Sangat bermanfaat)

Namun ada juga yang sudah melakukan semua itu tetapi belum juga dikaruniai anak, hingga bertahun-tahun. Untuk tahap ini, saya sarankan segera check ke dokter kandungan. Periksakan kondisi bunda dan suami (harus dua-duanya), ingat… sel telur ga akan bisa jadi bayi tanpa sperma, dan sebaliknya. Kalo yang ini pengalaman saya sendiri. Karena banyak sekali faktor yang menyebabkan terhambatnya proses kehamilan, dari sisi seorang wanita, ada yang karena disebabkan kista, atau barangkali ada yang terkena virus TORCH, masalah di infeksi saluran telur, dan sebagainya. Dari sisi seorang laki-laki, ada berbagai macam masalah yang mungkin terjadi, cek aja banyak istilah kelainan sperma, ada yang oligozoospermia (jumlah sperma sedikit), teratozoospermia (bentuk sperma yang tidak sempurna), azoospermia, dan sebagainya. Kebetulan ini juga salah satu masalah yang saya alami. Ingat, semua itu tidak dari dugaan-dugaan yang tanpa dasar, tapi butuh USG (untuk periksa kondisi sel telur) atau bahkan tes laboratorium (untuk kasus TORCH, atau untuk periksa kondisi sperma)

Dengan periksa ke dokter dan pasutri tau dengan jelas apa penyebab terhambatnya kehamilan, maka akan lebih mudah untuk menentukan program ke depan. Kalau yang saya alami, diberi obat subur dari dokter sebulan pengobatan, dan alhamdulillah langsung diberikan kepercayaan. Memang akan berbeda satu sama lain masalah masing-masing pasutri, mungkin ada yang lebih berat masalahnya ketimbang saya. Tapi langkah untuk periksa ke dokter sudah yang paling benar.

TEST PACK
  1. Saya sudah telat sekian minggu tapi test pack masih negatif, hamil atau tidak?
  2. Saya sudah test pack tapi dua garis masih samar, apakah ini artinya positif?

Pertanyaan-pertanyaan yang sering singgah di forum ini… jangan khawatir dulu bunda bila masih negatif padahal sudah telat mens, terlebih jika sebelumnya bunda ga pernah se-telat itu mensnya. Banyak pengalaman dari bunda-bunda yang ternyata memang benar-benar hamil walaupun hasil testpacknya negatif.

Dan dua garis tetapi samar-samar, sebenernya ini lebih baik daripada yang pertanyaan pertama tadi. Karena ini sih lebih pasti kalo hamil. Saya dulu juga, dua garis, yang atas dan yang bawah warnanya agak muda yang bawah.

Daripada berpikir negatif, sebaiknya mulai persiapkan diri sebaik-baiknya untuk menyambut kehamilan bun, jaga kesehatan, jaga asupan makanan, jaga diri. Dulu saya terlambat dua minggu, langsung cek ke dokter karena saking penasaran. Kalo dari perhitungan dokter pas saya telat dua minggu sih udah 6 minggu Usia Kehamilannya (dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhhir / HPHT).

HAMIL MUDA
  1. Ciri-ciri hamil seperti apa sih?
  2. Kok usia kehamilan 5 minggu / 6 minggu belum keliatan janinnya?
  3. Saya kok ga ngalamin muntah ya? Atau, saya kok muntah-muntah terus ya?
  4. Kok saya sering flek?

Namanya juga hamil muda, terlebih kalo ada yang baru pertama hamil (kayak saya dulu, hehehe, bawaannya banyak pertanyaan ini itu), toh di forum ini juga udah banyak yang sharing soal hamil muda. Singkat aja:

- Pertanda orang hamil selain terlambat bulan, memang berbeda satu sama lain, ada yang merasakan payudara lebih terasa keras, perut kembung, kentut terus, morning sick, dan sebagainya. Tentunya semua ini hal yang normal. Ga masalah kalo bunda muntah-muntah terus, memang ada yang seperti itu, atau ada yang sama sekali ga mual muntah. Itu juga normal kok. Saya kebetulan yang hamilnya ngebo. Yang terpenting adalah: perhatikan asupan makanan. Saran saya ya, banyak makan buah, sayur segar, protein yang cukup… oya, mulailah untuk stop atau mengurangi makanan yang ga bergizi. Ingat, sekarang ada yang sedang bergantung nyawa pada bunda. Bijaksanalah.

- Hasil USG di usia 5 – 7 minggu masih berupa kantong janin itu masih normal. Jangan keburu khawatir. Saya dulu usia 6 minggu juga masih berupa kantong janin. Dan banyak bunda disini yang seperti itu. Biasanya janin mulai terlihat di usia 8 minggu dan ke atas… Biasanya dokter akan menyarankan untuk kembali dua minggu kemudian untuk melihat perkembangannya.

- Memang ada juga yang perkembangannya bagus (artinya janin terlihat kemudian), tapi ada juga yang tetap sama kondisinya, memang ada kemungkinan blight ovum (janin gagal berkembang), tapi di forum ini ada juga loh bun yang sampe dokternya bilang blight ovum tapi bundanya punya feeling kuat kalo bayinya tumbuh. Dan ternyata pas usia tiga bulan ke atas (sekitar 12 minggu – 16 minggu) periksa lagi, janinnya memang ada. Untungnya beliau ga keburu cepet-cepet di kuret. Selamatlah nyawa si bayi. Bila ada yang mengalami hal ini, saran saya: CARI SECOND OPINION ke dokter lain untuk benar-benar memastikan bahwa itu blight ovum.

- Oya, untuk yang mengalami flek-flek atau keluar darah sebaiknya segera ke dokter ya, jangan ditunda. Karena usia ini masih rawan. Biasanya dokter ngasi obat penguat. Tapi kuncinya di: konsul ke dokter.

- Catatan: selalu konsultasikan kondisi yang tidak biasa ke dokter ya, ini untuk amannya,untuk menjaga supaya tidak ada komplikasi kondisi.

USG

USG memang ada yang USG perut biasa, ada juga yang lewat transvaginal. Saya belum pernah ngalamin yang transvaginal (dimasukin alat ke miss V gitu ya), tapi so far USG biasa tidak ada masalah (artinya dokter tidak mengalami kesulitan untuk melihat perkembangan kandungan saya). Dua jenis USG itu tergantung dokternya bun, bila memang dokter kesulitan melihat dengan USG biasa, biasanya akan dilakukan transvaginal. Dokter lebih tau lah soal ini. Serahkan pada ahlinya saja.

MEMASUKI AWAL PERTUMBUHAN JANIN (AKHIR TRISEMESTER 1 : sekitar 10-16 minggu)

Biasanya mulai usia 8 minggu bunda akan melihat ada banyak tulisan singkatan yang ga dimengerti di hasil cetak USG, di forum ini juga pernah ada yang mengulas.

Bisa diklik aja di link ini oleh bunda CorayaDesti: https://ibuhamil.com/diskusi-umum/27...g-ni-bund.html

Dan bisa juga bunda pergunakan tabel ini (hasil googling dari forum ini juga) untuk memantau pertumbuhan bayi:


Untuk pertumbuhan berat badan, bisa gunakan kalkulator kehamilan, disitu udah ada lengkap bunda, jadi bisa memantau dengan lebih tenang. Ga usah dengerin kata-kata negatif dari orang lain ya, selama bunda punya patokan yang benar, dan dokter bilang semua baik, maka tidak ada yang perlu di kuatirkan.

Ohiya, saya juga join di BabyCenter | Homepage - Pregnancy, Baby, Toddler, Kids (tiap minggu dikasi tau perkembangan janin, bunda yang standar lewat email, dan banyak informasi lainnya, sangat bermanfaat)

MEMASUKI TRISEMESTER KEDUA (16 minggu – 24 minggu)

Ini memang masa-masa yang paling menyenangkan, karena bunda akan melihat perkembangan perut bunda yang mulai maju ke depan, hahahaha… bukankah itu yang ditunggu-tunggu? Pastinyaaaa…
Biasanya nih, yang morning sick akan mulai mengalami kondisi yang berangsur-angsur lebih baik, berkurang mual muntahnya, tapi ada juga yang masih lanjut. Normal, kok, normal. Jangan kuatir. Tetap dinikmati aja ya bun, tetap jaga asupan makan dan kesehatan, itu yang utama.

- Kok berat saya malah turun?
- Kok perut saya masih belum keliatan kayak orang hamil biasanya?
- Kok BB janin katanya kurang?
- Kok saya belum bisa merasakan gerakan janin?

Saya pernah ngobrol dengan salah satu bunda yang bercerita kalau dia sempat turun berat badannya (bukannya nambah layaknya orang hamil), saya tanya apakah dia mengalami morning sick? Dia jawab iya. Ya, bisa jadi itu penyebabnya. Sebaiknya saat konsul ke dokter tanyakan apakah perkembangan si janin normal? Bila normal, bunda tidak perlu khawatir, morning sick nanti pasti akan hilang seiring dengan waktu, dan memang butuh usaha ekstra untuk memilih asupan yang bisa mengurangi rasa mual ya bunda, mungkin makan buah, yang seger-seger gitu? Kudu ekstra putar otak memang. Sabar yaa… semua akan setimpal dengan kesehatan dedeknya kok.

Pertanyaan kedua, itu sering banget saya alami (biasanya yang komentar orang lain ke saya) kok kamu hamil yang gendut cuman perutnya, badan mu enggak, dan kamu ga keliatan kayak udah hamil sekian bulan. Dan sebagainya…. Hahahaha, ngeselin memang kadang. Tapi saya ga mau berlarut-larut dengan affirmasi negatif kayak gitu. Sekali lagi, bunda punya patokan tabel perkembangan janin dan bunda, kalo dari tabel itu kondisi bunda dan janin masih masuk standar rata-rata sih ga masalah. Ga usah hiraukan kata orang, toh mereka hanya melihat dari luarnya aja. Saya memang ga hamil pun cenderung kurus dan tinggi langsing hahahhaha *jangan dijitak yaaa*. Bahkan saya pernah baca kalo ibu yang memiliki torso panjang, cenderung punya ruang yang cukup untuk bayi, jadi si bunda melarnya ga banyak. Intinya, don’t worry, yang penting punya patokan itu tadi.

Kalo menurut dokter BB janin masih kurang, jangan kuatir, biasanya dokter selalu kasi suplemen vitamin. Mungkin bunda juga harus koreksi asupan makanan, porsinya juga.

Oya, biasanya janin udah mulai terasa gerakan seperti denyutan-denyutan, di usia kehamilan 15 minggu ke atas… saya kalo ga salah inget sih mulai umur 16 minggu udah mulai merasakan denyutan halus gitu bun. Dan jangan khawatir kalo ada yang belum bisa merasakan, mendingan USG aja dan tanyakan ke dokter apa dia gerak? Kadang ada yang katanya kulit perut bundanya tebal, jadi agak terlambat mengenali gerakan bayi.

Saya pernah pas umur 18 minggu panik karena gerakan janin agak berkurang, sampe dokter mau diketawain sama dokter.
Katanya wajar kalo sebelum umur 20 minggu kadang gerakan bayi kerasa kadang enggak. Hehehe… gampang parno.
Ya, usia 20 minggu ke atas, kita akan mulai merasakan peningkatan intensitas gerakan bayi.

TRISEMESTER KE 3

Inilah masa-masa yang paling dinantikan para bumil. Menuju ke kelahiran si bayi… Biasanya bunda ada yang semakin merasa gampang capek di punggung, kaki, dan sebagainya, susah tidur dengan posisi yang biasanya.

Saya juga ngalamin, makin bertambah UK, makin gampang pegel punggung, ya wajarlah, karena tubuh kita menopang perut yang juga makin besar seiring dengan pertumbuhan dedek bayi. Mintalah pijatan-pijatan ke suami saat menjelang tidur. Gerakan dedek bayi juga semakin kayak pemain bola profesional, hhahahaha…. Tapi itu sangat menyenangkan, sensasi disikut, ditendang, kadang kita tidur, si bayinya malah tetap gerak-gerak.. hehehe gapapa itu. Sering-sering ajak ngobrol dedeknya juga ya bunda. Beri affirmasi yang positif ke dedeknya.
Kalo saya seringnya bilang ke dedek, supaya nanti pas dedek udah siap lairan, posisi dedek yang bagus ya, kepalanya masuk panggul, biar mudah lairnya, biar bisa lairan normal. Dan sebagainya. Hehehe kembali ke bunda masing-masing. Insya Allah dedeknya mendengarkan.

- Apakah rumput fatimah aman? (saya pernah baca pengalaman di forum ini ada yang dedeknya ga kuat dan akhirnya ga tertolong bun, so… sebaiknya jangan menggunakan sesuatu yang belum jelas tanpa konsultasi dokter) ini link yang pernah saya baca di forum ini: https://ibuhamil.com/ngobrol-apa-saj...ersalinan.html

- Apakah minum obat yang dijual bebas itu aman untuk bumil? (meminimalisir obat-obatan lebih baik bunda, apalagi ga semua obat aman untuk ibu hamil. Jangan ambil resiko minum obat sembarangan tanpa konsultasi dokter ya)

Biasanya di usia 34 minggu posisi dedek bayi udah mulai menetap, yang bagus sih kepala di bawah, ini untuk memudahkan persalinan normal. Apabila memang ada yang posisinya masih belum normal, silakan dipantau melalui konsultasi medis dengan dokter, beliau yang akan memberi saran apakah sebaiknya lahir normal atau harus SC.

Nah, saya baru bisa kasi rangkuman sampai sini… soalnya saya juga masih 34 minggu.. belum ada pengalaman melahirkan seperti apa. Nanti kita sambung lagi.

Maaf kalo kepanjangan, dan ini sifatnya hanya rangkuman saja. Semoga bermanfaat.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Fariha...
 
Location: Makassar
Posts: 831
 
Sepertinya bunda suka skali mengamati setiap thread disini yahhh...
Heeheheeee...

Tapi bagus juga bunda...daripada mengulang2 thread dgn topik yag sama...mending searching trus dibikin rangkuman.
Bagusss menurutku bund
 
  #3  
Old
iis de...
 
Location: jakarta
Posts: 529
 
Thread yg bagus bund
Jd ga usah ngulang2 lg ya bun hehehe tp kdang masih da za bund yg bikin thread sama
 
  #4  
Old
Raline...
 
Posts: 88
 
Replying to: View Post
Saya mau merangkum secara singkat beberapa hal yang saya dapat dari pengalaman-pengalaman di forum ini, pengalaman saya, maupun dari berbagai informasi yang saya dapat dari tempat lain. Semoga bermanfaat.

PROMIL

Banyak dari bunda-bunda yang berinisiatif melakukan promil, beberapa menggunakan suplemen vitamin E, jeruk nipis, minum susu pra-hamil, dan sebagainya. Ada juga yang menggunakan kalender kesuburan untuk berhubungan badan. Bersyukurlah untuk yang sudah membuahkan hasil. (Catatan: di forum ini juga ada aplikasi kalkulator masa subur. Sangat bermanfaat)

Namun ada juga yang sudah melakukan semua itu tetapi belum juga dikaruniai anak, hingga bertahun-tahun. Untuk tahap ini, saya sarankan segera check ke dokter kandungan. Periksakan kondisi bunda dan suami (harus dua-duanya), ingat… sel telur ga akan bisa jadi bayi tanpa sperma, dan sebaliknya. Kalo yang ini pengalaman saya sendiri. Karena banyak sekali faktor yang menyebabkan terhambatnya proses kehamilan, dari sisi seorang wanita, ada yang karena disebabkan kista, atau barangkali ada yang terkena virus TORCH, masalah di infeksi saluran telur, dan sebagainya. Dari sisi seorang laki-laki, ada berbagai macam masalah yang mungkin terjadi, cek aja banyak istilah kelainan sperma, ada yang oligozoospermia (jumlah sperma sedikit), teratozoospermia (bentuk sperma yang tidak sempurna), azoospermia, dan sebagainya. Kebetulan ini juga salah satu masalah yang saya alami. Ingat, semua itu tidak dari dugaan-dugaan yang tanpa dasar, tapi butuh USG (untuk periksa kondisi sel telur) atau bahkan tes laboratorium (untuk kasus TORCH, atau untuk periksa kondisi sperma)

Dengan periksa ke dokter dan pasutri tau dengan jelas apa penyebab terhambatnya kehamilan, maka akan lebih mudah untuk menentukan program ke depan. Kalau yang saya alami, diberi obat subur dari dokter sebulan pengobatan, dan alhamdulillah langsung diberikan kepercayaan. Memang akan berbeda satu sama lain masalah masing-masing pasutri, mungkin ada yang lebih berat masalahnya ketimbang saya. Tapi langkah untuk periksa ke dokter sudah yang paling benar.

TEST PACK
  1. Saya sudah telat sekian minggu tapi test pack masih negatif, hamil atau tidak?
  2. Saya sudah test pack tapi dua garis masih samar, apakah ini artinya positif?

Pertanyaan-pertanyaan yang sering singgah di forum ini… jangan khawatir dulu bunda bila masih negatif padahal sudah telat mens, terlebih jika sebelumnya bunda ga pernah se-telat itu mensnya. Banyak pengalaman dari bunda-bunda yang ternyata memang benar-benar hamil walaupun hasil testpacknya negatif.

Dan dua garis tetapi samar-samar, sebenernya ini lebih baik daripada yang pertanyaan pertama tadi. Karena ini sih lebih pasti kalo hamil. Saya dulu juga, dua garis, yang atas dan yang bawah warnanya agak muda yang bawah.

Daripada berpikir negatif, sebaiknya mulai persiapkan diri sebaik-baiknya untuk menyambut kehamilan bun, jaga kesehatan, jaga asupan makanan, jaga diri. Dulu saya terlambat dua minggu, langsung cek ke dokter karena saking penasaran. Kalo dari perhitungan dokter pas saya telat dua minggu sih udah 6 minggu Usia Kehamilannya (dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhhir / HPHT).

HAMIL MUDA
  1. Ciri-ciri hamil seperti apa sih?
  2. Kok usia kehamilan 5 minggu / 6 minggu belum keliatan janinnya?
  3. Saya kok ga ngalamin muntah ya? Atau, saya kok muntah-muntah terus ya?
  4. Kok saya sering flek?

Namanya juga hamil muda, terlebih kalo ada yang baru pertama hamil (kayak saya dulu, hehehe, bawaannya banyak pertanyaan ini itu), toh di forum ini juga udah banyak yang sharing soal hamil muda. Singkat aja:

- Pertanda orang hamil selain terlambat bulan, memang berbeda satu sama lain, ada yang merasakan payudara lebih terasa keras, perut kembung, kentut terus, morning sick, dan sebagainya. Tentunya semua ini hal yang normal. Ga masalah kalo bunda muntah-muntah terus, memang ada yang seperti itu, atau ada yang sama sekali ga mual muntah. Itu juga normal kok. Saya kebetulan yang hamilnya ngebo. Yang terpenting adalah: perhatikan asupan makanan. Saran saya ya, banyak makan buah, sayur segar, protein yang cukup… oya, mulailah untuk stop atau mengurangi makanan yang ga bergizi. Ingat, sekarang ada yang sedang bergantung nyawa pada bunda. Bijaksanalah.

- Hasil USG di usia 5 – 7 minggu masih berupa kantong janin itu masih normal. Jangan keburu khawatir. Saya dulu usia 6 minggu juga masih berupa kantong janin. Dan banyak bunda disini yang seperti itu. Biasanya janin mulai terlihat di usia 8 minggu dan ke atas… Biasanya dokter akan menyarankan untuk kembali dua minggu kemudian untuk melihat perkembangannya.

- Memang ada juga yang perkembangannya bagus (artinya janin terlihat kemudian), tapi ada juga yang tetap sama kondisinya, memang ada kemungkinan blight ovum (janin gagal berkembang), tapi di forum ini ada juga loh bun yang sampe dokternya bilang blight ovum tapi bundanya punya feeling kuat kalo bayinya tumbuh. Dan ternyata pas usia tiga bulan ke atas (sekitar 12 minggu – 16 minggu) periksa lagi, janinnya memang ada. Untungnya beliau ga keburu cepet-cepet di kuret. Selamatlah nyawa si bayi. Bila ada yang mengalami hal ini, saran saya: CARI SECOND OPINION ke dokter lain untuk benar-benar memastikan bahwa itu blight ovum.

- Oya, untuk yang mengalami flek-flek atau keluar darah sebaiknya segera ke dokter ya, jangan ditunda. Karena usia ini masih rawan. Biasanya dokter ngasi obat penguat. Tapi kuncinya di: konsul ke dokter.

- Catatan: selalu konsultasikan kondisi yang tidak biasa ke dokter ya, ini untuk amannya,untuk menjaga supaya tidak ada komplikasi kondisi.

USG

USG memang ada yang USG perut biasa, ada juga yang lewat transvaginal. Saya belum pernah ngalamin yang transvaginal (dimasukin alat ke miss V gitu ya), tapi so far USG biasa tidak ada masalah (artinya dokter tidak mengalami kesulitan untuk melihat perkembangan kandungan saya). Dua jenis USG itu tergantung dokternya bun, bila memang dokter kesulitan melihat dengan USG biasa, biasanya akan dilakukan transvaginal. Dokter lebih tau lah soal ini. Serahkan pada ahlinya saja.

MEMASUKI AWAL PERTUMBUHAN JANIN (AKHIR TRISEMESTER 1 : sekitar 10-16 minggu)

Biasanya mulai usia 8 minggu bunda akan melihat ada banyak tulisan singkatan yang ga dimengerti di hasil cetak USG, di forum ini juga pernah ada yang mengulas.

Bisa diklik aja di link ini oleh bunda CorayaDesti: https://ibuhamil.com/diskusi-umum/27...g-ni-bund.html

Dan bisa juga bunda pergunakan tabel ini (hasil googling dari forum ini juga) untuk memantau pertumbuhan bayi:


Untuk pertumbuhan berat badan, bisa gunakan kalkulator kehamilan, disitu udah ada lengkap bunda, jadi bisa memantau dengan lebih tenang. Ga usah dengerin kata-kata negatif dari orang lain ya, selama bunda punya patokan yang benar, dan dokter bilang semua baik, maka tidak ada yang perlu di kuatirkan.

Ohiya, saya juga join di BabyCenter | Homepage - Pregnancy, Baby, Toddler, Kids (tiap minggu dikasi tau perkembangan janin, bunda yang standar lewat email, dan banyak informasi lainnya, sangat bermanfaat)

MEMASUKI TRISEMESTER KEDUA (16 minggu – 24 minggu)

Ini memang masa-masa yang paling menyenangkan, karena bunda akan melihat perkembangan perut bunda yang mulai maju ke depan, hahahaha… bukankah itu yang ditunggu-tunggu? Pastinyaaaa…
Biasanya nih, yang morning sick akan mulai mengalami kondisi yang berangsur-angsur lebih baik, berkurang mual muntahnya, tapi ada juga yang masih lanjut. Normal, kok, normal. Jangan kuatir. Tetap dinikmati aja ya bun, tetap jaga asupan makan dan kesehatan, itu yang utama.

- Kok berat saya malah turun?
- Kok perut saya masih belum keliatan kayak orang hamil biasanya?
- Kok BB janin katanya kurang?
- Kok saya belum bisa merasakan gerakan janin?

Saya pernah ngobrol dengan salah satu bunda yang bercerita kalau dia sempat turun berat badannya (bukannya nambah layaknya orang hamil), saya tanya apakah dia mengalami morning sick? Dia jawab iya. Ya, bisa jadi itu penyebabnya. Sebaiknya saat konsul ke dokter tanyakan apakah perkembangan si janin normal? Bila normal, bunda tidak perlu khawatir, morning sick nanti pasti akan hilang seiring dengan waktu, dan memang butuh usaha ekstra untuk memilih asupan yang bisa mengurangi rasa mual ya bunda, mungkin makan buah, yang seger-seger gitu? Kudu ekstra putar otak memang. Sabar yaa… semua akan setimpal dengan kesehatan dedeknya kok.

Pertanyaan kedua, itu sering banget saya alami (biasanya yang komentar orang lain ke saya) kok kamu hamil yang gendut cuman perutnya, badan mu enggak, dan kamu ga keliatan kayak udah hamil sekian bulan. Dan sebagainya…. Hahahaha, ngeselin memang kadang. Tapi saya ga mau berlarut-larut dengan affirmasi negatif kayak gitu. Sekali lagi, bunda punya patokan tabel perkembangan janin dan bunda, kalo dari tabel itu kondisi bunda dan janin masih masuk standar rata-rata sih ga masalah. Ga usah hiraukan kata orang, toh mereka hanya melihat dari luarnya aja. Saya memang ga hamil pun cenderung kurus dan tinggi langsing hahahhaha *jangan dijitak yaaa*. Bahkan saya pernah baca kalo ibu yang memiliki torso panjang, cenderung punya ruang yang cukup untuk bayi, jadi si bunda melarnya ga banyak. Intinya, don’t worry, yang penting punya patokan itu tadi.

Kalo menurut dokter BB janin masih kurang, jangan kuatir, biasanya dokter selalu kasi suplemen vitamin. Mungkin bunda juga harus koreksi asupan makanan, porsinya juga.

Oya, biasanya janin udah mulai terasa gerakan seperti denyutan-denyutan, di usia kehamilan 15 minggu ke atas… saya kalo ga salah inget sih mulai umur 16 minggu udah mulai merasakan denyutan halus gitu bun. Dan jangan khawatir kalo ada yang belum bisa merasakan, mendingan USG aja dan tanyakan ke dokter apa dia gerak? Kadang ada yang katanya kulit perut bundanya tebal, jadi agak terlambat mengenali gerakan bayi.

Saya pernah pas umur 18 minggu panik karena gerakan janin agak berkurang, sampe dokter mau diketawain sama dokter.
Katanya wajar kalo sebelum umur 20 minggu kadang gerakan bayi kerasa kadang enggak. Hehehe… gampang parno.
Ya, usia 20 minggu ke atas, kita akan mulai merasakan peningkatan intensitas gerakan bayi.

TRISEMESTER KE 3

Inilah masa-masa yang paling dinantikan para bumil. Menuju ke kelahiran si bayi… Biasanya bunda ada yang semakin merasa gampang capek di punggung, kaki, dan sebagainya, susah tidur dengan posisi yang biasanya.

Saya juga ngalamin, makin bertambah UK, makin gampang pegel punggung, ya wajarlah, karena tubuh kita menopang perut yang juga makin besar seiring dengan pertumbuhan dedek bayi. Mintalah pijatan-pijatan ke suami saat menjelang tidur. Gerakan dedek bayi juga semakin kayak pemain bola profesional, hhahahaha…. Tapi itu sangat menyenangkan, sensasi disikut, ditendang, kadang kita tidur, si bayinya malah tetap gerak-gerak.. hehehe gapapa itu. Sering-sering ajak ngobrol dedeknya juga ya bunda. Beri affirmasi yang positif ke dedeknya.
Kalo saya seringnya bilang ke dedek, supaya nanti pas dedek udah siap lairan, posisi dedek yang bagus ya, kepalanya masuk panggul, biar mudah lairnya, biar bisa lairan normal. Dan sebagainya. Hehehe kembali ke bunda masing-masing. Insya Allah dedeknya mendengarkan.

- Apakah rumput fatimah aman? (saya pernah baca pengalaman di forum ini ada yang dedeknya ga kuat dan akhirnya ga tertolong bun, so… sebaiknya jangan menggunakan sesuatu yang belum jelas tanpa konsultasi dokter) ini link yang pernah saya baca di forum ini: https://ibuhamil.com/ngobrol-apa-saj...ersalinan.html

- Apakah minum obat yang dijual bebas itu aman untuk bumil? (meminimalisir obat-obatan lebih baik bunda, apalagi ga semua obat aman untuk ibu hamil. Jangan ambil resiko minum obat sembarangan tanpa konsultasi dokter ya)

Biasanya di usia 34 minggu posisi dedek bayi udah mulai menetap, yang bagus sih kepala di bawah, ini untuk memudahkan persalinan normal. Apabila memang ada yang posisinya masih belum normal, silakan dipantau melalui konsultasi medis dengan dokter, beliau yang akan memberi saran apakah sebaiknya lahir normal atau harus SC.

Nah, saya baru bisa kasi rangkuman sampai sini… soalnya saya juga masih 34 minggu.. belum ada pengalaman melahirkan seperti apa. Nanti kita sambung lagi.

Maaf kalo kepanjangan, dan ini sifatnya hanya rangkuman saja. Semoga bermanfaat.
@Salam kenal Bunda.. Waah.. bermanfaat bgt tread nya.. Makasi ya bunda..
 
  #5  
Old
laurel...   TS 
 
Posts: 192
 
salam kenal juga bunda Iis dan bunda Raline... lagi pada UK brp minggu ni?

---------- Post added at 19:17 ---------- Previous post was at 19:07 ----------

Replying to: View Post
Sepertinya bunda suka skali mengamati setiap thread disini yahhh...
Heeheheeee...

Tapi bagus juga bunda...daripada mengulang2 thread dgn topik yag sama...mending searching trus dibikin rangkuman.
Bagusss menurutku bund
hihi... iya bun, kalo udah buka laptop, pasti gatel kalo ga mampir ke forum ini, sambil baca-baca pengalaman baru. salam kenal ya bunda Farihah..
 
  #6  
Old
Fariha...
 
Location: Makassar
Posts: 831
 
Replying to: View Post
hihi... iya bun, kalo udah buka laptop, pasti gatel kalo ga mampir ke forum ini, sambil baca-baca pengalaman baru. salam kenal ya bunda Farihah..

Salam kenal kembali bund...
 
  #7  
Old
iis de...
 
Location: jakarta
Posts: 529
 
Replying to: View Post
salam kenal juga bunda Iis dan bunda Raline... lagi pada UK brp minggu ni?

---------- Post added at 19:17 ---------- Previous post was at 19:07 ----------



hihi... iya bun, kalo udah buka laptop, pasti gatel kalo ga mampir ke forum ini, sambil baca-baca pengalaman baru. salam kenal ya bunda Farihah..
UK 16w4d bun
 
  #8  
Old
laurel...   TS 
 
Posts: 192
 
Waaah lagi seneng-senengnya ini bunda Iis... pas dedeknya lagi mulai kerasa denyutan gerakannya... hihihi... moga-moga sehat terus ya bun....
 
  #9  
Old
rishal...
 
Posts: 268
 
Good idea bund
 
  #10  
Old
Chacha...
 
Location: Tangerang
Posts: 84
 
salam kenal bunda2, ikut nimbrung bolehh?
 
  #11  
Old
laurel...   TS 
 
Posts: 192
 
Replying to: View Post
Good idea bund
pengen share aja bun.... sama-sama menimba pengalaman satu sama lain

---------- Post added at 08:25 ---------- Previous post was at 08:24 ----------

Replying to: View Post
salam kenal bunda2, ikut nimbrung bolehh?
Boleh dong bunda Chacha... itu avatarnya dedeknya yang nomer berapa bun?
 
  #12  
Old
Nia Ku...
 
Location: Semarang
Posts: 42
 
yang tau yang tau yang tau.....
yang lagi galau, yang lagi bingung ayoh kesini


nice info bund
 
  #13  
Old
Fariha...
 
Location: Makassar
Posts: 831
 
Replying to: View Post
Good idea bund
BunRish... ketemu disini
Bunda gak pernah nengokin grup lagi yah??
 
  #14  
Old
yokona...
 
Location: Semarang
Posts: 41
 
keren Bund...
pasti dedeknya jg pinter kayak bundanya....
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Buku Panduan Cepat Hamil -- Diskusi Umum 7
panduan hamil muda -- Diskusi Umum 1
Buku Panduan Cepat Hamil -- Area Promosi 1
Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil -- Area Promosi 0
Buku panduan lengkap ibu hamil -- Area Promosi 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 17:44.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com