Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Niken ...   TS 
 
Location: Jakarta timur
Posts: 293
Smile Jenis - Jenis USG

Hi Bunda,

Ada yang mau aq tanyakan niy, apa ya perbedaan USG di perut sama USG lewat Vagina, dan perbedaan serta kegunaannya apa saja?
Karena aq biasanya diperiksa sama dokter kandunganku USG nya lewat atas perut, sedangkan aq denger temen ku cerita saat pemeriksaan bayinya dia USG nya lewat Vagina.
Apa yang membuat membedakannya ya ? dan kekurangan serta kelebihan dari masing tipe USG itu apa. Mohon share infonya ya bu, Terimakasih

 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
KikiMu...
 
Posts: 600
 
Setau ku bund usg lwt vagina itu dipke dokter klo mau liat keadaan sel telur kt (ukurannya) mk nya sering digunain sma wanita yg lg promil...
Slain itu jg dipke buat usg klo usia kehamilan msh muda.. Coz klo make usg yg dperut klo uk msh muda kmungkinan besar ga bkl kelihatan...

Gitu bund yg aku tau..
 
  #3  
Old
Niken ...   TS 
 
Location: Jakarta timur
Posts: 293
 
Bunda thanks untuk infonya, iya aq cuma agak bingung sama dokter kandungan yang aq datangi untuk periksa kenapa saat itu aq ukuran 7 week tapi tidak menggunakan USG lewat Vagina, tetapi lewat perut biasa. Jadi aq agak ragu dengan dokterku. Btw bunda gimana pas periksa pertama kali di USG nya lewat mana perut atau Vagina ?
 
  #4  
Old
KikiMu...
 
Posts: 600
 
Lwt perut jg bund.. Dan emg ga keliatan krn msh 6w kmren pas usg..
Sblum nya emg ga tau bund aku ny dg usg lwt vagina itu.. Mk nya pas di blg dokter blm keliatan baby nya (baru kantung khamilannya) aku mangguk2 aja.. Ga tau klo pke usg vagina kan bisa...
 
  #5  
Old
laurel...
 
Posts: 192
 
setauku sih kalo yg lewat transvaginal itu kalo dalam kasus USG perut ga terlihat jelas. tapi selama terlihat jelas, ya ga perlu transvaginal. untungnya aku dari awal program hamil ga perlu pake USG transvaginal, apa enaknya coba alat dimasukin ke kelamin kita?

aku dulu promil sama dokter di cek ukuran sel telur pake USG perut biasa, dan alatnya bisa ngukur apa sel telurku normal ato enggak.

ada juga aku pernah denger transvaginal dipake kalo pas misalnya USG biasa rahimnya itu ketutupan lemak (kurang lebih yg aku tau kyk gitu).
ada juga sepupu ku, dia belum hamil,cuman pernah abis HB sama suami dia ngerasa nyeri, trus dia di USG transvaginal gitu,dan ternyata ada infeksi di saluran sel telurnya yang bagian kiri.

oya, kalo 6 minggu baru keliatan kantung rahimnya itu biasa, jadi bukan karena salah dokter ga pake USg transvaginal.
banyak juga bunda yang sampe umur 8 atau 9 minggu masih blm keliatan janin. itu memang kemungkinan ada masalah pertumbuhan janin. Tapi sebagian di minggu berikutnya udah nampak embrio janin, tapi ada juga yang karena blight ovum atau janin gagal berkembang.

tapi jangan kuatir bun,aku dulu pun 6 minggu masih berupa kantung rahim, trus pas 8 minggu kontrol, dedeknya udh mulai keliatan.
 
  #6  
Old
Niken ...   TS 
 
Location: Jakarta timur
Posts: 293
 
Pagi bunda, wah sekarang saya jd jelas dan lebih ngrti mengenai perbedaan usg. Jd da ga khawatir lg deh makasi bunda atas infonya...
 
  #7  
Old
Zhava...
 
Posts: 177
 
Bun bun,, kalo aku skrg udah 12w ni.. Dua minggu lalu (10w) cuma periksa sama bidan aja, karena dokter kandungan lagi ga jadwalnya praktek. Tar suruh balik lagi hari rabu nanti (cek ke spog). Pengennya USG jg biar ketahuan gmn kondisi debaynya. Usia kehamilan segitu bagus pake usg apa ya bun? Transvaginal sakit ga ya?

Trims sarannya bunda...
 
  #8  
Old
Niken ...   TS 
 
Location: Jakarta timur
Posts: 293
 
Wah klo itu bukan dari kita bunda yang tentuin. Yg tentuin dr dokter kandugan bunda nanti. Yah lbh baik seh klo dokter tidak suruh usg transvaginal lbh baik usg lewat perut biasa aja bunda kan sama hasilnya lebih nyaman jg dibunda.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Jenis Kelamin Bayi -- Ngobrol Apa Saja 2
mengetahui jenis kelamin di uk brp? -- Diskusi Umum 13
waktu KB yg tepat & jenis nya?!.... -- Diskusi Umum 2
usg 21w jenis kelamin udh ketauan :) -- Diskusi Umum 10
Jenis- Jenis Kontraksi yang perlu bunda tau ;) -- Diskusi Umum 4


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:31.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com