Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Milaty...   TS 
 
Posts: 146
Default Sedikit tips bagi bunda yg suka menduga2 hamil atau nggak ya?

Hasil gugling pagi tadi..hehe smoga mmbantu yaa bundaa...

Kuis: apakah saya hamil?

Jika Anda mulai bertanya-tanya, "Apakah saya hamil?" maka hal yang paling tepat dilakukan adalah melakukan tes kehamilan pada saat haid diperkirakan tiba.*

Tetapi jika Anda 'curiga' kalau Anda benar-benar hamil--tapi ragu untuk melakukan tes (atau mungkin masih terlalu dini untuk melakukan tes), coba ikuti kuis seru-seruan "Apakah Saya Hamil?" di bawah ini.*

Jika Anda mengikuti kuis ini, apa pun hasilnya, jika Anda memang yakin kalau hamil, sangatlah penting untuk melakukan tes kehamilan untuk memastikan. Kebanyakan alat tes kehamilan akan memberikan hasil akurat jika digunakan beberapa hari sebelum waktu haid tiba. Anda bisa membelinya di apotek terdekat.*

Untuk mengisi kuis, tulis jawaban Anda (A, B, atau C) pada selembar kertas dan hitung hasilnya berdasarkan tabel penilaian yang ada di bawah artikel.

Q1 - Kapan Jadwal Haid Anda Berikutnya?

A*Dua minggu lagi (atau lebih)
B*Dalam beberapa hari ke depan
C*Saya sudah 'telat' beberapa hari
D*Biasanya haid terlambat--seminggu bahkan lebih

Catatan:

A*Jika jadwal haid berikutnya masih dua minggu lagi, Anda mungkin baru akan mendekati masa subur. Banyak wanita mengalami kelelahan dan perut kembung saat masa subur. Tunggu sampai jadwal haid tiba, kemudian lakukan tes kehamilan jika Anda masih berpikir kalau Anda hamil.

B*Beberapa tanda kehamilan dan gejala pra-menstruasi memiliki kesamaan, jadi jika Anda tidak sabar menunggu jadwal haid untuk melakukan tes, cobalah alat tes kehamilan yang lebih sensitif (dengan*rating*20 IU/l atau kurang dari itu). Biasanya alat ini lebih mahal.

C*Jika siklus haid Anda teratur, kemungkinan besar Anda memang hamil. Tetapi ada banyak faktor yang bisa membuat haid terlambat selain kehamilan. Lakukan tes kehamilan segera.

D*Jika haid sering terlambat, tak ada salahnya melakukan tes kehamilan dan jika hasilnya *negatif, temui dokter Anda untuk mengetahui penyebabnya.

Q2 -*Apa kabar payudara Anda?

A Normal
B*Sedikit terasa lunak
C*Bengkak sekali
D*Saya merasakan B dan C

Catatan:

A*Kebanyakan (tapi tidak semua) wanita mengalami nyeri payudara pada awal kehamilan, tetapi, tidak mengalami perubahan pada payudara bukan berarti Anda tidak hamil.

B, C & D*Nyeri pada payudara umum dirasakan sebagai tanda awal kehamilan. Tetapi banyak wanita mengalami hal yang sama saat masa subur dan pra-menstruasi. Tetapi jika perubahan payudara terasa berbeda dari biasanya, ini mungkin tanda awal kehamilan.

Q3 -*Apakah Anda Merasa Lelah?

A*Tidak sama sekali
B*Sekali atau dua kali
C*Saya merasa lelah sekali saat malam tiba
D*Saya merasa lelah sepanjang hari

Catatan:

A Most (but not all) women experience tiredness in early pregnancy; however, not experiencing any fatigue does not mean you are definitely not pregnant.

B, C & D Tiredness is a very common sign of early pregnancy. There's lots of reasons for feeling tired of course, but if it is possible for you to be pregnant and you have other symptoms, suddenly feeling very tired may have some significance. If you're really exhausted - get plenty of rest. Pregnant or not, that's bound to help.

Q4 - Anda Merasa Mual?

A*Tidak
B*Kadang-kadang
C*Kadang saya merasa mual tetapi rasa itu hilang begitu saya makan sesuatu
D*Saya berulang kali muntah dan saya merasa mual sepanjang hari

Catatan:

A*Walaupun mayoritas wanita hamil berkata mereka merasa mual pada awal kehamilan, beberapa tidak mengalaminya sama sekali. Tidak mual bukan berarti tidak hamil.

B, C & D*Mual adalah gejawal umum awal kehamilan--tapi bisa juga berarti kondisi lain. Ada banyak penyebab mual, tetapi jika Anda hamil dan mengalami tanda awal kehamilan lain, mendadak merasa mual (terutama jika berulang selama beberapa hari) mungkin berarti sesuatu.

Q5 -*Suasana Hati Berubah-ubah Dengan Cepat?

A*Tidak
B*Ya, sedikit
C*Ya, terasa sekali perubahannya
D*Saya bisa menangis lalu tiba-tiba merasa bahagia dan tertawa

Catatan:

A*Hormon kehamilan memiliki dampak berbeda bagi tiap individu. Jika Anda bukan tipe orang yang emosional, bukan berarti Anda tidak hamil

B, C & D*Hormon kehamilan membawa efek berbeda untuk tiap wanita tetapi mengalami perubahan suasana hati sangatlah wajar saat awal kehamilan. Tentu saja ini sering terjadi pada masa pra-menstruasi. Jika Anda merasakan perubahan yang terjadi sedikit berlebihan dan mengalami gejala awal kehamilan lainnya, tunggu sampai perkiraan waktu haid tiba dan lakukan tes kehamilan. Ada banyak alasan yang bisa memicu perubahan suasana hati, jadi jika kehamilan bukan penyebabnya, dan perubahan tersebut mulai mengkhawatirkan Anda, temui dokter dan tanyakan apakah ada masalah hormonal atau penyebab lain.

Q6 -*Apakah Anda Lebih Sering Berkemih?

A*Tidak
B*Sedikit lebih sering dari biasanya
C*Ya, saya pasti terbangun satu kali di malam hari untuk berkemih
D*Tentu! Sepertinya saya terus menerus ada di kamar mandi

Catatan:

A*Hormon kehamilan memiliki dampak berbeda bagi tiap individu. Jika Anda tidak mengalami perubahan jadwal berkemih, bukan berarti Anda tidak hamil

B, C & D*Sering berkemih adalah gejala awal kehamilan. Tentu saja penyebabnya banyak--termasuk Infeksi Saluran Kencing (ISK) atau penyakit lainnya. Jika ini gejala utama yang di rasakan dan Anda tidak mengalami gejala awal kehamilan lainnya, temui dokter Anda. Jika tidak ada penyebab lainnya, lakukan tes kehamilan jika Anda masih berpikir kalau Anda hamil.*

Q7 - Apakah Anda Tiba-tiba Mengidam Jenis Makanan Tertentu atau Seperti Ada Rasa Besi di Dalam Mulut?

A*Tidak
B*Saya tiba-tiba ingin makanan yang tidak biasanya saya konsumsi
C*Saya merasakan hal aneh dalam mulut--bisa dideskripsikan seperti rasa besi
D*Saya merasakan B & C

Catatan:

A*Kedua hal tersebut bisa saja merupakan gejala awal kehamilan tetapi tidak semua wanita hamil mengalaminya

B*Mengidam makanan tertentu mungkin psikosomatis--di mana saat Anda berpikir Anda hamil, secara tidak sadar Anda lantas merasakan gejala kehamilan--tapi bisa jadi hal tersebut memang tanda awal kehamilan. Ada beberapa pendapat bahwa defisiensi zat gizi tertentu adalah penyebab dari*ngidam*saat hamil; jadi jika Anda berpikir Anda sedang hamil, pastikan Anda mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar serta produk dairi dan daging merah tanpa lemak. Jika Anda ragu, silakan mengonsumsi multivitamin khusus wanita hamil.

C*Rasa aneh seperti besi yang Anda bilang terasa di mulut adalah gejala umum kehamilan tetapi jika ini gejala tunggal, bukan berarti Anda hamil. Tak ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini ataupun mengenai perubahan rasa makanan yang dialami wanita hamil, tetapi hal tersebut seringkali baru berakhir setelah melahirkan.

Q8 - Apakah Cairan Vagina Mengalami Perubahan?

A*Saya tidak lihat ada perubahan
B*Cairan vagina saya terlihat tipis dan lentur
C*Cairan vagina lebih kental dari biasanya
D*Cairan lebih kental dan lebih banyak dari biasanya

Catatan:

A*Perubahan tekstur cairan vagina adalah salah satu tanda awal kehamilan tetapi perubahan seringkali tidak terpantau jika Anda tidak terbiasa memeriksanya--dan tidak terjadinya perubahan bukan berarti Anda tidak hamil.

B*Cairan vagina yang tipis dan lentur, terutama jika bening atau sedikit mirip dengan putih telur, menandakan Anda sedang dalam masa subur. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, ini saat yang tepat untuk melakukan hubungan intim--tapi cek kalender haid Anda dulu dan perhatikan apakah ada gejala masa subur lainnya.

C & D*Salah satu tanda awal kehamilan adalah menebalnya cairan serviks--yang biasanya juga keluar dalam jumlah banyak. Tetapi ada banyak alasan mengapa cairan serviks mengalami perubahan sepanjang siklus wanita jadi jika ini adalah satu-satunya gejala yang Anda rasakan, Anda belum tentu hamil.

Q9 - Apakah Anda Mengalami Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi atau Mungkin Sering Mimisan?

A*Tidak keduanya
B*Ya, saya mengalami gusi berdarah
C*Ya, saya mengalami mimisan
D*Ya, saya mengalami B & C

Catatan:

A*Kehamilan bisa meningkatkan sensitivitas selaput lendir pada wanita. Tetapi jika Anda tidak mengalami kedua hal di atas, bukan berarti Anda tidak hamil.

B*Gusi berdarah umum terjadi pada masa kehamilan karena perubahan hormon meningkatkan sensitivitas selaput lendir. Tetapi gusi berdarah tidak hanya disebabkan oleh kehamilan. Hamil atau tidak, kondisi ini harus diperiksakan ke dokter gigi. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat halus tetapi jangan berhenti menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi--dan jika dokter menyarankan untuk rontgen, katakan padanya kalau Anda mungkin sedang hamil.

C*Mimisan wajar terjadi saat hamil karena perubahan hormon meningkatkan sensitivitas selaput lendir. Tapi kehamilan bukan alasan satu-satunya terjadi mimisan.*

D*Kedua hal di atas umum dirasakan wanita hamil*karena perubahan hormon meningkatkan sensitivitas selaput lendir. Anda mungkin hamil--tetapi penyebab kedua hal ini terjadi tidak hanya kehamilan. Hamil atau tidak, periksakan gusi berdarah Anda ke dokter gigi.*Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat halus tetapi jangan berhenti menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi--dan jika dokter menyarankan untuk rontgen, katakan padanya kalau Anda mungkin sedang hamil.

Q10 - Apakah Belakangan Anda Merasakan Sakit Kepala Lebih Dari Biasanya?

A*Tidak
B*Saya mengalaminya sekali atau dua kali
C*Saya rutin mengalaminya
D*Saya sakit kepala setiap hari

Catatan:

A*Bukanlah hal baru jika Anda mengalami sakit kepala saat hamil, terutama pada trimester pertama. Dan jika sebelumnya Anda sudah cukup menderita karenanya, kehamilan bisa memperburuk kondisi tersebut.

B, C & D*Sakit kepala saat trimester pertama kehamilan sangatlah wajar dan banyak ahli mengatakan bahwa penyebabnya adalah perubahan pada sirkulasi darah dan kadar hormon--serta kelelahan. Sakit kepala bisa dipicu oleh hal lain juga jadi gejala ini bukan berarti Anda mutlak hamil.

HASIL

Kebanyakan A / 0-11

Anda tidak terlalu banyak mengalami tanda kehamilan. Ingat bahwa banyak gejala awal kehamilan butuh waktu sampai Anda bisa merasakannya--dan banyak wanita bahkan tidak merasakannya sama sekali. Lihat perubahannya saat mendekati waktu haid tiba.

Kebanyakan B / 12-23

Ada beberapa gejala kehamilan yang Anda rasakan tapi jangan lupa, ada kesamaan antara gejala awal kehamilan dan gejala pra-menstruasi. Tunggu dan lihat apa yang terjadi saat waktu haid tiba--jika sudah tidak sabar, lakukan tes kehamilan, walaupun jika terlalu dini dilakukan Anda akan mendapat hasil negatif

Kebanyakan C / 24-35

Anda mengalami cukup banyak gejala awal kehamilan. Gejala pra-menstruasi mungkin pemicunya; tapi tidak masalah juga jika Anda melakukan tes kehamilan. Semakin dekat tes kehamilan dilakukan dengan waktu perkiraan haid, semakin akurat hasilnya.

Kebanyakan D / 36+

Anda mengalami kebanyakan gejala awal kehamilan--tapi pra-menstruasi bisa jadi pemicunya, atau bahkan psikosomatis, jika Anda sangat ingin hamil--alam bawah sadar sering mengakali kita. Tunggu sampai waktu perkiraan haid tiba, lalu lakukan tes kehamilan. Jika Anda khawatir mengenai telat haid, temui dokter, karena banyak wanita tidak mendapat hasil positif dari tes kehamilan karena kadar hCG mereka terlalu rendah.

LEMBAR PENILAIAN

PERTANYAAN

1. Kapan waktu haid Anda berikutnya?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

2. Apa kabar payudara Anda?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

3. Apakah Anda sering merasa lelah?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

4. Anda merasa mual?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

5. Apakah suasana hati berubah-ubah dengan cepat?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

6. Apakah Anda lebih sering berkemih?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

7. Apakah Anda tiba-tiba mengidam jenis makanan tertentu atau seperti ada rasa besi di dalam mulut?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

8. Apakah cairan vagina mengalami perubahan?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

9. Apakah Anda mengalami gusi berdarah saat menggosok gigi atau mungkin, sering mimisan?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

10. Apakah belakangan Anda merasakan sakit kepala lebih dari biasanya?

A = 0

B = 1

C = 2

D = 3

Silahkan jumlah hasilnya..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
nit hi...
 
Location: Cikupa, Tangerang. Banjarnegara, Ja
Posts: 34
 
A ada 3
B ada 6
C ada 1. Mudah2an positif. Aamiin. Terimakasih bunda atas tipsnya.
 
  #3  
Old
ranie ...
 
Location: Medan
Posts: 1,535
 
Nice info bund

Smoga bs mnjawab thread ² yg bkaitan dgn hamil/tidak
 
  #4  
Old
Milaty...   TS 
 
Posts: 146
 
Yaa bundaa...smoga mmbntuu...........
 
  #5  
Old
jelita...
 
Posts: 192
 
A=2
B=5
C=2
D=1.. semoga beneran + ya allah,, amin,,
 
  #6  
Old
Sharre...
 
Location: Malang
Posts: 715
 
up up up bun......
pentinggg bget.....
 
UK 45 1L 3n
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Hamil atau nggak? -- Kenalan Yuk! 19
Bunda yg sdh berhasil promil bagi" tips nya dong bunda -- Diskusi Umum 1
bagi tips agar cepat hamil donk bunda -- Diskusi Umum 3
hamil atau nggak ya bunds? -- Diskusi Umum 2
Bagi tips sehat hamil muda dong para bunda bunda senior ?? -- Kenalan Yuk! 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 22:05.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com