Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #16  
Old
Frida ...
 
Location: Banjarmasin, Tasikmalaya
Posts: 426
 
bunda apri.... bener itu bun...
bunda junior....
Aku ceritain deh, hehe, maaf ya bunda apri aku numpang jawab di tritnya...

Aku asisten apoteker bun, tugasnya ngeracik obat dan meracik resep dari dokter, kalau apoteker itu bertanggung jawab atas semua yg terjadi di apotek.

Itu namanya Medical Representative biasa di panggil reps atau org awam bilangnya sales obat hehe... Dulu aku sempet kerja jd rep tp cuman bentar, abis capeee banget. Suami aku jg kerjanya reps, tp dia di perusahaan asing. Nah bedanya reps perusahaan asing sama dalam negeri/lokal tuh kalau yg lokal biasanya ada iming2 nya berupa uang, atau benda. Kalau perusahaan asing ngasih rewardnya simposium. Simposium itu semacam kuliah singkat untuk dokter. Jadi nambah ilmu juga buat dokternya. Soalnya di perusahaan asing dilarang memberikan reward berupa uang atau benda. Kecuali ya simposium itu tadi.

Ga semua dokter mau nerima iming2 yg dijanjikan reps, ada dokter yg idealis juga bunda. Contohnya dokter umum yg praktek di apotek tempat saya kerja kemaren. Beliau di tawarin macem2 asal mau pakai produknya, tp dia ga mau. Waktu itu kan ada yg nawarin obat buat vertigo (sakit kepala hebat) eh dokternya malah bilang gini : "nanti ya saya coba dulu obat kamu, kalau bagus saya rekomendasikan ke pasien saya"

Beliau memang gitu kok bunda, kalau obatnya bagus ya di pake, kalau jelek ya dia ga mau. Eh ternyata obat yg kemarin ditawarin bikin mual katanya. Ya beliau ga mau pake itu. Mau di tawarin iming2 sampe mau di kasih mobil juga ga mau, katanya dari dia jd dokter aja udah cukup kok, mobil juga udah punya, kalau mau ngasih ya bawa makanan aja tuh bagiin ke apotek apa ke perawat yg ada disini aja. Hehe...lumayan tuh sering dapet makanan gratis kalau di apotek.

Ada juga dokter yg memang matre. Aku kasi contoh ya, untuk 1obat yg kita tawarkan dokter itu minta 1jt per 3bulan. Nah berarti kalau untuk 3obat yg kita tawarkan, kita ngasih dokter itu 3jt per 3bulan rutin. Ada juga dokter yg minta di beliin mobil lah, hp lah, tanpa melihat apakah obat itu bagus atau tidak.

TAPI....GA SEMUA DOKTER DAN REPS ky gitu ya bunda, kan ada hitam pasti ada putih. Hal-hal ky gitu udah lama kok dari dulu. Gitu deh kalau aku ceritain semuanya panjang banget bunda. Pokoknya kita sebagai pasien positif thinking aja, cari dokter yg kompeten, dari situ kan kita bisa nilai sendiri apakah itu bagus atau enggak.

Gitu deh ceritanya
 
  #17  
Old
aprira...   TS 
 
Location: east jakarta
Posts: 1,753
 
gpp bunda frida.. Aq jg ikut nyimak ah, biar tmbh pngetahuan.. : D
ternyata ya bund.. Sampe ada yg segitu komersilnya, mgkn mrk2 itu pgn balik modal kali ya bund, secara katanya biaya pndidikan untk menjd seorang dktr itu ga sdkt..
 
  #18  
Old
Frida ...
 
Location: Banjarmasin, Tasikmalaya
Posts: 426
 
hehe...iya bunda, malah sampai benerin kaca spion mobil pun minta, katanya kalau ga di benerin obatnya ga bakal di resepin lagi. Haha...gitu deh, apalagi kalau di RS, biasanya di RS pemerintah, sampe perawatnya pun komersil. Aku dulu kan pernah kerja di apotek depan rumah sakit, uuuhhh uang panasnya bunda bikin geraaah hahaha....
 
  #19  
Old
junior...
 
Location: Depok
Posts: 67
 
bunda apri..... yach mau gmana lgi bund, Alhamdulillah babynya sech gak apa2 cuma jadi berbekas seperti penangkal petir gitu (kata org2)
mungkin karna bayinya gak mengalami apa2 ya gak terlalu nuntut juga ya bund....
sekarang anaknya udah 2 tahun bund... heeeeeeeee
 
GALAU Is GOD Always Listening And Understanding
  #20  
Old
aprira...   TS 
 
Location: east jakarta
Posts: 1,753
 
bunda Frida
y ampuun bundaa, smpe ke spion2? Iih ga asik bgt, menghalalkan segala cara bwt kbthn prbdinya, mudah2n qt smw trhndar dr org2 spt itu ya bund..
bunda Junior
hahaha.. Ad2 aj bund, jd ngbyngn bntuk penangkal petir, hehe.. Tp syukurlah bund kalo si de2nya ga knp2.. : )
 
  #21  
Old
challa...
 
Posts: 124
 
Wah gitu ya bun, aku jg pernah opname 3/4 hari abiz belasan juta. Kt susternya obatnya mahal, hrsnya minta yg generik coz efeknya sama aja. Padahal sakit maag aja..
Ku pikir sistem komisi klo dokter pakai resep itu.
 
  #22  
Old
ummiec...
 
Location: cibinong bogor
Posts: 127
 
Luar biasa y bunda2, masyarakat dan kita2 sudah makin kritis.. ini bagus untuk memperbaiki kinerja para Ahli Medis (dokter, perawat, bidan, apoteker dan asisten juga petugas laboratorium..)
 
  #23  
Old
aprira...   TS 
 
Location: east jakarta
Posts: 1,753
 
bunda Umie..
Iya bunda, skrg memang harus kritis.. Bwt antisipasi kalo ktm dktr2 smcm itu, Biar mslh trslsaikan,solusiny dpt,ga buang2 wkt,uang dn tenaga jg bwt cr scnd opinion : )
 
  #24  
Old
junior...
 
Location: Depok
Posts: 67
 
Bunda frida.....
iya bener bund memang seperti itu, yg lebih gila dan gagh nyangkanya lagi,, sampe ada yg minta dicariin wanita penghibur diri plus dibayarin, baru dweh mau dipake obatnya...
..
oo itu seringnya di RS pemerintah ya, mungkin karna bayarannya rendah x ya bund....
padahal kl ada ya bund obat flu itu hanya RP.5.000 rupiah
apa yg ada di dlm Otak tuh dokter2....
cuma bisa ngelus2 dada...
 
GALAU Is GOD Always Listening And Understanding
  #25  
Old
Frida ...
 
Location: Banjarmasin, Tasikmalaya
Posts: 426
 
iya bunda-bunda semuanya...
kalau kita di rawat di RS apalagi punya pemerintah biasanya mereka ga transparan. Pengalaman temen kerjaku adiknya di rawat, di suruh nebus injeksi ke apotek di luar RS, jumlahnya ada 5ampul. Dia inget udah berapa ampulnya di suntikan ke adiknya itu, pas udah mau pulang sisa dari injeksinya ga di kembalikan, ada sisa 2, harganya kan lumayan tuh, dia minta deh, eh susternya bilang habis, temenku nyolot, dia bilang "jgn bohong deh, total aku tebus 5amp, di suntikan baru 3amp kan? berarti sisa 2amp lagi dong? mana sisanya? mau saya retur, mahal itu harganya!!!" susternya malu, oh sebentar saya tanyakan dulu, di balikin deh sisanya.

Sebagian apotek kan bisa nerima retur bunda, apalagi yg di deket RS, bunda bisa tanya aja dulu ke apoteknya, yg ga bisa di retur biasanya salep, obat racikan dan obat yg ed atau rusak.

Kalau yg dirawat sampai belasan juta mungkin bunda dapat tindakan atau dapat injeksi mahal. Biasanya yg bikin bengkak sih biaya RSnya dan visit dokter. Dari dulu aku ga mau di rawat di RS, untung punya kenalan dokter, sekarang aja pas udah punya asuransi, hayu mau di rawat juga hehe,,,tp amit2 deh jgn sampai
Tapi kalau bunda merasa bisa di rawat di rumah minta aja, ga mau ke RS, kan ada tuh dokter yg kerjaannya sakit dikit main rujuk ke RS. Kalau bunda merasa memang ga kuat dan darurat mending ke RS aja di rawat.

Tapi ga semua orang kesehatan itu jahat, masih banyak yg baik. Walaupun mereka di jahatin terus
 
  #26  
Old
hanifa...
 
Location: Sragen, jawa tengah
Posts: 79
 
Dah lama gak OL nih, mau 8ikutan nimbrung juga.
Susahnya emang kita kalo kena malprkatek, mau nuntut percuma, ujung2nya bakalan masalah panjang.
Saya juga mau share pengalaman juga nih bund, pas melahirkan di sebuah RS milik pemerintah, ternyata kassa saat menjahit saya pasca melahirkan ketinggalan dalam 'maaf' vagina saya. Untungnya keluar sendiri pas sudah di rumah. saya sampe kaget, karena kassanya gede banget. Kassanya dipake untuk menahan pendarahan saya waktu habis melahirkan. Alhamdulillah, gakpapa. Sempet kepikiran mau nglabrak ke RSnya sie, tapi saya urungkan saja niat saya. Saya pikir saya masih ditolong sama yang di Atas.
 
  #27  
Old
aprira...   TS 
 
Location: east jakarta
Posts: 1,753
 
bunda Frida.. Wah trnyata msh bnyk lg kecurangan2 mrk ya bund? Tp asik jg nh bunda share smwny.. Biar qt smw tw gmana busuk2ny mrka..
bunda Hanifatul..
Bner bund, mw nuntut yg namanya RS psti qt kalah wlpn qt bnr, cz mrk pny sribu cra bwt bela diri d tmbh mrk pasti ngumpet d blkng pngcra2 hbt..
y Allah bund, serem jg ya.. Gmanapun jg itu kan 'aset' bunda, hehe.. Tp untglah ga knp2 ya bund, biar mrka dpt blsn ny nanti..
 
  #28  
Old
Frida ...
 
Location: Banjarmasin, Tasikmalaya
Posts: 426
 
iya bunda mau gimana lagi, satu orang baik pasti ada banyak orang jahatnya. Percaya aja toh yg jahat bakal ada balasannya kali ya...

Bunda Hanifatul...eewww...itu untung bisa keluar ya kassa nya, kalau enggak dan bunda ga tau, bisa busuk di perut tuh...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Apa aku korban malpraktik ya? :( -- Diskusi Umum 42


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:08.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com