Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
angie1...   TS 
 
Posts: 13
Default tips menghindari lahir prematur

Dear Bunda2...

Butuh saran nich supaya kita ga lahir prematur...
apa aja yg harus dilakuin ya..
Trus sebenernya bahaya ga sich lahir prematur itu...??

Karena aku sering denger kalo yang lahir prematur itu suka masuk inkubator or pasti ada perawatan intensif. Jadi ngeri...
Makanya apa yang harus kita lakuin ya supaya prematur ga kejadian...
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
nabilm...
 
Location: pemalang, jawa tengah
Posts: 1,363
 
lahir prematur adalah kelahiran sebelum cukup usia baby untuk di lahirkan sedangkan postmatur adalah keadaan bayi melebihi hari perkiraan. usia prematur yang di khawatirkan biasanya usia 24-32 minggu kalo lebih dari itu biasanya kemungkinan untuk hidup 90 persen. tapi semua itu di lihat dari kondisi bayinya jika berat badan badanya udah di atas 2,5 kilo udah aman unt hidup tapi kalo kurang ya kemungkinan hidupnya kecil. pengalaman temenku dia nglahirin prematur di usia kandungan 25 minggu dan bayinya 2,7 kilo tapi ttp bs hidup dan persalinanya mudah bgt cm di bidan aja.
tapi semua jangan terpatok sm teori, tidak jemu2 saya mengingatkan agar semua di pasrahkan sm yang memberi hidup.....
 
  #3  
Old
angie1...   TS 
 
Posts: 13
 
ooooooww...begitu toh bunda nabil...:-O
berarti mungkin tugas kita bikin gendut si dede aja ya...jadi kalo harus lahir prematur insya Allah aman ya...
Tapi sebenernya sebab lahir prematur itu apa ya bunda nabil..???
 
  #4  
Old
nabilm...
 
Location: pemalang, jawa tengah
Posts: 1,363
 
Bayi lahir premature karena beberapa factor, yaitu factor si ibu sendiri atau factor dari bayi itu sendiri. Ada beberapa kemungkinan bayi lahir premature karena factor ibu, antara lain karena ibu pernah keguguran atau melahirkan bayi lahir premature pada riwayat kelahiran sebelumnya. Kemungkinan lain, rahim bagian bawah ibu lemah sehingga rahim akan terbuka sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu. Infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan bayi lahir premature. Adapun factor dari bayi misalnya bayi tidak mengalami perkembangan selama di kandungan ibu. Bayi premature cenderung bermasalah karena semua organ tubuhnya belum matang. Kelainan yang biasa ditemukan antara lain : Perdarahan otak. Biasanya terjadi pada bayi lahir kurang dari 34 minggu. Perdarahan otak bisa menyebabkan bayi lahir premature kurang cerdas dibandingkan dengan anak normal.Sindrom gangguan pernafasanKelainan jantungKelainan UsusAnemiaInfeksiGangguan minum karena belum mampu mengisap.
 
  #5  
Old
angie1...   TS 
 
Posts: 13
 
Ooooooowwwhhh...begitu ya bunda Nabil...
Jadi nambah ilmu dech...hatur nuhuuuuuuuuunn sarannya ya...
 
  #6  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
aq dulu kehamilan pertama melahirkan prematur karena gejala PREKLAMPSIA, yaitu meningkatnya tekanan darah ibu pada bulan2 mendekati kelahiran. gejalanya: tekanan darah di atas normal (diatas 120), kaki/tangan/muka bengkak tidak wajar seperti pasien penyakit kaki gajah, adanya protein dalam urin. waktu itu tekanan darahku sampai 160..!
tekanan darah yg tinggi dapat menghambat asupan oksigen ke bayi sehingga dapat membahayakan keselamatan bayi. makanya aq waktu itu segera dioperasi caesar meskipun kandunganku baru berumur 32,5 minggu (belum sampai 33 minggu). berat bayiku waktu lahir 1,95 kg dengan panjang 40 cm...bisa dibayangkan betapa mungilnya bayiku..!!
tapi dengan tekad dan keyakinan yg kuat utk membesarkan buah hatiku, aq merawat sendiri bayiku tanpa campur-tangan orang lain (saudara sepupu yg membantuku di rumah setelah aq melahirkan hanya menangani masalah rumah tangga, bukan mengurus anakku). sesuai saran dokter, kamar tidurku kuatur supaya dalam kondisi hangat saat bayiku tidur (jendela dan pintu tertutup, hanya pakai ventilasi jendela utk pertukaran udara). aq rela 'basah kuyup' keringetan asal bayiku tidak kedinginan, karena bayi prematur lapisan lemak tubuhnya sangat sedikit sehingga lebih mudah kedinginan. bayiku juga kujauhkan dari tangan2 para tamu yg ingin memegangnya, utk menjaganya dari penyakit. aq juga melakukan pijat bayi karena bayi prematur memang sangat memerlukan sentuhan tangan ibunya utk membuatnya bertahan hidup. pokoknya aq benar2 merawat bayi prematurku sebaik2nya.
alhamdulillah, kerja kerasku berbuah hasil. kini anakku berumur 3 tahun, sangat lincah, lucu, dan pintar, sama seperti anak2 yg lahir normal. walaupun dulu setiap kali ke dokter anak, anakku disangka kurang gizi karena berat badannya yg tidak sesuai dengan usianya (tentu saja, karena anak prematur apalagi dg berat lahir rendah berbeda kenaikan berat badannya dari anak2 lahir normal), tapi alhamdulillah anakku lincah dan jarang sakit.
ini juga berkat ASI ekslusif.
 
  #7  
Old
angie1...   TS 
 
Posts: 13
 
Wooowww...5 jempol buat bunda kucik2...
Kalo perlu minjem jempol tetangga juga dech...
Salut banget atas perjuangannya...
Mudah2an aku ga akan ngerasain kaya gitu ya...
 
  #8  
Old
kucik2...
 
Location: jakarta
Posts: 2,049
 
makacih, makacih, bunda angie...! memang apapun itu sudah diatur sama Yang Maha Kuasa. biar gimanapun qt berusaha menjaga kandungan kita dg sebaik2nya, tetapi klo emang Tuhan udah berkehendak musti melahirkan prematur, ya qt harus siap bund.

kayak preklampsia itu, aq ga nyangka bakal kena preklampsia. padahal tiap bulan kontrol ke dokter tekanan darahku selalu normal.

tinggal gimana qt menyikapi skenario apa yg sudah disiapkan Tuhan buat qt. yg penting, qt jangan terpengaruh ma omongan orang yg mungkin malah akan mematahkan semangat qt (aq habis lahiran sampe diomongin gini: "wah..mudah2n ntar bayinya selamat ya, soalnya klo bayi prematur jarang yg bisa bertahan hidup..!" aq sampe nangis diomongin gitu.)

setiap tamu yg datang menengok, memandang pesimis padaku dan bayiku. mungkin mereka mikir: "apa iya, dia yg baru pertama kali melahirkan bisa merawat bayi prematur?" "apa iya ntar bayinya bisa bertahan? kecil begitu.."
sampe2 anak tetangga melongo melihat bayiku, nyeletuk ke ibunya: "Bu, itu apa? kayak anak kucing..!"

benar2 sebuah perjuangan penuh kesabaran n ketabahan bund. hanya instingku sebagai ibulah yg membuatku berhasil melalui kesulitan2 merawat dan membesarkan bayi prematurku...

tapi kini semua orang dapat berkata: "Wah, alia sekarang udah gemuk ya! hebat bundanya...ga nyangka..!"

hehe..bukannya nyombong, tapi emang begitulah adanya.

so, buat bunda2 lainnya juga, jangan menyerah, apapun yg terjadi dg bayi kita kelak. karena hanya sentuhan dan kasih sayang ibulah yg akan membuat seorang bayi bertahan..
 
  #9  
Old
Nadya ...
 
Posts: 2
 
aku dulu juga lahir prematur.BB cuma 1,8 kilo.kata ibu cuma segede botol kecap.tapi alhamdulillah sekarang normal2 aja.memang badanku cenderung mungil,tapi itu juga faktor keturunan karena bapak-ibuku juga berbadan mungil.tapi ada koq temenku yang dulu waktu bayi juga prematur tapi sekarang berbadan subur.
sekedar masukan aja,kalo bisa ASI eksklusif,bun.setelah aku besar aku bener2 ngerasai manfaatnya.sampe usia 24 tahun ini aku sama sekali belum pernah sakit parah apalagi sampe dirawat di RS.ASI bisa memperkuat sistem imun,bun.anak jadi g gampang tertular penyakit.
 
  #10  
Old
lasapa...
 
Posts: 178
 
Ngenes baca yg blg kl lahir prematur mana bs bertahan hidup dll dll itu. Krn aq sendiri lahir prematur dgn berat cm 1,8kg. Dan waktu itu hrus di inkubator kata mamaq. Tp alhamdulillah aq sehat smpe skg dan lg hamil 25weeks. Bdanku jg besar kok,ga kyk apa kata org2 kecil lah, penyakitan lah , dll dll itu. Jd bunda yg lahiran prematur jgn ptah arang ya
 
  #11  
Old
Zafrin...
 
Posts: 2
Default selamaat

selamat buuun. semoga baby nya sehat-sehat saja ya
 
  #12  
Old
wega a...
 
Posts: 44
 
Salut aama bunda kucik 😁 kasih jempol 👍👍👍👍👍👍👍 aq aja pas abis lahiran prematur sangat sedih ky ksamber gledek siang hari aq cuma berdua wktu anak ku d inkobator anak ku 2 duanya prematur dan smua di ambil allah anak ke dua ku lahir berat bdn 1.8 kg pnjng 40 cm di inkobator berrahan 14 hari dan dia pergi slamanya 😿 aq skrg blm hamil masih kebayang ke dua putraku wktu hamil k dua aq sempet kena cacar air usia kndungan 3 bln aq pkir ga akan terjadi apa apa
Ternyata .😭😭
Mungkin tuhan blm ksih aq kpercayaan
 
  #13  
Old
BundaS...
 
Posts: 79
 
bunda bunda, aku punya info tips kehamilan nih, mungkin ada info yang bisa membantu bunda semuaa...
 
  #14  
Old
rini s...
 
Posts: 14
 
yang penting fikiran bunda tetap santai..jangan terlalu banyak fikiran..mungkin dengan meditasi atau yoga bagus untk calon debay
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Ari2 nutup jalan lahir...ada yg bisa share? -- Diskusi Umum 18
enggak bisa menghindari es n asem.. -- Ngobrol Apa Saja 1
Alhamdulilah telah lahir :) -- Diskusi Umum 12
bayi belum masuk ke jalan lahir -- Diskusi Umum 9
tips biar tidur nyenyak apa y? -- Diskusi Umum 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 08:47.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com