Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Carlis...   TS 
 
Location: Bali
Posts: 117
Exclamation Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Bayi

Semua orang tau bahwa rokok sangatlah berbahaya, baik bagi perokok maupun orang lain yang berada di sekitar mereka (perokok pasif). Asap rokok membawa banyak kerugian, termasuk pada bayi. Namun tak banyak yang tahu secara rinci tentang hal ini. Apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan? Simak uraian berikut yuuuk...

Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Bayi

Bahaya rokok memang bisa mengancam siapa saja. Tak hanya orang dewasa, bayi pun bisa terkena dampaknya. Sebuah penelitian mengungkap paparan asap rokok dapat meningkatkan resiko bayi terkena berbagai macam penyakit. Resiko tersebut bahkan lebih tinggi dari yang banyak orang duga sebelumnya. Berikut contohnya:

Pilek dan Batuk

Ini merupakan beberapa dampak paparan asap rokok bagi kesehatan bayi. Saat bayi menghirup asap, ia akan beresiko terkena pilek dan batuk. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jauhkan bayi dari paparan asap bila berada di tempat umum atau di rumah saat sang ayah atau saudara sedang merokok.

Bronkitis dan Pneumonia

Bronkitis merupakan penyakit dimana cabang tenggorok meradang dan ini kerap menimpa para perokok. Jika bayi terkena asap rokok, maka resiko terkena bronkitis bisa sama besarnya dengan perokok aktif.

Begitupun dengan Pneumonia atau radang paru-paru. Bayi yang terkena paparan asap rokok secara terus-menerus akan beresiko terkena peradangan akibat adanya zat-zat kimia yang dikandung oleh asap tersebut.

Gangguan Pendengaran

Tak mau bayi anda mengalami gangguan pendengaran sejak kecil dan terbawa hingga dewasa kan? Bila iya, maka segeralah selamatkan mereka dari bahaya paparan asap rokok karena dampaknya bisa mengurangi kemampuan mendengar seseorang.

Bila anda juga merupakan seorang perokok aktif, maka hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga karena sebagai ibu anda akan lebih intens mengasuh dan berkomunikasi dengan bayi anda. Berhenti merokok tentu jauh lebih mudah dibandingkan dengan merelakan anak anda terkena dampak asapnya, bukan?

Sumber Artikel

Baca juga artikel inspiratif lainnya




 
Thread lain yang berhubungan:
Jual Teether Untuk Bayi Tumbuh Gigi Dengan Desain Unik Berupa Gelang, Kalung dan Pendant Untuk Dipakai Bunda
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)

Tags
bahaya rokok, batuk, bronkitis, pilek, pneumonia


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Seminar Online Kesehatan: Bahaya Mengkonsumsi Alkohol saat Hamil. GRATIS! -- Diskusi Umum 0
asap?rokok? -- Ngobrol Apa Saja 2
Asap rokok tak sengaja terhirup,bahaya ga ya bun -- Ngobrol Apa Saja 18
Tips Menjaga Kesehatan Bayi -- Ngobrol Apa Saja 2
yang program bayi kembar sharing disini yukk,bagi-bagi infonya... -- Ngobrol Apa Saja 6


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 00:52.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com