Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
vira7...   TS 
 
Posts: 69
Default pantangan makan buat para bunda yg memberikan ASI

buat para bunda yg lg menyusui atau calon bunda yg nntinya bakal ngasih ASI ke debaynya, ini bbrp info agar bayi kita tetap sehat sejahterasemoga bermanfaat bunda

Makanan yg dilarang selama memberikan ASI:

-Beberapa jenis ikan yang umumnya dapat mengandung logam berat merkuri dengan kadar yang tinggi, seperti ikan hiu, ikan makarel, ikan tuna yang dikonsumsi lebih dari 170 gram per minggu. Merkuri dapat merusak sistem saraf dan otak si Kecil dalam masa perkembangannya. Sebaiknya Ibu mengonsumsi ikan segar dan yang berukuran kecil.

-Pemanis buatan seperti sakarin dan aspartam

-Makanan dengan pengawet buatan

-Daging berlemak. Sebaiknya Ibu memotong lemak pada daging sebelum mengonsumsinya, karena lemak pada daging umumnya menyerap toksin atau racun.

-Kopi dan minuman serta makanan dengan kandungan kafein berlebihan. Ibu yang menyusui masih dapat mengonsumsi kopi 1 cangkir sehari. Namun sebagian bayi dapat mengalami gangguan kesehatan akibat kafein yang dikonsumsi Ibu diteruskan melalui ASI. Bila si Kecil menjadi lebih aktif, sukar tidur dan rewel karena mengalami kolik, sebaiknya Ibu menghindari minuman dan makanan yang mengandung kafein.

-Beberapa minuman herbal seperti teh dapat mengurangi produksi ASI. Bila Ibu menyukai minum teh hijau saat menyusui, pilihlah teh hijau dengan kandungan tanpa kefein dan dianjurkan untuk tidak minum secara berlebihan. Tidak semua teh harus dipantang saat Ibu memberikan ASI, karena ada beberapa jenis teh yang malah dapat membantu meningkatkan produksi ASI, seperti teh jahe, teh dengan kandungan echinacea serta oregano.

-Makanan pedas yang dikonsumsi Ibu dapat menyebabkan saluran cerna si Kecil terisi gas dan tidak nyaman.

-Makanan yang dikonsumsi Ibu dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk dan lemon mungkin dapat menyebabkan ruam popok pada si Kecil. Namun, Ibu tidak perlu pantang mengonsumsi vitamin. Amatilah perubahan dan gangguan pada si Kecil bila Ibu mengonsumsi lemon/jeruk lebih dulu sebelum Ibu memutuskan untuk menghindari mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

source: ibudanbalitra.com
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
momy r...
 
Location: surabaya
Posts: 162
 
bunda,bagus bgt threadnya...
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Pantangan Makan sewaktu ASI -- Diskusi Umum 2
salam kenal semua buat para bunda dan calon bunda -- Kenalan Yuk! 3
pantangan makanan buat bumil muda -- Diskusi Umum 3
[B][/B] pantangan buat yang lagi hamil muda -- Ngobrol Apa Saja 0
Gak muntah,,gak ada pantangan makan,, normalkah? -- Diskusi Umum 5


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 23:08.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com