Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
sherli...   TS 
 
Posts: 746
Default Bisakah pijat perut meningkatkan kesempatan hamil???

Pasangan yang sudah menginginkan kehadiran anak terkadang melakukan pemijatan perut agar bisa meningkatkan peluang hamil. Bisakah pijat meningkatkan kesempatan untuk hamil?

Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan pijat bisa meningkatkan kesuburan dan kesempatan kehamilan. Hanya ada satu studi yang menunjukkan bahwa pijat tangan pada tubuh seseorang bisa menurunkan tingkat kecemasan seseorang.

Stres dianggap sebagai pemicu susah hamil dan kemudian pijat dipilih untuk mengurangi stres. Secara teori jika stresnya berkurang maka dapat meningkatkan peluang seseorang untuk hamil.

Dikutip dari Babycenter, Senin (5/7/2010) seiring berjalannya waktu, stres yang dialami bisa menghambat seseorang untuk hamil.

Hal ini disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi dapat membuat pusat hormon di otak menjadi bingung. Akibatnya otak tidak bisa mengirimkan hormon-hormon reproduksi yang diperlukan untuk memberitahu ovarium agar melepaskan sel telur.

Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Neurosciences pada Januari 2004, peneliti memang tidak melihat efek dari pijat terhadap kesuburan. Tapi secara signifikan pijat memang bisa membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Pada studi ini pemijatan yang dilakukan selama 10 menit bisa menurunkan tingkat stres seseorang.

Selama ini pasangan kerap kali melakukan perawatan kesuburan yang mahal. Tapi jika memang tidak ada masalah pada produksi sperma, sel telur dan organ yang mempengaruhi kehamilan, maka tak ada salahnya sesekali melakukan pijatan yang bisa membuat tubuh menjadi rileks.

Meskipun belum ada bukti yang menunjukkan hubungan langsung antara pemijatan dengan kesuburan, namun pijat yang dilakukan dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan sehingga produksi hormon di dalam tubuhnya tidak terganggu.

http://health.detik.com/read/2010/07...41/1392860/764
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
csurya...
 
Posts: 253
 
Jd intinya g blh setress ya bund.. Sedangkan yg promil mau g mau pasti setres

Dari setres mnm obatnya , blm lg tata cara berhubungan suisnya,tatacara setelah suisnya..trs klo udahannya h2c blm lg klo kudu hsg, usg transv(bnyak yg msh horor ma trans V pdhl g pa2)

Jd gmn dunk?! Whhiihiiihhii

Pengalaman sppu yg 13 tahun g dikaruniai anak dan saya sendiri klo promil kudu siap mental dan materi.. Dan yg pling rebet adalah mental.. Kayaknya g mungkin orang lg promil g sutris, pdhl keberhasilan hamil kdng kudu g blh setres..

Nah.. Gmn tuh bunda2 ?
 
  #3  
Old
sherli...   TS 
 
Posts: 746
 
bener bunda kalau kita gak punya masalah dlam sistem reproduksi kita baik sel telur,sprma ataupun kondisi rahim kemungkinan besar penyebab kita gak kunjung hamil karna STRESS...
kayaknya bun kalau sudah mulai stress sebaiknya kita pijat tubuh untuk lebih releks,, karena menurut artikel diatas pijat bisa mengurangi stress
saya sendiri mengaku suka stress menghadapi promil
 
  #4  
Old
yesti...
 
Posts: 136
 
Share ya bun pengalaman aq,,
Klo aq sih pijat urut perut tu cm buat benerin posisi rahim/kandunganya bun,,

Bulan februari kmrin perut aq saki bgt,, n di bagian perut atas V aq tu keras n buat pipis jg sakit,,
Nah aq urut deh,,
Ternyata kandunganku trun,,
Trus di benerin tu sma tukang urutnya,,
Eh abis urut aq ƍªĸ mens2 trnyata aq hamil,,

Pdhal sblumnya aq klo berhubngan sma suami jg ƍªĸ hamil2 pdhal aq ƍªĸ KB bun,,

Akhirnya hamilah anak ke 2 tanpa di duga,,
Hehe,, pdahal yg anak pertama ja blum genap 2th,,
Tpi gpplah,,
Hehe,,

Gitu ªjª bun pengalaman aq,,
 
  #5  
Old
Vebby...
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Betul bund...kl pijat utk menghilangkan stres memang perlu..ky pijat capek, pijat spa...dsb...cm sebaiknya jgn memijat di bagian perut.
Aku jg dilarang dokterku utk pijat perut, apalagi saat ms subur...krn ovarium jg sdg produksi sel telur..dan msh byk lg resikonya.

Kl ada yg pijat perut trus bs hamil, menurutku mgkn emang udah wktunya mereka hamil... krn byk jg yg udah pijat perut brkali" tp ttp gak hamil".
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #6  
Old
ida jn...
 
Posts: 99
 
dari pengalaman teman ak udh setahun menikah blm dpt momongan suatu hr dia coba pijet diemak emak tukang pijet anggap aj dukun bayi. trus kata emaknya kandungan temenku agak geser gak pas jd dibenerin gitu. pas beberapa bln kemudian akhirnya temenku hamil dan skrg anaknya dah usia satu tahun
 
  #7  
Old
sherli...   TS 
 
Posts: 746
 
bunda yesti
bener bun ada sebagian orang setelah pijat perut berhasil hamil,,mungkin bukan karna pijatannya tapi emang udah waktunya hamil

bunda vebby
iya bun setuju bgt,,,aku juga kadang agak ngeri kalo dipijat takut salah pijat

bunda ida
hmmmmm.... emang udah waktunya hamil juga kali ya bun,,saya sendiri udah pernah pijat perut beberapa kali,,tapi belum hamil juga
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
pijat perut saat hamil,,,helppppp,,, -- Ngobrol Apa Saja 2
pijat perut saat hamil,,,helppppp,,, -- Diskusi Umum 2
Pijat perut maya supaya hamil ?? -- Diskusi Umum 14
berikan kesempatan untuk aq TUHAN aq pgn hamil -- Ngobrol Apa Saja 17
pijat perut berpengaruh dengan belum adanya kehamilan?????? -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:47.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com