Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
Vebby...   TS 
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
Default Ingin Anak Kembar? Konsumsi Ubi Jalar

(Saya copy dari blog saya sendiri, semoga bermanfaat buat kita semua)

Mempunyai anak kembar memang sebuah kebanggaan dan kebahagian tersendiri bagi sebuah keluarga. Apalagi jika pasangan yang telah menanti lama untuk bisa mendapatkan anak, pasti kehamilan kembar sangat diharapkan dan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat menjalani kehamilan kembar tersebut.
Dahulu, anak-anak kembar lahir karena adanya faktor keturunan. Tapi sekarang dengan adanya penemuan-penemuan medis yang semakin berkembang, kehamilan kembar bisa diraih dengan cara terapi obat-obat kesuburan, lewat inseminasi buatan (IUI), atau dengan cara bayi tabung.

Keunikan anak kembar :

Kembar Identik - kembar yang dihasilkan dari satu sel telur yang dibuahi oleh satu sperma dan kemudian membelah dan menghasilkan 2 embrio. Kembar identik ini berkembang dalam satu plasenta, biasanya memiliki golongan darah yang sama, wajah mirip satu sama lain bahkan sering disebut 'mirror face', berjenis kelamin sama, tapi mempunyai sidik jari yang berbeda.
Kembar Fraternal (non identik) - Kembar yang dihasilkan dari 2 sel telur atau lebih yang masing-masing sel telur dibuahi sperma yang berbeda. Kembar fraternal ini berkembang dalam plasentanya masing-masing, dalam arti kembar fraternal memiliki kantung plasentanya sendiri-sendiri. Biasanya mempunyai golongan darah yang berbeda, wajah yang berbeda satu sama lain, sidik jari berbeda, jenis kelamin bisa sama atau berbeda, atau dalam kembar fraternal bisa terdiri dari laki-laki dan perempuan.
Anak-anak kembar yang dilahirkan ini juga membawa keunikan tersendiri. Entah ini mitos atau nyata, anak-anak kembar dikabarkan mempunyai telepati yang terhubung satu dengan yang lainnya. Jika yang satu sedang sakit, yang lain juga akan merasakan kondisi badan yang tidak fit meski mereka tinggal berjauhan.

Hmm...unik ya. Sayapun adalah salah satu pengagum anak-anak kembar dan berharap mendapat kesempatan untuk bisa hamil kembar, pasti amazing dan very excited ya. Dan buat teman-teman yang sedang berencana ingin hamil kembar, ada sedikit info yang saya ambil dari berbagai sumber untuk menunjang program anak kembar. Tapi ini tidak semata-mata akurat 100 persen, selain untuk menunjang terapi kesuburan dari team medis kedokteran, yang harus kita percayai adalah bahwa kehamilan kembar merupakan Anugrah tersendiri dari Yang Maha Kuasa.

Manfaat Ubi Jalar (Sweet potato)

Makanan yang sering dianggap kampungan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Ubi jalar banyak mengandung beta-karoten, vitamin E, vitamin C dan antasionin yang terdapat pada ubi jalar bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker, mampu menyerap polusi udara, oksidasi dalam tubuh dan menghambat penggumpalan darah sehingga peredaran darah dalam tubuh lebih lancar dan mengatasi berbagai macam penyakit kardiovaskuler.
Menurut beberapa penelitian, ubi jalar juga dapat membantu menormalkan siklus haid. Masyarakat Yoruba di kota Igbo-Ora, Nigeria meyakini bahwa ubi jalar adalah penyebab tingginya angka kelahiran kembar disana. Dalam setiap keluarga sedikitnya ada satu pasang anak kembar yang dilahirkan. Bahkan seorang ayah berumur 71 tahun memiliki 10 pasang anak kembar, dan salah satu anaknya memiliki 3 pasang anak kembar, satu pasang diantaranya kembar laki-laki dan perempuan. Di Afrika Barat tingkat kelahiran kembar identik atau non identik lebih tinggi dibandingkan di Eropa atau Jepang. Masyarakat di Afrika sana percaya bahwa tingginya angka kelahiran kembar dikarenakan makanan pokok mereka adalah ubi.
Sebuah studi Belgia mengatakan, secara keseluruhan hampir 5 persen dari semua kelahiran Yoruba menghasilkan kembar, dibandingkan dengan sekitar 1,2 persen untuk Eropa dan 0,8 persen untuk Jepang, meskipun obat kesuburan di negara maju mengubah angka-angka tersebut. Dan fakta menyebutkan bahwa tingkat kelahiran kembar di Afrika Barat sekitar empat kali lebih tinggi daripada di seluruh dunia.
Seorang gynaecologist dari Inggris, Patrick Nylander merekam data antara tahun 1972-1982 rata-rata terdapat 45 hingga 50 pasang anak kembar lahir per 1000 kelahiran di Afrika Barat. Beberapa ahli di Afrika Barat dan Eropa juga percaya bahwa kandungan hormon Phytoestrogen alami yang terdapat pada ubi jalar dapat merangsang ovarium untuk memproduksi lebih dari satu sel telur pada kedua sisi ovarium secara bersamaan. Dan para ahli meyakini bahwa semakin tinggi kelahiran kembar pada sebuah keluarga akan memacu terjadinya kembar secara turun-temurun.
Igbo-Ora memang dipenuhi oleh anak-anak kembar, sampai-sampai diabadikan di sebuah Monumen yang bertuliskan 'THE LAND OF TWINS'. Tidak tahu apakah ini karena faktor genetik atau karena ubi jalar. Tapi masyarakat di negara sana meyakini bahwa kelahiran kembar adalah Anugerah yang diberika Sang Pencipta kepada keluarga-keluarga tersebut.

(Sumber : BBC, Nairaland.com, dan berbagai sumber laman berbahasa Inggris).
 
Thread lain yang berhubungan:
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #2  
Old
rianug...
 
Location: Bandung
Posts: 83
 
makan ubi jalar bisa dapat anak kembar, jadi pengen cobain
pengen bgt punya anak kembar tp secara keturunan dari aku dan suami gak ada history punya anak kembar. Ada tapi keluarga jauhhh bgt.
Seru kayaknya klo punya anak kembar.

Bunda vebby sendiri lg promil bayi kembar ya?
 
  #3  
Old
Vebby...   TS 
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Bunda rianugros,
Aku lg promil bund, pengennya sih dpt kembar..hehe
Udah bbrp bln terapi obat hormon dari dokter, kmrn waktu coba insem aku tambahin konsumsi ubi jalar selama 1 bln lebih, jd tiap hr ngemil ubi bund krn pengen sel telurku bs keluar byk. Bosen gak bosen hantam trs deh ubinya
Pas usg sel telur aku biasa ada 2 paling byk 4, trus bln terakhir (insem ke-2) melonjak jd 5 yg ukuran matang/bsr" bund..
Cm insemnya berakhir dg abortus spontan sblm USG, masuk uk 5w seharusnya jatah dtg cek USG tp mendekati harinya mlh udah keluar duluan, jd wktu itu blm tahu apa jadinya kembar atau gak. Cm kata dokterku kl sel telur byk kemungkinan kembarnya lbh tinggi. Skrng kembar gak selalu hrs ada keturunan koq bund. Kyknya seru ya bund kl bs hamil kembar
Semoga Tuhan mendengar doa kita.amin
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #4  
Old
evhyhi...
 
Location: Bojonegoro
Posts: 118
 
waaah makasiih yaa bunda vebby info yang bagus n perlu dicoba nich...........
apalagi sekarang aq lagi promil jadi pengen punya debay kembar pasti unyu2.....
hehehehe
 
  #5  
Old
sherli...
 
Posts: 746
 
bunda vebby
konsumsi ubi jalarnya pas m,,masbur atau setelah masbur gpp ya bun??? tadi pagi aku konsumsi ubi jalar tapi koq aku jadi pusing gitu,,,,dibawa tidur agak enakan sih...takutnya karena udh lewat masbur....
 
  #6  
Old
Vebby...   TS 
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Replying to: View Post
bunda vebby
konsumsi ubi jalarnya pas m,,masbur atau setelah masbur gpp ya bun??? tadi pagi aku konsumsi ubi jalar tapi koq aku jadi pusing gitu,,,,dibawa tidur agak enakan sih...takutnya karena udh lewat masbur....
Tiap hari jg gpp bund, dari awal mens smp ms subur bgs kl makan tiap hari. Kl udah lewat masbur boleh jarang" . Kl aku prnh coba tiap hari smp full 1 bln bund...
Niatnya sih buat menunjang agar program insemku berhasil tp ya syukur" kl bs dpt kembar. Soalnya udah ngerasain capeknya promil jd berharap sekali hamil dpt 2 ato lbh biar ga usah promil" lg
Tp trnyata msh ada mslh sm rahimku. Btw kl bunda hbs mkn ubi jd pusing ya jarang" aja mknnya. Ubi kan sumber alami jd sebenarnya gpp bund.
Kl aku emang dlm 1 hr mkn dikit" tp sering, pagi siang sore mlm di cemil" dikit" gitu bund, jd gak hrs skali mkn byk.
Dari yg aku pernah baca" sebenarnya gak hanya ubinya tp daunnya jg bgs (daun ubi jalar), atau jenis umbi"an sprti kentang, lobak, dsb.
Namanya jg usaha ya bund, belajar dr pengalaman org" di LN sana yg byk anak kembar krn tiap hr konsumsi umbi"an dan kentang, sembari minta sm Yang Diatas.
Mudah"an promilnya berhasil.

---------- Post added at 17:13 ---------- Previous post was at 17:09 ----------

Replying to: View Post
waaah makasiih yaa bunda vebby info yang bagus n perlu dicoba nich...........
apalagi sekarang aq lagi promil jadi pengen punya debay kembar pasti unyu2.....
hehehehe
Sama bund, aku jg pengen, ttp usaha dan berdoa.
Mudah"an terkabul ya bunda.. amin
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #7  
Old
sherli...
 
Posts: 746
 
bunda vebby
iya bun aku jg pengen bgt anak kembar,,,kalo bisa sih kembar 3
katanya kalo insem kemungkinan kembar bisa kan bun???aku pernah baca ada yg berhasil kembar 3 lewat insem,jadi ngayal seandainya diriku hamil kembar 3 tapi dikasih 1 juga dah syukur bgt
 
  #8  
Old
Vebby...   TS 
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Bunda sherlie,
Iya bund, udah byk kejadian kembar lwt insem. Yg pernah msk berita kan ada di medan mlh kembar 4 hsl insem, tahun ini jg udah lahir kembar 3 di jkt. Yg msh blm lahir jg pasti byk bund yg kembar" lwt insem.
Aku jg jd pengen Tapi diksh hamil aja mau kembar atau gak aku jg udah bersyukur bgt yg penting bs hamil.
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #9  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
waaah...udh pd ngumpul aja
Bunda sherlie gimana bbt nya?
Ayo semangat nyemil ubi jalarnya,kl aku dari dl emang suka apa lg yg ungu,setelah dpt info ini dari bunda vebby jd cemilan wajib hehe

Bunda vebby
Menjelang masbur ya?? ayo resapi dan nikmati semoga aniv bln depan dapat special gift...amen
Kl aku msh hari ke 7 eh...malah sakit kena batuk pilek..
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #10  
Old
prince...
 
Posts: 41
 
Di sni mmang khususnya bunda" yg lgi nunggu dede bayi .... semangat ya bunda bunda saling mendo'akan satu sama lain آمِيّنْ .. Semoga dapat beby semua tahun ini
 
  #11  
Old
Vebby...   TS 
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
Bunda donita,
Kl aku dah awal masbur nih, udah dpt ubi ungu tu jg dptnya di carefour, eee..malah baru hbs separo mama mertua dtg bw cemilan seabrek, jd bingung ngemilnya bund...bln ini aku bener pasrah deh bund, soalnya mama mertua mau nginep bbrp mggu, alamat capek bund tiap hari cooking" trs
Ayo bunda donita, mumpung blm masbur dilanjut trs ubinya

---------- Post added at 18:45 ---------- Previous post was at 18:26 ----------

Bunda princes naya,
Iya bund, msh pd promil, bunda lg promil jg ya?
Amiin bund sama" berjuang dan sama" mendoakan, smoga cpt berhasil ya bund promilnya...
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
  #12  
Old
donita...
 
Posts: 2,138
 
bunda vebby
Wah asik dunk bund dapat stok byk heheh
Di sini jg agak susah nyari yg ungu...
talk about mother in law jadi inget drama komedi "everybody loves raymond" itu pav aku banget bund...sama kyk mertuaku jg love cooking....
Aku jg pasrah bund...suamiku jg lg ada proyek luar di balik papan.Semoga waktu masbur nanti dia udh plg kl blm ya masih ada bln depan...
 
Miracle Would Be Impossible When We Stop Believing
  #13  
Old
sherli...
 
Posts: 746
 
wah udah pada ngerumpi nih ibu2,,

bunda donita
BBT aku masih lurus2 aja bun,,,gak tau deh masburnya kapan tuh,,kemungkinan udah lewat bun,,,iya nih nyontek resep bunda vebby ngemil ubi jalar,,saking nafsunya lgsg lahap 4buah yg gede2 tadi pagi,,,bis tuh lgsg puyeng(kebanyakan x ya)
suaminya lg keluar kota ya bun?,,semoga pulang pas masbur jadi kangennya dah numpuk nih,,bikin PR nya pun +semangat

bunda vebby
wah kembar 4 bun??? gak kebayang deh kalo kejadian ama kita lgsg dpt baby 4...box bayinya 4,,,berderet2,,,, hmmmm seru bgt tuh pas mandiin 4 bayi sekaligus...
ngayal dulu ah.siapa tahu kenyataan

semangat ya bunda2 semua,,,,semoga promil kita berhasil,,,,
 
  #14  
Old
Veroni...
 
Posts: 172
 
bunda veby@infonya menarik bnget..aku juga pengen sekali anak kembar bun,,,tp 1 aja belum juga dikasih...sedih bngets...oh ya bun,kalo insem tuh biayanya berapa yach?
 
  #15  
Old
Vebby...   TS 
 
Location: Jawa Tengah
Posts: 1,640
 
@bunda donita
Sebenernya aku gak bgitu suka 'n gak bgitu pinter masak bund...
Tp brhubung ada mother in law ini ya trpaksa masak deh, itu jg kl hbs masak suka neg sndiri bund, emang dasarnya gak bakat
Tenang bund, nti kl bunda masuk masbur pasti suami jg pulang. Suamiku aja skrg udah pinter itung sndiri ms suburku, jd gak usah diingetin dah tahu sndiri

@bunda sherlie
Mengkhayal tu gpp bund, aku jg kdg suka mngkhayal aku sm suami gendong baby satu", mumpung mengkayal tu gratis bund.. sapa tahu jadi doa dan didengar Yang Diatas. amin

@bunda veronica
Biaya insem tiap RS dan tiap daerah biasanya beda" bund. Kl aku kmrn di RS hermina semarang dr awal smp insem sekitar 4,5jt, pasca insem biasa 2x cek hormon sktr 1,5jt, kira" total smp tahu hasilnya ya sktr 6jt-an bund.
 
kunjungi blog ku yaa.....sehatfam,com
Cerita promilku
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Hamil anak perempuan, anak laki2 atau anak kembar -- Diskusi Umum 0
Pengen punya anak kembar -- Diskusi Umum 6
Mual & Muntah Ber Lebihan Tanda Anak Kembar?? -- Diskusi Umum 5
Pengen Anak Kembar -- Diskusi Umum 34
Bagaimana Merencanakan Anak Kembar? -- Diskusi Umum 6


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:32.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com