Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
momoko...   TS 
 
Location: solo
Posts: 106
Thumbs up Kosmetik yg harus dihindari bumil

Bunda yg lagi hamil, ada info menarik nih. hati-hati terhadap beberapa produk kecantikan yang mengandung bahan kimia dibawah ini, karena menurut Dr. FX Bhimantoro Sp.OG dipercaya dapat membahayakan janin.

Hydroquinone
Zat kimia ini biasa terkandung pada produk pemutih kulit. Sebaiknya hindari krim pemutihmu selama kehamilan dan menyusui, karena zat-zat kimia ini berpengaruh terhadap enzim yang memproduksi melanin dalam tubuhmu. Bagi perempuan hamil, ini akan menyebabkan terhalangnya proses alami pembentukan kulit yang sehat untuk calon bayi.

Retinoid dan Asam Salisilat
Kedua zat ini biasa ditemukan pada obat jerawat dan produk anti-aging. Retinoid dan asam salisilat merupakan vitamin A derivatif atau turunan yang dipercaya berbahaya bagi calon bayi. Asam salisilat dalam dosis kecil yang biasa terkandung pada pembersih muka dan lotion masih aman digunakan oleh ibu hamil. Namun vitamin A dalam dosis tinggi seperti yang terkandung pada produk anti-aging dan obat jerawat dapat menyebabkan cacat lahir. Sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum memakai produk-produk perawatan kulit.

Ftalatat (Phthalates)
Zat kimia ini biasa tersembunyi pada produk-produk pewangi atau produk kecantikan yang memiliki aroma yang cukup kencang. Memang biasanya kandungan zat ini tidak tertulis pada kemasan, namun ftalatat digunakan untuk menstabilkan pengharum pada produk kosmetik seperti body lotion, parfum dan body spray. Zat ini membuat masalah reproduksi pada binatang dalam dosis yang tinggi. Belum ada penelitian lanjut, tapi sebaiknya hindari produk dengan aroma yang tajam pada saat hamil dan gunakan hanya produk dengan bahan alami tanpa aroma.

Toluen
Tidak ada larangan mewarnai kuku pada saat hamil. Tapi sebaiknya lakukan perawatan dan pewarnaan kuku di tempat yang terbuka dan dengan fentilasi udara yang baik. Hampir semua cat kuku menggunakan toluen untuk mencairkan tekstur cat kuku yang pekat. Saat membuka produk yang memakai zat toluen in, udara di sekitarnya akan terkontaminasi dan membahayakan janin. Bukan hanya cacat lahir saja tapi juga akan terjadi kemungkinan keguguran jika menghirup zat ini dalam dosis yang tinggi. Di Amerika, banyak terjadi keguguran yang tidak disengaja di antara para manicurist salon. Memang belum terlalu dapat di buktikan, but better safe than sorry, right.

Sumber :Ini Dia Daftar Produk Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Hamil
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
Unyu2...
 
Location: With my mom
Posts: 92
 
Info yg bagus bun, aku dulu waktu hamil dandannya cuma pakek bdak pixy sama lipstik aja.. Mau keramas sampai pakek sampo bayi, saking khawatirnya takut knp2 sama dbay..
 
Hanya KaU lah yanG TerBaiK uNtuKku
  #3  
Old
irine1...
 
Posts: 52
 
thxx infonya bundd, aku lagi hamil ni dan ga pake kosmetik apapun biarin deh kusem heheheee
 
  #4  
Old
momoko...   TS 
 
Location: solo
Posts: 106
 
Replying to: View Post
Info yg bagus bun, aku dulu waktu hamil dandannya cuma pakek bdak pixy sama lipstik aja.. Mau keramas sampai pakek sampo bayi, saking khawatirnya takut knp2 sama dbay..
Replying to: View Post
thxx infonya bundd, aku lagi hamil ni dan ga pake kosmetik apapun biarin deh kusem heheheee
Sip bunda2.. yg penting debay sehat yah.. kalaupun mau pake kosmetik dibaca dulu komposisinya yah bund...
 
  #5  
Old
ANNHYI...
 
Location: PALEMBANG
Posts: 34
 
Bun, klo oxybenzone itu aman gak ya buat ibu hamil, soalny aq baru tahu klo itu jg bahan kimia di kosmetik yg kurang baik katanya.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Apa sajakah syarat serta makanan/minuman yg harus dihindari sebelum melakuk -- Diskusi Umum 0
Dihindari Bumil. Aku salah apa??? -- Ngobrol Apa Saja 15
Kerja di Bank,mau ga mau harus pakai kosmetik. Amankah ? -- Ngobrol Apa Saja 9
kosmetik apa yg aman buat bumil?? -- Diskusi Umum 12
Jenis Kosmetik Yang Harus Dihindari Saat Hamil -- Ngobrol Apa Saja 0


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 20:17.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com