Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
fika m...   TS 
 
Location: Denpasar selatan
Posts: 247
Default kasi solusi milih alat kontrasepsi yang terbaik dunk bunda :'(

bunda,,alat k0ntrasepsi yang paling cocok buat busui apa ya??mertua q si suruh suntik ajah,,tapi aq bl0m yakin,,takut gak cocok,,kira" yang paling meminimalisir efek samping,,alat KB apa ya bunda,,
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rekyan...
 
Posts: 1,201
 
yg paling dikit efek samping ya yg gak ngandung hormonal. Pilihannya cuma IUD ato barier/kondom.
 
  #3  
Old
Joandm...
 
Location: jakarta
Posts: 399
 
Replying to: View Post
bunda,,alat k0ntrasepsi yang paling cocok buat busui apa ya??mertua q si suruh suntik ajah,,tapi aq bl0m yakin,,takut gak cocok,,kira" yang paling meminimalisir efek samping,,alat KB apa ya bunda,,
Hi bun, utk ibu menyusui jika blm dtg bulan, itu adl kontrasepsi alaminya. Tapi kalau bunda sdh dtg bulan, coba yg tdk mengandung hormn, atau bunda bisa pakai kondom dgn mengkombinasikan dg sist kalendr.
 
Gabung di komunitas fb yuk bun.

http://www.facebook.com/KomunitasIbu...page_new_likes
  #4  
Old
provbi...
 
Posts: 8
 
kalo emang masih belum yakin, coba deh KB alami aja

Yuk, Coba KB Alami


Apasih Kontrasepsi alami ? Sebagian dari bunda lebih mengenal penggunaan KB dibandingkan penggunaan kontrasepsi. Padahal KB itu sendir berarti Keluarga Berencana, sedangkan kontrasepsi berarti “kontra” = mencegah dan “konsepsi”=pembuahan. Tapi bagi sebagian bunda pasti lebih mengenal KB dibandingkan kontrasepsi, walaupun sama saja. Begitu banyak cara KB dijaman sekarang ini. Mulai dari yang KB alamiah sampai KB yang tidak alami atau lebih disebut modern. KB modern terbagi dalam tiga bagian yaitu hormonal atau dengan obat, mekanik atau dengan alat dan terakhir adalah operasi dengan steril alat reproduksi.
KB alami memang sudah dikenal dari jaman nenek moyang. Metode KB alami tidak bertentangan dengan ajaran agama apapun. Karena KB alami merupakan cara alamiah yang dilakukan oleh keluarga untuk merencanakan kehamilan dan kelahiran untuk kelangsungan hidup keluarganya. KB alami memanfaatkan kodrat alami seperti alat reproduksi maupun proses berhubungannya. Berbeda dengan KB modern yang menggunakan alat ataupun obat dan juga bisa dipandang seperti menentang dan melawan proses alamiah. Belum lagi KB tidak alami juga bisa mengandung resiko buruk untuk kesehatan bunda maupun ayah. Malah dengan KB tidak alami justru membuat dirusaknya alat reproduksi ataupun membunuh sel hidup yang sudah jadi akibat proses pembuahan.
KB alami yang paling pertama adalah dengan metode senggama terputus. Dimana cara ini merupakan KB alami paling tradisional yang sudah digunakan oleh nenek moyang. KB alami tersebut dilakukan dengan cara menarik penis dari vagina sebelum terjadinya ejakulasi pada pria. Cara ini bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada efek samping bagi pasangan. Hanya cara ini kurang efektif karena memerlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi bagi pria dan janga sampai terlambat untuk mengeluarkan penis. KB alami senggama terputus juga tidak cocok diterapkan apabila melakukan hubungan yang berulang-ulang kali dalam jeda waktu yang pendek karena bisa saja masih ada sperma yang tertinggal di penis.
Cara selanjutnya adalah dengan menyusui atau memberikan ASI (Air Susu Ibu). Ketika bunda memperpanjang waktu menyusui maka akan mamperpanjang masa tidak haid setelah melahirkan. Sehingga metode memperpanjang menyusui harus dengan syarat sebagai berikut :
-bunda belum mendapatkan haid kembali setelah melahirkan
-menyusui sesering mungkin paling tidak 6 jam sehari
-usahakan terus memerah susu meskipun bayi jauh dari bunda.
Yang paling terakhir dan banyak disarankan oleh dokter adalah metode KB kalender. Dimana metode ini dilakukan dengan cara melakukan hubungan bukan ketika masa subur atau ovulasi. Pembuahan akan terjadi ketika 12-24 jam setelah puncak masa subur atau sel telur dilepas, dimana 12-24 tersebut adalah masa hidup sel telur pada umumnya. Metode Kalender harus dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu siklus masa subur bunda. Karena siklus masa subur bunda tidak sama. Maka pengamatan minimal enam kali siklus menstruasi.
Untuk bunda yang mengalami siklus haid teratus berikut rumusnya :
Rumusnya adalah = SIKLUS HAID – 14 hari = X hari
Hari pertama masa subur = Hari pertama Haid + X
Hari selesai masa subur = Hari pertama masa subur + 4 Hari
Berikut contoh untuk bunda yang mengalami siklus haid teratur :
- Siklus haid bunda 26 hari
- Hari pertama mendapatkan haid dihitung hari ke 1
- Masa subur adalah hari ke 12 sampai dengan hari ke 16 –> 26 – 14 = 12 hari (sesuai rumus diatas)
Jadi bila bunda mendapat haid tanggal 15 Mei maka disebut hari ke 1. Lalu masa subur terjadi dari hari ke 12 sampai hari ke 16 tepatnya tanggal 26 Mei sampai 30 Mei. Jadi sebaiknya tidak melakukan hubungan ketika masa subur tersebut.
Untuk bunda yang mengalami siklus haid tidak teratur :
-Catat hasil pengamatan siklus haid selama 6 bulan, mulai dari pertama haid sampai ketemu haid berikutnya.
-Masukan rumus untuk jumlah hari terpendek dikurangi 18 untuk menentukan hari pertama masa subur.
-Masukan rumus untuk jumlah hari terpanjang dikurangi 11 untuk menentukan hari terakhir masa subur.
Jadi bila hasil pengamatan selama 6 bulan menunjukkan siklus terpendek adalah 26 hari dan terpanjang adalah 32 hari. Maka dari rumus didapat : 26-11 = 8 untuk hari pertama masa subur lalu rumus berikutnya :32-11 =21 untuk hari terakhir masa subur. berarti masa subur hari pertama didapat pada hari ke 8 sampai dengan hari ke 21 sejak pertama haid. Bila bunda yang siklus haidnya tidak lancar mendapat haid hari pertama tanggal 15 Mei maka hari pertama masa suburnya pada tanggal 23 Mei sampai dengan tanggal 10 Juni.


sumber : Yuk, Coba KB Alami - Bundahamil.com
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Definisi, Jenis, dan Contoh Alat Kontrasepsi serta Keuntungan – Kekurangan -- Ngobrol Apa Saja 0
bingung pilih alat kontrasepsi -- Diskusi Umum 33
bunda, share dunk pliz,,apa solusi buat bunda yang promil tp gak suka sayur -- Diskusi Umum 3
Yang udah lahiran dan udah pakai alat kontrasepsi (KB) yuuuh mendekat :D -- Diskusi Umum 0
memilih alat kontrasepsi (kb) -- Diskusi Umum 9


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 19:28.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com