Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #31  
Old
indra ...
 
Location: Negara-Bali
Posts: 40
 
aq dulu kista 14 cm tpi skrang uda sembuh n hamil 2 bulan bunn.. stelah aq minum 9iris jahe merah kering + 9iris mahkota dewa(biji jgn dipake) direbus dgn air 3gelas dgn api kecil sampai menyusut jdi 1gelas trus diminum kalo mw bobo malem,, aq alhamdulillah dgn kista sgede itu ga smpe setahun uda hilang bun... jgn lupa hindari pantangan, rajin brdoa n sedekah jg bunn... n sabar bkin jamu tiap hari. barokallah...
 
  #32  
Old
Kyain...
 
Posts: 288
 
Replying to: View Post
Mo share neh bun....

Bagi bunda yang saat ini punya penyakit kista,harus menghindari Pantangan makanan penyakit kista agar penyakit kista bunda tidak kambuh lagi dan pengobatannya harus dengan obat yang tepat agar penyakit kista bunda langsung sembuh. saya disini akan membahas tentang apa Pantangan makanan penyakit kista

Berikut adalah Pantangan makanan penyakit kista:

1. Jenis Sayur-sayuran.
pantangan makanan penyakit kista
Jenis sayur-mayur yang perlu Anda hindari ketika terdiagnosa kista adalah tauge, sawit putih, kangkung, santan dan cabai.

2. Jenis Buah-buahan.
Dari berbagai macam buah, yang harus Anda hindari adalah durian, lengkeng, nangka, duku, nanas, alpukat serta buah anggur.

3. Minuman.
Selain makanan, ada juga beberapa minuman yang perlu dihindari oleh pengidap penyakit kista. Minuman-minuman tersebut adalah minuman beralkohol, minuman terlalu dingin serta minuman bersoda.

4. Daging.
Daging memang baik untuk kesehatan karena mengandung banyak protein dan zat-zat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi tidak bagi penderita kista. Daging yang perlu dihindari adalah jenis dagin merah sepert daging sapi, daging kambing, daging kerbau itu semua termasuk jeroannya. Sedangkan untuk ikan yang perlu dihindari adalah makanan laut (udang, kepiting, cumi-cumi, dll).

5. Lainnya.
Selain keempat kategori di atas masih ada beberapa makanan yang patut Anda hindari. Pertama adalah makanan yang diawetkan seperti mi instan. Kedua, makanan yang banyak mengandung MSG atau biasa disebut vetsin. fastfood.

Diantara macam-macam pantangan makanan penderita kista di atas, beberapa yang dapat Anda konsumsi adalah kacang hijau, ayam kampung beserta telurnya dan ikan air tawar. Serta perbanyak konsumsi air putih.


Semoga bermanfaat Ya bun....
Kalau boleh menambahkan gula juga harus dikurangi (hasil googling sih)
Nah kalo spog sy kmr bilang kedelai Bun.

Sy dah 2 minggu jaga makanan low sugar dan low fat. Jadi makannya lagi2 cuma ikan, sayuran, nasi 2 sendok, dan buah2an

Kalau ada info lagi ttg kista miom inform ya Bunda
 
  #33  
Old
aynul ...
 
Location: sibolga - sumut
Posts: 50
 
Salam kenal bunda2 semua..
Makasih infonya bun,,menambah pengetahuan bagi penderita kista seperti saya..saya jg didiagnosis kista 5,9cm..oleh dr spog tidak disarankan unt operasi dan tidak ada pantangan,,hanya saja setelah tau saya ada kista saya lebih berhati2 jaga pola makan bund..

Oiya menurut saya tauge itu tidak berbahaya jika dikonsumsi bunda..boleh2 saja dikonsumsi apalagi yg lg promil,,tauge itu mengandung vitamin lebih2 vitamin e sehingga sangat bagus jika dikonsumsi oleh bunda2 yg lg promil..nah dilihat dr sifat vit e,vit e sendiri berfungsi meregenerasi sel2 dlm tubuh kita bunda,,sel2 yg mati diganti dgn sel2 baru,nah jika didalam tubuh kita udah ada faktor penyebab kista bisa saja sel2 yg tdk dibutuhkan tubuh tsb diregenerasi menjadi sel baru akhirnya berkembanglah sel2 kanker ato sel2 kista..gitu bun..jd bagi bunda2 yg lg promil silahkan konsumsi tauge dan bagi bunda yg penderita kista boleh konsumsi tauge tp dibatasi ya bun..

Bun,,saya mw nanya jg nih..apakah bole penderita kista dipijat?amankah?gmn menurut bunda2 semua?
 
  #34  
Old
Kyain...
 
Posts: 288
 
Aduh jangan dipijat Bun.
Bun, tumben dokter gak nyuruh operasi. Yg lain termasuk dokter sy suruh op segera.

Oh ya di forum ibu hamik ini ada dokter Ivan Derutama, beliau banyak menulis thread ttg miom, kista, kesuburan, haid, dsb. Username nya ivanderutama, lumayan utk utk nambah pengetahuan.
 
  #35  
Old
Hanny ...
 
Posts: 1,166
 
obat penyakit kista bisa dengan mengkonsumsi air rebusan benalu teh,direbus dengan air 3 gelas hingga menjadi 1 gelas diminum rutin tiap pagi.kalo bisa rebusnya pake kendi yg dari tanah liat..tmnku dulu punya penyakit kanker payudara udah operasi tapi tumbuh lagi setelah konsumsi itu secara rutin ampe sekarang ga tumbuh lagi sel kanker nya tapi kalo untuk yg lagi hamil jgn dulu deh hehe
 
  #36  
Old
aynul ...
 
Location: sibolga - sumut
Posts: 50
 
Bunda kyain: iya jg ya bun ntar malah gmn2 lg kistanya..memang dr nya blg jgn dipijat jg bun cma keluarga ada yg nyaranin buat pijat biar sekalian hamil ktnya..saya jd takut bun..

Iya bun,dokternya malah blg gini,santai aja buk jgn stres,kistanya gk diapa2in yg penting minum obatnya bulan depan klo M kesini lg..nah suami malah nanya penanganan selain terapi obat apa dokter?apakah perlu dioperasi?dr blg,belum pak krn kista ibu msh tergolong kecil dan simpel kita usahakan dengan terapi obat saja,,kita lihat dlu perkembangannya,dan jgn dipijat.itu pesan terakhirnya bun..

Oiya bunda makasih infonya..ntar saya jalan2 liat threadnya beliau
 
  #37  
Old
Kyain...
 
Posts: 288
 
Syukurlah Bunda Aynul berarti kistanya jenis kita fungsional yg bisa hilang dgn sendirinya.
Jangan dipijat ya Bun.

Bunda Hanny iya kalau benalubteh, kunyit putih katanya gak boleh utk yg lagi promil.
Jd terpaksa cuma jaga makanan aja.
 
  #38  
Old
ismatu...
 
Posts: 766
 
Setau saya tergantung hormonnya, jenis kistanya kista apa dulu, karena pemicu kista adalah hormon yg ga berimbang, nah si tauge ini saya lupa dia bisa micu banyak hormon progesteron atau esterogen gitu, jd buat sbagian org yg kelebihan hormon tsbt emg tauge ga disarankan, bukan cuma toge aja tp turunannya juga. Kalo alpuket sih bagus asal dimakannya polos. Ga pake gula gulaan. Itu bisa bantu jg buat yg pco dan mau promil.
 
  #39  
Old
aynul ...
 
Location: sibolga - sumut
Posts: 50
 
Replying to: View Post
Syukurlah Bunda Aynul berarti kistanya jenis kita fungsional yg bisa hilang dgn sendirinya.
Jangan dipijat ya Bun.

Bunda Hanny iya kalau benalubteh, kunyit putih katanya gak boleh utk yg lagi promil.
Jd terpaksa cuma jaga makanan aja.
iya bund..siap..
oo itu kista fungsional ya bun..jd bs ilang sendiri ya..berarti harus bener2 jaga pola makan ya bund..
oiya bund sekalian nanya nih,,ini kan saya sekalian promil..bisa berjalan dua2nya nggak ya bun pengobatan kista sekalian promil jg..soalnya kan makanan2 yg baik buat promil ternyata kurang baik unt penderita kista..sebaiknya gmn ya bunda2 semua..
tq infonya..
 
  #40  
Old
Spinac...
 
Posts: 22
 
Dear bunda2 yang lgi galau krna kista, sy setahun lalu di vonis kista ovarium 3cm.
Waktu itu disuruh operasi, tpi sy cuekin tuh dokternya. sy cari info mengenai kista tersebut. Dari info yg sy dapet baik info melalui internet, dari kata sodra dan temen yg mengalami, intinya harus hidup sehat denga megnkonsumsi mkanan yang sehat. Maksudnya kalo bisa mkanan yang dimasak sendiri aj, dimana dari segi kebersihan dan bahan2 yang dipakai dikontrol sendiri.

Jadi saya menerapkan semua masukan yg sy dapat yg sekiranya bisa sy lakukan dan masuk akal sih, krna keinginan yang kuat untk dapat debay buun.
Terus sy jg konsumsi jelly gamat yg diminum 2-3x sehari (2 sendok sekali minum).
Terus sekitar 2 bulan ini sy rutin minum air rebusan daun sirsak, dan jus stroberi.

Tapi pas haid 2 minggu lalu, sy gak minum air rebusan daun sirsak dan gak minum yang dingin2.

Selama setahun sy gak pernah cek dokter krna takut dikasi tahu hal2 yg menakutkan...hehehe...

5 hari lalu sy memberanikan diri dan suami sy cek dokter..Puji Tuhan katanya gak da kista lagi..trus malah keliatan ada sel telur yg udah mateng...dan disuruh HB.

Waah..senengnya minta ampun..gak brenti2 berterima kasih sama Tuhan deh, sambil berdoa dikabulkan doanya..

Mudah2an pengalaman sy bisa bermanfaat yah..
 
  #41  
Old
Kyain...
 
Posts: 288
 
Bunda Aynul sy juga bingung haha makanan utk kista dan promil bertolak belakang. Skr lebih banyak makan buah dan sayur aja daripada nasi dan daging. Trus sayur dan buahnya sevariasi mungkin gak fokus ama 1-2 macam sayur gitu Bun.
Trus sy ngurangin gula banget. Gak makan cake, roti, dan sejenisnya lagi Bun. Madu aja ampe berhenti.

Bunda Aynul itu sy kira2 aja Bun, kista fungsional haha sok tahu sayanya.
Tapi mudah2an benarlah kan dokter bilang kista simple gak usah dipikirin.

Selamat ya Bunda Spinach udah bebas dari kista. Thanks infonya ya Bun.
 
  #42  
Old
aynul ...
 
Location: sibolga - sumut
Posts: 50
 
Replying to: View Post
Setau saya tergantung hormonnya, jenis kistanya kista apa dulu, karena pemicu kista adalah hormon yg ga berimbang, nah si tauge ini saya lupa dia bisa micu banyak hormon progesteron atau esterogen gitu, jd buat sbagian org yg kelebihan hormon tsbt emg tauge ga disarankan, bukan cuma toge aja tp turunannya juga. Kalo alpuket sih bagus asal dimakannya polos. Ga pake gula gulaan. Itu bisa bantu jg buat yg pco dan mau promil.
setuju sama bunda ismatu..saya tambahin ya bund infonya
tauge selain mengandung antioksidan tinggi,tauge jg mengandung senyawa fitokimia berkhasiat lainnya.klo antioksidan itu meregenerasi sel,nah senyawa fitokimia yg lain sebagai anti kanker bagi bunda2 yg hormonnya seimbang (progesteron dan estrogennya seimbang),benar yg dijelaskan bunda ismatu karena tauge itu sendiri mengandung estrogen (berfungsi menebalkan endometrium/dinding rahim media kista bertumbuh),jd klo hormon estrogen kita berlebih maka disarankan tdk mengkonsumsi tauge..nah bagi bunda2 yg terkena kista supaya lebih aman jangan terlalu sering mengkonsumsi tauge..diperbolehkan tp dgn jumlah yg dibatasi...
bagi bunda2 dan suami yg sedang promil alami silahkan konsumsi tauge (bisa dijus) diminum sehari sekali..

jika infonya ada yg salah mohon dikoreksi ya bunda2 sayang..supaya qt dapat info yg benar dan info2 yg bermanfaat..

---------- Post added at 11:52 ---------- Previous post was at 11:46 ----------

Replying to: View Post
Dear bunda2 yang lgi galau krna kista, sy setahun lalu di vonis kista ovarium 3cm.
Waktu itu disuruh operasi, tpi sy cuekin tuh dokternya. sy cari info mengenai kista tersebut. Dari info yg sy dapet baik info melalui internet, dari kata sodra dan temen yg mengalami, intinya harus hidup sehat denga megnkonsumsi mkanan yang sehat. Maksudnya kalo bisa mkanan yang dimasak sendiri aj, dimana dari segi kebersihan dan bahan2 yang dipakai dikontrol sendiri.

Jadi saya menerapkan semua masukan yg sy dapat yg sekiranya bisa sy lakukan dan masuk akal sih, krna keinginan yang kuat untk dapat debay buun.
Terus sy jg konsumsi jelly gamat yg diminum 2-3x sehari (2 sendok sekali minum).
Terus sekitar 2 bulan ini sy rutin minum air rebusan daun sirsak, dan jus stroberi.

Tapi pas haid 2 minggu lalu, sy gak minum air rebusan daun sirsak dan gak minum yang dingin2.

Selama setahun sy gak pernah cek dokter krna takut dikasi tahu hal2 yg menakutkan...hehehe...

5 hari lalu sy memberanikan diri dan suami sy cek dokter..Puji Tuhan katanya gak da kista lagi..trus malah keliatan ada sel telur yg udah mateng...dan disuruh HB.

Waah..senengnya minta ampun..gak brenti2 berterima kasih sama Tuhan deh, sambil berdoa dikabulkan doanya..

Mudah2an pengalaman sy bisa bermanfaat yah..
selamat ya bunda jd semangat nih jalanin pengobatan sekalian promil..ternyata kista bisa disembuhkan hanya dengan obat alami..tq infonya bund..

---------- Post added at 11:57 ---------- Previous post was at 11:52 ----------

Replying to: View Post
Bunda Aynul sy juga bingung haha makanan utk kista dan promil bertolak belakang. Skr lebih banyak makan buah dan sayur aja daripada nasi dan daging. Trus sayur dan buahnya sevariasi mungkin gak fokus ama 1-2 macam sayur gitu Bun.
Trus sy ngurangin gula banget. Gak makan cake, roti, dan sejenisnya lagi Bun. Madu aja ampe berhenti.

Bunda Aynul itu sy kira2 aja Bun, kista fungsional haha sok tahu sayanya.
Tapi mudah2an benarlah kan dokter bilang kista simple gak usah dipikirin.

Selamat ya Bunda Spinach udah bebas dari kista. Thanks infonya ya Bun.
ogitu ya bun pola makannya..
trus unt pengobatan kistanya sendiri bunda pake apa?selain jaga pola makan td?
iya nih bund bingung,,sebaiknya pengobatan dulu kali ya bund baru promil..soalnya klo dua2nya bebarengan sepertinya susah..
 
  #43  
Old
Kyain...
 
Posts: 288
 
Disuruh dokter operasi Bun, yg cesar malah.
Udah 2 minggu nih pola makannya begitu. Pokoknya setiap hari jumlah serat (dari buah dan sayur) lebih banyak drpd nasi dan daging.

Bunda Aynul jaga makan aja, tauge jangan berlebihan. Sevariasi mungkin tp pilih2. Harus banyak serat. Jadi bisa sekalian promil.

Kalau susu promil sy gak tau deh boleh gak.
 
  #44  
Old
Spinac...
 
Posts: 22
 
@bunda aynul : Kalo ada kista ktnya malah disuruh promil, tpi dengan konsumsi sayur dan buah bun... tpi trgntung kista bunda gmna jg sih.. klo promil mnum obt pnyubur malah lebih sehat kistanya bun... ada tmenku dia punya kista hamil dengn konsumsi jus wortel tiap hari...

@ bunda kyain : susu promil mending diganti dengan susu segar yg UHT bun... yg low fat dan tinggi kalsium yah...
 
  #45  
Old
aynul ...
 
Location: sibolga - sumut
Posts: 50
 
bunda kyain: iya bund..lagi diusahain pola makan sehat,iya udah milih2 sayuran sama buah sekarang bun..klo apel aman gk bund?

bunda spinac: oalah justru disaranin ya bun tak kirain malah ditunda dlu promilnya mengingat suplemen buat promil bertolak belakang sama pengobatan kistanya...jus wortel sekali sehari ya bun..
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
Makanan n minuman pantangan saat hamil...??? Hmmmm..... -- Diskusi Umum 18
penyakit kista -- Area Promosi 0
:: Penyakit Kista - Penyebab dan Gejala :: -- Diskusi Umum 9
apa kista penyakit turunan -- Ngobrol Apa Saja 3
pantangan makanan buat bumil muda -- Diskusi Umum 3


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 16:15.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com