Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
yenti...   TS 
 
Posts: 1,012
Default Selamat datang di TM 2, bunda yg masuk TM 2, baca yukk...

Bunda pas ngitung2 td trnyata hr ini sy udah 14w1d. Akhirnya masa2 mual muntah sudah berlalu, dan nafsu makan sy sudah kembali normal. Sy jg sudah merasakan kedutan2 debay bund, aplg kl sy tdr2an miring ke kiri.

Td sy browsing2 membaca apa saja perkembangan janin di TM 2,
Berikut sy share ya bund,krn kepanjangan jd sy share 13w-18w dl, next 19w-25w .Kl bunda2 sendiri gmn nih memasuki TM 2 ada keluhan/ngerasain kyk gmn?

Trimester Kedua

Minggu 13

Umurku 11 minggu sekarang. Panjangku 6,5 sampai 7,8 cm dan beratku antara 13 sampai 20 gram. Aku dapat menghisap ibu jariku dan aku dapat menelan saat ini. Tinggal 27 minggu lagi!
Plasenta berkembang sempurna
Janin :

Janin Ibu memiliki panjang dari kepala ke bokong sekitar 65 – 78 mm dan beratnya antara 13 – 20 gram. plasenta sudah berkembang sempurna dan memberikan oksigen, nutrisi, serta membuang produk sisa janin. Plasenta juga memproduksi hormon progesteron dan estrogen untuk menjaga kehamilan. Kelopak mata bayi sudah terbentuk. Janin Ibu dapat memasukkan ibu jarinya ke dalam mulut walaupun menghisap janin belum sempurna. Usus janin sudah berada di dalam rongga perutnya saati ini. Pita suara dan laring janin sudah sempurna terbentuk.
Bila janin Ibu perempuan, dia sekarang memiliki hampir 2 juta telur di indung telurnya.

Ibu :

Pada beberapa ibu didapatkan peningkatan libido minggu-minggu ini. Payudara ibu sudah mulai membentuk kolostrum, cairan kaya nutrisi. Payudara Ibu sendiri mengalami ‘peningkatan’ ukuran dibandingkan sebelum kehamilan.

Minggu 14 :

Umurku 12 minggu sekarang, panjang badanku sekitar 8 sampai 9,3 cm dengan berat tubuhku hampir 25 sampai 45 gram. Aku diliputi rambut halus yang disebut lanugo. Hati, pankreas, dan limpaku sudah berfungsi. Tinggal; 26 minggu lagi!
Lihat Jenis Kelamin Janin Anda

Janin :

Panjang janin dari kepala ke bokong saat ini berkisar 80 – 93 mm dengan perkiraan berat badan hampir 25 – 45 gram.

Janin Ibu sekarang sudah mulai belajar membuat ekspresi di dalam rahim. Menyipit, berkerenyit, menyeringai, dan bahkan menghisap jempolnya. Berkat impuls atau rangsangan dari otaknya, otot wajah janin sudah dapat bekerja menghasilkan berbagai macam ekspresi wajah.

Akhir minggu ini, lengan janin akan tumbuh dengan ukuran yang proporsional .Hati janin akan mulai membentuk cairan empedu, pankreas mulai menghasilkan insulin, dan limpa janin sudah membantu menghasilkan sel darah merah. Leher janin akan bertambah panjang dan membantu kepala janin untuk berposisi lebih tegak.

Ibu :

Kehidupan Ibu sudah nyaris tanpa keluhan kehamilan. Selamat datang di trimester kedua Ibu! Pada trimester ini risiko keguguran sudah berkurang dan peningkatan berat badan sudah mulai didapatkan.Rahim Ibu yang sekarang sudah berada sedikit di atas tulang pubis atau sekitar 10 cm di bawah pusar sudah terlihat membesar dari luar, menunjukkan adanya suatu bukti nyata kehidupan yang sedang bertumbuh di rahim.

Laki-laki, perempuan janin?? Ibu sudah dpt mengetahuinya melalui pemeriksaan USG.

Minggu 15 :

Umurku 13 minggu sekarang. Panjangku 9 sampai 10,3 cm dan beratku 50 gram. Aku saat ini sudah berlatih bernapas, menghisap, dan menelan. Mataku juga sudah bereaksi dengan cahaya. Tinggal 25 minggu lagi!

Berburu pakaian hamil

Janin :

Panjang kepala sampai bokong janin saat ini berkisar 9 – 10,3 cm dengan berat badan janin sekitar 50 gram (sebesar apel). Aktivitas janin saat ini adalah berlatih, berlatih, dan berlatih. Janin berlatih untuk bernapas, menghisap, dan menelan, bahkan tersedak agar fungsi sistim tersebut sempurna di kala lahir nanti. Kaki janin sekarang sudah tumbuh lebih panjang dari lengan. Janin sudah dapat merasakan sensasi cahaya. Apabila Ibu menyinari perut dengan senter, maka janin akan bergerak menjauhi cahaya. Tulang janin semakin mengeras dan menahan kalsium di dalamnya.

Ibu :

Kenaikan berat badan Ibu sekitar 2,5 kg sekarang. Peningkatan aliran darah ke hidung serta peningkatan pembuluh darah hidung dapat menyebabkan mimisan. Minggu ini saat yang tepat untuk mengeratkan ikatan antara Ibu dan janin. Mulailah berbicara dengan janin Ibu, bacakan dongeng cerita atau dengarkan musik. Berbicara dengan bayi sejak dalam kandungan dapat melatih untuk tidak canggung lagi untuk berbicara dengan bayi Ibu saat lahir nanti. Saat ini rahim Ibu berada di antara pusar dan tulang pubis (tulang kemaluan). Perubahan ini sebaiknya disesuaikan dengan cara mulai berburu pakaian hamil.

Jantung Ibu mulai meningkatkan pompa aliran darah sebanyak 20% untuk meningkatkan suplai oksigen ke janin. Jumlah ini akan terus meningkat sampai mencapai 30-50% di akhir kehamilan.

Minggu 16 :

Umurku 14 minggu sekarang. Panjangku 10,6 sampai 12 cm dan beratku antara 80 sampai 110 gram. Kulitku masih sangat tipis karena belum ada lemak si tubuhku. Tinggal 24 minggu lagi!

Pergerakan janin

Janin :

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 10,6 – 12 cm dan berat badan janin berkisar antara 80- 110 gram. Kepala berada pada posisi lebih tegak sekarang. Pola dari tulang tengkorak janin mulai terbentuk. Jantung janin saat ini memompa sejumlah darah setiap harinya dan akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan janin.

Janin Ibu sudah hampir sempurna sekarang dengan pertumbuhan bulu mata dan alis namun masih terlihat kurus karena belum terdapat lemak di tubuhnya.

Ibu :

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Ibu akan mulai merasakan sensasi luar biasa dari kehamilan yaitu pergerakan dari janin. Beberapa wanita merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16 – 20, waktunya berbeda di antara wanita. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan terdapatnya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai ‘gelembung gas’ atau ‘denyut’.
Nafsu makan Ibu akan mulai meningkat trimester ini. Untuk mengatasinya, Ibu sebaiknya meningkatkan frekuensi makan makanan kecil 3-4x/hari sebagai tambahan pada makanan reguler. Makanan kecil sebaiknya bergizi seperti salad, telur rebus, roti gandum dengan selai kacang, keju rendah lemak, dan jus buah.

Minggu 17

Umurku 15 minggu sekarang. Panjang badanku 11 sampai 13 cm dan beratku antara 110 sampai 140 gram. Lemak yang menjaga kehangatan tubuhku sudah mulai terbentuk. Rahim Ibu yang masih besar adalah tempat bermainku. Tinggal 23 minggu lagi!

Penumpukan lemak pada janin

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 11 – 13 cm dan berat badan janin berkisar 110 – 140 gram. Tulang janin berubah dari kartilage (tulang rawan) menjadi tulang keras. Tali pusat yang menyambung ke plasenta semakin menguat dan menebal. Plasenta sendiri mengandung ribuan pembuluh darah yang menjamin suplai nutrisi dan oksigen untuk janin.

Rahim yang cukup besar sekarang memungkinkan janin untuk lebih banyak menggerakkan kaki dan tangannya. Semua sistim organ janin sudah mulai berfungsi dan mendekati sempurna.

Ibu :

Rahim Ibu berada 3,8 – 5 cm di bawah pusar. Ibu sudah memiliki pembesaran yang sangat jelas di perut bawah.

Ibu mungkin merasakan terdapatnya perubahan di payudara, ukurannya mulai membesar, puting membesar, areola menghitam, dan terlihat gambaran vena di payudara. Perubahan ini adalah persiapan untuk menyusui. Hormon akan mempersiapkan produksi susu, lebih banyak darah mengalir ke payudara, dan kelenjar yang memproduksi susu sudah mulai berkembang.

Bintik hitam /kloasma terkadang muncul di wajah Ibu hamil, umumnya di dahi, hidung, dan pipi. Hal tersebut terjadi karena perubahan hormonal. Setelah melahirkan nanti, bintik hitam tersebut akan menghilang.

Selama kehamilan, meningkatnya cairan vagina atau keputihan adalah normal. Cairan ini biasanya putih atau kuning serta agak kental. infeksi pada vagina terjadi apabila terdapat cairan berwarna kuning atau hijau, berbau, gatal, dan panas. Jika Ibu mengalami hal tersebut maka berkonsultasilah ke dokter.

Minggu 18

Umurku 16 minggu sekarang. Panjangku 12,5 sampai 14 cm dan beratku berkisar 120 sampai 150 gram. Aku sedang sibuk bergerak, berguling, dan menendang. Ibu sudah dapat merasakan gerakanku. Aku juga sudah dapat mendengar suara. Tinggal 22 minggu lagi!

Perkembangan saraf janin

Janin :

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 12,5 – 14 cm dan berat badan janin berkisar 120 – 150 gram. Karena organ janin hampir semuanya sempurna, maka janin akan lebih mengkonsentrasikan untuk peningkatan berat badannya. Janin Ibu sedang sibuk menggerakkan dan menekuk lengannya, berguling, dan menendang. Saat ini bahkan janin Ibu sudah bisa menguap, suatu gambaran yang terkadang bisa Ibu lihat di pemeriksaan USG. Pertumbuhan tulang di telinga tengah dan saraf pendengaran menjadikan janin dapat mendengar suara, seperti suara detak jantung dan aliran darah Ibu melalui tali pusat.

Bila janin Ibu perempuan, maka uterus (rahim), tuba falopi (saluran tuba), dan vagina sudah terbentuk dan berada di tempatnya. Apabila janin Ibu laki-laki maka kelenjar prostat mulai terbentuk dan alat kelaminnya sudah dapat Ibu lihat sekarang, namun terkadang suka tersembunyi di dalam pemeriksaan USG.

Ibu :

Rahim Ibu sekarang sudah sebesar semangka atau sedikit lebih besar. Ibu dapat merasakan janin sekitar 2 jari di bawah pusar Ibu. Lapar? Peningkatan selera makan adalah hal umum yang didapatkan pada Ibu hamil di trimester ini. Pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi dibandingkan makanan instant yang tidak bergizi.

Penambahan volume darah dapat menurunkan tekanan darah Ibu. Jadi berdiri tiba-tiba atau pergerakan cepat yang tiba-tiba dapat mengakibatkan pusing dan berkunang-kunang. Hal tersebut normal terjadi.
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
rekyan...
 
Posts: 1,201
 
bagus infonya bunda yenti, utk lebih baikny dicantumkan sumbernya ya bun (biar ilmiah). Aku sudah lewat masa2 ini...
 
  #3  
Old
yenti...   TS 
 
Posts: 1,012
 
bunda rekyan, lupa nih td nemu nya di web apa
soalny byk yg aq baca2 td n browsingnya pake BB jd pas lemot td aq restart
 
  #4  
Old
zalis...
 
Posts: 983
 
hai bund ak hari ini uk 19w4d, kmarin usg uk 18w5d blm kliatan JK, pdhl dah mupeng bgt hehehe...
skarang mual muntah dah bkurang banyak bun, ak t'akhir muntah kmarin senin gara2 kebanyakan minum,
perut masih suka cekit2 ky awal hamil, punggung jg mulai senut2, yg paling berasa klo pagi bangun tidur telapak kaki sakit, kaya bengkak tp klo diliat biasa aj, tanya dokter katanya normal krn dah menyangga berat perut yg bertambah,
skarang 2hr skali ak pake jalan2 ga pake sandal 15menitan jadi mendingan,
 
being a mother...is the best thing that I could ever ask for
  #5  
Old
Riluna...
 
Location: tangerang selatan
Posts: 75
 
waahh seru baca'nya... aq msk trimester k 2 bunda. jadi tambah pengetahuan juga tentang perkembangan debayku...
 
  #6  
Old
yenti...   TS 
 
Posts: 1,012
 
Replying to: View Post
hai bund ak hari ini uk 19w4d, kmarin usg uk 18w5d blm kliatan JK, pdhl dah mupeng bgt hehehe...
skarang mual muntah dah bkurang banyak bun, ak t'akhir muntah kmarin senin gara2 kebanyakan minum,
perut masih suka cekit2 ky awal hamil, punggung jg mulai senut2, yg paling berasa klo pagi bangun tidur telapak kaki sakit, kaya bengkak tp klo diliat biasa aj, tanya dokter katanya normal krn dah menyangga berat perut yg bertambah,
skarang 2hr skali ak pake jalan2 ga pake sandal 15menitan jadi mendingan,
Bunda 19w msh mual2 muntah yah??
Kl aq udah gak sama sekali nh bund, udah enak makannya..
Keluhan skr cm di sakit pinggang bund, kadang muncul kadang gak skt pinggangnya.
Iy bun jalan2 pagi aj

---------- Post added at 18:42 ---------- Previous post was at 18:40 ----------

Replying to: View Post
waahh seru baca'nya... aq msk trimester k 2 bunda. jadi tambah pengetahuan juga tentang perkembangan debayku...
Bunda Riluna udah brp w bun?
 
  #7  
Old
bunda ...
 
Posts: 73
 
Di TM 2 ini nggk ada hambatan berarti bun yen paling2 jd tambah males ngapa2in aja bun
Jd kurang gerak aq bun.. g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ tau napa betah banget aq di kamar..
Untung tinggal sndiri cm bertiga ama suami n anak. Klo tinggal ama mama or bumertua psti diomelin bun °ºqîiîkº♣=))qîiîk°=))qîiîk°°º
 
I love my little family (˘⌣˘)ε˘`)mmuacH <3
  #8  
Old
Mega C...
 
Location: Bogor
Posts: 133
 
Bunda ak ada niih link nya... Ak copas ya
Tahap Perkembangan Kehamilan: Trimester Kedua | Kedokteran.Info

Bun, ak jg masuk TM2 nih., 15w5d , kl ak skrg nafsu makan baru agak pulih sedikit, walaupun belum terlalu menggila.. Mual kadang masih suka ada bun, kl cium2 bau ga enak, apa lg kl cium bau masakan,,, haduuh pusiing deh bun..
 
  #9  
Old
bunda ...
 
Posts: 73
 
Replying to: View Post
Bunda ak ada niih link nya... Ak copas ya
Tahap Perkembangan Kehamilan: Trimester Kedua | Kedokteran.Info

Bun, ak jg masuk TM2 nih., 15w5d , kl ak skrg nafsu makan baru agak pulih sedikit, walaupun belum terlalu menggila.. Mual kadang masih suka ada bun, kl cium2 bau ga enak, apa lg kl cium bau masakan,,, haduuh pusiing deh bun..
Bun mega,klo masih awal2 TM 2 mmg msih nyisa mual2nya bun.. Aq aja akhri feb,trs maret n april ini bsa nikmatin makan gila2an. Pokoknya jgn lupa makan Ɣªήğ byk seratnya bun,inget2 klo susah pup lgi biar g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ mahal2 amat "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇

---------- Post added at 22:16 ---------- Previous post was at 22:13 ----------

Replying to: View Post
Bunda ak ada niih link nya... Ak copas ya
Tahap Perkembangan Kehamilan: Trimester Kedua | Kedokteran.Info

Bun, ak jg masuk TM2 nih., 15w5d , kl ak skrg nafsu makan baru agak pulih sedikit, walaupun belum terlalu menggila.. Mual kadang masih suka ada bun, kl cium2 bau ga enak, apa lg kl cium bau masakan,,, haduuh pusiing deh bun..
Bun mega,klo masih awal2 TM 2 mmg msih nyisa mual2nya bun.. Aq aja akhri feb,trs maret n april ini bsa nikmatin makan gila2an. Pokoknya jgn lupa makan Ɣªήğ byk seratnya bun,inget2 klo susah pup lgi biar g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ mahal2 amat "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ (y)
 
I love my little family (˘⌣˘)ε˘`)mmuacH <3
  #10  
Old
Mega C...
 
Location: Bogor
Posts: 133
 
Ia ne bun, mual datang seenak nya aja.. Sdh iri aja ni liat bunda2 yg banyak makan..
Aiih bunda vinni, mslh itu udah ah, jd maluu ni akuuu, syukur td sblm pake apa2 stlh makan pepaya, bisa bab...
 
  #11  
Old
yenti...   TS 
 
Posts: 1,012
 
Replying to: View Post
Di TM 2 ini nggk ada hambatan berarti bun yen paling2 jd tambah males ngapa2in aja bun
Jd kurang gerak aq bun.. ?g?????å??????? tau napa betah banget aq di kamar..
Untung tinggal sndiri cm bertiga ama suami n anak. Klo tinggal ama mama or bumertua psti diomelin bun °º?qîiîkº???=))qîiîk°?=))qîiîk°?°º
Ktmu di sini nih,ini bunda vinnie yg di grup bb kn ? ???? .. ????.. .. ????.

---------- Post added at 22:52 ---------- Previous post was at 22:49 ----------

Replying to: View Post
Bunda ak ada niih link nya... Ak copas ya
Tahap Perkembangan Kehamilan: Trimester Kedua | Kedokteran.Info

Bun, ak jg masuk TM2 nih., 15w5d , kl ak skrg nafsu makan baru agak pulih sedikit, walaupun belum terlalu menggila.. Mual kadang masih suka ada bun, kl cium2 bau ga enak, apa lg kl cium bau masakan,,, haduuh pusiing deh bun..
Oh, bunda msh mual2 ya paling ntar lg jg ilang mual2nya. Kl aq ud bnr2 ilang mualny, skr jd mudah laper. Kl cium bau apa2 jg gak ada yg eneg lg .
 
  #12  
Old
bunda ...
 
Posts: 73
 
Bun mega@ syukurlah kalo pepaya udah manjur bun "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ˚°ºOкĶ ˚°ºOкĶ¨::≈(y).. Deh kalo bunda udh enakan.. Sabar aja klo soal mual2.. Ɣªήğ aq tau jarang ada kok bumil TM 2 masih mual2.. Biasanya uk segitu lgi bnyk2nya makan..

Bun nyez@ ♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧° dong bun siapa lgii.. Jarang bikin thread aq klo dsni cm ikut2 komen aja "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ kok belom bobo bun? Bunda mey udh ngorok dr td tuh kyknya
 
I love my little family (˘⌣˘)ε˘`)mmuacH <3
  #13  
Old
yenti...   TS 
 
Posts: 1,012
 
Aq mah bobo ny malem bund, paling cpt jg jam 12. Sjk hamil ini insom deh..
Iya bunmey cpt bngt dah bobo .
Bun vin sendiri knp blm bobo , mang biasa jam brp bobo ny
 
  #14  
Old
bunda ...
 
Posts: 73
 
Wah sama dong bun.. Aq jg suka bobo malem2 ßäиĞëτ,,dini hari gitu.. Apalgi klo udh asyik bbm or fb an.. Pdhl kan bumil g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ bagus jg bubu malem2,tp nggk krasa ngantuk nih bun
Ni aja barusan bikin sumil bun biar kenyang n harapanx bsa cepet bobo.. Tp ni masih guling2 diatas kasur.
Ni td mau ke grup takut Ɣªήğ udh bobo jd kebangun gara2 notif nya nyala terus,jdinya berkeliaran aja dsni bun "̮hϱϱ♡♡"̮hϱϱ♡♡"̮hϱϱ♡♡"̮hϱϱ♡♡
 
I love my little family (˘⌣˘)ε˘`)mmuacH <3
  #15  
Old
yenti...   TS 
 
Posts: 1,012
 
Iya di grup jg dah sepi dr td, pd bobo kali. Aku td diajakin bobo sm suami, cb utk tdr2an, eh taunya laper. Makan lagi deh..
Kita ini kl gak di grup, berkeliarannya di forum ini yah..wkwkw
Smbil baca2 thread org, koq skr kyknya coment2 skr agak sepi, kdg lihat td, ada thread org dr siang blm dibls2.
 
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
baca ya bunda....... -- Diskusi Umum 7
♥ Selamat Datang Anakku ♥ -- Diskusi Umum 12
bunda" share yukk bunda ngidam apa aja??ada yg aneh2 gak?? -- Diskusi Umum 41
selamat datang di dunia bidadari kecilku ^^ -- Diskusi Umum 72
Selamat Datang di Dunia My Lovely Princess Inaya... -- Diskusi Umum 35


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 03:41.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com