Forum Ibu Hamil dan Kehamilan Daftar di IbuHamil.com untuk ikutan diskusi seputar kehamilan

  Forum Ibu Hamil dan Kehamilan > Diskusi Seputar Kehamilan > Diskusi Umum

Selamat datang di IbuHamil.com, sebuah forum seputar kehamilan. Untuk bertanya atau diskusi dengan bumil lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.
  #1  
Old
mardiy...   TS 
 
Posts: 4
Default Menyusui: Mudah atau Sulit?

Air Susu Ibu (ASI) adalah nutrisi terbaik bagi bayi. ASI ekslusif sangat dianjurkan untuk diberikan kepada bayi sampai ia berusia 6 bulan. Berikut beberapa prinsip dasar menyusui yang perlu diketahui Bunda:

Mempelajari tentang teknik menyusui sebelum sang bayi lahir akan membuat Bunda merasa lebih percaya diri pada waktu menyusui. Bunda dapat memperoleh pengetahuan yang benar tentang menyusui dari penyuluhan yang dilakukan oleh bidan atau dari berkonsultasi dengan sesama ibu yang memiliki pengalaman menyusui yang baik. Jangan lupa juga untuk meminta dukungan dari suami atau anggota keluarga sehingga masa menyusui berjalan lebih nyaman.

Sangat penting untuk memastikan bahwa bayi tersangga dengan baik dan dalam posisi yang aman dengan mulut dan hidung menghadap puting. Baik Bunda maupun bayi harus merasa nyaman selama proses menyusui. Rasa kurang nyaman bisa menjadi tanda bahwa teknik menyusui yang sedang dijalani kurang tepat.

Cari tempat yang tenang dang nyaman di mana pungung Bunda dapat tersangga dengan baik. Rasa nyaman dan relaks saat menyusui akan membuat ASI keluar lebih lancar.

Begitu merasa siap untuk mengeluarkan ASI ( 2-5 hari setelah kelahiran), Bunda sangat dianjurkan untuk membuat bayi sepenuhnya nyaman dan puas menyusu di salah satu payudara sebelum memberikan ASI melalui satu payudara lainnya. Dengan begitu bayi sempat memperoleh ASI belakang (hind milk) yang keluar beberapa saat setelah bayi mulai menyusu. ASI belakang kaya kandungan lemak yang penting bagi bayi untuk mencapai bobot ideal.

Jika bayi tampak mulai mengantuk tidak lama setelah mulai menyusu, rangsang dia untuk kembali menyusu dengan kecepatan yang ideal dengan cara antara lain menggelitik atau mengganti posisi.

Lama waktu menyusui adalah bervariasi antara 10-40 menit. Durasi ini ditentukan oleh teknik menyusui, usia bayi serta oleh reflek oksitosin (let-down reflex). Let-down reflex adalah keluarnya ASI dari payudara Bunda sebagai respon dari hisapan bayi.

Jika bayi tampak bahagia dan tenang selama menyusui dan mengalami pertumbuhan berat badan yang stabil, itu berarti Bunda memiliki suplai ASI yang banyak dan berkualitas.

SUMBER:

Semoga Info & kiat bermanfaat utk bunda2..
 
Thread lain yang berhubungan:
  #2  
Old
lilama...
 
Posts: 9
 
wah terimakasih infonya yah bunda mardiyana

cukup penting buat ibu2 yg baru melahirkan dan ga ditemenin ibunya atau mertua, buat jd pengetahuan tambahan dlm menyusui anak
 
Mother and Child Care Philips Avent
Silakan daftar untuk menulis pesan :-)


Topik yang mirip
Thread Thread Starter Forum Replies Post Terakhir
keputihan penyebab sulit hamil? -- Diskusi Umum 27
proses persalinan yang mudah, cepat, lancar.. -- Diskusi Umum 46
Herbal u/yg sulit hamil krn gangguan hormon -- Area Promosi 1
tentang sperma tumpah..apakah penyebab sulit hamil? -- Diskusi Umum 72


Zona waktu GMT +7. Waktu saat ini adalah 06:13.


IbuHamil.com - Forum Informasi Kehamilan
Forum diskusi kehamilan dan komunitas ibu hamil terbesar di Indonesia
© 2024 IbuHamil.com